Wednesday, 1 July 2015

Sudah Dewasa Masih Ngompol? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

tidur ngompol, sudah dewasa ngompol, nocturnal enuresis, inkontinensia urine

Baru tahu ya, ada orang dewasa yang masih ngompol? Kebiasaan ngompol saat dewasa memang dianggap tabu sehingga seringkali dirahasiakan. Apalagi ngompol saat dewasa hanya dialami 2% dari seluruh populasi manusia.

Ngompol adalah keluarnya urine atau kencing yang tidak disadari ketika sedang tidur. Ngompol juga bisa terjadi saat sadar karena tidak bisa mengendalikan hasrat pipis, misal saat ketakutan. Ngompol bisa terjadi pada semua usia, mulai dari bayi sampai usia lanjut.




Ngompol yang dalam istilah medis disebut nocturnal enuresis terbagi menjadi dua, yaitu ngompol primer dan sekunder. Ngompol primer terjadi pada bayi dan balita. Kebiasaan ngompol primer ini bisa hilang dengan sendiri ketika anak sudah berusia 6 - 7 tahun. Biasanya anak perempuan akan berhenti mengompol ketika sudah berumur 6 tahun sedangkan anak laki-laki akan berhenti mengompol pada usia 7 tahun.

Adapun ngompol sekunder adalah ngompol yang terjadi pada orang dewasa, remaja sampai tua. Tidak seperti ngompol primer, ngompol sekunder merupakan gangguan medis. Ngompol sekunder ini ada yang menyebut inkontinensia urine. Inkontinensia urine adalah ketidakmampuan menahan keluarnya air kencing baik dalam keadaan sadar (beser, terkencing-kencing, kepoyo) atau dalam keadaan tidak sadar (ngompol).

Penyebab Orang Dewasa Ngompol

Hampir 75% penyebab ngompol di usia dewasa adalah karena faktor keturunan. Sisanya disebabkan oleh gangguan tidur, infeksi saluran kemih, diabetes, dan lain-lain.

Faktor Keturunan

Seseorang yang dilahirkan dari orangtua yang mempunyai masalah ngompol di usia dewasa, mempunyai kemungkinan mengalami masalah yang sama dengan orangtuanya. Tetapi faktor genetik ini tidak mutlak, faktor lingkungan juga menentukan. Mungkin orang tersebut hanya membawa gen ngompol atau bakat ngompol dari orangtuanya, tetapi karena gaya hidup dan pola makannya berbeda dengan orangtuanya, misal sejak kecil ikut orang lain, maka kebiasaan ngompol tersebut tidak sampai menurun pada dirinya.

Faktor Usia

Seseorang yang memasuki usia lanjut akan memiliki sifat fisik dan mental yang hampir sama dengan bayi dan balita. Otot-otot uretra mulai melemah. Demikian juga dengan sinyal untuk mengontrol keluarnya kandung kemih. Apalagi sedang mengalami penyakit gangguan otak, seperti stroke dan demensia. 

Gangguan Tidur

Normalnya, seseorang akan terbangun ketika dalam tidurnya merasa ada desakan ingin buang air kecil. Tetapi orang yang mempunyai gangguan tidur atau sleep apnea, hasrat ingin pipis tersebut akan masuk dalam mimpinya. Mungkin ia bermimpi sedang kencing di kamar mandi atau terkencing-kencing karena ketakutan. Ketika bangun, ia baru menyadari bahwa semua itu hanyalah mimpi, kenyataannya ia ngompol di kamar tidur.
Ngompol dapat menyebabkan malu, rendah diri, bahkan depresi
Simak juga, Sering Mengigau atau Ngelindur? Inilah Dampak dan Cara Mengatasinya.

Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah susah buang air besar karena tinja keras. Tinja keras yang susah keluar ini akan menekan kandung kemih sehingga volume kandung kemih berkurang. Dengan volume yang berkurang, kandung kemih akan cepat penuh. Pada saat terjaga, orang yang mengalami konstipasi atau bedegelen lebih sering kencing. Sedangkan pada saat tidur ia cenderung ngompol karena penuhnya kandung kemih ini tidak terkontrol sehingga keluar dengan sendirinya tanpa disadari.

Diabetes

Penderita diabetes, terutama diabetes insipidus, mempunyai produksi urine yang berlebih. Produksi urine atau air seni yang berlebih ini menyebabkan penderita diabetes sering kencing di siang hari dan ngompol di malam hari. Selain itu penderita diabetes juga mengalami kerusakan saraf pada bagian kandung kemih sehingga daya kontrol terhadap keluarnya kencing melemah.

Pembesaran Prostat

Pembesaran kelenjar prostat berdampak pada pembesaran otot kandung kemih. Pembesaran otot kandung kemih ini menyebabkan fungsi kandung kemih tidak stabil. Akibatnya penderita kelainan prostat akan lebih sering kencing dan tidak dapat mengontrol keluarnya pipis saat tidur.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih yang menyebabkan ngompol hanya terjadi pada wanita karena letak uretra berdekatan dengan vagina. Infeksi ini menyebabkan sering kencing dan ngompol saat tidur.

Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa




Mempunyai kebiasaan ngompol sampai dewasa memang membuat malu, rendah diri, bahkan depresi. Harus mempunyai seribu alasan untuk menghindar dari ajakan nginap di rumah teman atau kerabat. Harus mempunyai persiapan ketika bermalam dalam kendaraan. Harus bisa menjelaskan kepada calon pendamping hidup. Lebih baik lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi kebiasaan ngompol tersebut.

Mengonsumsi Biji Labu

biji labu, waluh
Menurut para peneliti dari Jepang, ekstrak biji labu ternyata dapat mengurangi ngompol hampir 80% dan mengurangi sering kencing hampir 70%. Hal ini karena biji labu dapat memperkuat otot-otot dasar panggul dan menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, asam lemak dan sterol yang terdapat pada biji labu dapat melindungi prostat dan meningkatkan kapasitas kandung kemih secara maksimum.

Mengonsumsi Cranberry

buah cranberry
Cranberry adalah buah asli Amerika. Bentuknya bulat-bulat kecil, berwarna merah, dan rasanya asam. Di dalam buah tersebut terdapat empat rongga udara. Dengan rongga udara ini, cranberry dapat terapung di atas air dan melenting jika jatuh ke lantai.

Kandungan proanthocyanidin yang terdapat pada cranberry sangat bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kencing. Cranberry juga dapat mencegah diabetes. Selain itu, cranberry juga membantu kerja ginjal menjadi lebih baik dan mengusir bakteri melalui urine. Mengonsumsi 300 - 400 miligram cranberry setiap hari dapat menurunkan kebiasaan ngompol.

