Friday, 6 February 2015

Apa itu Diet?

pengertian diet, arti diet, diet adalah, pola makan

Banyak yang salah kaprah mengartikan diet. Kebanyakan orang memahami bahwa diet adalah mengurangi porsi makan atau mengurangi jatah makan. Kalau porsi makan atau jatah makan dikurangi, berat badan pasti turun, bisa-bisa sampai kurus. Turunnya berat badan tersebut terkesan seperti orang kurang makan atau baru sembuh dari sakit.

Diet itu bukan mengurangi porsi makan, tetapi diet adalah mengatur pola makan. Ada dua cara mengatur pola makan, yaitu mengatur komposisi makanan dan mengatur waktu makan.

Mengatur Komposisi Makanan




Kalau Anda biasa makan satu piring, biarkan saja satu piring, jangan dikurangi. Komposisinya saja yang diatur. Nasinya dikurangi sedikit demi sedikit dan diganti dengan sayur dan lauk pauk. Artinya, Anda mengurangi karbohidrat dan menambah vitamin, mineral, dan protein. Jangan khawatir, Anda tidak akan lapar karena sayur itu kandungan seratnya tinggi (mengenyangkan).

Cara kedua dalam mengatur komposisi makanan adalah dengan menggantikan nasi dengan makanan dari sumber karbohidrat lain. Misalnya, mie, ubi, roti, gandum, jagung, dan lain sebagainya. Jadi jika Anda sudah makan mie ayam misalnya, anggap saja sudah makan, tidak perlu makan nasi lagi. Yang lebih salah lagi, makan nasi ditambah mie. Sama saja makan dua porsi.

Mengatur pola makan harus dilakukan secara bertahap. Sedikit demi sedikit supaya organ tubuh kita tidak kaget. Pola makan akan berubah dengan cepat dan tidak menyiksa apabila diselingi dengan olahraga yang teratur dan terukur.

Simak juga Pola Makan Berubah dengan Sendirinya setelah Ruitn Berolahraga

Mengatur Waktu Makan

waktu makan, diet

Misalkan Anda sehari makan tiga kali, aturlah menjadi 4 - 6 kali sehari. Haah? Iya, betul. Tetapi porsinya dikurangi menjadi 1/2 piring atau 3/4 piring. Itu artinya, jumlah yang Anda makan dalam satu hari jumlahnya tetap sama. Tujuannya adalah untuk membiasakan lambung mengecil.

Selain itu, dalam mengatur waktu makan, hindari makan menjelang tidur. Idealnya makan malam itu minimal 2 jam sebelum tidur. Supaya ada waktu bagi sistem pencernaan kita dalam mencerna makanan dengan sempurna.

Makan menjelang tidur berarti kita sedang menumpuk energi dalam tubuh kita. Energi yang sia-sia. Energi tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai energi cadangan dalam bentuk lemak. Akibatnya seseorang yang terbiasa makan menjelang tidur berat badannya cenderung bertambah. Kalau dibiarkan, lama-lama akan mengalami kegemukan atau obesitas.

Simak juga Camilan Sehat untuk Diet.

Demikian informasi tentang definisi arti kata diet. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.