Friday, 24 June 2016

Cara Cepat Memutihkan Gigi dengan Norit

Cara Cepat Memutihkan Gigi dengan Norit, arang, karbon aktif

Banyak cara dilakukan orang untuk memutihkan gigi yang terlanjur menguning. Ada yang menggunakan bahan kimia pemutih gigi seperti baking soda. Ada pula yang mempertahankan resep leluhur seperti kulit jeruk, kulit pisang, daun kemangi, buah apel, buah strawberry, dan lain-lain. Di antara cara memutihkan gigi yang jarang diketahui orang adalah memutihkan gigi dengan norit.

Apa itu Norit?




Sebenarnya norit adalah nama merk untuk karbon aktif. Mungkin karena satu-satunya merk atau merk pertama yang dikenal masyarakat, norit sangat identik dengan karbon aktif. Seperti halnya dengan aqua (merk air mineral), odol (merk pasta gigi), dan dop (merk bola lampu).

Di masyarakat, norit dikenal sebagai obat sakit perut dan pencernaan. Bentuknya berupa tablet berwarna hitam yang dikemas dalam botol berisi 40 tablet. Harganya cukup murah, sekitar Rp15.000,00 yang bisa diperoleh di apotek dan toko obat.

Norit atau karbon aktif lainnya dibuat dari kayu, batu bara, kulit kacang, tempurung kelapa, serbuk gergaji yang diaktifkan dengan cara dialiri uap pada temperatur tinggi. Hasilnya berupa arang yang berwarna hitam tetapi tidak berasa dan tidak berbau.

Tablet norit, karbon aktif, activated carbon, arang yang diaktifkan

Pengaktifan arang ini menyebabkan karbon tersebut mempunyai pori-pori yang jauh lebih besar dan ukuran yang lebih beragam. Kondisi yang demikian ini membuat norit mempunyai daya serap atau adsorbsi yang luar biasa. Jika diminum oleh penderita diare, norit mampu menyerap racun dan bakteri dalam saluran pencernaan.

Mekanisme Kerja Norit dalam Memutihkan Gigi




Sulit dipercaya norit dapat memutihkan gigi. Mungkinkah memutihkan gigi dengan arang? Mungkinkah gigi menjadi putih jika dirawat dengan bahan berwarna hitam?

Norit yang mempunyai daya serap yang luar biasa tersebut ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyerap berbagai zat yang merugikan di sekitar gigi kita. Plak gigi, noda gigi, bakteri, dan kuman dapat diserap dengan sempurna oleh norit. Sehingga gigi tampak lebih putih bersih dan bercahaya.

Simak juga, Cara yang Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda.

Cara Memutihkan Gigi dengan Norit

Cara memutihkan gigi dengan norit ini sebenarnya bukan hal baru. Cara ini sudah sejak lama dilakukan leluhur kita. Mereka biasanya memutihkan gigi dengan arang tempurung kelapa. Mula-mula tempurung kelapa mereka bakar hingga menjadi arang. Kemudian arang tersebut mereka tumbuk hingga halus dan dioleskan pada gigi.

Namun cara tersebut kurang efektif diterapkan di zaman sekarang. Sebagai gantinya, kita gunakan norit yang notabene adalah arang atau karbon yang diaktifkan. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Sediakan 3 tablet norit, sebuah piring, dan sebuah sendok.
  • Letakkan 3 tablet norit pada sebuah piring kemudian haluskan dengan sendok hingga membentuk bubuk.
  • Sebelum menggunakan norit, gosoklah gigi terlebih dahulu dengan pasta gigi.
  • Setelah gosok gigi, oleskan bubuk norit tersebut ke seluruh permukaan gigi dengan menggunakan jari tangan atau sikat gigi, tidak perlu digosok-gosokkan terlalu kuat, cukup dioleskan saja (jika menggunakan sikat gigi hendaknya menggunakan sikat gigi yang berbeda antara sikat gigi untuk mengoleskan norit dan sikat gigi untuk menggosok gigi).
  • Setelah seluruh permukaan gigi terolesi bubuk norit, biarkan norit bekerja hingga 5 menit.
  • Terakhir, bersihkan mulut dan gigi dengan berkumur dan bersikat gigi lagi sampai benar-benar bersih.
Nah, mudah bukan? Jika dilakukan dengan benar, sekali pakai saja sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Gigi akan lebih putih dari sebelumnya. Silakan mencoba!

Simak juga, Putihkan Gigi dengan Resep Leluhur.

Demikian, informasi tentang cara memutihkan gigi dengan norit. Semoga bermanfaat.



14 comments:

  1. Kalau ada gigi yang berlubang, apakah aman? haruskah saya menghindari norit tsb mengenai gigi yang berlubang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun norit termasuk basa tetapi masih dalam kategori aman untuk gigi yang berlubang. Tetapi agak sedikit ribet saat membersihkannya.

      Sebaiknya lubang gigi ditutup saja dengan kapas sebelum mengoleskan norit. Soalnya benda apapun yang bersarang terlalu lama pada lubang gigi akan berdampak.

      Delete
  2. Terima kasih telah berbagi ilmu, semoga Allah membalas kebaikan anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Terima kasih juga, semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Lebih baik memakai norit atau bakingsoda?? Dan lebih efektif yg mana diantara mereka berdua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda bersifat mengikis kotoran gigi sedang norit bersifat menyerap kotoran gigi. Jadi:

      1. untuk membersihkan karang gigi lebih efektif dengan baking soda.

      2. untuk mengatasi gigi yang menguning lebih aman dengan norit.

      Delete
  4. Bagaimana cara pemakaiannya? Berapa kali sekali sebaiknya digunakan? Apakah dapat digunakan dalam jangka panjang? Apakah sampe gigi menjadi putih lalu stop pemakaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cara pemakaiannya sudah disebutkan dalam artikel. Jangan lupa, diamkan sekitar 5 menit sebelum dibilas.

      2. Anda bisa memutihkan gigi dengan norit 2 hari sekali.

      3. Bisa, asalkan digunakan saat diperlukan saja. Tidak perlu digunakan secara rutin dan terus-menerus.

      4. Kalau gigi sudah putih buat apa pakai norit. Stop dulu. Kalau menguning lagi, gunakan lagi. Tetapi lebih dicegah jangan sampai menguning lagi.

      Delete
  5. Apakah norit cocok untuk semua jenis gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gigi yang tidak terlalu sensitif masih bisa menggunakan norit. Sedangkan untuk gigi yang sensitif atau hipersensitif, sebaiknya diuji coba dulu, jika terasa nyeri atau ngilu, berarti tidak cocok.

      Delete
  6. Setelah menggunakan norit apa perlu untuk sikat gigi dengan pasta gigi lagi? Atau tanpa pasta gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup dengan berkumur dan sikat gigi tanpa pasta gigi sebersih mungkin. Tetapi jika Anda merasa masih ada sisa norit di celah-celah gigi, tidak ada salahnya jika menyikat gigi dengan pasta gigi.

      Delete
  7. Ada efek sampingnya nggak kalau pakai terlalu sering? Kalau boleh tau berapa kali seminggu baiknya d gunakan?
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan 2 hari sekali saja sampai gigi menjadi putih (biasanya 3 kali pemakaian sudah putih). Tidak perlu digunakan secara terus-menerus.

      Karena sifatnya yang sangat cepat dalam memutihkan gigi, tentu akan berdampak jika digunakan secara terus-menerus.

      Delete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.