Senam Kegel

Menurut tinjauan Kepustakaan Timur, ngompol terjadi karena kemampuan mengendalikan keluarnya air kemih yang tidak sempurna. Hal ini di antaranya karena badan bagian bawah, yaitu panggul, berhawa "dingin". Sementara itu, senam kegel adalah senam yang berfungsi untuk menguatkan otot panggul. Otot-otot panggul yang kuat dan kencang akan dapat meningkatkan kemampuan mengontrol keluarnya urine.

Silakan simak Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Kegel.

Berjemur Matahari Pagi

Berjemur di pagi hari kira-kira 20 menit setiap hari akan mendapatkan vitamin D yang cukup langsung dari matahari. Vitamin D ini berguna bagi kekuatan tulang, termasuk tulang panggul. Tulang panggul yang kuat akan dapat menahan dan mengontrol keluarnya air kencing.

Simak juga Sering Kencing: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi ngompol pada orang dewasa. Semoga bermanfaat.



132 comments:

  1. https://plus.google.com/103316618996875344251 , Makasih artikelnya ttg ngompol, keponakan dah remaja masih ngompol nih, mau tak coba tip nya moga sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba mbak Kurnia, mudah-mudahan cepat sembuh.

      Delete
  2. Replies
    1. Pak biji labunya di apain yah ?

      Delete
    2. Cukup dimatangkan dengan cara dididihkan dalam air, boleh ditambah sedikit garam.

      Jika kebetulan lagi membuat kolak labu (waluh), masukkan sekalian bijinya.

      Delete
  3. Putra saya 12 tahun masih ngompol dan susah bangun pagi..skrg sudah sekolah asrama tapi masih susah bangub dan setiap kali kesiangan pasti ngompol...kira2 itu butuh penanganan medis gak yah??

    ReplyDelete
  4. Anak saya cowok 12 tahun masih sering ngompol bahkan sekarang sudah tinggal di asrama,,kira2 dia butuh penanganan medis tdk yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya lakukan terapi senam kegel pada anak Bapak. Kira-kira 15 menit di bawah paparan sinar matahari pagi setiap hari. Perbanyak camilan biji labu (kwaci). Setelah berjalan 1 - 2 bulan, Bapak bisa mengambil keputusan, meneruskan terapi atau penanganan medis. Insya Allah Bapak Jody tidak lagi butuh penanganan medis.

      Delete
  5. Saya 16 tahun setelah sekian lama tidak mengompol, tiba tiba tadi malam mengompol. Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngompolnya tidak sering (bukan kebiasaan) mungkin itu cuma faktor kondisional. Sekarang ini kan cuaca lagi dingin. Jadi, sisa metabolisme yang sebagian dikeluarkan lewat keringat kini banyak yang beralih menjadi urine.

      Delete
  6. Saya juga bingung, anak sayabumur 10 tahun masih pipis dan pup dicelana. Apakah harus ke dokter. Dan dojter apa ya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter umum juga bisa. Nanti akan diketahui penyebabnya. Setelah itu, biasanya akan dirujuk ke dokter yang lebih spesialis.

      Sebelum ke dokter, ada baiknya dicoba cara yang alami, di antaranya senam kegel, senam yang ditemukan dr. Arnold Kegel. Link tentang senam kegel saya tautkan dalam artikel di atas.

      Delete
  7. Saya wanita 20 tahun. Akhir akhir ini saya kok sering kencing tapi sedikit sedikit. Tapi kemarin itu waktu tidur saya kok ngompol . Malahan seminggu ini udah 2 kali saya ngompol wktu tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kencing sedikit-sedikit jika disertai rasa nyeri biasanya bawaan suatu penyakit, mungkin infeksi saluran kemih, konstipasi, atau diabetes insipidus. Coba saja dicek ke dokter atau dicoba cara alami seperti yang disebutkan dalam artikel di atas.

      Delete
  8. Ni keponakan saya udah berumur 20 tahun kok masih ngompol ya ditempat tidur gimana mengatasi nya apa harus dibawa ke medis ya?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu dengan senam Kegel, mbak Aulia. Banyak yang berhasil kok. Kalau sudah 4 - 6 minggu belum berhasil, baru dilakukan penganan medis.

      Delete
  9. Saudara saya sudah sma, tapi dia suka ngompol saat tertawa terbahak bahak. Apa dia butuh penanganan ke medis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya terkencing-kencing. Kondisi seperti itu juga bisa terjadi saat batuk, bersin, mengangkat beban berat, atau saat melakukan pekerjaan yang membuat kita mengedan.

      Penyebabnya karena melemahnya daya kontrol terhadap keluarnya air seni serta otot-otot sekitar kemaluan kurang berfungsi secara optimal. Hal ini bisa disembuhkan dengan senam kegel secara rutin.

      Delete
  10. maaf pa, itu kwaci nya dimakan biasa aja tiap hari? atau bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya setiap hari, anggap saja sebagai camilan. Lebih berkhasiat lagi jika biji labu tersebut dimasak sendiri untuk menghindari zat aditif kimia.

      Delete
  11. saya umur 24 masih sering skali ngompol dikasur,,sampai saya bekerja pun masih sering ngompol,saya malu sekali...kalau disini tidak ada kwaci gimana ya...apa harus ditangani secara medis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ditangani secara medis, coba lakukan tips yang lain. seperti berjemur matahari pagi dan senam kegel, atau langsung dipadukan, senam kegel sambil berjemur. Lakukan secara rutin setiap hari atau dua hari sekali. Insya Allah sebulan kemudian, kebiasaan ngompol berangsur-angsur akan berkurang.

      Delete
  12. Saya usia 19 tahun tapi masih ngompol. Saya malu sekali kalau keluarga saya tau. Solusinya bagaimana ya.. Saya ingin sekali kebiasaab ini benar2 hilang .
    Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikenali dulu faktor penyebabnya, faktor keturunan atau bawaan suatu penyakit. Kalau faktor keturunan penyembuhannya agak lama. Kalau bawaan penyakit harus ditangani secara medis, begitu penyakitnya sembuh, kebiasaan ngompol langsung hilang.

      Sebaiknya Anda banyak mengonsumsi biji labu dan buah cranberry, atau melakukan senam kegel dan berjemur matahari pagi secara rutin. Setelah satu bulan, insya Allah kebiasaan ngompol mulai berkurang.

