Sudah Dewasa Masih Ngompol? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

tidur ngompol, sudah dewasa ngompol, nocturnal enuresis, inkontinensia urine

Baru tahu ya, ada orang dewasa yang masih ngompol? Kebiasaan ngompol saat dewasa memang dianggap tabu sehingga seringkali dirahasiakan. Apalagi ngompol saat dewasa hanya dialami 2% dari seluruh populasi manusia.

Ngompol adalah keluarnya urine atau kencing yang tidak disadari ketika sedang tidur. Ngompol juga bisa terjadi saat sadar karena tidak bisa mengendalikan hasrat pipis, misal saat ketakutan. Ngompol bisa terjadi pada semua usia, mulai dari bayi sampai usia lanjut.




Ngompol yang dalam istilah medis disebut nocturnal enuresis terbagi menjadi dua, yaitu ngompol primer dan sekunder. Ngompol primer terjadi pada bayi dan balita. Kebiasaan ngompol primer ini bisa hilang dengan sendiri ketika anak sudah berusia 6 - 7 tahun. Biasanya anak perempuan akan berhenti mengompol ketika sudah berumur 6 tahun sedangkan anak laki-laki akan berhenti mengompol pada usia 7 tahun.

Adapun ngompol sekunder adalah ngompol yang terjadi pada orang dewasa, remaja sampai tua. Tidak seperti ngompol primer, ngompol sekunder merupakan gangguan medis. Ngompol sekunder ini ada yang menyebut inkontinensia urine. Inkontinensia urine adalah ketidakmampuan menahan keluarnya air kencing baik dalam keadaan sadar (beser, terkencing-kencing, kepoyo) atau dalam keadaan tidak sadar (ngompol).

Penyebab Orang Dewasa Ngompol

Hampir 75% penyebab ngompol di usia dewasa adalah karena faktor keturunan. Sisanya disebabkan oleh gangguan tidur, infeksi saluran kemih, diabetes, dan lain-lain.

Faktor Keturunan

Seseorang yang dilahirkan dari orangtua yang mempunyai masalah ngompol di usia dewasa, mempunyai kemungkinan mengalami masalah yang sama dengan orangtuanya. Tetapi faktor genetik ini tidak mutlak, faktor lingkungan juga menentukan. Mungkin orang tersebut hanya membawa gen ngompol atau bakat ngompol dari orangtuanya, tetapi karena gaya hidup dan pola makannya berbeda dengan orangtuanya, misal sejak kecil ikut orang lain, maka kebiasaan ngompol tersebut tidak sampai menurun pada dirinya.

Faktor Usia

Seseorang yang memasuki usia lanjut akan memiliki sifat fisik dan mental yang hampir sama dengan bayi dan balita. Otot-otot uretra mulai melemah. Demikian juga dengan sinyal untuk mengontrol keluarnya kandung kemih. Apalagi sedang mengalami penyakit gangguan otak, seperti stroke dan demensia. 

Gangguan Tidur

Normalnya, seseorang akan terbangun ketika dalam tidurnya merasa ada desakan ingin buang air kecil. Tetapi orang yang mempunyai gangguan tidur atau sleep apnea, hasrat ingin pipis tersebut akan masuk dalam mimpinya. Mungkin ia bermimpi sedang kencing di kamar mandi atau terkencing-kencing karena ketakutan. Ketika bangun, ia baru menyadari bahwa semua itu hanyalah mimpi, kenyataannya ia ngompol di kamar tidur.
Ngompol dapat menyebabkan malu, rendah diri, bahkan depresi
Simak juga, Sering Mengigau atau Ngelindur? Inilah Dampak dan Cara Mengatasinya.

Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah susah buang air besar karena tinja keras. Tinja keras yang susah keluar ini akan menekan kandung kemih sehingga volume kandung kemih berkurang. Dengan volume yang berkurang, kandung kemih akan cepat penuh. Pada saat terjaga, orang yang mengalami konstipasi atau bedegelen lebih sering kencing. Sedangkan pada saat tidur ia cenderung ngompol karena penuhnya kandung kemih ini tidak terkontrol sehingga keluar dengan sendirinya tanpa disadari.

Diabetes

Penderita diabetes, terutama diabetes insipidus, mempunyai produksi urine yang berlebih. Produksi urine atau air seni yang berlebih ini menyebabkan penderita diabetes sering kencing di siang hari dan ngompol di malam hari. Selain itu penderita diabetes juga mengalami kerusakan saraf pada bagian kandung kemih sehingga daya kontrol terhadap keluarnya kencing melemah.

Pembesaran Prostat

Pembesaran kelenjar prostat berdampak pada pembesaran otot kandung kemih. Pembesaran otot kandung kemih ini menyebabkan fungsi kandung kemih tidak stabil. Akibatnya penderita kelainan prostat akan lebih sering kencing dan tidak dapat mengontrol keluarnya pipis saat tidur.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih yang menyebabkan ngompol hanya terjadi pada wanita karena letak uretra berdekatan dengan vagina. Infeksi ini menyebabkan sering kencing dan ngompol saat tidur.

Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa




Mempunyai kebiasaan ngompol sampai dewasa memang membuat malu, rendah diri, bahkan depresi. Harus mempunyai seribu alasan untuk menghindar dari ajakan nginap di rumah teman atau kerabat. Harus mempunyai persiapan ketika bermalam dalam kendaraan. Harus bisa menjelaskan kepada calon pendamping hidup. Lebih baik lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi kebiasaan ngompol tersebut.

Mengonsumsi Biji Labu

biji labu, waluh
Menurut para peneliti dari Jepang, ekstrak biji labu ternyata dapat mengurangi ngompol hampir 80% dan mengurangi sering kencing hampir 70%. Hal ini karena biji labu dapat memperkuat otot-otot dasar panggul dan menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, asam lemak dan sterol yang terdapat pada biji labu dapat melindungi prostat dan meningkatkan kapasitas kandung kemih secara maksimum.

Mengonsumsi Cranberry

buah cranberry
Cranberry adalah buah asli Amerika. Bentuknya bulat-bulat kecil, berwarna merah, dan rasanya asam. Di dalam buah tersebut terdapat empat rongga udara. Dengan rongga udara ini, cranberry dapat terapung di atas air dan melenting jika jatuh ke lantai.

Kandungan proanthocyanidin yang terdapat pada cranberry sangat bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kencing. Cranberry juga dapat mencegah diabetes. Selain itu, cranberry juga membantu kerja ginjal menjadi lebih baik dan mengusir bakteri melalui urine. Mengonsumsi 300 - 400 miligram cranberry setiap hari dapat menurunkan kebiasaan ngompol.

Senam Kegel

Menurut tinjauan Kepustakaan Timur, ngompol terjadi karena kemampuan mengendalikan keluarnya air kemih yang tidak sempurna. Hal ini di antaranya karena badan bagian bawah, yaitu panggul, berhawa "dingin". Sementara itu, senam kegel adalah senam yang berfungsi untuk menguatkan otot panggul. Otot-otot panggul yang kuat dan kencang akan dapat meningkatkan kemampuan mengontrol keluarnya urine.

Silakan simak Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Kegel.

Berjemur Matahari Pagi

Berjemur di pagi hari kira-kira 20 menit setiap hari akan mendapatkan vitamin D yang cukup langsung dari matahari. Vitamin D ini berguna bagi kekuatan tulang, termasuk tulang panggul. Tulang panggul yang kuat akan dapat menahan dan mengontrol keluarnya air kencing.

Simak juga Sering Kencing: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi ngompol pada orang dewasa. Semoga bermanfaat.



192 comments:

  1. https://plus.google.com/103316618996875344251 , Makasih artikelnya ttg ngompol, keponakan dah remaja masih ngompol nih, mau tak coba tip nya moga sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba mbak Kurnia, mudah-mudahan cepat sembuh.

      Delete
  2. terima kasih sangat bermanfa'at

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Pak biji labunya di apain yah ?

      Delete
    2. Cukup dimatangkan dengan cara dididihkan dalam air, boleh ditambah sedikit garam.

      Jika kebetulan lagi membuat kolak labu (waluh), masukkan sekalian bijinya.

      Delete
    3. Maaf Dok,, jika di daerah saya tidak ada labu.. saya beli online biji labu yang di oven. berpengaruh ga dok? tolong di jawab ya dok.. Terimakasih

      Delete
    4. Kalau cuma dioven tidak memengaruhi khasiat biji labu sebagai penguat otot panggul

      Delete
  4. Putra saya 12 tahun masih ngompol dan susah bangun pagi..skrg sudah sekolah asrama tapi masih susah bangub dan setiap kali kesiangan pasti ngompol...kira2 itu butuh penanganan medis gak yah??

    ReplyDelete
  5. Anak saya cowok 12 tahun masih sering ngompol bahkan sekarang sudah tinggal di asrama,,kira2 dia butuh penanganan medis tdk yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya lakukan terapi senam kegel pada anak Bapak. Kira-kira 15 menit di bawah paparan sinar matahari pagi setiap hari. Perbanyak camilan biji labu (kwaci). Setelah berjalan 1 - 2 bulan, Bapak bisa mengambil keputusan, meneruskan terapi atau penanganan medis. Insya Allah Bapak Jody tidak lagi butuh penanganan medis.

      Delete
  6. Saya 16 tahun setelah sekian lama tidak mengompol, tiba tiba tadi malam mengompol. Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngompolnya tidak sering (bukan kebiasaan) mungkin itu cuma faktor kondisional. Sekarang ini kan cuaca lagi dingin. Jadi, sisa metabolisme yang sebagian dikeluarkan lewat keringat kini banyak yang beralih menjadi urine.

