Friday, 24 April 2015

Penggunaan Baking Soda untuk Memutihkan Gigi Berbahaya bagi Kesehatan

baking soda, pemutih gigi, dampak negatif, pemutih alami, gigi puith bersinar
Baking soda memang efektif memutihkan gigi. Baking soda dapat menghilangkan perubahan warna pada gigi. Gigi yang telah menguning atau sudah tidak putih lagi akan menjadi putih berkilau dalam waktu yang relatif singkat berkat keampuhan baking soda.

Pada penggunaan yang tepat, baking soda juga mampu melenyapkan kotoran dan plak gigi yang diakibatkan oleh teh, kopi, dan lain-lain. Bahkan bubuk putih ini bisa menjangkau kotoran pada celah-celah gigi.

Apa itu Baking Soda?




Baking soda berupa bubuk putih, biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pengembang kue. Mereka lebih akrab dengan sebutan soda kue.

Baking soda adalah bahan kimia sintetis dengan nama senyawa natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Rumus kimianya adalah NaHCO3. Senyawa ini termasuk kelompok garam yang bersifat basa, korosif, dan abrasif.
baking soda, soda kue, pemutih gigi, pengembang kue

Manfaat Baking Soda

Selain sebagai pengembang kue, baking soda juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya untuk meredakan asam lambung, merendam kaki yang kelelahan, mengatasi gigitan serangga, serbuk pembersih panci, porselen, enamel, dan permukaan keras lainnya, serta memutihkan kulit dan gigi.

Simak juga, Hati-hati Menggunakan Baking Soda untuk Kulit Wajah.

Kelebihan Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Baking soda sangat efektif membersihkan gigi dengan banyak kelebihan, di antaranya mampu menghilangkan perubahan warna pada gigi, mampu menjangkau celah-celah dan retakan gigi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu baking soda juga membuang penumpukan plak gigi, menghilangkan bau mulut, dan mencegah penyakit gigi dan gusi.

Simak juga, Cara yang Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda.

Bahaya Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Bagaimanapun juga, baking soda adalah bahan kimia sintetis. Penggunaannya harus hati-hati karena baking soda adalah bahan kimia yang bersifat abrasif. Penggunaan baking soda secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan merusak permukaan gigi dan gusi.

Enamel gigi akan mengalami penipisan sehingga gigi menjadi transparan dan warnanya malah menjadi gelap. Di samping itu gigi juga akan mengalami korosi dan mudah rapuh atau keropos.

Karena itu, jangan menggunakan baking soda secara langsung. Artinya, jangan membuat racikan atau ramuan pemutih gigi dengan mencampur baking soda, berapapun ukurannya, karena kita tidak tahu standar ukuran yang tepat.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari baking soda dalam memutihkan gigi, gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Baking soda dalam pasta gigi tentunya telah memenuhi standar, telah melalui uji klinis, dan telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi.

Simak juga:
Putihkan Gigi dengan Resep Leluhur
Cara Cepat Memutihkan Gigi dengan Norit.

Alternatif Memutihkan Gigi secara Alami




Cara lain untuk memutihkan gigi adalah dengan memanfaatkan bahan kimia alami, yaitu bahan kimia yang telah tersedia di alam.

Kayu Siwak

Memutihkan Gigi dengan Kayu Siwak
Penggunaan kayu siwak sebagai sikat gigi sudah lazim dilakukan lebih dari 1400 tahun yang lalu. Banyak penelitian membuktikan bahwa mereka yang rajin menggosok gigi dengan kayu siwak cenderung tidak pernah mengalami masalah gigi. Cara menggunakannya cukup sederhana.

Ambil ranting kayu siwak (biasanya diperoleh dari orang yang baru pulang haji). Bentuklah ujungnya sedemikian hingga menyerupai kuas (tidak dibentuk juga tidak apa-apa). Gunakan ranting kayu siwak tersebut sebagai sikat gigi.

Kulit Jeruk Mandarin

kulit jeruk mandarin, jeruk keprok, jeruk maseh, jeruk jepun
Jeruk mandarin biasa disebut jeruk keprok, jeruk maseh, atau jeruk jepun. Buahnya agak besar, kulit dan buahnya berwarna orange. Kulit bagian dalam yang berwarna putih ini bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya mudah sekali. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Siapkan sebuah jeruk mandarin. Kupaslah kulitnya. Buahnya silakan dimakan, kulitnya nanti dulu. Gosok-gosokkan kulit bagian dalam yang berwarna putih pada gigi. Berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kulit jeruk. Lakukan secara teratur setiap hari. Gigi Anda akan kelihatan putih berkilau alami dalam waktu yang cepat.

Buah Jeruk Lemon

jeruk lemon, buah lemon
Asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya tidaklah sulit.

Siapkan satu buah lemon. Potong-potong menjadi beberapa bagian. Gunakan potongan-potongan lemon tersebut untuk menggosok gigi. Berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa lemon yang menempel pada gigi. Lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gigi Anda akan terlihat putih, bersih, dan sehat alami.

Sari Jeruk Nipis dan Garam

jeruk nipis, garam, jeruk pecel, uyah
Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan garam kaya akan sodium yang akan membersihkan kotoran pada gigi. Caranya cukup mudah.

Peras sebuah jeruk nipis. Tambah garam 1 sendok makan. Aduk sampai rata. Gunakan campuran ini untuk menggosok gigi. Jangan lupa berkumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari. Plak yang menempel pada gigi akan segera hilang dan gigi akan tampak putih bersinar.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

sayur, buah, gigi putih
Selain mendapat manfaat yang besar, mengonsumsi buah dan sayur ternyata dapat menyehatkan gigi. Gigi menjadi putih berseri secara alami. Di samping itu buah dan sayur juga dapat merangsang keluarnya air liur yang bersifat anti bakteri.

Nah, lebih aman yang alami kan? Gigi lebih sehat dan putih berkilau alami. Rawat gigi Anda secara alami jangan sampai rapuh apalagi berlubang.

Simak juga Jangan Biarkan Gigi Menguning, Cegah dengan Cara Ini.

Demikian informasi tentang bahaya memutihkan gigi dengan baking soda serta alternatif memutihkan gigi secara alami. Semoga bermanfaat.



203 comments:

  1. saya sudah coba yang baking soda di campur sama perasan lemon . kira2 dalam seminggu bisa berapa kali penggunaan ya ?

    ReplyDelete
  2. Sebisa mungkin dihindari mbak Eka. Kalaupun memang dibutuhkan, gunakan dalam 4 - 6 bulan sekali saja.

    ReplyDelete
  3. kenapa penggunaan baking soda 4-6 bulan sekali sedangkan di artikel lain sebulan sekali maksimal 2x

    ReplyDelete
  4. Dengan menggunakan baking soda 4-6 bulan sekali berarti setahun hanya 2-3 kali saja. Ini lebih aman bagi ketahanan enamel gigi terhadap sifat abrasif baking soda. Tetapi penggunaannya harus ekstra hati-hati. Saran saya, lebih aman dihindari.