      Delete
  13. Pak, saya 18 tahun. 1 bulan terakhir kalo siang suka kencing terus, dan kalo malam suka ngompol. terus itu solusinya makan kwaci harus kwaci biji labu? Kalau biji bunga matahari bisa apa tidak? Terus senam kegel itu bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau hanya terjadi satu bulan terakhir ini saja, kemungkinan faktor cuaca. Sekarang ini kan cuaca lagi dingin, cairan tubuh yang seharusnya keluar melalui keringat, beralih menjadi urine.

      2. Ya, harus kwaci dari biji labu.

      3. Senam kegel itu tidak seperti senam pada umumnya, hampir tidak ada gerakan yang terlihat, malah mirip orang sedang bertapa. Silakan cari di blog ini melalui daftar isi atau search di kolom 'cari di sehat raga'. Link-nya juga sudah saya tautkan di artikel ini.

      Delete
    2. Apakah dengan meminum minuman dingin juga menyebabkan ngompol juga m

      Delete
    3. Kalau tidak punya riwayat ngompol, minuman dingin tidak menyebabkan ngompol. Tetapi jika punya riwayat ngompol, sebaiknya dihindari. Terutama minuman yang bersifat diuretik seperti teh, kopi, minuman berkarbonasi, dan lain-lain.

      Delete
  14. Maaf saya mau tanya. Saya 17 thn tiap hari suka ngompol gitu dan saya suka kedinginan.. Dulu emg sering ngompol tp gak sesering ini. Saya mau coba kwaci biji labu tp adanya rasa green tea gapapa? Sama buah cranberry tapi dried cranberry kaya buah kering gitu. Bisa tidak? Tolong jawab terimakasih.

    ReplyDelete
  15. Saya 17 thn masih suka ngompol. Saya suka kedinginan gitu, saya ngomopol bs tiap hari. Tapi biasanya gak setiap hari. Saya mau coba makan kwaci biji labu apakah rasa greentea boleh? Kalo biji labu mentah diolahnya seperti apa? Sama mau coba cranberry tp boleh cranberry yg dijadikan buah kering? Tolong balas ya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kwaci biji labu rasa green tea atau rasa apa saja tidak masalah, yang penting kandungan biji labu terserap dalam tubuh.

      2. Untuk mengolah biji labu mentah, direbus saja sudah cukup. Boleh ditambah sedikit garam atau rasa yang lain.

      3. Dried cranberry itu kan cuma dilepas kandungan airnya supaya lebih awet, sementara kandungan gizi yang lain masih ada. Jadi, tidak mengurangi khasiat dari buah cranberry.

      Delete
  16. Saya ingin berkonsultasi dengan bapak , tapi saya tidak ingin di ketahui publik . saya sangat malu , saya berumur 16 tahun , saya malu jika di ketahui publik . tolong bantu saya 😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa hangout lewat akun g+ saya, mbak fitria. Tapi tidak bisa langsung, karena tidak setiap hari saya online di akun tersebut.

      Delete
  17. Saya sudah 22 tahun tiap malam selalu mengompol kira-kira apa obatnya,selain mengkonsumsi biji labu atau makan buah cherry dan senam kegel
    Apakah ada obatnya yg berupa tablet atau kapsul,kalo ada apa namanya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di apotek banyak jenis obat anti-ngompol. Tapi mohon maaf, saya tidak bisa merekomendasikan karena obat itu tidak dijual bebas, harus ada resep dokter. Silakan mas Zhay mendatangi dokter untuk mendapatkan resepnya.

      Delete
    2. Dokter spesialis apa yg menanganinya ya Pak?

      Delete
  18. Trimakasih sekali atas artikelnya.. Saya benar'' stress karna sering ngompol padahal sblm bobok kencing di.. Tengah mlm bangunpun kencing tp sering kali meskipun sudah kencing ttp ngompol. BBerkat bs sampai 2x dlm satu mlm :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mbak Adex. Mudah-mudahan kebiasaan ngompolnya semakin hari semakin berkurang.

      Delete
  19. Pak akhmad..
    Ngompol apa disebabkan karena orang tersebut malas
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak kecil sih iya. Kadang-kadang saking asyiknya bermain, meskipun saat itu ada dorongan untuk pipis, si anak malas beranjak untuk pipis. Akhirnya ia ngompol di tempat karena memang ia tidak peduli dengan keadaan tersebut.

      Tapi untuk orang dewasa yang kondisi tubuhnya normal, dorongan keluarnya air seni lebih kuat dan dapat mengalahkan rasa malas. Semalas-malasnya orang, ia akan segera ke kamar mandi atau ke tempat lain ketika terasa akan pipis, baik dalam keadaan terjaga maupun dalam keadaan tidur. Kecuali jika ia tidak peduli keadaan sekitar, ia malas ke kamar mandi dan menyalurkan di tempat tidur. Tapi itu bukan ngompol karena memang disengaja.

      Delete
  20. Cara membuat ramuan dari biji labunya gmn yah pak Ahmad Jazuli ? Ditumbuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara tradisional ya ditumbuk seperti orang membuat bubuk jamu. Cara modern dilakukan di laboratorium dengan mendalami ilmu farmasi. Tapi kalau hanya sekadar dikonsumsi sendiri, cukup direbus dan langsung dimakan.

      Delete
  21. saya sekarang berumur 17 tahun tapi setiap hari sering mengompol,Dulu sempat sudah tidak mengompol lagi tapi hanya sebentar, lalu kebiasaan nya itu ada lagi sampe sekarang. Gimana ya cara mengatasinya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin ditangani secara medis, bisa mendatangi dokter yang khusus menangani saluran air kemih, yaitu dokter spesialis urologi. Tapi biasanya hanya ada di kota besar atau rumah sakit besar.

      Anda juga bisa mencoba senam Kegel. Senam yang memang dirancang oleh dr. Kegel untuk menangani sering kencing dan ngompol. Silakan baca artikel tentang senam Kegel di blog ini.

      Delete
  22. Saya umur 22 masih sering ngompol, sering sekali ngompol karena mimpi buang air kecil di kamar mandi, tapi orang tua saya tidak percaya kalau alasannya selalu itu, saya dikira malas pergi ke tempat tidur.
    Untuk bisa menyembuhkan, apakah biji labu itu dimakan setiap hari atau bagaimana ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimakan setiap hari sampai sembuh. Anggap saja sebagai camilan. Kalau dikombinasikan dengan berjemur matahari pagi dan senam kegel, insya Allah 1-2 bulan frekuensi ngompol mulai berkurang drastis.

