Saturday, 2 May 2015

Keajaiban Buah Kenari, Mirip Otak dan Berkhasiat untuk Otak

bentuk buah kenari mirip otak, buah kenari, kacang walnut, kacang kenari, otak manusia, makanan otak

Kerutan-kerutan buah kenari, baik kulit luar maupun dalamnya, menyerupai lipatan-lipatan otak manusia. Ternyata bukan hanya bentuknya yang mirip otak manusia, kandungan buah kenari juga menunjang fungsi otak.

Di dalam buah kenari terdapat kandungan yang merupakan nutrisi otak. Nutrisi yang diperoleh dari buah kenari digunakan oleh otak untuk memacu pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan kecerdasan,  meningkatkan daya ingat, dan mencegah penyakit Alzheimer.




Antara Buah Kenari dan Otak Manusia

kacang kenari, kacang walnut, bermanfaat untuk otak, makanan otak

Buah kenari biasanya dikenal dengan nama kacang kenari atau kacang walnut karena memang buahnya kecil-kecil layaknya kacang. Buah ini termasuk buah kering yang berasal dari Timur Tengah. Tinggi pohonnya bisa mencapai 45 meter.

Buah kenari memiliki banyak manfaat karena di dalamnya terkandung asam lemak omega 3, alfa linolenik, 16 antioksidan jenis fenol, asam galik, elagik, dan vitamin E. Kandungan asam lemak omega 3 inilah yang merupakan nutrisi bagi otak.

Sementara itu, 60 persen struktur otak manusia terbangun dari lemak. Sehingga otak membutuhkan asam lemak, terutama omega 3 sebagai nutrisinya. Dengan demikian, buah kenari merupakan makanan bagi otak. Sebuah penelitian dalam Journal of Alzheimer's Disease membuktikan bahwa makan kenari ampuh menangkal penuaan terhadap fungsi otak.

Selain asam lemak omega 3, buah kenari juga mengandung melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur jam biologis kita. Dengan adanya melatonin kita akan mengantuk pada jam-jam tertentu dan akhirnya tertidur. Jadi, kacang walnut ini juga berfungsi untuk mengatasi susah tidur atau insomnia, yang berarti pula bahwa buah kenari membantu mengistirahatkan otak yang lelah.




Melatonin juga membantu meningkatkan kadar serotonin. Serotonin membantu menyampaikan pesan dari satu tempat ke tempat lain dalam otak. Dari sekitar 40 juta sel otak, sebagian besar dipengaruhi secara langsung atau tidak langsung oleh serotonin. Pengaruh serotonin ini berkaitan dengan mood, nafsu makan, ingatan, pengaturan suhu, dan sifat-sifat sosial lainnya. Dengan demikian, buah kenari dapat membantu mengurangi depresi, yang berarti pula bahwa buah kenari membantu meringankan beban kerja otak.

Simak juga, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak.

Manfaat Lain dari Buah Kenari

Selain bermanfaat untuk otak, buah kenari juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sperma. Mengonsumsi kira-kira dua genggam kacang kenari setiap hari selama 12 minggu akan meningkatkan gerak, bentuk, dan vitalitas sperma.

Buah kenari juga bermanfaat untuk kulit. Dengan mengonsumsi kacang kenari atau kacang walnut, kulit akan terlihat mulus dan lebih halus dari sebelumnya. Hal ini karena kacang walnut mengandung mineral yang membantu memproduksi kolagen.

Manfaat lain dari buah kenari adalah sebagai asupan makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini karena kandungan lemak tak jenuh pada kenari cukup tinggi. Mengonsumsi kacang kenari juga mencegah terjadinya pembekuan darah.

Kacang kenari juga mengandung polifenol yang kadarnya sangat tinggi. Polifenol bersifat antioksidan yang akan melawan pengaruh buruk radikal bebas, seperti polutan. Selain itu buah kenari juga ampuh melindungi kita dari penyakit batu empedu dan menjaga kesehatan jantung.

Simak juga Keajaiban Buah Alpukat, Mirip Rahim dan Berkhasiat untuk Rahim.

Demikian informasi tentang keajaiban buah kenari yang mirip otak dan merupakan makanan otak. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.