      Delete
  7. Saya juga bingung, anak sayabumur 10 tahun masih pipis dan pup dicelana. Apakah harus ke dokter. Dan dojter apa ya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter umum juga bisa. Nanti akan diketahui penyebabnya. Setelah itu, biasanya akan dirujuk ke dokter yang lebih spesialis.

      Sebelum ke dokter, ada baiknya dicoba cara yang alami, di antaranya senam kegel, senam yang ditemukan dr. Arnold Kegel. Link tentang senam kegel saya tautkan dalam artikel di atas.

      Delete
  8. Saya wanita 20 tahun. Akhir akhir ini saya kok sering kencing tapi sedikit sedikit. Tapi kemarin itu waktu tidur saya kok ngompol . Malahan seminggu ini udah 2 kali saya ngompol wktu tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kencing sedikit-sedikit jika disertai rasa nyeri biasanya bawaan suatu penyakit, mungkin infeksi saluran kemih, konstipasi, atau diabetes insipidus. Coba saja dicek ke dokter atau dicoba cara alami seperti yang disebutkan dalam artikel di atas.

      Delete
  9. Ni keponakan saya udah berumur 20 tahun kok masih ngompol ya ditempat tidur gimana mengatasi nya apa harus dibawa ke medis ya?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu dengan senam Kegel, mbak Aulia. Banyak yang berhasil kok. Kalau sudah 4 - 6 minggu belum berhasil, baru dilakukan penganan medis.

      Delete
    2. Saudara saya udh kerja tapi sering ngompol seminggu berkali bisa berkali" kenapa ya

      Delete
    3. Kalau dari pihak bapak/ibu ada yang mempunyai riwayat ngompol berarti karena faktor genetik. Jika tidak, segera konsultasikan ke dokter barangkali merupakan gejala suatu penyakit seperti yang disebutkan pada artikel di atas.

      Delete
  10. Saudara saya sudah sma, tapi dia suka ngompol saat tertawa terbahak bahak. Apa dia butuh penanganan ke medis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya terkencing-kencing. Kondisi seperti itu juga bisa terjadi saat batuk, bersin, mengangkat beban berat, atau saat melakukan pekerjaan yang membuat kita mengedan.

      Penyebabnya karena melemahnya daya kontrol terhadap keluarnya air seni serta otot-otot sekitar kemaluan kurang berfungsi secara optimal. Hal ini bisa disembuhkan dengan senam kegel secara rutin.

      Delete
  11. maaf pa, itu kwaci nya dimakan biasa aja tiap hari? atau bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya setiap hari, anggap saja sebagai camilan. Lebih berkhasiat lagi jika biji labu tersebut dimasak sendiri untuk menghindari zat aditif kimia.

      Delete
  12. saya umur 24 masih sering skali ngompol dikasur,,sampai saya bekerja pun masih sering ngompol,saya malu sekali...kalau disini tidak ada kwaci gimana ya...apa harus ditangani secara medis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ditangani secara medis, coba lakukan tips yang lain. seperti berjemur matahari pagi dan senam kegel, atau langsung dipadukan, senam kegel sambil berjemur. Lakukan secara rutin setiap hari atau dua hari sekali. Insya Allah sebulan kemudian, kebiasaan ngompol berangsur-angsur akan berkurang.

      Delete
    2. terima kasih tips,, ijin copas pak.

      Delete
    3. Terima kasih kembali. Silakan.

      Delete
  13. Saya usia 19 tahun tapi masih ngompol. Saya malu sekali kalau keluarga saya tau. Solusinya bagaimana ya.. Saya ingin sekali kebiasaab ini benar2 hilang .
    Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikenali dulu faktor penyebabnya, faktor keturunan atau bawaan suatu penyakit. Kalau faktor keturunan penyembuhannya agak lama. Kalau bawaan penyakit harus ditangani secara medis, begitu penyakitnya sembuh, kebiasaan ngompol langsung hilang.

      Sebaiknya Anda banyak mengonsumsi biji labu dan buah cranberry, atau melakukan senam kegel dan berjemur matahari pagi secara rutin. Setelah satu bulan, insya Allah kebiasaan ngompol mulai berkurang.

      Delete
  14. Pak, saya 18 tahun. 1 bulan terakhir kalo siang suka kencing terus, dan kalo malam suka ngompol. terus itu solusinya makan kwaci harus kwaci biji labu? Kalau biji bunga matahari bisa apa tidak? Terus senam kegel itu bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau hanya terjadi satu bulan terakhir ini saja, kemungkinan faktor cuaca. Sekarang ini kan cuaca lagi dingin, cairan tubuh yang seharusnya keluar melalui keringat, beralih menjadi urine.

      2. Ya, harus kwaci dari biji labu.

      3. Senam kegel itu tidak seperti senam pada umumnya, hampir tidak ada gerakan yang terlihat, malah mirip orang sedang bertapa. Silakan cari di blog ini melalui daftar isi atau search di kolom 'cari di sehat raga'. Link-nya juga sudah saya tautkan di artikel ini.

      Delete
    2. Apakah dengan meminum minuman dingin juga menyebabkan ngompol juga m

      Delete
    3. Kalau tidak punya riwayat ngompol, minuman dingin tidak menyebabkan ngompol. Tetapi jika punya riwayat ngompol, sebaiknya dihindari. Terutama minuman yang bersifat diuretik seperti teh, kopi, minuman berkarbonasi, dan lain-lain.

      Delete
  15. Maaf saya mau tanya. Saya 17 thn tiap hari suka ngompol gitu dan saya suka kedinginan.. Dulu emg sering ngompol tp gak sesering ini. Saya mau coba kwaci biji labu tp adanya rasa green tea gapapa? Sama buah cranberry tapi dried cranberry kaya buah kering gitu. Bisa tidak? Tolong jawab terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Saya 17 thn masih suka ngompol. Saya suka kedinginan gitu, saya ngomopol bs tiap hari. Tapi biasanya gak setiap hari. Saya mau coba makan kwaci biji labu apakah rasa greentea boleh? Kalo biji labu mentah diolahnya seperti apa? Sama mau coba cranberry tp boleh cranberry yg dijadikan buah kering? Tolong balas ya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kwaci biji labu rasa green tea atau rasa apa saja tidak masalah, yang penting kandungan biji labu terserap dalam tubuh.

      2. Untuk mengolah biji labu mentah, direbus saja sudah cukup. Boleh ditambah sedikit garam atau rasa yang lain.

      3. Dried cranberry itu kan cuma dilepas kandungan airnya supaya lebih awet, sementara kandungan gizi yang lain masih ada. Jadi, tidak mengurangi khasiat dari buah cranberry.

      Delete
  17. Saya ingin berkonsultasi dengan bapak , tapi saya tidak ingin di ketahui publik . saya sangat malu , saya berumur 16 tahun , saya malu jika di ketahui publik . tolong bantu saya 😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa hangout lewat akun g+ saya, mbak fitria. Tapi tidak bisa langsung, karena tidak setiap hari saya online di akun tersebut.

      Delete
  18. Saya sudah 22 tahun tiap malam selalu mengompol kira-kira apa obatnya,selain mengkonsumsi biji labu atau makan buah cherry dan senam kegel
    Apakah ada obatnya yg berupa tablet atau kapsul,kalo ada apa namanya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di apotek banyak jenis obat anti-ngompol. Tapi mohon maaf, saya tidak bisa merekomendasikan karena obat itu tidak dijual bebas, harus ada resep dokter. Silakan mas Zhay mendatangi dokter untuk mendapatkan resepnya.

      Delete
    2. Dokter spesialis apa yg menanganinya ya Pak?

      Delete
  19. Trimakasih sekali atas artikelnya.. Saya benar'' stress karna sering ngompol padahal sblm bobok kencing di.. Tengah mlm bangunpun kencing tp sering kali meskipun sudah kencing ttp ngompol. BBerkat bs sampai 2x dlm satu mlm :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mbak Adex. Mudah-mudahan kebiasaan ngompolnya semakin hari semakin berkurang.

      Delete
  20. Pak akhmad..
    Ngompol apa disebabkan karena orang tersebut malas
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak kecil sih iya. Kadang-kadang saking asyiknya bermain, meskipun saat itu ada dorongan untuk pipis, si anak malas beranjak untuk pipis. Akhirnya ia ngompol di tempat karena memang ia tidak peduli dengan keadaan tersebut.

      Tapi untuk orang dewasa yang kondisi tubuhnya normal, dorongan keluarnya air seni lebih kuat dan dapat mengalahkan rasa malas. Semalas-malasnya orang, ia akan segera ke kamar mandi atau ke tempat lain ketika terasa akan pipis, baik dalam keadaan terjaga maupun dalam keadaan tidur. Kecuali jika ia tidak peduli keadaan sekitar, ia malas ke kamar mandi dan menyalurkan di tempat tidur. Tapi itu bukan ngompol karena memang disengaja.

      Delete
  21. Cara membuat ramuan dari biji labunya gmn yah pak Ahmad Jazuli ? Ditumbuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara tradisional ya ditumbuk seperti orang membuat bubuk jamu. Cara modern dilakukan di laboratorium dengan mendalami ilmu farmasi. Tapi kalau hanya sekadar dikonsumsi sendiri, cukup direbus dan langsung dimakan.

      Delete
  22. saya sekarang berumur 17 tahun tapi setiap hari sering mengompol,Dulu sempat sudah tidak mengompol lagi tapi hanya sebentar, lalu kebiasaan nya itu ada lagi sampe sekarang. Gimana ya cara mengatasinya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin ditangani secara medis, bisa mendatangi dokter yang khusus menangani saluran air kemih, yaitu dokter spesialis urologi. Tapi biasanya hanya ada di kota besar atau rumah sakit besar.