    ReplyDelete
  5. Makasi sharenya ;-) sangat membantu bwt rasa penasaran saya ;-)

    ReplyDelete
  6. jadi bis juga pakai jeruk nipis plus garam ya ?

    ReplyDelete
  7. Bisa, Pak Adli. Silakan dicoba. Cuma jeruk nipis kurang cocok bagi gigi yang sensitif.

    ReplyDelete
  8. Apa efek paling terparah ketika memakai baking soda secara berlebihan, karna saya telah memakai metode tersebut selama 1 minggu, terus bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
  9. Kalau hanya 1 minggu, efek negatifnya hampir tidak ada. Yang dipermasalahkan di sini adalah penggunaan baking soda secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.
    Solusinya, segera tinggalkan penggunaan baking soda dan ganti dengan cara yang alami atau cara yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

    ReplyDelete
  10. Apa efek paling terparah ketika memakai baking soda secara berlebihan, karna saya telah memakai metode tersebut selama 1 minggu, terus bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
  11. Kalau saya bukan perokok tapi pakai pasta gigi untuk perokok untuk memutihkan gigi boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan pasta gigi sesuai dengan kondisi gigi Anda, ketahui juga penyebabnya. Pasta gigi untuk perokok terlalu abrasif untuk gigi normal karena pasta gigi tersebut khusus untuk mengikis plak gigi yang diakibatkan oleh tembakau. Tetapi untuk pemakaian yang bersifat sementara, aman-aman saja.

      Delete
  12. Kt dr.gigi pori2 gigi saya besar dan cepat untuk menyerap sari makanan jd gigi saya cepat kuning dan dangkal,,,ap bs putih dgn bahan alami d atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti enamel gigi Anda menipis atau dentin giginya terbuka. Sebaiknya hindari produk pemutih gigi yang menjanjikan gigi putih dalam waktu singkat, supaya enamel gigi Anda tidak semakin menipis.

      Jika menggunakan pemutih alami yang berasa asam, segera berkumur sampai rasa asam benar-benar hilang. Sebaiknya tidak tidak menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan gigi.

      Delete
  13. Jadi cara terbaik buat pemutih gigi apa yah. Yg bisa cepat jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara yang paling cepat memang baking soda. Tetapi rentang penggunaannya harus diatur antara 4-6 bulan sekali. Dalam rentang waktu tersebut, harus diselangi dengan cara alami. Ketika gigi sudah putih, pertahankan dengan menggunakan cara-cara alami tanpa menggunakan baking soda.

      Delete
  14. ada takaran untuk 1 kali penggunaan baking soda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya orang menggunakan takaran 1/2 sendok teh baking soda dicampur dengan 1/2 sendok teh perasan jeruk lemon. Tapi ini bukan rekomendasi dokter gigi dan pakar kesehatan gigi. Sebaiknya gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Takarannya pas, aman, dan recommended.

      Delete
  15. Izin bertanya pak , kalo untuk pemakaian baking soda hanya sekali hanya untuk memutihkan gigi yang sedikit kuning tapi gigi yang kuning ini ada salah satu yang sensitif , itu gimana pak ? Bisa makin sensitifkah setelah memakai baking soda ?

    ReplyDelete
  16. Kalau ada gigi yang sensitif lalu pakai baking soda gimana pak ? Ada efeknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi yang sensitif itu disebabkan karena dentin giginya sudah terbuka atau email giginya sudah menipis. Sedangkan baking soda sifatnya abrasif,selain membersihkan plak kuning pada gigi juga akan menggerus email gigi sehingga email gigi semakin tipis. Akibatnya gigi akan semakin sensitif.

      Sebaiknya hindari pemggunaan baking soda untuk gigi yang sensitif walaupun hanya 1 atau 2 kali.

      Delete
  17. Jika menggunakan beking soda hanya 3 kali saja apakah ada efek sampingnya yg membuat gigi rusak..?

    ReplyDelete
  18. Jika menggunakan beking soda sbnyak 2 sampai 3 kali apakah ada efek sampingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keadaan giginya masih normal (tidak sensitif), penggunaan baking soda 2 - 3 kali belum menimbulkan efek samping yang berarti. Baking soda tersebut akan bekerja membersihkan plak yang menempel pada gigi dan hanya sedikit enamel gigi yang ikut tergerus.

      Delete
  19. Kak. Itu baking sodanya diapaian? Digosok pake sikat gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, digosokkan pakai sikat gigi. Tapi pemakaiannya jangan sampai lebih dari 1 menit.
      Boleh dicampur dengan perasan jeruk lemon atau pasta gigi.

      Delete
    2. Kira kira untuk gigi supaya putih cukup sekali di pake baking soda nya sama lemon ?
      Apa perlu seminggu sekali ? Dan itu sekali pake lgnsg bisa putih kak?

      Delete
    3. Tergantung daya lekat plak pada gigi. Kalau plak giginya sudah membandel, mungkin butuh pemakaian 2 - 3 kali, bahkan lebih. Bisa diibaratkan ketika kita memberishkan porselen kamar mandi (baking soda bisa lho untuk membersihkan porselen).

      Pemakaiannya jangan seminggu sekali supaya gigi tidak mudah rapuh. Pemakaian yang aman 4 - 6 bulan sekali.

      Delete
  20. Sorry , mau tanya . Itu kan buat gigi ya . Kalo recomended buat jerawat ato muka berminyak ada ga pake baking soda ? Kasih tau cara pakainya gimana dan rentan waktunya segimana . Makasiih . . :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda memang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat. Nanti akan saya bahas di artikel berikutnya.

      Delete
    2. Maaf brtanya,klau boleh mau tahu cara bgaimana untuk mengatasi jerawat mggunakan baking soda?

      Delete
    3. Maaf bertanya,nak tahu juga cara untuk mngatasi jerawat mnggunakan baking soda..tq

      Delete
    4. Artikelnya sudah saya publish dan sudah saya tautkan di artikel ini dengan judul "Hati-hati Menggunakan Baking Soda untuk Kulit Wajah", atau silakan cari melalui daftar isi. Bisa juga melalui kolom "Cari di Sehat Raga"

      Delete
  21. Pasta yang mengandung baking soda apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. P****dent ada kok yang mengandung baking soda. Pasta gigi yang lain juga ada. Beli di swalayan saja supaya bisa memilah dan memilih.

      Delete
  22. pak saya baru coba nih baking soda sengan lemon, kalau pakainya setiap malam boleh ga? trs efeknya parah? sampai giginya terlihat putihh aja trs saya stop. karna mau check medex buat test pramugari kan harus telihat kinclong giginya dalam waktu cepat. ituu gimanaa?

    ReplyDelete
  23. saya sedang mencoba baking soda dengan lemon, kalau dipakenya setiap malam boleh tidak? saya ingin cepat2 putih giginya karna dalam dekat ini sedang mengikuti test medcheck untuk pramugari. apakah efeknya berbahaya sekali untuk pemakaian setiap hari?