      Delete
  23. Umur Saya 12, Sebenernya dari umur 3-11, Jarang banget Ngompol, Tapi, Sejak Sekarang, Sering Banget Ngompol, Makan Kwaci udah Sering, Senam Kegel jarang si, Sinar matahari juga jarang, Gimana ya pak Solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penyembuhan, tidak hanya dibutuhkan sering, tapi rutin. Cobalah untuk mengonsumsi biji labu, senam kegel, dan berjemur matahari setiap hari. Jika dirasa berat, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis urologi untuk mendapatkan penanganan secara medis.

      Delete
  24. Umur saya 15 saya sudah lama mengalami penyakit ngompol ini ,sudah coba dengan memberi capung ke pusar tapi haya sementara abis itu kambuh,ap ad solusi lain selain biji labu,cerry?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kambuh lagi, berarti daya kontrol keluarnya urine masih belum teratasi. Dengan kata lain, otot dasar panggul Anda masih lemah. Untuk menguatkannya, sudah saya utarakan pada artikel di atas.

      Sedangkan pemberian capung pada pusar, tidak ada hubungannya dengan kekuatan otot dasar panggul.

      Delete
  25. Malam pak, umur saya sudah hampir 20 tapu saya masih sering ngoompol. Begini loh pak 5 bulan blakang ini saya sudah jarang ngompol lagi tapi semenjak saya jatuh dari motor kebiasaan ngompol saya kambuh lagi, itu apa penyebab nya ya pak? Mohon bantuannya , saya udah kedokter jga tpi gak ada hasilnya berbagai cara pun udah saya coba tapi yaa jga gk ada hasil nya pak. Mohon bantuannya yaa pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Mutia,

      Ketika Anda terjatuh dari motor, kemungkinan otot dasar panggul Anda terganggu. Terganggunya otot dasar panggul tersebut akan memengaruhi fungsi kerja saraf otonom pengendali keluarnya urine. Apalagi sebelumnya Anda mempunyai riwayat sering ngompol.

      Sebaiknya Anda lakukan terapi senam Kegel untuk memperkuat sistem otot panggul. Lebih efektif lagi jika dilakukan sambil berjemur matahari pagi.

      Delete
  26. Jadi begini pak,,,umur saya 24 tahun dan kalo ngompol di karena kan mimpi sedang kencing dan itu pun terjadi
    nya jarang-jarang apakah itu faktor penyakit atau keturunan yah pak.....???trima kasih sebelum ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor keturunan bisa ditelusuri dari riwayat orang tua. Jika salah satu atau kedua keluarga orang tua Anda mempunyai riwayat sering ngompol, besar kemungkinan penyebabnya adalah faktor keturunan. Jika tidak, kemungkinannya adalah faktor gangguan tidur atau bawaan penyakit.

      Delete
  27. Maaf pak anak sy cewek berusia 12 tahun dalam 1 bln ini setiap minggu nya ngompol yg sebelum jarang sekali ngompol atau tidak pernah terjadi dalam 1 tahun. Gimana cara ngatasinya yang efektif ,apakah harus minum obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum obat juga bisa, silakan mendatangi dokter spesialis urologi untuk mendapatkan resepnya. Pakai penanganan alami juga bisa, seperti yang disebutkan pada artikel ini, di antaranya mengonsumsi biji labu dan terapi senam kegel.

      Delete
  28. Saya tiap malem sering ngompol dan gk kerasa pengen kencing kalu tidur itu dan kadang kadang kerasa pengen kencing. Nah saya harus pke yang mana ya buat mencegah itu.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling manjur terapi senam Kegel dan berjemur matahari pagi. Silakan dicoba, semoga berhasil.

      Delete
  29. Saya perempuan berumur 12thn. Saya dari dulu kecil tidak pernah bisa menghilangkan kebiasaan mengompol. Apalagi beberapa tahun ini saya jadi lebih sering ngompol dari pada dulu kecil. Bahkan, kadang saya bisa mengompol seminggu 3-5 mengompol pada malam hari. Kedua orangtua saya tidak punya riwayat kebiasaan mengompol. Tetapi, ayah saya punya riwayat diabetes. Dan saya mempunyai potensi cukup tinggi untuk terkena diabetes. Jadi, apakah saya memperlukan penanganan medis??? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih dalam tahap potensi tetapi masih belum terkena diabetes, berarti penyebab ngompolnya karena daya kontrol terhadap keluarnya kencing melemah. Sebaiknya dilakukan terapi senam Kegel sambil dilakukan pencegahan terhadap timbulnya diabetes.

      Penanganan medis juga perlu dilakukan. Konsultasikan saja dulu ke dokter spesialis urologi untuk memastikan apakah melemahnya saraf kandung kemih tersebut karena gejala diabetes atau faktor lain.

      Delete
  30. Misi om jujur barusan ane ngompol dan bermimpi aneh apa itu karna gangguan tidur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mimpinya masih berhubungan dengan ngompol atau kencing maka mimpi tersebut merupakan gangguan tidur. Ngompol yang disebabkan oleh gangguan tidur lebih mudah diatasi. Cara mengatasinya:
      1. Melakukan stretching (peregangan tubuh) sebelum tidur, cukup 5 menit saja.
      2. Upaya kondisi jiwa dalam keadaan rileks sebelum tidur.
      3. Berdoa sebelum tidur.

      Delete
  31. Sangat membantu sekali. Terimakasih banyak pak akhmad artikelnya

    ReplyDelete
  32. Artikel ini sangat membantu sekali. Terimakasih banyak pak akhmad..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Mirza atas atensinya.

      Delete
  33. saya umur 32 th pak, seinget saya ngompol itu saat kita masih kecil, tapi jujur semalam saya mengalaminya, baru kali ini saya ngimpi pipis eh ternyata basah beneran, sempat terbangun sih cuma y sudah terlanjur blawahan, maaf y pak apakah ini murni gangguan tidur atau saya mengidap penyakit tertentu y? terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngompolnya hanya terjadi sekali, masih dalam kategori wajar. Mungkin hanya sekadar gangguan tidur. Tetapi, bagaimanapun juga, harus segera diatasi supaya tidak menjadi kebiasaan.

      Ada baiknya jika Pak Aji juga check up kesehatan. Barangkali ngompol tersebut merupakan alarm gejala penyakit seperti yang disebutkan pada artikel di atas. Penanganan dini ini jauh lebih mudah diatasi.