      Anda juga bisa mencoba senam Kegel. Senam yang memang dirancang oleh dr. Kegel untuk menangani sering kencing dan ngompol. Silakan baca artikel tentang senam Kegel di blog ini.

      Delete
  23. Saya umur 22 masih sering ngompol, sering sekali ngompol karena mimpi buang air kecil di kamar mandi, tapi orang tua saya tidak percaya kalau alasannya selalu itu, saya dikira malas pergi ke tempat tidur.
    Untuk bisa menyembuhkan, apakah biji labu itu dimakan setiap hari atau bagaimana ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimakan setiap hari sampai sembuh. Anggap saja sebagai camilan. Kalau dikombinasikan dengan berjemur matahari pagi dan senam kegel, insya Allah 1-2 bulan frekuensi ngompol mulai berkurang drastis.

      Delete
  24. Umur Saya 12, Sebenernya dari umur 3-11, Jarang banget Ngompol, Tapi, Sejak Sekarang, Sering Banget Ngompol, Makan Kwaci udah Sering, Senam Kegel jarang si, Sinar matahari juga jarang, Gimana ya pak Solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penyembuhan, tidak hanya dibutuhkan sering, tapi rutin. Cobalah untuk mengonsumsi biji labu, senam kegel, dan berjemur matahari setiap hari. Jika dirasa berat, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis urologi untuk mendapatkan penanganan secara medis.

      Delete
  25. Umur saya 15 saya sudah lama mengalami penyakit ngompol ini ,sudah coba dengan memberi capung ke pusar tapi haya sementara abis itu kambuh,ap ad solusi lain selain biji labu,cerry?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kambuh lagi, berarti daya kontrol keluarnya urine masih belum teratasi. Dengan kata lain, otot dasar panggul Anda masih lemah. Untuk menguatkannya, sudah saya utarakan pada artikel di atas.

      Sedangkan pemberian capung pada pusar, tidak ada hubungannya dengan kekuatan otot dasar panggul.

      Delete
  26. Malam pak, umur saya sudah hampir 20 tapu saya masih sering ngoompol. Begini loh pak 5 bulan blakang ini saya sudah jarang ngompol lagi tapi semenjak saya jatuh dari motor kebiasaan ngompol saya kambuh lagi, itu apa penyebab nya ya pak? Mohon bantuannya , saya udah kedokter jga tpi gak ada hasilnya berbagai cara pun udah saya coba tapi yaa jga gk ada hasil nya pak. Mohon bantuannya yaa pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Mutia,

      Ketika Anda terjatuh dari motor, kemungkinan otot dasar panggul Anda terganggu. Terganggunya otot dasar panggul tersebut akan memengaruhi fungsi kerja saraf otonom pengendali keluarnya urine. Apalagi sebelumnya Anda mempunyai riwayat sering ngompol.

      Sebaiknya Anda lakukan terapi senam Kegel untuk memperkuat sistem otot panggul. Lebih efektif lagi jika dilakukan sambil berjemur matahari pagi.

      Delete
  27. Jadi begini pak,,,umur saya 24 tahun dan kalo ngompol di karena kan mimpi sedang kencing dan itu pun terjadi
    nya jarang-jarang apakah itu faktor penyakit atau keturunan yah pak.....???trima kasih sebelum ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor keturunan bisa ditelusuri dari riwayat orang tua. Jika salah satu atau kedua keluarga orang tua Anda mempunyai riwayat sering ngompol, besar kemungkinan penyebabnya adalah faktor keturunan. Jika tidak, kemungkinannya adalah faktor gangguan tidur atau bawaan penyakit.

      Delete
  28. Maaf pak anak sy cewek berusia 12 tahun dalam 1 bln ini setiap minggu nya ngompol yg sebelum jarang sekali ngompol atau tidak pernah terjadi dalam 1 tahun. Gimana cara ngatasinya yang efektif ,apakah harus minum obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum obat juga bisa, silakan mendatangi dokter spesialis urologi untuk mendapatkan resepnya. Pakai penanganan alami juga bisa, seperti yang disebutkan pada artikel ini, di antaranya mengonsumsi biji labu dan terapi senam kegel.

      Delete
  29. Saya tiap malem sering ngompol dan gk kerasa pengen kencing kalu tidur itu dan kadang kadang kerasa pengen kencing. Nah saya harus pke yang mana ya buat mencegah itu.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling manjur terapi senam Kegel dan berjemur matahari pagi. Silakan dicoba, semoga berhasil.

      Delete
  30. Saya perempuan berumur 12thn. Saya dari dulu kecil tidak pernah bisa menghilangkan kebiasaan mengompol. Apalagi beberapa tahun ini saya jadi lebih sering ngompol dari pada dulu kecil. Bahkan, kadang saya bisa mengompol seminggu 3-5 mengompol pada malam hari. Kedua orangtua saya tidak punya riwayat kebiasaan mengompol. Tetapi, ayah saya punya riwayat diabetes. Dan saya mempunyai potensi cukup tinggi untuk terkena diabetes. Jadi, apakah saya memperlukan penanganan medis??? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih dalam tahap potensi tetapi masih belum terkena diabetes, berarti penyebab ngompolnya karena daya kontrol terhadap keluarnya kencing melemah. Sebaiknya dilakukan terapi senam Kegel sambil dilakukan pencegahan terhadap timbulnya diabetes.

      Penanganan medis juga perlu dilakukan. Konsultasikan saja dulu ke dokter spesialis urologi untuk memastikan apakah melemahnya saraf kandung kemih tersebut karena gejala diabetes atau faktor lain.

      Delete
  31. Misi om jujur barusan ane ngompol dan bermimpi aneh apa itu karna gangguan tidur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mimpinya masih berhubungan dengan ngompol atau kencing maka mimpi tersebut merupakan gangguan tidur. Ngompol yang disebabkan oleh gangguan tidur lebih mudah diatasi. Cara mengatasinya:
      1. Melakukan stretching (peregangan tubuh) sebelum tidur, cukup 5 menit saja.
      2. Upaya kondisi jiwa dalam keadaan rileks sebelum tidur.
      3. Berdoa sebelum tidur.

      Delete
  32. Sangat membantu sekali. Terimakasih banyak pak akhmad artikelnya

    ReplyDelete
  33. Artikel ini sangat membantu sekali. Terimakasih banyak pak akhmad..

    ReplyDelete
  34. saya umur 32 th pak, seinget saya ngompol itu saat kita masih kecil, tapi jujur semalam saya mengalaminya, baru kali ini saya ngimpi pipis eh ternyata basah beneran, sempat terbangun sih cuma y sudah terlanjur blawahan, maaf y pak apakah ini murni gangguan tidur atau saya mengidap penyakit tertentu y? terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngompolnya hanya terjadi sekali, masih dalam kategori wajar. Mungkin hanya sekadar gangguan tidur. Tetapi, bagaimanapun juga, harus segera diatasi supaya tidak menjadi kebiasaan.

      Ada baiknya jika Pak Aji juga check up kesehatan. Barangkali ngompol tersebut merupakan alarm gejala penyakit seperti yang disebutkan pada artikel di atas. Penanganan dini ini jauh lebih mudah diatasi.

      Delete
  35. Saya berumur 18 tahun pak. Dari umur 6 tahun saya sudah tidak mengompol. Tapi sejak memasuki SMP, umur saya 12 tahun, saya terkadang mengompol. Jarang sih, dulu bisa dihitung 2-3 bulan sekali. Atau bahkan bisa sebulan sekali pasti ngompol. Dan sampai sekarang masih berlanjut. Biasanya saya ngompol karna terlalu banyak minum atau lupa kencing sebelum tidur. Tapi ya, masa sudah dewasa gak bisa nahan kencing saat tidur -_- frustasi saya pak. Bagaimana ini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari keterangan mbak Anita di atas, sebenarnya kebiasaan ngompol tersebut mudah diatasi. Pertama karena kebiasaan ngompolnya hanya sebulan sekali. Kedua karena mbak Anita sudah tahu penyebabnya, yaitu banyak minum dan lupa kencing sebelum tidur.

      Nah, coba kurangi minum dan upayakan kencing sebelum tidur. Jangan lupa, katakan dalam hati, "Malam ini aku tidak akan ngompol".

      Sebaiknya coba juga tips-tips yang disebutkan dalam artikel di atas.

      Delete
  36. Om saya 18 thun udah trmasuk remaja lah tapi baru ini saya tiba" bamgun ngompol pdahal sblumnya gapernah kecuali saat masih kecil...itu kira kira kenapa yaa?? Mohon bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu cuma faktor kondisional. Di antaranya karena cuaca dingin, banyak minum minuman yang bersifat diuretik (teh, kopi, soft drink, alkohol), banyak makan makanan yang pedas dan mengandung pemanis buatan.

      Kondisi jiwa yang labil (depresi, cemas, dll) juga bisa menjadi penyebab.

      Jika Anda dalam masa perawatan, pengaruh obat juga bisa menjadi penyebabnya.

      Segera kenali penyebabnya, sebelum ngompol tersebut menjadi kebiasaan.

      Delete
  37. Trimakasih artikel nya sangat bermanfaat,.
    Saya sekalian mau konsultasi dengan bapak,saya sudah berusia 23 tp masih jga ngompol pak, apa perlu di tangani secara medis ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba dulu mbak tips-tips di atas, seperti mengonsumsi biji labu dan cranberry serta terapi senam Kegel dan berjemur matahari pagi.

