Sunday, 3 January 2016

Hati-hati Menggunakan Baking Soda untuk Kulit Wajah

Hati-hati Menggunakan Baking Soda untuk Kulit Wajah, kulit putih mulus cantik ayu merona

Baking soda memang efektif untuk membersihkan, memutihkan, dan mencerahkan kulit wajah. Hanya dalam waktu yang singkat, kulit menjadi bersih dan putih. Bahkan baking soda juga mampu mengatasi jerawat pada wajah.

Selain harganya murah dan mudah diperoleh, baking soda juga menjanjikan hasil yang super cepat. Cara yang instan inilah yang banyak dicari orang. Padahal, jika kita menyadari, segala sesuatu yang instan biasanya ada risiko yang harus kita tanggung di kemudian hari.

Simak juga, Psoriasis: Penyakit Kulit yang Diderita oleh Aktris Kondang Kim Kardashian.

Penggunaan Baking Soda untuk Kulit Wajah




Jika diterapkan dengan benar, baking soda ampuh membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada pori-pori sehingga kulit tampak bersih dan cerah. Baking soda juga bersifat exfoliation agent atau agen pengelupasan kulit. Kulit mati dan bekas jerawat akan terangkat berkat keampuhan baking soda.

Mencerahkan Wajah

Untuk membersihkan kulit wajah agar tampak putih dan cerah, bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
  • Ambil 1 sendok makan baking soda.
  • Campurkan dengan 3 sendok makan air bersih.
  • Aduk hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta tersebut secara merata pada kulit wajah.
  • Biarkan selama 15 menit sampai pasta mengering.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Keringkan dengan handuk yang halus.
Lakukan perawatan ini 2 - 4 minggu sekali sebelum tidur. Jangan lakukan perawatan ini lebih dari 3 kali.

Simak juga, Memutihkan dan Mencerahkan Wajah dengan Air Cucian Beras.

Mengatasi Jerawat

Baking soda juga mampu mengatasi jerawat sampai tuntas ke akar-akarnya. Bekas jerawat yang kehitam-hitaman juga ikut terangkat.

Caranya cukup mudah. Buatlah pasta baking soda seperti langkah di atas. Oleskan pasta tersebut pada jerawat ketika hendak tidur. Biarkan pasta tersebut bekerja semalaman. Pada pagi harinya, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus.

Simak juga, 6 Buah ini Membuat Kulit Mulus Putih Merona.

Hati-hati sebelum Menggunakan Baking Soda




Baking soda memang telah terbukti dan teruji mampu mencerahkan kulit dan mengangkat jerawat. Tetapi kita harus tetap waspada. Kenyataannya tidak semua kulit cocok dengan baking soda.

Untuk jenis kulit tertentu, baking soda justru membuat kulit jadi rusak. Kerusakan kulit yang diakibatkannya kadang-kadang meninggalkan bekas yang permanen.

Oleh karena itu, lakukan uji coba berikut ini.
  • Buatlah pasta baking soda seperlunya saja.
  • Oleskan pasta tersebut pada tengkuk.
  • Biarkan selama beberapa menit.
Bila terasa panas, segera bersihkan pasta tersebut dari tengkuk Anda. Berarti baking soda tidak cocok untuk kulit Anda. Bila tidak ada keluhan, Anda bisa meneruskan penggunaan baking soda tersebut untuk kulit wajah Anda.

Simak juga, Cara yang Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda.

Efek Samping Baking Soda

Penggunaan baking soda secara berlebihan, baik ukuran maupun frekuensi penggunaan, akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Mengharapkan kulit putih mulus justru mendapatkan kulit kusam dan bercak-bercak kehitaman. Oleh karena itu, pertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menggunakan baking soda sebagai pencerah kulit.