    ReplyDelete
  24. kalau pemakaiannya setiap hari untuk mempercepat sampai terlihat putih? berbahaya sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang mendesak, gunakan sampai 3 kali pemakaian saja. Setelah itu gunakan cara alami atau gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda.

      Lebih dari 3 kali pemakaian biasanya enamel/email gigi ikut terkikis. Lama-lama dentin gigi akan terbuka sehingga gigi akan sensitif. Pada kondisi yang parah, gigi cepat keropos dan mudah rapuh.

      Delete
  25. Kalo selain lemon, baking soda bisa dicampuri apa lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang dicampur dengan garam, pasta gigi, hidrogen peroksida, gliserin, pappermint, bahkan ada yang hanya dicampur air biasa.

      Delete
  26. Kalo dicampu sama garam atau pasta gigi, takaran yg pas gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbandingannya 3 : 1. 3 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh garam. Bila dicampur dengan pasta gigi perbandingannya sama. Gunakan hanya 3 kali pemakaian saja.

      Delete
  27. Pak kalo gigi yg sudah kuning banget apa bisa memakai baking soda di campur dengan garam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Dengan 3 kali pemakaian, hasilnya memang kurang putih, tetapi jangan tergoda untuk meneruskannya. Lanjutkan dengan cara yang alami. Lama-lama akan putih sendiri.

      Delete
  28. Selamat pagi pak.saya pria 30 taunan bergigi sensitif perokok dan kadang suka ngopi juga . Tolong saran gigi cepat putihnya terimakasih .dalam proses berhenti merokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada pasta gigi khusus perokok, tetapi karena gigi Anda sensitif, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya.

      Sebaiknya Mas Masgun menggunakan kulit jeruk mandarin. Gunakan 3 kali sehari. Insya Allah dalam waktu 4 minggu sudah kelihatan hasilnya.

      Saran yang kedua (mungkin ini agak berat),yaitu berhenti merokok. Hal ini agar upaya Anda memutihkan gigi tidak sia-sia.

      Delete
  29. Dengan tiga kali pemakaian itu kapan aja ya pak? Dan takaran nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin cepat, gunakan seminggu sekali dengan takaran 3 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh garam. Setelah itu jangan gunakan baking soda untuk selamanya.

      Kalau ingin aman, gunakan 4 - 6 bulan sekali. Anda bisa menggunakan lebih dari 3 kali pemakaian sampai gigi tampak putih.

      Delete
  30. 3 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh garam itu di campur dengan air juga pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Dikira-kira sendiri ukuran airnya sekiranya mengental seperti pasta gigi.

      Delete
  31. Itu campuran buat sekali pakai aja kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, untuk sekali pakai. Kalau ada sisa dibuang saja atau digunakan untuk membersihkan porselen kamar mandi.

      Delete
  32. Maaf mau tanya bagaimana cara menggunakannya kalo ada gigi yang ompong/berlubang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada gigi yang ompong tidak masalah, tetapi untuk gigi yang berlubang penggunaannya harus hati-hati, sebisa mungkin baking soda tidak mengenai bekas retakan gigi karena di daerah tersebut dentin giginya terbuka. Jika gigi yang berlubang tersebut sedang sakit/nyeri, sebaiknya disembuhkan dulu.

      Delete
  33. ini saya mau nanya kalo pake baking soda 1x sehari selama 1 minggu karang gigi akan bersih ga ya ? kalo sudah bersih baru saya stop baking soda selamanya. nah penggunaan 1x sehari selama 1 minggu habis itu saya stop selamanya apakah akan ada efek nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ketebalan dan daya lekat karang pada gigi. Untuk karang gigi yang ringan, mungkin hanya sekali pemakaiannya sudah bersih. Tapi untuk karang gigi yang sudah membandel, sampai 3x pemakaian mungkin belum bersih.

      Namun, bagaimanapun juga, sangat tidak disarankan menggunakan baking soda lebih dari 3x. Karang gigi yang membandel itu hampir menyatu dengan email gigi. Jika karang gigi ini tergerus oleh baking soda, email gigi pun ikut tergerus. Akibatnya, gigi akan sensitif. Pada kondisi yang parah, gigi mudah rapuh dan keropos.

      Delete
  34. selamat malam pak
    maaf saya mw nnya. law untuk gigi yg pke behl itu apa boleh pke baking soda?
    soal y lama2 gigi y aga menguning pak
    trus gigi y jga uddh ada yg kropos jga d bgian tngah yg dpan... itu gmna ya cra mutihin lgi y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam,

      Pakai behel itu berarti menambah celah-celah pada gigi sehingga sisa-sisa makanan lebih muda terselip. Konsekuensinya, harus lebih sering dan lebih lama saat menggosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur.

      Sangat tidak disarankan menggunakan baking soda apabila ada gigi yang keropos. Sebaiknya sikat giginya yang diintensifkan atau menggunakan cara-cara alami sebagaimana yang disebutkan dalam artikel di atas.

      Delete
  35. Selamat siang,mau tanya maksud dari penggunaan baking soda maksimal 4-6 bulan itu bagaimana yah? Apakah cuma sekali pake dalam 4 bulan itu saja? Apakah gigi bosa langsung putih cuma sekali pake saja? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang,

      Penggunaan baking soda 4 - 6 bulan sekali artinya setiap 4 bulan atau 6 bulan Anda boleh menggunakan baking soda. Anda boleh menggunakan sampai berkali-kali asalkan jarak pemakaiannya 4 - 6 bulan.

      Masalah hasilnya, tergantung kondisi gigi Anda. Mungkin hanya sekali pemakaian sudah putih atau mungkin harus beberapa kali pemakaian.

      Delete
  36. Maaf mau tanya , kalo misalnya dipakenya cuman 1x saja terus gigi yang kuning sudah menjadi putih , setelah itu saya berhenti menggunakan nya , apakah gigi akan kuning kembali dan ada efek yang timbul setelah berhenti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukurlah jika hanya sekali pakai gigi sudah putih kembali. Pertahankan gigi putih Anda dengan cara-cara alami sebagaimana yang telah saya tulis dalam artikel Jangan Biarkan Gigi Menguning, Cegah dengan Cara Ini.

      Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan baking soda. Tidak ada efek negatif jika hanya sekali menggunakan baking soda.

      Delete
  37. Klo pakek jeruk nipis dan garam
    Pemakain berapa hari biar karang giginya bisa hilang?
    ada efeknya stelah berenti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeruk nipis dan garam itu kan bahan alami. Jadi dipakai setiap hari dan dalam waktu yang lama tidak ada efek sampingnya.

      Karena bahan alami, hasilnya tidak bisa instan. Jika dipakai setiap hari, dalam waktu 4-6 minggu baru kelihatan hasilnya. Gigi akan tampak cerah alami secara perlahan-lahan.

      Tidak ada efek apapun setelah berhenti menggunakan jeruk dan garam.