      Asalkan dilakukan dengan rutin, insya Allah dalam waktu 4 - 6 minggu sudah kemajuan. Jika sampai 2 bulan belum menampakkan hasil, mbak Dwi memang perlu penanganan medis.

      Delete
  38. Mama saya berumur 51 tahun, dan sudah beberapa minggu ini sering sekali mengompol. Mama saya sudah dioperasi pengangkatan rahim karna ada miom beberapa tahun lalu. Apa itu ada pengaruhnya Pak ? Kalo batuk dan bersin beliau sering mengimpit kakinya karna terasa ingin keluar air kecilnya. Apa mama saya mengidap penyakit tertentu ? Bagaimana cara mengatasinya ya Pak, karna akan malu jika menginap di rumah orang. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu efek samping pengangkatan rahim atau histerektomi adalah timbulnya masalah kencing. Masalah kencing tersebut antara lain sering terkencing-kencing (ketika batuk, bersin, atau mengejan) dan ngompol.

      Jadi, mama Anda tidak sedang mengidap suatu penyakit, tetapi masalah kencing tersebut merupakan efek samping dari pengangkatan rahim.

      Karena ini masuk ranah medis, sebaiknya mbak May konsultasi dokter ahlinya agar mendapat penanganan secara medis.

      Delete
  39. terima kasih artikelnya,,,sangat bermanfaat sekali akan saya coba,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas Agus. Silakan mencoba, mudah-mudahan cepat teratasi.

      Delete
  40. Saudara saya sudah kuliah tapi akhir akhir ini sering sekali ngompol.apa yang bisa mengobatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya akhir-akhir ini saja sering ngompol, sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter agar diketahui faktor penyebabnya. Kemungkinan penyebabnya adalah faktor cuaca, gangguan tidur, atau bawaan penyakit.

      Tetapi jika sebelumnya mempunyai riwayat ngompol sejak kecil, bisa dicoba tips-tips pada artikel di atas, terutama senam Kegel.

      Delete
  41. Ya.ampun anakku usia 12 tahun kalau tidur ngompol terus,setiap malam,baunya itu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di samping bau, alas tidur juga harus diganti setiap hari, bu Yuni.

      Segera diatasi, Bu. Mumpung masih dini. Mulailah membiasakan dia berjemur matahari pagi dan rutin mengonsumsi biji labu.

      Delete
  42. Pak, sodara saya berusia 22 th, tapi dia masih suka mengompol, tapi frekuensinya 1 bulan sekali, atau bisa 2 bulan sekali, dan kadang bisa berbulan bulan sekali. Nah apa kah itu hanya gangguan tidur saja yaa pak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu gangguan tidur. Sebaiknya lakukan 2 hal berikut ini sebelum tidur:

      1. stretching (peregangan tubuh) 5 menit jelang tidur,

      2. relaksasi jiwa dengan cara berdoa sebelum tidur

      Delete
  43. Pak, teman saya sudah 19 tahun dan dia kebiasaan dari kecil selalu ngompol kalau tertawa terlalu puas. Kira" itu penyebabnya apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman Anda sebenarnya terkencing-kencing. Kondisi seperti itu juga bisa terjadi saat batuk, bersin, mengangkat beban berat, atau saat melakukan pekerjaan yang membuat kita mengedan.

      Penyebabnya karena daya kontrol terhadap keluarnya air seni melemah serta otot-otot sekitar kemaluan kurang berfungsi secara optimal. Cara mengatasinya sama dengan mengatasi kebiasaan ngompol.

      Coba anjurkan teman Anda rutin mengonsumsi kwaci biji labu dan senam kegel sambil berjemur matahari pagi.

      Delete
  44. Pak, saya sudah 20 tahun, dari smp sampai sekarang saya masih mengompol. Bahkan sekarang makin sering, bisa2 seminggu 2-3 kali ngompolnya. Padahal saya sudah pipis sebelum tidur tapi tetap mengompol.
    Apakah itu penyakit? Perlukah ke dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan ngompol saat dewasa memang masalah medis, boleh dikatakan suatu penyakit. Tetapi yang paling penting adalah mengetahui faktor penyebabnya.

      Jika diperhatikan kebiasaan ngompol Anda (mulai SMP sampai sekarang), kemungkinan besar penyebabnya adalah faktor genetik (keturunan).

      Ngompol yang disebabkan faktor genetik memang agak lama penyembuhannya. Tetapi jika Anda mempunyai kemauan keras untuk mengatasinya, waktu penyembuhan menjadi lebih cepat.

      Sebelum memutuskan ke dokter, cobalah tips-tips pada artikel di atas Anda terapkan secara rutin dan konsekuen. Insya Allah 2 - 3 bulan mendatang kebiasaan ngompol Anda mulai berkurang.

      Delete
    2. Pak kakak saya sudah berumur 22th tetapi masih ngompol trs tiap malam , bahkan katanya sampai 2x ngompol di kasur, padahal frekuensi waktu dr mulai tidur ke ngompol cuma 1 jam. Dan itu rutin setiap hari.

      Delete
    3. Kalau kondisinya sudah seperti itu sebaiknya langsung ke dokter spesialis urologi. Cuma dokter spesialis tersebut hanya ada di rumah sakit besar.

      Boleh juga ditunda 2 - 3 bulan untuk mencoba tips-tips pada artikel di atas. Jika kebiasaannya ngompolnya mulai berkurang, bisa diteruskan sampai sembuh.

      Delete
  45. saya seorang pria dengan umur 28 tahun. saya sudah mengompol 2x sampai saat ini sejak dewasa. interval dari yang pertama ke yg kedua adalah sekitar 2 tahun. kira kira kenapa ya pak?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol seperti itu masih belum masuk kategori 'kebiasaan ngompol'. Mungkin karena faktor kondisional (misal cuaca dingin) atau gangguan tidur (bawaan mimpi).

      Tetapi, bagaimanapun juga, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan agar tidak menjadi kebiasaan. Lakukan tips-tips pada artikel di atas, terutama senam Kegel.

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika Anda tidak mempunyai riwayat penyakit seperti di sebutkan dalam artikel di atas, kemungkinan penyebab ngompol Anda karena faktor genetika. Kemungkinan kedua, otot panggul Anda lemah. Lemahnya otot panggul ini menyebabkan kandung kemih dan rahim mudah bergeser dari tempatnya.

      2. Mungkin juga karena peranakan (rahim) Anda turun atau bergeser. Pijat untuk membetulkan posisi rahim juga baik, asalkan pemijatnya memang ahli. Alangkah baiknya jika Anda rutin melakukan senam Kegel. Senam Kegel ini bertujuan untuk memperkuat otot panggul sehingga posisi kandung kemih dan rahim tidak mudah bergeser.

      3. Pijat tidak berbahaya jika pemijatnya sudah berpengalaman. Justru pijat sangat membantu dalam proses kehamilan.

      Delete
    2. tapi jika posisi rahim saya dan kandung kemih memang benar bergeser apakah ada masalah nanti jika ingin memiliki keturunan pak ?
      apakah ada faktor bahaya nya ?

      Delete
    3. Ngompol yang disebabkan karena bergesernya rahim tidak memengaruhi kehamilan. Hal ini karena pergeserannya hanya sedikit dan Anda tidak akan merasakan keluhan nyeri atau sakit.

      Peranakan turun yang berbahaya itu biasa disebut kengser, atau istilah medisnya prolaps. Di antara ciri prolaps: timbul rasa nyeri dan sakit pada bagian bawah perut dan punggung, semua organ perut serasa akan jatuh, ada tonjolan di daerah sistem reproduksi yang bisa diraba.

      Delete
  47. pak, temen saya umurnya 17 thn masih ngompol dari sd sampe sma ini. tapi katanya 2 tahun terakhir sudah nggak ngompol lagi, trus bulan ini dia sudah dua kali ngompol. padahal sebelum tidur dia sudah pipis.
    katanya juga saat ngompol dia mimpi pipis di kamar mandi. setelah ngompol, perutnya malah sakit. keluarganya juga nggak ada yg ngompolan. jadi ini penyakit atau bukan ? apa harus di bawa ke dokter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena teman Anda mempunyai riwayat ngompol sejak SD dan perut terasa sakit setelah ngompol, kemungkinan besar penyebabnya adalah otot panggul yang lemah atau menipis.

      Coba sarankan teman Anda untuk melakukan tips-tips pada artikel di atas untuk memperkuat otot panggul. Jika setelah 4 - 6 minggu tidak ada perkembangan, sebaiknya dilakukan penanganan medis.

      Delete
  48. Pak, saudara perempuan sy sdh berumur 15thn masih suka mengompol. Katanya sdh tdk mengompol selama beberapa bulan terakhir. Tapi bulan ini sdh sampai 10 kali mengompol. Dia sdh ke toilet bbrp kali sebelum tidur, dia jg sdh tidak minum 1 jam sblm tidur, dan katanya bbrp bulan lalu cuaca dingin dia jg tdk mengompol. Dia jg sdh dibelikan bbrp obat utk berhenti ngompol, tapi gk mempan jg. Bagaimana cara mengatasinya ya? Sy sdh sgt bingung, krn dia mengompolnya tdk menentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara perempuan Anda sudah mempunyai tekad yang kuat untuk mengatasi kebiasaan ngompol. Tinggal dimantabkan saja.

      Sebelum tidur, biasakan dia mengatakan pada dirinya sendiri, "Saya tidak akan mengompol malam ini." Ucapkan berkali-kali sambil berdoa.

      Jangan lupa, mengonsumsi biji labu, senam kegel, dan berjemur matahari pagi secara rutin dan teratur.