      Delete
  34. Saya berumur 18 tahun pak. Dari umur 6 tahun saya sudah tidak mengompol. Tapi sejak memasuki SMP, umur saya 12 tahun, saya terkadang mengompol. Jarang sih, dulu bisa dihitung 2-3 bulan sekali. Atau bahkan bisa sebulan sekali pasti ngompol. Dan sampai sekarang masih berlanjut. Biasanya saya ngompol karna terlalu banyak minum atau lupa kencing sebelum tidur. Tapi ya, masa sudah dewasa gak bisa nahan kencing saat tidur -_- frustasi saya pak. Bagaimana ini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari keterangan mbak Anita di atas, sebenarnya kebiasaan ngompol tersebut mudah diatasi. Pertama karena kebiasaan ngompolnya hanya sebulan sekali. Kedua karena mbak Anita sudah tahu penyebabnya, yaitu banyak minum dan lupa kencing sebelum tidur.

      Nah, coba kurangi minum dan upayakan kencing sebelum tidur. Jangan lupa, katakan dalam hati, "Malam ini aku tidak akan ngompol".

      Sebaiknya coba juga tips-tips yang disebutkan dalam artikel di atas.

      Delete
  35. Om saya 18 thun udah trmasuk remaja lah tapi baru ini saya tiba" bamgun ngompol pdahal sblumnya gapernah kecuali saat masih kecil...itu kira kira kenapa yaa?? Mohon bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu cuma faktor kondisional. Di antaranya karena cuaca dingin, banyak minum minuman yang bersifat diuretik (teh, kopi, soft drink, alkohol), banyak makan makanan yang pedas dan mengandung pemanis buatan.

      Kondisi jiwa yang labil (depresi, cemas, dll) juga bisa menjadi penyebab.

      Jika Anda dalam masa perawatan, pengaruh obat juga bisa menjadi penyebabnya.

      Segera kenali penyebabnya, sebelum ngompol tersebut menjadi kebiasaan.

      Delete
  36. Trimakasih artikel nya sangat bermanfaat,.
    Saya sekalian mau konsultasi dengan bapak,saya sudah berusia 23 tp masih jga ngompol pak, apa perlu di tangani secara medis ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba dulu mbak tips-tips di atas, seperti mengonsumsi biji labu dan cranberry serta terapi senam Kegel dan berjemur matahari pagi.

      Asalkan dilakukan dengan rutin, insya Allah dalam waktu 4 - 6 minggu sudah kemajuan. Jika sampai 2 bulan belum menampakkan hasil, mbak Dwi memang perlu penanganan medis.

      Delete
  37. Mama saya berumur 51 tahun, dan sudah beberapa minggu ini sering sekali mengompol. Mama saya sudah dioperasi pengangkatan rahim karna ada miom beberapa tahun lalu. Apa itu ada pengaruhnya Pak ? Kalo batuk dan bersin beliau sering mengimpit kakinya karna terasa ingin keluar air kecilnya. Apa mama saya mengidap penyakit tertentu ? Bagaimana cara mengatasinya ya Pak, karna akan malu jika menginap di rumah orang. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu efek samping pengangkatan rahim atau histerektomi adalah timbulnya masalah kencing. Masalah kencing tersebut antara lain sering terkencing-kencing (ketika batuk, bersin, atau mengejan) dan ngompol.

      Jadi, mama Anda tidak sedang mengidap suatu penyakit, tetapi masalah kencing tersebut merupakan efek samping dari pengangkatan rahim.

      Karena ini masuk ranah medis, sebaiknya mbak May konsultasi dokter ahlinya agar mendapat penanganan secara medis.

      Delete
  38. terima kasih artikelnya,,,sangat bermanfaat sekali akan saya coba,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas Agus. Silakan mencoba, mudah-mudahan cepat teratasi.

      Delete
  39. Saudara saya sudah kuliah tapi akhir akhir ini sering sekali ngompol.apa yang bisa mengobatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya akhir-akhir ini saja sering ngompol, sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter agar diketahui faktor penyebabnya. Kemungkinan penyebabnya adalah faktor cuaca, gangguan tidur, atau bawaan penyakit.

      Tetapi jika sebelumnya mempunyai riwayat ngompol sejak kecil, bisa dicoba tips-tips pada artikel di atas, terutama senam Kegel.

      Delete
  40. Ya.ampun anakku usia 12 tahun kalau tidur ngompol terus,setiap malam,baunya itu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di samping bau, alas tidur juga harus diganti setiap hari, bu Yuni.

      Segera diatasi, Bu. Mumpung masih dini. Mulailah membiasakan dia berjemur matahari pagi dan rutin mengonsumsi biji labu.

      Delete
  41. Pak, sodara saya berusia 22 th, tapi dia masih suka mengompol, tapi frekuensinya 1 bulan sekali, atau bisa 2 bulan sekali, dan kadang bisa berbulan bulan sekali. Nah apa kah itu hanya gangguan tidur saja yaa pak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu gangguan tidur. Sebaiknya lakukan 2 hal berikut ini sebelum tidur:

      1. stretching (peregangan tubuh) 5 menit jelang tidur,

      2. relaksasi jiwa dengan cara berdoa sebelum tidur

      Delete
  42. Pak, teman saya sudah 19 tahun dan dia kebiasaan dari kecil selalu ngompol kalau tertawa terlalu puas. Kira" itu penyebabnya apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman Anda sebenarnya terkencing-kencing. Kondisi seperti itu juga bisa terjadi saat batuk, bersin, mengangkat beban berat, atau saat melakukan pekerjaan yang membuat kita mengedan.

      Penyebabnya karena daya kontrol terhadap keluarnya air seni melemah serta otot-otot sekitar kemaluan kurang berfungsi secara optimal. Cara mengatasinya sama dengan mengatasi kebiasaan ngompol.

      Coba anjurkan teman Anda rutin mengonsumsi kwaci biji labu dan senam kegel sambil berjemur matahari pagi.

      Delete
  43. Pak, saya sudah 20 tahun, dari smp sampai sekarang saya masih mengompol. Bahkan sekarang makin sering, bisa2 seminggu 2-3 kali ngompolnya. Padahal saya sudah pipis sebelum tidur tapi tetap mengompol.
    Apakah itu penyakit? Perlukah ke dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan ngompol saat dewasa memang masalah medis, boleh dikatakan suatu penyakit. Tetapi yang paling penting adalah mengetahui faktor penyebabnya.

      Jika diperhatikan kebiasaan ngompol Anda (mulai SMP sampai sekarang), kemungkinan besar penyebabnya adalah faktor genetik (keturunan).