      Delete
  38. maaf pk saya mawu tanya resep cara memutihkan wajah pake baking soda apa ja ya pak

    ReplyDelete
  39. Maaf mau tanya kalau buat gigi behel apakah aman menggunakan baking soda? Mohon dijawab. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman, asalkan kondisi giginya masih baik dan penggunaan baking sodanya tidak berlebihan. Selain itu, setelah menggunakan baking soda harus berkumur sebersih mungkin karena gigi yang berbehel mempunyai banyak celah pada gigi.

      Delete
  40. Maaf pak, kalo untuk mencerahkan wajah itu baking soda hanya bisa dicampur dengan air biasa saja atau bisa dengan yang lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup dengan air saja. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel di blog ini yang berjudul "Hati-hati Menggunakan Bakig Soda untuk Kulit Wajah". Link-nya saya tautkan di artikel ini.

      Delete
  41. Sempet baca kalo norit bisa memutihkan gigi, itu bener ga? Trs baiknya brp kali pemakaian dan takarannya gmn? Lalu antara baking soda + garam dan baking soda + lemon, yg lebih baik dlm memutihkan gigi yg mana? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, norit memang bisa memutihkan gigi. Pemakaiannya boleh 1-3 kali dalam seminggu. Nanti akan saya buatkan artikelnya.

      Untuk gigi normal, baking soda + lemon lebih efektif. Sedangkan untuk gigi sensitif sebaiknya hindari lemon dan gantilah dengan garam.

      Delete
  42. Untuk pemakaian baking soda itu caranya sampai ke gigi bagian dalam apa depannya saja pak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan secara merata, baik bagian luar, dalam, maupun sela-sela gigi. Tetapi pemakaiannya jangan lebih dari 2 menit.

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi yang sensitif berarti enamel giginya sudah menipis atau dentin giginya terbuka. Sangat tidak disarankan menggunakan baking soda karena baking soda sifatnya abrasif (mengikis permukaan gigi, baik plak gigi maupun email gigi).

      Delete
  44. Selamat malam pak , saya mau bertanya saya penguna behel dan lama kelamaan gigi saya agak menguning padahal saya hampir 4 kali gosok gigi setiap hari , kalau saya pake baking soda campur pasta gigi apakah aman ? Lalu takaranya berapa ? Ada gigi tambalan di depan sebelah kiri , jujur saya merasa tidak pd jika gigi saya menguning , mohon di balas dan di kasih saran , terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya sementara (1-2 kali pemakaian) aman-aman saja. Yang perlu dipertimbangkan, baking soda dapat menguraikan perekat behel pada gigi. Celah pada gigi semakin banyak dan melebar. Akibatnya sisa makanan (terutama yang berupa cairan) lebih mudah bersarang sehingga gigi justru menguning.

      Sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda karena takarannya sudah direkomendasikan para ahli gigi sehingga lebih aman. Lebih aman lagi jika menggunaka cara yang alami.

      Delete
    2. pak , jika gusi nya sering berdarah dan gunakan baking soda buat 1 kali itu aman nggak?

      Delete
    3. Lebih baik dihindari karena salah satu sifat baking soda adalah alkaloid (basa). Sifat ini tidak cocok untuk kulit sensitif apalagi berdarah. Jika dipaksakan akan menimbulkan iritasi, memerah, membengkak, dan timbul rasa nyeri.

      Delete
  45. Selamat pagi pak, jadi untuk gigi yang sensitif, untuk memutihkan gigi secara efektif, menggunakan cara yang mana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gigi yang sensitif, gunakan baking soda + garam, tapi pemakaiannya maksimal 3 kali. Selanjutnya gunakan cara yang alami, misal digosok kulit jeruk mandarin atau sering mengonsumsi sayuran.

      Delete
  46. Saya udah nyoba sekali pake baking soda dan garam..tapi pas digosok malah ngilu..sebaiknya harus pake cara apa yg lebih aman tapi efektif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itulah bahan kimia, cocok untuk sebagian orang belum cocok untuk orang lain, apalagi kalau pemakainnya berlebihan. Sebaiknya gunakan cara yang alami, meski hasilnya tidak instan tapi aman dan tahan lama.

      Delete
  47. Apakah baking soda bisa diganti dg baking powder pak ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, karena keduanya terbuat dari bahan yang sama, yaitu natrium bikarbonat (NaHCO3). Bedannya, baking soda itu natrium bikarbonat murni, sedangkan baking powder ada campuran asam lemah.

      Delete
  48. Selamat pagi pak, saya mau nanya, baking soda yg telah dicampur garam itu kita jadikan pasta gigi atau masih harus dicampur dengan pasta gigi lagi ? Mohon infonya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga,

      Langsung dijadikan pasta gigi, cuma maksimal 3x penggunaan. Jika terasa nyeri atau ngilu, segera tinggalkan, berarti tidak cocok dengan kondisi gigi Anda.

      Delete
  49. Selamat pagi
    Pak saya seminggu ini menggosok gigi dengan garam, setelah itu gigi saya terasa ngilu dan gigi yg berlubang terasa sakit. Apa itu efek dari garam itu tadi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi,

      Itu efek dari baking soda karena baking soda bersifat alkaloid, korosif, dan abrasif. Sifat-sifat tersebut tidak cocok untuk gigi yang berlubang.

      Sifat korosif dan abrasif akan semakin mengikis lubang gigi Anda sedangkan sifat alkaloid (basa) akan menimbulkan rasa nyeri dan ngilu karena enamel gigi semakin tipis dan dentin gigi terbuka.

      Delete
  50. Maf pak mau tanya bagaimana cara menghilangkan karang gigi dengan cepat aman dan efektif.. Serta cara pencegahannya agar tidak muncul kembali.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin cepat ya baking soda, tetapi tidak aman. Lebih baik gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda dan fluoride karena takarannya sudah direkomendasikan oleh ahli gigi.

      Untuk mencegah timbulnya karang gigi, Anda harus rutin mengonsumsi sayur dan buah, perbanyak minum air putih, hindari makanan yang manis dan lengket, dan tentu saja harus rutin menggosok gigi.

      Delete
  51. Pak saya mau tnya, kalau dari dulu gigi saya cuma ada setitik hitam di gigi depan atas, namun skarang sudah habis separo, dan separo lagi sudah mulai keropos/ terkikis dan menghitam.
    Tolong bagaimana cara mengatasi gigi depan saya ini, karena sya malu sbagai prempuan. TQ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya langsung mendatangi dokter gigi untuk memastikan tingkat keparahannya. Jika lubang gigi masih pada lapisan email, mungkin bisa ditambal atau diobati dulu kemudian ditambal. Jika lebih parah lagi, mungkin perlu pelapis atap saraf kemudian ditambal.

      Jika tidak memungkinkan ditambal (misal gigi sudah goyah), Anda harus merelakan untuk dicabut. Saat luka pencabutan sudah sembuh, bisa dibuatkan gigi palsu.

      Untuk merawat gigi yang berlubang, Anda bisa membaca artikel di blog ini yang berjudul "Tips Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang secara Alami".