      Delete
  49. Pak, adik sy sdah berumur 20th tpi sampai saat ini dy masih ngompol. Dy ngompol smnjak memasuki kelas 6 SD. Tapi stelah bberpa bulan sudh tidak ngompol lagi. Tpi bulan2 berikutnya dy ngompol lagi. Kejadian ini dialami smpe sekarang, bbrp buln lagi ngompol, bbrp bln slnjtnya lagi engga. Pdahal sblm tdur dy udh pipis terlebih dahulu dan tdak minum dri 2-3 jam sblm tdur. Kadang2 dy terbangun tengah malam untuk ke kmar mndi, selanjutny stelah tdur lagi dy ternyta ngompol. Pdhal dy termasuk orang yg kuat nahan pipis saat dy sdar... Bagaimna mengatasi kejadian semacam ini pak? Apkh ini berbahaya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak ada masalah dengan daya kontrol keluarnya air kencing karena dia bisa terbangun saat ada dorongan ingin pipis saat tidur. Juga tidak ada masalah dengan otot panggulnya karena dia bisa nahan kencing saat sadar.

      Tetapi yang terakhir itu justru membawa masalah, sering nahan kencing saat sadar akan melemahkan daya kontrol dan otot panggul saat tidur.

      Mengenai ngompolnya yang berseling-seling (beberapa bulan ngompol, beberapa bulan lagi tidak) mungkin karena faktor cuaca. Saat cuaca panas dia mudah berkeringat, saat cuaca dingin banyak mengeluarkan urine.

      Sebaiknya dikurangi makanan dan minuman yang bersifat diuretik seperti kopi, teh, minuman berkarbonasi, alkohol, minuman yang mengandung pemanis buatan, dan makanan pedas.

      Delete
  50. Pak saya sudah berumur 17 tahun tetapi saya masih mengompol setiap malam . Kadang tidak mengompol tetapi hanya 1 minggu saja. Disiang hari frekuensi buang air kecil saya sedikit dan tidak sering. Sebelum tidur juga saya selalu buang air kecil terlebih dahulu. Tetapi ketika tidur saya tidak merasakan apa apa. Ketika pagi saya sudah ngompol. Saya sangat malu. Apa penyebabnya ya ? Apa harus penanganan secara medis? Apa yang harus saya lakukan . Saya sangat bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya Anda banyak berkeringat pada siang hari sehingga sisa metabolisme tubuh banyak yang disalurkan lewat kelenjar keringat. Sebaliknya pada malam hari banyak yang menjadi urine.

      Sebaiknya Anda rutin berolahraga. Olahraga ringan saja, seperti stretching, jogging, dan senam. Hal ini agar peredaran darah lancar dan sistem ekskresi tubuh juga berjalan normal.

      Jangan lupa, lakukan tips-tips mengatasi ngompol pada artikel di atas. Jika dalam 2 - 3 bulan belum membuahkan hasil, pertimbangkan konsultasi ke dokter spesialis urologi.

      Delete
  51. saya berumur 18 tahun dulu saat berumur 12 tahun saya sring mengompol tapi brhenti secara perlahan , tapi sekarang tiba-tiba saya mengompol lagi , kira-kira apa alasannya dan bagaimana mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seseorang yang mempunyai riwayat ngompol kadang-kadang akan kambuh lagi. Untuk itu Anda harus menjaga dan mempertahankan jika sudah sembuh dengan cara-cara berikut ini:

      1. Hindari atau kurangi makanan dan minuman yang bersifat diuretik seperti teh, kopi, minuman berkarbonasi (soft drink), minuman yang mengandung pemanis buatan, dan makanan pedas terutama saat cuaca dingin.

      2. Jadikan senam Kegel sebagai aktivitas rutin Anda agar otot panggul semakin kuat sehingga dapat mengendalikan keluarnya air kencing.

      Delete
  52. Sy ada masalah ngompol setiap 1 bulan 1x...ini selalu...kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun satu bulan sekali tapi selalu, maka sudah termasuk kebiasaan ngompol. Tetapi kebiasaan ngompol Anda tergolong ringan dan relatif lebih muda diatasi, tergantung kemauan Anda.

      Penyebab utamanya ada di otot panggul. Otot panggul Anda perlu diperkuat dengan terapi senam Kegel dan mengonsumsi biji labu secara rutin.

      Delete
    2. Terimakasih infonya yg sgt berharga.. sy coba memberikan kuaci biji labu setiap sore kepada anak gadis sy yg berumur 17 thn.. dan sdh seminggu tdk ngompol lg semoga seterusnya

      Delete
    3. Terima kasih kembali, Craft Indo. Mudah-mudahan anak gadis Anda tidak ngompol lagi. Amin.

      Delete
  53. Assalamualaikum pa . Mau tanya saya sebelumnya dari sd sampai sekarang umur 21 tahun belum pernah ngompol . Tapi tiba tiba tadi malem ngompol persis seperti gangguan tidur yg ada di artikel ini .
    Saya tinggal di jepang cuacanya dingin sekali tapi sebelumnya tidak pernah dan sekarang tiba2 ngompol . Apa hanya kebetulan saja yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Adi Maulana.

      Pertama, Anda wajib bersyukur karena kejadian tersebut tidak termasuk 'kebiasaan' ngompol karena Anda tidak mempunyai riwayat ngompol sejak SD.

      Kedua, mungkin hanya karena gangguan tidur. Jika kejadian ini berulang, sebaiknya Anda menenangkan pikiran sebelum tidur (berdoa intensif) dan merelaksasikan otot dengan stretching sekitar 5 menit sebelum tidur.

      Ketiga, mungkin karena fungsi kerja tubuh Anda belum beradaptasi dengan kondisi (cuaca) di Jepang.

      Delete
  54. Assalamualaikum pak, anak saya umur 13th. Masih sering ngompol. Dan ini mungkin karena faktor keturunan. Karena saya dulu juga. Tp waktu itu saya sembuh sendiri waktu umur 12 thn. Sekarang anak saya di pondok pesantren, kalau untuk senam kegel mungkin ga bisa dia lakukan mungkin malu...bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Ana Kurniasih

      Kenapa harus malu melakukan senam Kegel. Senam Kegel itu tanpa gerakan, hanya berdiam diri seperti orang semedi. Bisa dilakukan tiap selesai sholat sambil berdzikir. Mungkin teman-temannya di pesantren akan mengira anak Ibu hanya sedang berdzikir. Silakan baca tentang senam Kegel di blog ini.

      Selain itu, biasakan anak Ibu berjemur matahari pagi sambil jalan-jalan atau melakukan aktivitas lain sekiranya tidak kelihatan sengaja berjemur.

      Sepertinya kebiasaan ngompol anak Ibu lebih mudah diatasi karena Ibu dulu hanya sampai umur 12 tahun. Apalagi diiringi keinginan yang kuat untuk mengatasi.

      Semoga lekas teratasi.

      Delete
    2. Terima kasih pak atas balasannya, saya pikir harus duduk di kursi dan berjemur...in shaa Allah nanti di praktekkan. Syukron katsiro..atas info dan doanya

      Delete
  55. Selamat pagi pak, umur saya 23 tahun. malam ini baru saja saya ngompol, ngompol ini sudah sering bahkan hampir tiap hari. Kalau tekanan saya rasa tidak ada, tapi kalu emosi atau takut mungkin iya soalnya orang tua saya seringkali bertengkar dan saya selalu di suruh memilih untuk ikut salah satu dari mereka. Dan untuk pekerjaan tidak terlalu berat karna saya bekerja di minimarket paling hanya mengangkat beban sekitar 5 - 10 kg , tapi kenapa saya selalu saja mengompol dok? Saya tidak mengalami gangguan tidur, karna seringkali saat tidur saya ngompol dalam keadaan tidak sadar atau terlelap ehh.. Bangunnya udah basah semua, mau sih konsultasi ke dokter tapi saya malu, apakah ada yang bisa menyembuhkan lebih cepat dok? Soalnya buah carnsberry sama biji labu nya gak ada di area saya dok...

    Demikian Dok, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, Luth Fye

      Menyimak cerita Anda, kemungkinan besar penyebab ngompol Anda adalah faktor keturunan atau otot panggul yang lemah sehingga mudah bergeser. Lemahnya otot panggul inilah yang menyebabkan daya kontrol keluarnya air kencing tak terkendali.

      Untuk memperkuat otot panggul, sampai saat ini yang paling ampuh adalah terapi senam Kegel. Apalagi bila diikuti dengan membiasakan diri berjemur matahari pagi dan mengonsumsi buah cranberry dan biji labu.

      Buah cranberry memang jarang ada karena memang buah impor. Tetapi buah labu adalah buah lokal, banyak dijual di pasar tradisional. Di Jawa dikenal dengan nama waluh kuning yang biasanya digunakan untuk membuat kolak.

      Jika memang tidak ada, Anda bisa membeli kwaci biji labu. Biasanya dijual di supermarket.

      Jika ingin konsultasi, pastikan ke dokter spesialis urologi. Tidak perlu malu, pekerjaan dokter spesialis tersebut memang menangani hal-hal yang berhubungan dengan saluran kencing. Toh, Anda, dokter, dan pasien yang lain tidak saling kenal.

      Delete
  56. Selamat malam pak, lantas untuk yang gpuny kebiasaan ngompol Karena gangguan tidur, apakah jalan keluarnya harus menjalani senam kegel juga? Padahal kan dia klo dalam keadaan sadar bisa menahan hasrat ingin pipis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, Dina Novita

      Kalau faktor penyebabnya hanya gangguan tidur dan tidak mempunyai kebiasaan ngompol, maka tidak perlu terapi senam Kegel atau mengonsumsi biji labu. Cukup dengan terapi psikis, di antaranya adalah:
      - menenangkan pikiran sebelum tidur
      - berusaha mengatasi kecemasan dan kekhawatiran sebelum tidur
      - berdoa intensif sebelum tidur

      Ada baiknya dipadukan dengan melakukan relaksasi tubuh atau stretching selama 5 menit agar otot dan otak menjadi lebih relaks.