      Ngompol yang disebabkan faktor genetik memang agak lama penyembuhannya. Tetapi jika Anda mempunyai kemauan keras untuk mengatasinya, waktu penyembuhan menjadi lebih cepat.

      Sebelum memutuskan ke dokter, cobalah tips-tips pada artikel di atas Anda terapkan secara rutin dan konsekuen. Insya Allah 2 - 3 bulan mendatang kebiasaan ngompol Anda mulai berkurang.

      Delete
    2. Pak kakak saya sudah berumur 22th tetapi masih ngompol trs tiap malam , bahkan katanya sampai 2x ngompol di kasur, padahal frekuensi waktu dr mulai tidur ke ngompol cuma 1 jam. Dan itu rutin setiap hari.

      Delete
    3. Kalau kondisinya sudah seperti itu sebaiknya langsung ke dokter spesialis urologi. Cuma dokter spesialis tersebut hanya ada di rumah sakit besar.

      Boleh juga ditunda 2 - 3 bulan untuk mencoba tips-tips pada artikel di atas. Jika kebiasaannya ngompolnya mulai berkurang, bisa diteruskan sampai sembuh.

      Delete
  44. saya seorang pria dengan umur 28 tahun. saya sudah mengompol 2x sampai saat ini sejak dewasa. interval dari yang pertama ke yg kedua adalah sekitar 2 tahun. kira kira kenapa ya pak?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol seperti itu masih belum masuk kategori 'kebiasaan ngompol'. Mungkin karena faktor kondisional (misal cuaca dingin) atau gangguan tidur (bawaan mimpi).

      Tetapi, bagaimanapun juga, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan agar tidak menjadi kebiasaan. Lakukan tips-tips pada artikel di atas, terutama senam Kegel.

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika Anda tidak mempunyai riwayat penyakit seperti di sebutkan dalam artikel di atas, kemungkinan penyebab ngompol Anda karena faktor genetika. Kemungkinan kedua, otot panggul Anda lemah. Lemahnya otot panggul ini menyebabkan kandung kemih dan rahim mudah bergeser dari tempatnya.

      2. Mungkin juga karena peranakan (rahim) Anda turun atau bergeser. Pijat untuk membetulkan posisi rahim juga baik, asalkan pemijatnya memang ahli. Alangkah baiknya jika Anda rutin melakukan senam Kegel. Senam Kegel ini bertujuan untuk memperkuat otot panggul sehingga posisi kandung kemih dan rahim tidak mudah bergeser.

      3. Pijat tidak berbahaya jika pemijatnya sudah berpengalaman. Justru pijat sangat membantu dalam proses kehamilan.

      Delete
    2. tapi jika posisi rahim saya dan kandung kemih memang benar bergeser apakah ada masalah nanti jika ingin memiliki keturunan pak ?
      apakah ada faktor bahaya nya ?

      Delete
    3. Ngompol yang disebabkan karena bergesernya rahim tidak memengaruhi kehamilan. Hal ini karena pergeserannya hanya sedikit dan Anda tidak akan merasakan keluhan nyeri atau sakit.

      Peranakan turun yang berbahaya itu biasa disebut kengser, atau istilah medisnya prolaps. Di antara ciri prolaps: timbul rasa nyeri dan sakit pada bagian bawah perut dan punggung, semua organ perut serasa akan jatuh, ada tonjolan di daerah sistem reproduksi yang bisa diraba.

      Delete
  46. pak, temen saya umurnya 17 thn masih ngompol dari sd sampe sma ini. tapi katanya 2 tahun terakhir sudah nggak ngompol lagi, trus bulan ini dia sudah dua kali ngompol. padahal sebelum tidur dia sudah pipis.
    katanya juga saat ngompol dia mimpi pipis di kamar mandi. setelah ngompol, perutnya malah sakit. keluarganya juga nggak ada yg ngompolan. jadi ini penyakit atau bukan ? apa harus di bawa ke dokter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena teman Anda mempunyai riwayat ngompol sejak SD dan perut terasa sakit setelah ngompol, kemungkinan besar penyebabnya adalah otot panggul yang lemah atau menipis.

      Coba sarankan teman Anda untuk melakukan tips-tips pada artikel di atas untuk memperkuat otot panggul. Jika setelah 4 - 6 minggu tidak ada perkembangan, sebaiknya dilakukan penanganan medis.

      Delete
  47. Pak, saudara perempuan sy sdh berumur 15thn masih suka mengompol. Katanya sdh tdk mengompol selama beberapa bulan terakhir. Tapi bulan ini sdh sampai 10 kali mengompol. Dia sdh ke toilet bbrp kali sebelum tidur, dia jg sdh tidak minum 1 jam sblm tidur, dan katanya bbrp bulan lalu cuaca dingin dia jg tdk mengompol. Dia jg sdh dibelikan bbrp obat utk berhenti ngompol, tapi gk mempan jg. Bagaimana cara mengatasinya ya? Sy sdh sgt bingung, krn dia mengompolnya tdk menentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara perempuan Anda sudah mempunyai tekad yang kuat untuk mengatasi kebiasaan ngompol. Tinggal dimantabkan saja.

      Sebelum tidur, biasakan dia mengatakan pada dirinya sendiri, "Saya tidak akan mengompol malam ini." Ucapkan berkali-kali sambil berdoa.

      Jangan lupa, mengonsumsi biji labu, senam kegel, dan berjemur matahari pagi secara rutin dan teratur.

      Delete
  48. Pak, adik sy sdah berumur 20th tpi sampai saat ini dy masih ngompol. Dy ngompol smnjak memasuki kelas 6 SD. Tapi stelah bberpa bulan sudh tidak ngompol lagi. Tpi bulan2 berikutnya dy ngompol lagi. Kejadian ini dialami smpe sekarang, bbrp buln lagi ngompol, bbrp bln slnjtnya lagi engga. Pdahal sblm tdur dy udh pipis terlebih dahulu dan tdak minum dri 2-3 jam sblm tdur. Kadang2 dy terbangun tengah malam untuk ke kmar mndi, selanjutny stelah tdur lagi dy ternyta ngompol. Pdhal dy termasuk orang yg kuat nahan pipis saat dy sdar... Bagaimna mengatasi kejadian semacam ini pak? Apkh ini berbahaya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak ada masalah dengan daya kontrol keluarnya air kencing karena dia bisa terbangun saat ada dorongan ingin pipis saat tidur. Juga tidak ada masalah dengan otot panggulnya karena dia bisa nahan kencing saat sadar.