      Delete
  52. Gigi saya udh agak menguning dan berkarang. dan karang gigi ini mengakibatkan gusi saya berdarah jika tertekan ataupun saat saya mengecap mulut secara lama dan dalam.
    saya mau mencoba satu kali cara memutihkan dan menghilangkan karang dengan baking soda + garam. apakah ini sekali langsung rontok karang giginya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena gusi Anda mudah berdarah, lebih baik hindari penggunaan baking soda. Sifat alkaloid dari baking soda tidak cocok untuk kulit sensitif (gusi berdarah). Dampaknya akan terasa nyeri dan ngilu, bahkan bisa berakibat bengkak.

      Tidak ada jaminan karang gigi akan rontok hanya sekali penggunaan baking soda. Jika daya lekat karang gigi tersebut sudah kuat, bisa membutuhkan beberapa kali penggunaan. Ini tidak baik bagi kesehatan gigi. Lebih baik gunakan cara yang alami, meski lama tapi lebih aman.

      Delete
  53. Om kalo baking soda buat gosok gigi bisa awet tidak putihnya terus kalo dipake kumur kumur boleh gag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipakai terus-menerus dan berlebihan justru warna putih gigi akan memudar bahkan terkesan gelap karena email gigi semakin tipis dan transparan.

      Jika dipakai sekali gigi langsung putih, ya harus dirawat dan dipertahankan agar tidak kembali menguning. Tidak ada jaminan gigi akan tetap awet putih tanpa perawatan yang benar.

      Baking soda yang digunakan untuk menggosok gigi atau berkumur-kumur memberikan efek yang sama.

      Delete
  54. Siang pak
    Apa yng di lakukan setelah selesai pakai soda kue dan lemon,apakah harus sikat gigi lagi seperti biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang Irawati,
      Minimal harus berkumur-kumur sampai bersih, sekiranya rasa baking soda sudah hilang. Sikat gigi lagi juga lebih baik.

      Delete
  55. Pak..kalo titik hitam dekat gusi di gigi depan apkh termasuk karang gigi?
    Atau tanda kropos? krn hmpir stgah dr satu ujung gigi atas yg nempel k gusi hitam..Bgmn cara mengatasinya? Trimksh pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titik hitam pada gigi merupakan tanda awal gigi akan berlubang. Sebaiknya mendatangi dokter gigi segera diobati atau ditambal.

      Anda juga bisa merawatnya secara alami agar tidak semakin meluas. Caranya bisa dibaca artikel pada blog ini yang berjudul "Tips Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang secara Alami".

      Delete
  56. Selain untuk memutihkan Gigi, bisa tidak untuk menghilangkan noda hitam disela sela Gigi geraham? Saya tidak tau apakah itu berlubang atau tidak. Hanya saja jika saya biarkan takutnya akan berlubang dikemudian hari.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda memang ampuh menghilangkan noda hitam pada gigi. Noda hitam tersebut akan terkikis oleh sifat korosif baking soda.

      Jika noda hitam tersebut hanya menempel pada permukaan email gigi, penggunaan baking soda aman-aman saja. Namun, jika noda hitam tersebut sudah tertanam lebih dalam maka baking soda akan menggerus noda hitam tersebut sampai ke dalam. Akibatnya gigi akan berlubang.

      Sebaiknya rawatlah noda hitam tersebut dengan menggosok gigi secara teratur dan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

      Delete
  57. Pak..mau tanya kalau gigi yang kuning karena kebanyakan konsumsi obat antibiotik dari kecil bisa putih pakai baking soda?baking soda dicampur apa pak?dan yang aman berapa kali pemakaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda saja sudah cukup. Pemakaiannya maksimal 3 kali. Jika belum putih jangan diteruskan. Lanjutkan saja dengan cara yang alami.

      Delete
  58. Pak yang lebih efektif dalam menghilangkan karang gigi baking soda+lemon atau baking soda+garam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kondisi giginya. Kalau kondisi giginya normal lebih efektif pakai baking soda + lemon. Tetapi jika kondisi giginya sensitif, lebih baik pakai baking soda + garam.

      Delete
  59. Pak. Kalau sudah sekali pake baking soda. Tapi gigi nya blm putih. Terus di lanjut pake garam+jeruk nipis setiap hari blh gk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, justru cara alami seperti itu yang dianjurkan.

      Delete
  60. Saya mempunyai masalah karang gigi, mau coba ngatasin dengan baking soda. Cara pemakaiannya bagaimana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya cukup sederhana, mbak Lia. Campur baking soda dengan sedikit air kemudian gunakan sebagai pasta gigi. Cuma, penggunaannya harus hati-hati, tidak boleh berlebihan.

      Delete
  61. Kalau gigi yang kuning warna kuning nya di dalam itu pake baking soda dan lemon ampuh gaaa pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuning gigi dari dalam berarti pori-pori gigi besar, email gigi menipis, atau dentin gigi terbuka. Kondisi ini menyebabkan gigi muda menyerap sari-sari makanan sehingga gigi menjadi kuning. Gigi kuning seperti ini tidak cocok diputihkan dengan baking soda karena email gigi akan semakin tipis sehingga gigi semakin kuning.

      Delete
  62. sore pak maksudnya 3x itu gmna ya.. 3x dalam sehari.. trus tunggu 6 bulan lagi.. atau skali shari dalam 3 hari.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya 3x itu 3 kali pemakaian secara berturut-turut. Misal hari ini, besok, dan lusa. Setelah itu jangan gunakan baking soda untuk selamanya.

      Jika ingin menggunakan baking soda lebih dari 3 kali, beri selang waktu 6 bulan, misal bulan Mei, bulan November, dan seterusnya.

      Delete
  63. Cara menghilangkan karang gigi yg sudah bandel dengan cara apa pak? Kalau bisa efeknya dengan cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling cepat dikikis dengan baking soda. Cuma, penggunaannya harus hati-hati, jangan berlebihan. Gunakan 3 kali pemakaian saja.

      Delete
  64. Terima kasih pak artikelnya bagus..
    Pak saya mau tanya, gigi sy kuning dg plak yg membandel,, padahal sy sudah gosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur ,, benar-benar sehabis makan.. Tapi kenapa ya tetap kuning dan bahkan plaknyapun pernah lepas tanpa sengaja(pas tdk sedang gosok gigi) dan sangat keras, tapi tdk sakit ataupun berdarah.. apakah baking soda bisa membantu memutihkan dan menghilangkan plak tsb..
    Karena sy mau ke dokter gigi malu dg kondisi yg parah itu.
    Dan bolekah memakai baking soda ketika sedang sariawan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Gigi tetap kuning dan plak membandel meski rajin gosok mungkin disebabkan:
      a. gosok gigi tidak merata dan tergesa-gesa sehingga tidak menjangkau seluruh permukaan dan celah gigi.
      b. Gigi sudah kuning dan timbul plak, baru rajin menggosok gigi.
      c. email gigi menipis dan dentin terbuka sehingga mudah menyerap sari makanan.