      Delete
  57. Selamat pagi pak, saya berusia 19 tahun, saya terkadang mengompol ketika tidur namun hal ini terjadi ketika saya hendak menstruasi saja. Saya seperti mengidap ganguan tidur sleep apnea. Apa saya perlu pengobatan medis atau cukup melakukan terapi? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, S S R Amatullah

      Ngompol menjelang menstruasi itu karena otot panggul Anda lemah sehingga mudah mengalami pergeseran. Tetapi tidak perlu khawatir, otot panggul dapat diperkuat dengan rutin senam Kegel dan mengonsumsi biji labu.

      Cara terbaik memang ke dokter spesialis urologi. Tetapi ada baiknya Anda coba dulu terapi di atas selama 2 bulan.

      Delete
  58. Pak,sekarang umur saya 29 th,tapi masih ngompol karena mimpi pipis,ini sulit membuat saya terjaga dari tidur. Apakah ada ramuan lain selain obat herbal di atas pak,terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramuan anti-ngompol yang lain sebenarnya banyak. Cuma saya belum mencobanya atau mencobakan pada orang lain. Sehingga saya tidak berani merekomendasikannya.

      Penyebab ngompol Anda karena gangguan tidur. Tetapi sudah menjadi kebiasaan. Berarti daya kontrol keluarnya air kencing terganggu. Dengan kata lain, otot panggung Anda lemah.

      Cara yang paling efektif untuk mengatasi otot panggul yang lemah adalah senam Kegel. Cobalah terapi senam tersebut rutin selama 2 bulan. Insya Allah ada perkembangan.

      Delete
  59. Pak,sekarang saya umur 17 tahun,tiap bulannya pasti ngompol paling tidak 1 sampe 2 kali, tapi kadang juga lebih dari 2 kali. Waktu kecil saya ngompol tapi perlahan hilang,semenjak sudah haid, ngompol seperti "tanda" bahwa saya akan segera haid.. saya pernah dengar kalo udah gede masih ngompol berarti ada penyakit?apa benar itu pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompolnya sendiri sebenarnya bukan penyakit, tetapi efek dari suatu penyakit, seperti konstipasi, diabetes, perbesaran prostat, infeksi saluran kencing.

      Menyimak cerita yang Anda sampaikan, ngompol yang Anda alami bukan termasuk efek dari penyakit. Tetapi merupakan gangguan organ tubuh, yaitu pergeseran otot panggul.

      Otot panggul Anda lemah sehingga menjelang haid akan mengalami pergeseran. Akibatnya daya kontrol keluarnya air kencing ikut melemah.

      Selain itu, ada kemungkinan ngompol yang Anda alami juga merupakan gangguan psikologis (gangguan tidur). Cirinya, ngompol terjadi karena Anda sedang bermimpi kencing.

      Delete
  60. Saya usia 24 tahun. Saya msih sering ngompol dikasur seperti anak bayi dan balita. Tapi saya sering kali ngompol 2/3 kali dalam sebulan. Tapi itu saya ngompol saya sedang bermimpi kebelet pengen pipis. Dalam mimpi saya sudah menuju toilet untuk pipis dan rasanya legah sekali namun setelah saya bangun dari tidur saya ternyata saya bermimpi dan saya sudah ngompol di kasur. Sering kali itu terjadi saya merasa kesal dan juga malu. Bagaimana jika nanti saya sudah menikah dan hal ini masih tidak hilang. Saya malu.
    Apa yaa solusi yang lain selain komsumsi biji labu dan buah yang dokter rekomondasikan dalam artikel ini.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol yang disebabkan oleh gangguan tidur itu paling mudah diatasi, asalkan Anda mempunyai kemauan yang keras. Di antara tips untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

      1. Lakukan stretching (peregangan otot tubuh) 5 menit sebelum tidur.
      2. Berdoa intensif sebelum tidur.
      3. Ucapkan berkali-kali menjelang tidur, "Bulan ini saya tidak akan ngompol."
      4. Lakukan senam Kegel secara rutin setiap hari untuk memperkuat otot panggul sehingga Anda mempunyai kendali terhadap keluarnya air kencing.

      Insya Allah jika 4 tips di atas Anda lakukan secara konsekuen, 2-3 bulan yang akan datang frekuensi ngompol Anda akan semakin berkurang dan akhirnya teratasi.

      Delete
  61. Pak sya umur 26 thn sudah menikah dan memiliki 2 ank tpi saya masih ngompol dan mimpi kencing kw lagi kumat bisa seminggu 5x ngompol tpi kadang juga enggak..hal ini sudah dari kecil terjadi. Dan ayah saya jg sama sering ngompol sampai sekarang umurnya 52 thn
    Ini murni faktor keturunan apa penyakit ya dok? Apakah bisa sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak ada penyakit yang Anda derita (sebagaimana tersebut dalam artikel di atas) maka dapat dipastikan penyebab ngompol Anda adalah murni faktor keturunan. Hal ini dipertegas oleh ayah Anda yang juga mempunyai kebiasaan ngompol.

      Kebiasaan ngompol karena faktor keturunan bisa disembuhkan, asalkan ada kemauan dan kesabaran. Memang agak lama, tetapi jika Anda konsekuen melakukan tips-tips di atas (terutama senam Kegel), tiap bulan akan ada perkembangan.

      Delete
  62. Malam pak, sy wanita usia 37thn, msih suka ngompol, minggu ini sy ngompol 2x, sblmnya sy jarang sekali ngompol, ketika ngompol sy seperti mimpi kencing di kamar mandi, trnyata sudah ngompol, kebiasaan suka ngompol mulai lagi ketika SMA, mohon solusinya pak, sy malu ma keluarga dan mertua krn sy tinggal serumah dengan mertua, terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, Oktorina Fatmawati.

      Mungkin dalam minggu ini Anda banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat deuretik seperti teh, kopi, minuman berkarbonasi (soft drink), mengandung pemanis buatan, dan makanan pedas.

      Karena Anda mempunyai kebiasaan ngompol sudah lama, sebaiknya lakukan tips-tips sebagaimana tersebut dalam artikel di atas, terutama senam Kegel.

      Delete
  63. Pak, saya umur 17 tahun dan masih suka ngompol.tp jarang jarang.kadang sebulan sekali,kadang brp bulan ngga ngompkl terus tbtb ngompol lg. Bagaimana cara mengatasinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan ngompol yang jarang-jarang biasanya disebabkan oleh gangguan tidur atau faktor makanan/minuman yang dikonsumsi menjelang tidur. Kebiasaan ngompol seperti ini lebih mudah disembuhkan.

      Coba ingat-ingat, ketika Anda ngompol, makanan dan minuman apa saja yang Anda konsumsi 4 jam sebelum tidur kemudian hindari.

      Delete
  64. Saya berusia 15 tahun,saya kok masih ngompol ya padahal saya kencing dahulu sebelum tidur,tolong bantu saya gimana cara lain nya saya ingin sembuh ,lalu apakah ngompol sebuah penyakit berbahaya atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba tips-tips pada artikel di atas.

      Jika ngompol tersebut merupakan efek dari suatu penyakit maka bisa dikatakan berbahaya.

      Jika merupakan faktor bawaan sejak lahir atau faktor keturunan maka ngompol seperti ini tidak berbahaya. Tetapi, bagaimanapun juga, harus tetap disembuhkan supaya tidak rendah diri dan depresi.

      Delete
  65. Temen saya berusia 15 tahun masih ngompol katanya dia bermimpi ke kamar mandi idh buang air kecil atau seringa dia kuat bangun tapi ngak kuat berdiri badannya terasa berat dia tak bisa bicara dan dia buang air kecil cara mengatasinya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol yang terjadi saat bermimpi dapat diatasi dengan melakukan stretching (peregangan tubuh) 5 menit sebelum tidur. Jangan lupa juga relaksasi psikis (menenangkan pikiran sambil berdoa intensif sebelum tidur).

      Jika terasa mau kencing dan terbangun tetapi tidak kuat menahan kencing, berarti otot panggulnya lemah. Cara mengatasinya adalah dengan terapi senam Kegel.

      Delete
  66. Pak temen saya berumur 13 tahun tapi katanya kemarin malam ia tiba tiba ngompol, sebelum tidur ia tidak merasa mau pipis tapi saat bangun ia sudah ngompol, padahal sebelumnya kecuali saat masih kecil ia jarang bahkan tidak pernah ngompol saat malam,kebetulan ia baru saja di imunisasi campak apakah itu berkaitan?? Kalo tidak kirakira apa penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tidak ada hubungan yang signifikan antara ngompol dengan imunisasi campak.

      2. Kalau memang tidak mempunyai riwayat ngompol, kemungkinan penyebabnya adalah faktor kondisional, misal karena cuaca lagi dingin. Akibatnya, hampir seluruh sisa metabolisme tubuh disalurkan lewat urine (hanya sedikit yang menjadi keringat).

      Kemungkinan lain, sebelum tidur banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat diuretik, misal teh, kopi, soft drink, atau makanan pedas. Jenis makanan dan minuman tersebut menyebabkan produksi urine berlebih.