      Tetapi yang terakhir itu justru membawa masalah, sering nahan kencing saat sadar akan melemahkan daya kontrol dan otot panggul saat tidur.

      Mengenai ngompolnya yang berseling-seling (beberapa bulan ngompol, beberapa bulan lagi tidak) mungkin karena faktor cuaca. Saat cuaca panas dia mudah berkeringat, saat cuaca dingin banyak mengeluarkan urine.

      Sebaiknya dikurangi makanan dan minuman yang bersifat diuretik seperti kopi, teh, minuman berkarbonasi, alkohol, minuman yang mengandung pemanis buatan, dan makanan pedas.

      Delete
  49. Pak saya sudah berumur 17 tahun tetapi saya masih mengompol setiap malam . Kadang tidak mengompol tetapi hanya 1 minggu saja. Disiang hari frekuensi buang air kecil saya sedikit dan tidak sering. Sebelum tidur juga saya selalu buang air kecil terlebih dahulu. Tetapi ketika tidur saya tidak merasakan apa apa. Ketika pagi saya sudah ngompol. Saya sangat malu. Apa penyebabnya ya ? Apa harus penanganan secara medis? Apa yang harus saya lakukan . Saya sangat bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya Anda banyak berkeringat pada siang hari sehingga sisa metabolisme tubuh banyak yang disalurkan lewat kelenjar keringat. Sebaliknya pada malam hari banyak yang menjadi urine.

      Sebaiknya Anda rutin berolahraga. Olahraga ringan saja, seperti stretching, jogging, dan senam. Hal ini agar peredaran darah lancar dan sistem ekskresi tubuh juga berjalan normal.

      Jangan lupa, lakukan tips-tips mengatasi ngompol pada artikel di atas. Jika dalam 2 - 3 bulan belum membuahkan hasil, pertimbangkan konsultasi ke dokter spesialis urologi.

      Delete
  50. saya berumur 18 tahun dulu saat berumur 12 tahun saya sring mengompol tapi brhenti secara perlahan , tapi sekarang tiba-tiba saya mengompol lagi , kira-kira apa alasannya dan bagaimana mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seseorang yang mempunyai riwayat ngompol kadang-kadang akan kambuh lagi. Untuk itu Anda harus menjaga dan mempertahankan jika sudah sembuh dengan cara-cara berikut ini:

      1. Hindari atau kurangi makanan dan minuman yang bersifat diuretik seperti teh, kopi, minuman berkarbonasi (soft drink), minuman yang mengandung pemanis buatan, dan makanan pedas terutama saat cuaca dingin.

      2. Jadikan senam Kegel sebagai aktivitas rutin Anda agar otot panggul semakin kuat sehingga dapat mengendalikan keluarnya air kencing.

      Delete
  51. Sy ada masalah ngompol setiap 1 bulan 1x...ini selalu...kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun satu bulan sekali tapi selalu, maka sudah termasuk kebiasaan ngompol. Tetapi kebiasaan ngompol Anda tergolong ringan dan relatif lebih muda diatasi, tergantung kemauan Anda.

      Penyebab utamanya ada di otot panggul. Otot panggul Anda perlu diperkuat dengan terapi senam Kegel dan mengonsumsi biji labu secara rutin.

      Delete
  52. Assalamualaikum pa . Mau tanya saya sebelumnya dari sd sampai sekarang umur 21 tahun belum pernah ngompol . Tapi tiba tiba tadi malem ngompol persis seperti gangguan tidur yg ada di artikel ini .
    Saya tinggal di jepang cuacanya dingin sekali tapi sebelumnya tidak pernah dan sekarang tiba2 ngompol . Apa hanya kebetulan saja yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Adi Maulana.

      Pertama, Anda wajib bersyukur karena kejadian tersebut tidak termasuk 'kebiasaan' ngompol karena Anda tidak mempunyai riwayat ngompol sejak SD.

      Kedua, mungkin hanya karena gangguan tidur. Jika kejadian ini berulang, sebaiknya Anda menenangkan pikiran sebelum tidur (berdoa intensif) dan merelaksasikan otot dengan stretching sekitar 5 menit sebelum tidur.

      Ketiga, mungkin karena fungsi kerja tubuh Anda belum beradaptasi dengan kondisi (cuaca) di Jepang.

      Delete
  53. Assalamualaikum pak, anak saya umur 13th. Masih sering ngompol. Dan ini mungkin karena faktor keturunan. Karena saya dulu juga. Tp waktu itu saya sembuh sendiri waktu umur 12 thn. Sekarang anak saya di pondok pesantren, kalau untuk senam kegel mungkin ga bisa dia lakukan mungkin malu...bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Ana Kurniasih

      Kenapa harus malu melakukan senam Kegel. Senam Kegel itu tanpa gerakan, hanya berdiam diri seperti orang semedi. Bisa dilakukan tiap selesai sholat sambil berdzikir. Mungkin teman-temannya di pesantren akan mengira anak Ibu hanya sedang berdzikir. Silakan baca tentang senam Kegel di blog ini.

      Selain itu, biasakan anak Ibu berjemur matahari pagi sambil jalan-jalan atau melakukan aktivitas lain sekiranya tidak kelihatan sengaja berjemur.

      Sepertinya kebiasaan ngompol anak Ibu lebih mudah diatasi karena Ibu dulu hanya sampai umur 12 tahun. Apalagi diiringi keinginan yang kuat untuk mengatasi.

      Semoga lekas teratasi.

      Delete
    2. Terima kasih pak atas balasannya, saya pikir harus duduk di kursi dan berjemur...in shaa Allah nanti di praktekkan. Syukron katsiro..atas info dan doanya

      Delete
  54. Selamat pagi pak, umur saya 23 tahun. malam ini baru saja saya ngompol, ngompol ini sudah sering bahkan hampir tiap hari. Kalau tekanan saya rasa tidak ada, tapi kalu emosi atau takut mungkin iya soalnya orang tua saya seringkali bertengkar dan saya selalu di suruh memilih untuk ikut salah satu dari mereka. Dan untuk pekerjaan tidak terlalu berat karna saya bekerja di minimarket paling hanya mengangkat beban sekitar 5 - 10 kg , tapi kenapa saya selalu saja mengompol dok? Saya tidak mengalami gangguan tidur, karna seringkali saat tidur saya ngompol dalam keadaan tidak sadar atau terlelap ehh.. Bangunnya udah basah semua, mau sih konsultasi ke dokter tapi saya malu, apakah ada yang bisa menyembuhkan lebih cepat dok? Soalnya buah carnsberry sama biji labu nya gak ada di area saya dok...