      2. Baking soda memang ampuh memutihkan gigi dan mengikis plak, tapi penggunaannya harus hati-hati, jangan berlebihan.

      3. Baking soda tidak cocok dengan kulit sensitif, berdarah, ataupun sariawan. Sifat alkaloid baking soda menyebabkan rasi perih dan ngilu, bahkan bisa menimbulkan bengkak pada gusi.

      Delete
    2. Makasih pak atas jawabanx.. Tapi apakah masih bisa diputihkan dg baking soda, dan bagaimana penggunaan yg aman, untuk kasus sy tersebut. Sekalian mnta takaran ya pak. Mksh..

      Delete
    3. 1. Bisa, tapi sariawannya disembuhkan dulu.

      2. Gunakan hanya 3 kali pemakaian saja. Jika belum putih, teruskan dengan cara alami seperti pada artikel di atas.

      3. Gunakan 3 sendok teh baking soda, campur air secukupnya, kemudian diaduk hingga membentuk pasta.

      Delete
  65. Pak, itu nanti ke gigi nya lebih baik pakai sikat gigi atau pakai jari pak? Jadi sebenarnya yg bagus itu baking sada dicampur lemon atau baking soda dicampur garam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Pakai sikat gigi

      2. Untuk gigi normal, baking soda dicampur lemon atau garam sama saja. Tetapi untuk gigi yang sensitif, hindari baking soda dicampur lemon.

      Delete
    2. Takaran kalau pake baking soda dicampur garam berapa pak? Terus pak saya kan ada gigi berlubang nya satu lumayan gede sih... Boleh gak pake baking soda

      Delete
    3. 1. Takaran: 3 sendok teh baking soda + 1 sendok teh garam.

      2. Baking soda tidak aman untuk gigi berlubang. Sifat abrasif baking soda juga akan mengikis permukaan lubang gigi sehingga lubang akan semakin membesar.

      Delete
    4. Jadi intinya saya gak boleh nih pak?

      Delete
    5. Ya, lebih baik menggunakan cara yang alami. Meski hasilnya tidak instan, tapi lebih aman dan tahan lama.

      Delete
  66. Pak, artikel nya bagus, kalo saya memilih menggunakan lemon secara berkala, itu jelasnya pemakaian aturan pemakaian nya berapa kali dalam sehari, atau bagaimana ya pak??

    Dan lemon kulitnya atau bulir lemon nya?

    Gigi saya sudah kuning karena senang sekali dengan kopi tp sudah beberapa bulan 5-6bulan, sudah total berhenti. Tetap kuning tanpa berkurang sedikit pun, buah dan air putih saja yg sekarang dikonsumsi bahkan penggunaan pasta gigi untuk memutihkan, tetap saja kuning. Tolong dibalas ya pak, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potong secara melintang 1 buah jeruk lemon menjadi 5 - 6 potongan. Gunakan seluruh bagian potongan tersebut, termasuk kulit dan daging buah, untuk menggosok gigi.

      Habiskan semua potongan untuk sekali pemakaian. Lakukan 1 - 2 kali sehari.

      Delete
  67. selamat siang pak,
    maaf pak, bagaimana ciri gigi yang putihnya di dalam atau di luar?
    dan untuk pemakaian bahan alami seperti lemon, itu membutuhkan waktu berapa lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi putih di luar berarti gigi tersebut bersih dari plak atau karang gigi. Selain itu, email giginya masih utuh (belum menipis) sehingga email gigi tidak transparan tetapi tampak putih berkilau.

      Sedangkan gigi putih di dalam berarti dentin giginya masih utuh (tidak terbuka) sehingga tidak mudah menyerap sari-sari makanan yang berwarna. Kondisi gigi seperti ini akan memancarkan putih dari dalam.

      Untuk memutihkan gigi secara alami memang butuh waktu yang agak lama. Jika dilakukan secara rutin setiap hari, butuh waktu sekitar 2 - 3 bulan, bahkan mungkin lebih, tergantung kondisi giginya. Tetapi lebih aman dan tahan lama.

      Delete
  68. Pak numpang nanya
    Kalau saya menggunakan baking soda satu minggu sekali Apakah bahaya? kalau saya menggunakan pada hari Senin Selasa sampai Minggu nya saya Menggunakan garam apakah berbahaya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Menggunakan baking soda seminggu sekali tidak berbahaya, tetapi gunakan 3 kali pemakaian saja. Misalkan Anda menggunakan baking soda tiap hari Senin, maka gunakan pada Senin pertama, Senin kedua, dan Senin ketiga saja.

      2. Menyelingi penggunaan baking soda dengan bahan alami seperti jeruk lemon dan garam, sangat dianjurkan. Tetapi penggunaan baking soda tetap jangan melebihi 3 kali pemakaian.

      Delete
  69. Pak apakah bener baking soda dapat menghilanglan daki?kalau iya gimana cara nya?dan apa ada efek samping nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar, baking soda memang bisa menghilangkan daki. Caranya cukup dibuat pasta baking soda kemudian dioleskan ke kulit yang berdaki.

      Efek sampingnya silakan baca artikel pada blog ini yang berjudul "Hati-hati Menggunakan Baking Soda untuk Kulit Wajah".

      Delete
  70. Apakah gigi kuning dapat membahayakan kesehatan terutama kesehatan gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi kuning tidak membahayakan kesehatan gigi selama rajin menggosok gigi. Namun gigi kuning akan mengganggu penampilan sehingga dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang.

      Delete
  71. Mau tanya, bedanya baking soda dan boking powder itu apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda itu natrium bikarbonat murni (NaHCO3), sedangkan baking powder natrium bikarbonat yang dicampur dengan asam pirofosfat dan pengemulsi. Jadi, kandungan NaHCO3 pada baking powder lebih rendah.

      Delete
  72. Selamat malam pak.
    Bagaimana cara menggunakan baking soda pada gigi saya warnanya tidak merata?
    Jadi pada 1 gigi, bagian bawahnya putih, tapi atasnya kuning.
    Bagaimana cara agar warnanya putih merata?
    Apakah saya harus menyikat dengan hati hati bagian atas gigi saya tanpa mengenai bagian yg putih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam,

      Sepertinya tidak mungkin mengonsentrasikan menyikat gigi hanya pada salah satu gigi, apalagi bagian atasnya saja.

      Baking soda adalah bahan kimia, ketika Anda berkumur, baking soda akan larut dan merata di seluruh gigi dan gusi.

      Mungkin bisa dicoba dengan cara melap/menggosok bagian gigi yang kuning tersebut dengan kain atau kapas yang diberi baking soda. Anggap saja seperti menggosok akik. Hehehe...

      Delete
  73. Saya ingin bertanya, bagaimana mengetahui bahwa gigi saya itu kuning dari dalam atau luar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi kuning dari dalam berarti dentin giginya sudah terbuka atau email gigi menipis sehingga pori-pori gigi lebih besar. Dentin gigi terbuka dan pori-pori besar ini menyebabkan gigi mudah menyerap sari makanan yang berwarna sehingga gigi tampak kuning. Gigi seperti ini biasanya sensitif, terasa nyeri bila minum es atau asam.

      Sedangkan gigi kuning dari luar disebabkan oleh plak dan kotoran yang menempel pada permukaan gigi.