      Delete
  67. umur saya 15,
    udah lama gak ngompol,
    tadi malem saya ngompol!
    ini pengalaman pertama saya ngompol di masa puber, saya bener" bingung sama air kencing ini, najis!!

    saya ingin bertanya, apakah ini bisa menjadi kebiasaan untuk waktu kedepan?

    kira" apa penyebapnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika ngompol tersebut merupakan pengalaman pertama dan tidak ada riwayat ngompol dari garis keturunan Anda maka kecil kemungkinan ngompol tersebut akan menjadi kebiasaan.

      2. Kemungkinan penyebab ngompol Anda adalah sebagai berikut:

      a. Faktor cuaca. Kebetulan saat ini cuaca lagi dingin sehingga sisa metabolisme banyak yang disalurkan lewat urine (hanya sedikit yang menjadi keringat).

      b. Banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat diuretik, seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan makanan pedas.

      c. Gangguan tidur.

      Delete
  68. Pak akhmad,saya 21tahun dan bisa dibilang sering mengalami ngompol..dari kecil kebiasaan ngompol sudah hilang,tapi sejak SMP mulai ngompol lagi,sampai saat ini masih saja kadang dalam satu minggu bisa 3 malam mengompol..tapi kadang juga dalam seminggu tidak sama sekali.. setiap ngompol pasti karena saya mimpi pipis pak,rasanya saya yakin saya tidak mimpi,dan anehnya kadang saya sudah sadar itu mimpi dan saya ngompol tapi susah sekali untuk bangun dari tidur.. saya jadi takut dan waswas setiap mau tidur takut terlalu lelap dan ngompol, saya sudah rutin pipis sbelum tidur, sampai saya membuat alarm pada dini hari untuk pipis, tapi tetap saja kadang waktu bangun tidak ingin pipis tapi setelah kembali tidur malah ngompol karena waktu ngompol gak tentu.. apakah saya terkena gangguan tidur ya pak? Mohon bantuannya pak, kadang saya sampai stress dan membenci diri saya sendiri kalau sedang sering ngompol :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besar kemungkinan penyebab ngompol Anda karena gangguan tidur. Tapi tidak perlu khawatir. Ngompol yang disebabkan gangguan tidur itu lebih mudah di atasi.

      Coba lakukan hal-hal berikut ini sebelum tidur.

      1. Stretching (peregangan otot) selama 5 menit. Jika perlu dilanjutkan senam 5 menit.
      2. Menghadap cermin sambil berkata, "Malam ini saya tidak akan ngompol". Ucapkan berulang-ulang sambil dihayati.
      3. Berdoa intensif, jika perlu ditambah bacaan-bacaan lain agar Anda terhindar dari gangguan tidur.

      Ada baiknya jika mulai sekarang Anda rutin terapi senam Kegel dan mengonsumsi biji labu setiap hari untuk memperkuat otot panggul.

      Delete
  69. Pa dari kecil saya memang sudah sering ngompol, sampai sekarang sata berusia 16 tahun pun masih ngompol..tetapi sekarang sudah jarang pa, sekarang ngompolnya 2/3 bulan sekali, bahkan berbulan bulan pun tidak ngompol. Itu kenapa yah pa? Faktor keturunan atau gimana ? Cara yang mana yang paling manjur untuk di lakukan? Saya malu sekali pa,sudah besar tapi masih ngompol 😢 Sudah tau percintaan tetapi masih ngompol 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang frekuensi ngompolnya sudah berkurang, berarti pertanda baik bahwa kebiasaan ngompol Anda akan segera teratasi. Pertahankan gaya hidup Anda sekarang.

      Mengenai faktor keturunan, bisa Anda runut dari kedua orang tua Anda, saudara-saudara dari kedua orang tua, dan kakek-nenek dari pihak ayah dan ibu. Apakah di antara mereka ada yang mempunyai kebiasaan ngompol saat dewasa. Jika ada, berarti benar karena faktor keturunan.

      Apapun penyebabnya, kebiasaan ngompol dapat diatasi dengan mengubah pola hidup dan pola makan. Di antaranya, biasakan senam Kegel secara rutin setiap hari. Selain itu, jadikan biji labu sebagai camilan favorit Anda.

      Delete
  70. Pak,saya anak berumur 12 tahun,makan kwaci matahari sering tapi tetap mengompol,kalau Bapak dulu ngompol agak jarang,apakah ada saran untuk menyetop kebiasaan ini? saya sudah gaenak kalau mau tidur kadang berfikir"nanti ngompol atau tidak?"mohon sarannya krena slalu kpikiran saat tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwacinya jangan biji bunga matahari, tapi kwaci biji labu. Terus, mengonsumsinya harus rutin dan teratur setiap hari, bukan sekadar 'sering'.

      Ketika menjelang tidur, harus memantapkan diri dengan mengatakan, "Malam ini saya tidak akan ngompol'. Katakan berulang-ulang sampai timbul rasa percaya diri.

      Delete
  71. Halo pak, saya mau tanya pak klo frekuensi mengompolnya kadang sebulan sekali atau 2x apakah itu disebut gangguan medis atau hanya pengaruh cuaca dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngompol sebulan sekali atau dua kali tapi rutin setiap bulan termasuk gangguan medis. Kalau faktor cuaca hanya terjadi pada bulan-bulan tertentu saja.

      Delete
  72. Halo pak, saya mau tanya
    Saya berusia 21 tahun saya sudah mau menikah tapi saya masih mempunyai kebiasaaan mengompol dimalam hari dan saya sering merasakan suhu badan saya panas, obat apa yang baik untuk saya konsumsi pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga Azizah

      Mohon maaf, saya tidak bisa merekomendasikan obat ngompol. Silakan berkonsultasi langsung dengan dokter bagian urologi. Tidak perlu malu, setiap hari yang ditangani dokter urologi memang ngompol kok.

      Saran saya, sebaiknya lakukan tips-tips pada artikel di atas sebelum ke dokter. Lakukan secara rutin setiap hari, terutama senam Kegel. Jika setelah 2 bulan tidak membuahkan hasil, silakan berkonsultasi ke dokter.

      Delete
  73. Halo pak, umur saya 18tahun.
    Saya punya kebiasaan mengompol dimalam hari jikalau saya kebanyakan minum pada malam itu dan apalagi kalau saya lagi kedinginan. Bagaimana cara mengatasinya pak? Karena sangat memalukan sekali kalau sudah besar masih mengompol. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, Rina.

      Kalau kebiasaan ngompol tersebut hanya karena kebanyakan minum pada malam hari, tinggal dikurangi saja minumnya. Caranya, hindari minuman yang manis dan bersoda. Kemudian ganti dengan air putih. Satu gelas air putih jangan diminum sekaligus. Minumlah sedikit demi sedikit hanya ketika terasa haus.

      Sedangkan jika kebiasaan ngompol tersebut karena faktor cuaca, sebaiknya dibiasakan olahraga di pagi hari (senam, jogging stretching), cukup 15 menit setiap hari. Tujuannya agar sirkulasi cairan tubuh berjalan normal dan optimal.

      Delete
  74. Halo pak, saya ingin bertanya kalau melakukan senam kegel emang harus yah di pagi hari? Kalo senamnya malam sebelum tidur itu bisa gak ya? Terus sebaiknya sampai berapa menit untuk senamnya. Tadi malam saya udah coba dan cuma kuat sampe 30detik ya mentok-mentok nya 1menit lah. Itu bagaimana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Fina,

      Senam Kegel itu bisa dilakukan kapan saja. Pilihlah waktu sekiranya Anda bisa melakukannya rutin setiap hari.

      Idealnya senam Kegel itu 5 menit. Tetapi jika mentoknya 1 menit, ya lakukan saja. Yang penting rutin dilakukan setiap hari.

      Delete
  75. Pagi pak, saya wanita berusia 25tahun. Semalam saya baru banget ngompol, tapi sebelum tiduer saya sakit perut dan tidur pukul 2 pagi karena insomnia. Saya sering insomnia ngompol terahir itu 11 november (saya catat supaya tau rentang waktunya). Saay kecil samai usia 8tahun saya sudah tidak pernah mengompol pak. Saat sudah 8tahun menjelang punya adik saya kembali lagi mengompol. Frekuensinya tidak menentu, kadang seminggu sekali kadang sebulan sekali, kadang 2-3 bulan. Tidak jelas. Penyebabnyapun variatif, kadang kalau siangnya capek malamnya saya ngompol, atau insomnia atau bahkan tanpa penyebab sama sekali. Saya kalau malam sering insomnia sejak smp (sejak bapak saya meninggal) tidur selalu mendekati jam 12. Tapi siangnya super ngantuk sekali. Dan saya kalau tidur seperti orang mati, susah sekali bangun meskipun saya tau orang-orang sudah membangunkan berteriak2. Tapi saya seperti tidak berdaya. Saya sudah coba akupunktur selama 1 bulan setengah, menghindari melon dan semangka, tidak minum sebelum jam 6, tapi apakah selamanya harus tidak minum sebelum jam6? Apakah selamanya harus stretching sebelum tidur? Lalu kalau saya lupa, ngompol itu akan kambuh? Saya merasa ini semacam hukuman atau kutukan tapi kenapa harus saya, bagaimana kalau sudah menikah nanti. Saya sudah berobat ke dokter umum, katanya saya urgensi infeksi saluran kemih. Berobat bberapa kali, rasa malunya lebih besar ketimbang keinginan untuk sembuhnya. Tapi kalau kandung kemih saya bermasalah harusnya saya susah menahan pipis juga di kala sadar bukannya? Pernah berobat ke rs umum, dokternya malah bingung katanya ngompol bukan penyakit, saya dilempar ke dokter bedah, ke dokter kandungan, terahir ke dokter syaraf. Tp sama saja masih suka kumat. Senam kegel, dan berbagai pengobatan yg bisa dilakukan sendiri sudah saya coba sampai ditusuk jarum akupunkturpun. Lalu saya harus bagaimana ya pak? Kalau berobat lagi ke spesialis apa harusnya, apakah saya harus usg? Atau ke dokter syaraf karena saya punya kelainan tidur? Mohon pencerahannya.. Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang Sri,

      Pada sebagian orang, kelelahan dan insomnia memang dapat menyebabkan ngompol. Hal ini karena orang yang kelelahan dan insomnia tidurnya sangat pulas. Kondisi inilah yang menyebabkan kehilangan kontrol terhadap keluarnya air kencing (apalagi kalau tidurnya seperti orang mati).