    Demikian Dok, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, Luth Fye

      Menyimak cerita Anda, kemungkinan besar penyebab ngompol Anda adalah faktor keturunan atau otot panggul yang lemah sehingga mudah bergeser. Lemahnya otot panggul inilah yang menyebabkan daya kontrol keluarnya air kencing tak terkendali.

      Untuk memperkuat otot panggul, sampai saat ini yang paling ampuh adalah terapi senam Kegel. Apalagi bila diikuti dengan membiasakan diri berjemur matahari pagi dan mengonsumsi buah cranberry dan biji labu.

      Buah cranberry memang jarang ada karena memang buah impor. Tetapi buah labu adalah buah lokal, banyak dijual di pasar tradisional. Di Jawa dikenal dengan nama waluh kuning yang biasanya digunakan untuk membuat kolak.

      Jika memang tidak ada, Anda bisa membeli kwaci biji labu. Biasanya dijual di supermarket.

      Jika ingin konsultasi, pastikan ke dokter spesialis urologi. Tidak perlu malu, pekerjaan dokter spesialis tersebut memang menangani hal-hal yang berhubungan dengan saluran kencing. Toh, Anda, dokter, dan pasien yang lain tidak saling kenal.

      Delete
  55. Selamat malam pak, lantas untuk yang gpuny kebiasaan ngompol Karena gangguan tidur, apakah jalan keluarnya harus menjalani senam kegel juga? Padahal kan dia klo dalam keadaan sadar bisa menahan hasrat ingin pipis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, Dina Novita

      Kalau faktor penyebabnya hanya gangguan tidur dan tidak mempunyai kebiasaan ngompol, maka tidak perlu terapi senam Kegel atau mengonsumsi biji labu. Cukup dengan terapi psikis, di antaranya adalah:
      - menenangkan pikiran sebelum tidur
      - berusaha mengatasi kecemasan dan kekhawatiran sebelum tidur
      - berdoa intensif sebelum tidur

      Ada baiknya dipadukan dengan melakukan relaksasi tubuh atau stretching selama 5 menit agar otot dan otak menjadi lebih relaks.

      Delete
  56. Selamat pagi pak, saya berusia 19 tahun, saya terkadang mengompol ketika tidur namun hal ini terjadi ketika saya hendak menstruasi saja. Saya seperti mengidap ganguan tidur sleep apnea. Apa saya perlu pengobatan medis atau cukup melakukan terapi? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, S S R Amatullah

      Ngompol menjelang menstruasi itu karena otot panggul Anda lemah sehingga mudah mengalami pergeseran. Tetapi tidak perlu khawatir, otot panggul dapat diperkuat dengan rutin senam Kegel dan mengonsumsi biji labu.

      Cara terbaik memang ke dokter spesialis urologi. Tetapi ada baiknya Anda coba dulu terapi di atas selama 2 bulan.

      Delete
  57. Pak,sekarang umur saya 29 th,tapi masih ngompol karena mimpi pipis,ini sulit membuat saya terjaga dari tidur. Apakah ada ramuan lain selain obat herbal di atas pak,terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramuan anti-ngompol yang lain sebenarnya banyak. Cuma saya belum mencobanya atau mencobakan pada orang lain. Sehingga saya tidak berani merekomendasikannya.

      Penyebab ngompol Anda karena gangguan tidur. Tetapi sudah menjadi kebiasaan. Berarti daya kontrol keluarnya air kencing terganggu. Dengan kata lain, otot panggung Anda lemah.

      Cara yang paling efektif untuk mengatasi otot panggul yang lemah adalah senam Kegel. Cobalah terapi senam tersebut rutin selama 2 bulan. Insya Allah ada perkembangan.

      Delete
  58. Pak,sekarang saya umur 17 tahun,tiap bulannya pasti ngompol paling tidak 1 sampe 2 kali, tapi kadang juga lebih dari 2 kali. Waktu kecil saya ngompol tapi perlahan hilang,semenjak sudah haid, ngompol seperti "tanda" bahwa saya akan segera haid.. saya pernah dengar kalo udah gede masih ngompol berarti ada penyakit?apa benar itu pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompolnya sendiri sebenarnya bukan penyakit, tetapi efek dari suatu penyakit, seperti konstipasi, diabetes, perbesaran prostat, infeksi saluran kencing.

      Menyimak cerita yang Anda sampaikan, ngompol yang Anda alami bukan termasuk efek dari penyakit. Tetapi merupakan gangguan organ tubuh, yaitu pergeseran otot panggul.

      Otot panggul Anda lemah sehingga menjelang haid akan mengalami pergeseran. Akibatnya daya kontrol keluarnya air kencing ikut melemah.

      Selain itu, ada kemungkinan ngompol yang Anda alami juga merupakan gangguan psikologis (gangguan tidur). Cirinya, ngompol terjadi karena Anda sedang bermimpi kencing.

      Delete
  59. Saya usia 24 tahun. Saya msih sering ngompol dikasur seperti anak bayi dan balita. Tapi saya sering kali ngompol 2/3 kali dalam sebulan. Tapi itu saya ngompol saya sedang bermimpi kebelet pengen pipis. Dalam mimpi saya sudah menuju toilet untuk pipis dan rasanya legah sekali namun setelah saya bangun dari tidur saya ternyata saya bermimpi dan saya sudah ngompol di kasur. Sering kali itu terjadi saya merasa kesal dan juga malu. Bagaimana jika nanti saya sudah menikah dan hal ini masih tidak hilang. Saya malu.
    Apa yaa solusi yang lain selain komsumsi biji labu dan buah yang dokter rekomondasikan dalam artikel ini.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol yang disebabkan oleh gangguan tidur itu paling mudah diatasi, asalkan Anda mempunyai kemauan yang keras. Di antara tips untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

      1. Lakukan stretching (peregangan otot tubuh) 5 menit sebelum tidur.
      2. Berdoa intensif sebelum tidur.
      3. Ucapkan berkali-kali menjelang tidur, "Bulan ini saya tidak akan ngompol."
      4. Lakukan senam Kegel secara rutin setiap hari untuk memperkuat otot panggul sehingga Anda mempunyai kendali terhadap keluarnya air kencing.

      Insya Allah jika 4 tips di atas Anda lakukan secara konsekuen, 2-3 bulan yang akan datang frekuensi ngompol Anda akan semakin berkurang dan akhirnya teratasi.

      Delete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.