Baking Soda Bukan Bahan Alami


Baking soda bukan bahan alami tetapi senyawa garam yang bersifat basa (alkaloid), korosif, dan abrasif. Natrium bikarbonat, sodium bikarbonat

Baking soda adalah bahan kimia sintetis dengan nama kimia natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Rumus kimianya adalah NaHCO3. Baking soda dibuat dari natrium karbonat (soda cuci atau soda abu) yang dilarutkan dalam air dan direaksikan dengan karbondioksida sesuai persamaan.
Na2CO3 + CO2 + H2O → 2 NaHCO3
Baking soda juga umum dibuat melalui proses Solvay dengan mereaksikan natrium klorida, amonia, dan karbondioksida yang dilarutkan dalam air.

Baking soda termasuk kelompok garam yang bersifat alkaloid (basa), korosif, dan abrasif. Sifat ini tidak cocok untuk kulit yang sensitif. Jika dipaksakan, kulit akan mengalami iritasi, memerah, membengkak, dan timbul rasa nyeri.

Simak juga Penggunaan Baking Soda untuk Memutihkan Gigi Berbahaya bagi Kesehatan.

Merusak Lapisan Kulit

Salah satu sifat baking soda adalah sebagai exfoliation agent atau agen pengelupasan kulit. Sifat ini sangat menguntungkan karena dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati sehingga kulit akan tampak bersih dan cerah. Tetapi jika penggunaannya berlebihan maka lapisan epidermis atau kulit ari yang tipis itu akan semakin tipis atau bahkan ikut terkelupas.

Padahal lapisan epidermis ini berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang membawa serta sinar ultraviolet. Kulit ari juga berfungsi melindungi kotoran dan debu agar tidak masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Kulit Menjadi Kering

Kulit yang berminyak memang cocok diatasi dengan baking soda. Sifat basa atau alkaloid pada baking soda ampuh mengatasi produksi minyak atau sebum yang berlebih. Tetapi jika penggunaannya terlalu sering, produksi minyak bisa menurun drastis. Akibatnya kulit menjadi kering.

Kulit yang kelembabannya kurang ini akan terlihat kusam. Tampak putih tetapi tidak bersinar. Kulit yang seperti ini tidak kenyal dan cepat kendur. Konsekuensinya jelas, cepat keriput dan terkesan lebih tua dari umurnya.

Simak juga, 6 Sayur ini Bisa Bikin Kulit Mulus Putih Merona.

Demikian informasi tentang Manfaat dan dampak negatif penggunaan baking soda untuk memutihkan kulit. Semoga bermanfaat.



341 comments:

  1. Tuk mengatasi jerawat pemakaian nya brapa minggu sekali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika penggunaan baking soda tersebut hanya mengenai bagian kulit yang berjerawat (tidak mengenai bagian kulit yang lain) maka penggunaannya bisa dilakukan 1 minggu sekali. Insya Allah 4 - 6 kali pemakaian sudah sembuh.

      Delete
    2. Apakah baking powder bisa digunakan untuk mengatasi atau menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit?

      Delete
    3. 1. Baking powder juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit.

      2. Sifat basa baking soda lebih kuat daripada baking powder sehingga baking soda sedikit lebih efektif daripada baking powder.

      Delete
  2. Replies
    1. Tengkuk itu leher bagian belakang atau disebut juga kuduk (ingat: bulu kuduk)

      Delete
  3. Klo buat memutihkan kukit wajh dan hilangin bks jetawat yg hitm brpbrp kali semnggu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memutihkan kulit wajah dan bekas jerawat gunakan baking soda 2 - 4 minggu sekali tetapi boleh lebih dari 3 kali pemakaian.

      Delete
    2. 2-4 minggu sekali... Maksudnya dalam 2-4 minggu hanya boleh 1 kali pemakaian ya?

      Delete
    3. Ya, betul. Misalkan Anda menggunakan tiap 4 minggu atau sebulan sekali, maka Anda hanya boleh menggunakan selama 3 bulan (3 kali pemakaian)

      Delete
    4. Kalau lebih dari 3 kali. Apa efek sampingnya. Dan kalau mislkn kita mau pakai lagi baking soda harus jeda brapa lama dri sesudah 3 kali pemakaian.