      Insomnia yang Anda alami sepertinya sudah mendekati hipersomnia (sulit tidur di malam hari dan ngantuk berat di siang hari). Oleh karena itu, insomnia inilah yang harus Anda atasi terlebih dahulu.

      Melon dan semangka memang kandungan airnya tinggi. Tidak masalah jika Anda mengonsumsinya asalkan minum dikurangi. Idealnya 1 hari 2 liter (8 gelas), tetapi jika Anda mengonsumsi melon dan semangka maka jatah minum tersebut harus dikurangi.

      Minum saat bangun tidur sangat dianjurkan (tentunya setelah berkumur), tidak harus menunggu setelah pukul 6. Minumlah segelas air putih hangat.

      Tidak ada salahnya jika Anda harus stretching menjelang tidur. Stretching berfungsi untuk melancarkan sirkulasi cairan tubuh agar bekerja normal dan optimal. Jika Anda sudah terbiasa, stretching bukanlah beban, bahkan Anda akan refleks melakukannya dan tidak akan pernah melupakan.

      Jangan pernah beranggapan kebiasaan ngompol Anda adalah kutukan atau hukuman. Tetaplah bersemangat bahwa masalah ini akan segera teratasi sebelum menikah.

      Jika kebiasaan ngompol Anda ingin ditangani secara medis, konsultasikan ke dokter spesialis urologi. Sayangnya dokter spesialis ini hanya ada di rumah sakit besar. Tetapi jika Anda punya semangat, ke mana pun akan tetap Anda datangi.

      Delete
  76. Mau tanya nih pak itu biji labunya di apain yah ? Maksud saya di rebus/goreng?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup direbus atau ketika membuat kolak labu (waluh) sebaiknya bijinya disertakan.

      Kalau ingin lebih praktis, beli saja kwaci biji labu.

      Delete
  77. Pak saya umur 17,,, barusan saya ngompol pak. Tapi saya mimpi kalau saya udah pipis di kamar mandi,, tiba2 pas bangun kasur saya basah pak..saya kaget 😂. Sebelum2nya saya gak pernah ngompol pas remaja. Tapi setiap mau bung air kecil, susah bangett mau ditahan...klo saya g bisa nahan sebelum sampai ke kamarmandi saya mesti ngompol pak.
    Gimana pak solusinya???
    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sebelumnya gak pernah ngompol, mungkin karena faktor cuaca. Sekarang cuacanya lagi dingin sehingga sisa cairan tubuh yang mestinya di keluarkan lewat keringat, terkumpul menjadi urine.

      Di sisi lain, Anda susah menahan keluarnya air kencing. Artinya, daya kontrol keluarnya air kencing agak terganggu. Untuk itu, ada baiknya jika Anda coba tips-tips pada artikel di atas, terutama konsumsi biji labu dan senam Kegel.

      Delete
    2. Pa ponakan saya wanita berumur 30 yg..dia masih ngompol gmn ngatasinnya dok

      Delete
    3. Secara umum bisa diatasi dengan terapi senam kegel. Jika dua bulan belum teratasi silakan konsultasi ke dokter spesialis urologi

      Delete
  78. Replies
    1. Kenapa saya kalo tidur siang maupun malam pasti ngompoll pakk. Padahal saya umur 18th

      Delete
    2. Mungkin faktor genetik, bawaan penyakit, atau karena otot panggul yang lemah. Otot panggul yang lemah menyebabkan daya kontrol keluarnya air kencing menjadi tak terkendali.

      Delete
  79. Pak saya ingin konsultasi, tapi tidak ingin diketahui publik,,gimana yah?

    ReplyDelete
  80. Saya sudah 23th tapi masih sering ngompol bahkan hampir setiap hari, saya tidak tahu dari segi mana penyebannya. Beberapa bulan yang lalu sempat berhenti beberapa hari tapi kumat lagi, dan beberapa hari kemarin juga sempat berhenti lagi tapi kumat lagi sampai sekarang, saya tidak mengerti apa yang sudah saya lakukan sehingga ngompolnya berhenti selama beberapa hari itu, andai bisa saya ketahui mungkin bisa saya praktekan setiap hari agar ngompolnya berhenti terus menerus. Kira2 dari penyebab diatas, apa penyebab yang alami ini ya? Dan apakah harus ditangani secara medis karena ngompolnya sudah benar2 sering terjadi hingga diusia ini?

    Hal ini sering membuat saya stress karna komentar keluarga saya ketika mereka tahu keadaan saya setiap malam, mereka pikir saya malas ke kamar mandi, padahal saya benar2 pipis dalam keadaan tidak sadar. Saya juga merasa kalau saya punya gangguan tidur seperti deep sleep, alarmpun saya tidak dengar, suara panggilan ketika saya bangunkan juga tidak bisa dengar sama sekali.

    Untuk selanjutnya mungkin saya mau mencoba dulu tips2 diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena sudah menjadi kebiasaan, lebih baik ditangani secara medis. Namun sebelumnya, boleh dicoba tips-tips di atas selama 2 bulan. Insya Allah ada penurunan frekuensi ngompolnya.

      Jika ada penurunan, silakan dilanjut sampai benar-benar sembuh. Tetapi jika tidak ada penurunan ngompol sama sekali, sebaiknya langsung ke dokter, diawali dengan konsultasi saja dulu.

      Gangguan tidur juga harus segera diatasi. Misal dengan melakukan stretching (peregangan) sekitar 5 menit sebelum tidur, berdoa penuh harapan, serta berkeyakinan tinggi bahwa kamu akan terjaga bila hendak pipis

      Delete
  81. mau tanya, aku punya adek umurnya 12 taun dia sering banget nahan pipis jadinya kalo malem suka ngompol, gimana ya cara atasin nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan nahan pipis dulu yang harus segera diatasi. Jika dibiarkan, kemampuan nahan pipisnya akan melemah dan akhirnya tidak mempunyai kontrol untuk menahan pipis lagi.

      Delete
  82. Saya usia 21 masih ngompol tapi ngompolnya jarang-jarang dan tidak ada pengaruh jika minum banyak atau sedikit, mau tidur juga kencing dahulu tapi tetep aja ngompol ada riwayat keluarga dari bibi saya yang ngompol juga.bagaimana cara mengatasinya klo faktornya dari keturunan, apakah sama dgn melakukan senam kegel atau makan biji labu? Untuk biji labu bisa diganti kuaci yang dari biji matahari(kuaci yang dijual dipasaran)? Apa khusus dari labu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal bukan bawaan suatu penyakit, kebiasaan ngompol bisa diatasi dengan senam kegel dan mengonsumsi biji labu, termasuk ngompol yang disebabkan faktor keturunan. Cobalah lakukan secara rutin dan teratur selama 2 bulan. Jika ada hasilnya, lanjutkan sampai sembuh.

      Mengenai biji labu (waluh kuning), jangan diganti dengan biji bunga matahari. Khasiatnya itu pada biji labunya, bukan kwacinya. Biji labu yang dikonsumsi tidak harus dalam bentuk kwaci, boleh hanya dimasak biasa.

      Delete
  83. Maaf dok mau konsul ya.
    Dulu waktu Smp hingga Sma durasi sy ngompol tiap bulan kira2 bisa 3 4 kali. Kadang 2hari sekali kadang seminggu sekali. Lalu berangsur menjadi 1 bulan sekali 2 bulan sekali 3 bulan sekali. Setelah itu kuliah menjadi 6 bulan sekali. Saat ini sy usia 24 th. Sy kira tdak akan ngompol lg krna hampir 8 bulan berlalu sudah tidak pernah ngompol. Tapi ternyata belum sembuh dan saya masih ngompol. Yg trjadi adlah sy bermimpi ingin buang air kecil. Gmna saran nya ya dok? Ap sy hrus langsung cari penanganan medis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Frekuensi ngompol Anda semakin membaik seiring berjalannya waktu. Itu berarti pola makan dan pola hidup Anda sangat mendukung kesembuhan kebiasaan ngompol. Jika diiringi senam Kegel, insya Allah akan lebih cepat lagi.

      Ketika ngompol itu terulang lagi, coba diingat-ingat apa saja yang Anda makan selama seminggu ini, kegiatan apa saja yang Anda lakukan. Kondisi psikis juga harus diperhitungkan.

      Delete
  84. Pak bagai mana dengan saya, umur saya sudah mernajak 25. Tpi hal yersebut masih terjadi dalam sebilan sekitar 4 sampai 5 kali . Bahkan lebih. . Tolong bisa jelaskan apa yg terjadi pak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diketahui penyebabnya dulu. Sebaiknya konsultasikan ke dokter, nanti Anda mendapat arahan dan penanganan apa saja yang harus dilakukan.

      Tidak ada salahnya juga jika Anda mau mencoba tips-tips pada artikel di atas. Lakukan secara rutin dan teratur sambil mengamati perkembangannya.

      Delete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.