      Delete
  74. Saya baru saja mencobanya untuk pertama kalinya, tapi saya merasa tidak ada perubahan pada warna gigi saya (atau mungkin perubahannya sngaatt sedikit).
    Lalu, kalau saya baru bisa mengulanginya 4/6bulan lagi, sampai berapa lama gigi saya baru memutih? Bukannya akan sangat lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau warna kuning itu dari dalam (gigi sensitif atau berlubang), memang tidak bisa diputihkan dengan baking soda. Baking soda hanya mengikis plak gigi dan kotoran yang menempel pada permukaan luar gigi akibat teh, kopi, dan lain-lain.

      Atau coba saja gunakan 3 kali berturut-turut langsung selama 3 hari (tapi setelah itu tidak boleh menggunakan lagi). Jika masih tidak ada hasilnya berarti warna kuning gigi tersebut memang dari dalam.

      Delete
  75. Selamat siang pak
    Saya mau nanyak. Gigi saya kuning keropos dan rapuh, gigi depan saya jugak ada tempelan kalo saya menggunakan bakingsoda apakah berbahaya?, Terima kasih. Mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan baking soda karena bahan kimia tersebut bersifat abrasif (mengikis). Gigi yang keropos akan lebih mudah terkikis sehingga akan semakin keropos dan rapuh

      Delete
  76. penggunaan baking soda ini lebih aman di pakai untuk kumur2 atau langsung ditempelkan pada gigi (tentunya ditambah dgn bahan lain spt yg disebutkan di atas; garam dan lemon)? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda yang hanya dipakai kumur-kumur atau digosokkan pada gigi, efek kimianya sama saja. Untuk karang gigi yang sudah membandel sebaiknya digosokkan langsung pada gigi. Tetapi untuk karang gigi yang belum membandel, cukup kumur-kumur saja.

      Ibarat membersihkan keramik kamar mandi, untuk kotoran ringan cukup disiram larutan baking soda sudah bersih (baking soda bisa lho untuk membersihkan keramik).

      Delete
  77. Kalau di sela gigi ada plak hitam gimana pak caranya klau bersihkan dengan baking soda saya sikat tiap hari pakai pasta gigi biasa tidak ada hasilnya masalah nya disela sela pak,terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda bisa menjangkau sampai ke celah-celah gigi, kok. Meski Anda kesulitan menggosoknya dengan sikat gigi, tetapi larutan baking soda sudah sampai ke sana.

      Delete
  78. Tutorial menggunakan baking soda untuk gigi share dong pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, insya Allah dalam waktu dekat ini.

      Delete
  79. Saya baru coba tadi tapi sama saja hanya sedikit sepertinya belum banyak perubahan... jika seperti saran anda yg 3hari berturut turun dicoba tetap sama dan karna warna kuning dari dalam , upaya apa yang harus dilakukan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar warna kuning pada gigi Anda tidak disebabkan oleh karang gigi atau zat-zat lain yang menempel pada permukaan gigi. Sedangkan baking soda berperan mengikis kotoran-kotoran gigi tersebut.

      Saran saya, sebaiknya Anda rajin mengonsumsi sayur dan buah. Atau bisa dicoba memutihkan gigi dengan norit. Norit lebih bersifat menyerap daripada mengikis, termasuk menyerap bakteri pada gigi.

      Link tentang norit sudah saya tautkan pada artikel ini.

      Delete
  80. Assalamualaikum wrb.
    Selamat malam pak, saya mau tanya
    Apa bedany soda kue dgn baking soda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wrb,

      Soda kue itu nama lain dari baking soda. Nama ini muncul karena baking soda biasa digunakan sebagai pengembang kue.

      Adapun nama kimianya adalah natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat.

      Delete
    2. Baiklah, terimakasih banyak pak penjelasanya

      Delete
  81. Selamat malam pak,
    Pak jika pakai kawat gigi, apa boleh menggunakan baking soda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, asalkan kondisi giginya masih baik (tidak berlubang, tidak sensitif, dan tidak keropos). Selain itu, setelah menggunakan baking soda, harus berkumur sebersih mungkin agar sisa-sisa baking soda tidak bersarang di celah-celah kawat gigi.

      Delete
    2. Trimakasih atas balasan ny pak akhmad jazuli,..

      Delete
    3. Sama-sama Kiki, semoga bermanfaat.

      Delete
  82. Assalamualaikum, maaf bapak mau bertanya nih, lebih baik mana antara garam dapur dengan baking soda ? Sedangkan keduanya sama sama mengandung sodium ? Lalu perbedaan efeknya bagaimana, lebih parah yang man ? Karena saya takut dengan penggunaan baking soda dengan penjelasan dan komentar bapak diatas? Lalu mana yang lebih baik digunakan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garam dapur (NaCl) dan baking soda (NaHCO3) keduanya memang mengandung sodium atau natrium (Na). Bedanya, garam dapur berasal basa kuat (NaOH) dan asam kuat (HCl) sehingga sifatnya netral.

      Sedangkan baking soda berasal dari basa kuat (NaOH) dan asam lemah (H2CO3) sehingga sifatnya basa (alkaloid).

      Beda yang kedua, garam dapur merupakan bahan senyawa kimia alami (sudah ada di alam, air laut) tinggal diuapkan airnya (reaksi fisika). Sedangkan baking soda merupakan senyawa kimia sintetis yang dihasilkan melalui reaksi kimia.

      Jadi, garam dapur jauh lebih aman daripada baking soda.

      Delete
  83. Assalamualaikum, bapak maaf saya mau bertanya nih, saya mau mempraktikan ini tapi masih takut. Kalo untuk gigi lebih aman manakah beaking soda ataukah garam dapur ? Katanya garam dapur juga bisa merusak imail gigi juga ? Lalu efek keduanya apa ? Terus untuk penggunaan alami yang jeruk nipis + garam dapur itu penggunaanya berapa kali sehari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Lebih aman garam dapur sesuai keterangan di atas.

      2. Garam dapur yang digunakan langsung tanpa campuran jeruk nipis memang dapat merusak email gigi, tapi efeknya tidak separah baking soda.

      3. Garam dapur + jeruk nipis bisa digunakan setiap hari.

      Delete
  84. Lalu ingin bertanya juga untuk jeruk nipis dengan garam dapur boleh digunakan setiap hari tidak pak ? Pemutihannya bisa dilihat setelah berapa bulan pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garam dapur + jeruk nipis boleh digunakan setiap hari. Insya Allah setelah 2 bulan gigi mulai berangsur-angsur putih. Setelah gigi mulai tampak putih, pemakaiannya harus dikurangi supaya tidak menggerus enamel gigi.

      Delete
  85. Pak saya sudah mencoba menggunakan baking soda dgn air biasa untuk membersihkan plak gigi namun setelah itu gusi saya langsung bengkak sakit dan kemerahan serta nyeri. Bagaimana cara mengatasinya pak terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu akibat dari sifat alkaloid (basa) dari baking soda.

      Untuk pertolongan pertama, Anda bisa berkumur dengan air putih berkali-kali. Jika tahan, boleh ditambah sedikit garam atau perasan jeruk.

      Selanjutnya Anda bisa mengatasinya dengan obat pereda nyeri. Bilang saja pada pelayannya: obat untuk gusi nyeri dan bengkak.

      Delete
  86. pak cara u/ pengaplikasian garam + jeruk nipis bagaimana ya pak.? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Campur perasan jeruk nipis dan garam dengan perbandingan 1 : 1 (1 buah jeruk nipis + 1 sendok-makan garam).

      2. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi (boleh dengan sikat gigi atau jari tangan).

      3. Berkumur sebersih mungkin setelahnya.

      4. Lakukan setiap hari hingga gigi putih bersinar (biasanya 1 - 2 bulan gigi sudah putih).

      5. Jangan lakukan jika kondisi gigi berlubang atau sensitif.

      Delete
  87. Kalau saya menggunakan behel apakang boleh memutihkan gigi menggunakan baking soda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tapi harus ekstra hati-hati. Harus berkumur sebersih mungkin setelah memakainya. Jika tidak, sisa baking soda yang masih bersarang di celah-celah gigi dan celah-celah kawat gigi akan merusak enamel gigi dan lem ortodontik (lem perekat kawat gigi).

      Delete
  88. Tapi saat saya melihat di youtube , nama orangnya travis bryant, dia pake baking soda setengah gelas kecil (tanpa di campur apa apa) ,dia langsung masukin semua baking soda itu (setengah gelas kecil) terus ditambah bahan vinegar cair (di campur di dalem mulut, tapi tidak diminum) itu gimana? Gak apa apa gitu? (Tapi saya kurang tau berapa kali dia pake dua bahan itu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satu teknik penggunaan baking soda untuk gigi. Tidak apa-apa.

      Yang berbahaya bagi kesehatan gigi itu frekuensi penggunaan. Jika terlalu sering dan tidak dibatasi maka akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Di antaranya gigi menjadi sensitif dan rapuh.

      Delete
  89. selamat sore, sebelum bertanya saya mau cerita sedikit, saya dulu pernah periksa sama dr gigi, dia bilang klo gigi saya ini pori" nya besar dan rentan rapuh apabila tidak menjaga kesehatan gigi secara rutin. terus sekarang ini gigi saya kuning sekali dan berniat menggunakan baking soda untuk memutihkan nya. jdi pertanyaannya, apakah saya boleh menggunakan baking soda dengan keadaan gigi berpori besar ? apabila tidak boleh ada kah cara lainnya pak ? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam,

      Gigi yang berpori besar memang mudah menyerap sari makanan dan minuman yang berpigmen. Lambat laun gigi akan menguning. Gigi kuning yang seperti ini disebut gigi kuning dari dalam.

      Gigi kuning dari dalam tidak bisa diatasi dengan baking soda. Baking soda hanya mampu mengikis kotoran atau plak yang menempel pada permukaan luar gigi.

      Selain itu, baking soda juga tidak cocok dengan gigi yang berpori besar. Larutan baking soda lebih mudah bersarang dana mengikis permukaan gigi. Akibatnya, gigi menjadi sensitif dan cepat rapuh.

      Sebaiknya Anda menggunakan cara-cara yang alami seperti yang disebutkan dalam artikel di atas.

      Delete
  90. Selamat siang pak.
    Saya mau tanya, bagaimana ya untuk memutihkan/mengurangi kuning pada gigi yg aman dgn kondisi gigi saya ada berlubang di gigi depan atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, Nuke.

      Sebenarnya gigi berlubang tidak cocok diatasi dengan baking soda. Pada daerah yang berlubang tidak terdapat perlindungan gigi (tidak ada enamel gigi dan dentin gigi terbuka).

      Sifat abrasif baking soda akan lebih mudah menggerus daerah tersebut sehingga lubang gigi semakin membesar. Sedangkan sifat alkaloidnya akan menimbulkan rasa ngilu dan nyeri.

      Namun, jika sangat berminat dengan baking soda, Anda harus menutup rapat-rapat lubang tersebut sebelum menggunakannya.

      Delete
  91. kak mau tanya. kalo pake jeruk nipis dan garam untuk takaran satu kali pemakaian gemana ? terus baiknya dipake berapa hari sekali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekali pemakaian, campurkan garam 1/4 sendok makan dengan perasan 1/4 buah jeruk nipis.

      Anda bisa melakukan cara ini setiap hari. Jangan lupa berkumur yang bersih setelah menggunakannya.

      Delete
  92. Selamat siang, Pak
    Apakah plak gigi juga dapat dihilangkan dengan menggunakan jeruk nipis dan garam? Lalu apa campuran tersebut dapat digunakan pada gigi yang berlubang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, Nur Maulida

      1. Jeruk nipis dan garam bisa mengatasi plak atau karang gigi asalkan pemakaiannya rutin dan teratur. Memang agak lama, namun hasilnya lebih alami dan tahan lama.

      2. Jika gigi yang berlubang tersebut sedang sakit, jangan diberi campuran jeruk nipis, cukup diberi garam saja.

      Delete
    2. 1. Apa penggunaan air garam bisa dengan dikumur saja atau harus dengan sikat gigi?
      2. Fungsi baking powder sama tidak dengan baking soda?

      Delete
    3. 1. Dikumur saja boleh, disikat lebih baik tetapi jangan terlalu ditekan.

      2. Baking powder dan baking soda mempunyai fungsi yang sama dalam memutihkan gigi. Tetapi baking soda sedikit lebih efektif karena mempunyai kandungan natrium bikarbonat murni.

      Delete
  93. Asalamua'alaikum pak saran bahas juga tentang memerahkan bibir dengan beking soda...sy liat di blog lain bisa pake beking soda apakah berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Mohammad Abdi

      Memang baking soda juga bisa memerahkan bibir. Tapi harus ingat, kulit bibir itu termasuk area kulit yang sangat sensitif. Jika tidak cocok, bibir malah menghitam dan permukaannya rusak.

      Lebih baik pakai cara alami. Saya juga bahas tentang memerahkan bibir di blog ini. Silakan cara di google dengan kata kunci "bibir merah sehat raga"

      Terima kasih atas sarannya, akan saya pertimbangkan.

      Delete
  94. kalo baking soda di campur sama pasta gigi bisa gk ? soalnya aku sudah pake itu dalam 2x sehari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda boleh dicampur dengan pasta gigi. Tetapi yang harus diperhatikan adalah frekuensi penggunaan. Penggunaan baking soda yang paling aman adalah 4-6 bulan sekali atau 3 kali dalam setahun.

      Lebih baik Anda menggunakan pasti gigi yang mengandung baking soda. Kandungan baking soda dalam pasti gigi tersebut sudah sesuai standar dan lolos uji klinis.

      Delete
  95. hai. kalau giginya pernah ditampal bisa guna ngak baking sodanya? nanti kesan tampal akan tercabut atau ngak ya? makasih

    ReplyDelete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.