      Delete
    5. Lebih dari 3 kali pemakaian, kulit ari ikut terkelupas. Akibatnya kulit kurang terlindungi dari sinar ultraviolet, debu, dan kotoran. Yang kedua kulit menjadi kering akibat dari sifat alkaloid baking soda.

      Jika 3 pemakaian hasilnya kurang memuaskan, Anda harus bersabar menunggu 6 bulan lagi untuk mengulang.

      Delete
  4. Waktu saya pakai di area jerawat pd wajah kulit saya terasa panas, apakah ini menandakan kalo kulit saya tidak cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika baking soda tersebut hanya dioleskan pada area jerawat saja, memang menimbulkan efek panas. Hal wajar dan berlaku untuk semua jenis kulit.

      Tetapi jika baking soda dioleskan pada wajah secara merata dan terasa panas maka jenis kulit Anda tidak cocok dengan baking soda.

      Delete
  5. baking soda tu soda kue ya??

    dimana kita bisa beli??

    katanya dipake minggu pertama setiap hari, lalu minggu berikutnya cuma 2-3 kali, betul itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, baking soda itu soda kue yang biasanya dipakai ibu-ibu sebagai pengembang kue.

      Baking soda bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket.

      Pemakaian yang aman 2 - 4 minggu sekali (dalam 2 - 4 minggu hanya sekali pemakaian). Jika terlalu sering kulit ari ikut terkelupas dan produksi sebum (minyak kulit) akan menurun.

      Delete
    2. Sama-sama. Semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Saya ingin coba .tapi Klo saya lagi pakai cream dokter bagaimana ?
    apa boleh di seling untuk Pemakaian nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik diteruskan pemakaian cream dari dokter. Karena di dalam cream tersebut sudah terkandung baking soda atau bahan kimia pemutih lainnya dalam ukuran yang aman.

      Delete
  7. Baaking soda n baking pawder itu beda g sih... banyak baking pawder . Klau baking soda kaya nya susah.

    ReplyDelete
  8. Mau tanya baking soda n baking pawder sama g ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda itu natrium bikarbonat murni sedangkan baking powder itu natrium bikarbonat yang sudah dicampur asam dan pengemulsi. Keduanya biasa dipakai sebagai pengembang kue dengan keunggulan tertentu.

      Baking soda maupun baking powder bisa diperoleh di pasar atau toko yang menjual bahan-bahan kue.

      Delete
  9. Baking powder bisa buat mask juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tepatnya untuk membuat kue/roti. Dalam hal ini, baking soda bertindak sebagai pengembang. Reaksi antara baking soda dengan susu, mentega, coklat yang ada pada adonan kue akan menghasilkan gelembung-gelembung. Gelembung inilah yang menyebabkan kue/roti tampang mengembang.

      Delete
  10. Kira kira ada merek merek tertentu nggak untuk pemakaian baking soda untuk jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda itu kan natrium bikarbonat murni (NaHCO3). Jadi, merk apa saja khasiatnya sama. Beda dengan baking powder yang merupakan campuran baking soda dengan asam tertentu. Setiap merk tentu mempunyai komposisi dan jenis campuran yang sedikit berbeda.

      Delete
  11. Buat ngilangin bekas jerawat makainya kaya buat mencerahkan atau untuk jerawat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk mengatasi jerawat, penggunaan baking sodanya hanya difokuskan pada daerah jerawat saja dan dibiarkan semalaman. Sedangkan untuk mencerahkan wajah, baking soda dioleskan sekujur wajah dan didiamkan selam 15 menit.

      Delete
    2. Ka. Aku kan pakai masker baking sodanya. Boleh gk abis maskeran trus pakai crem malam?

      Delete
    3. Boleh, tapi harus diberi jarak minimal 24 jam.

      Delete
  12. Dimana kita bisa membelinya... N berapa kira2 harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda biasanya dijual di toko bahan kue. Harga kemasan kecil (50 gr) sekitar 5 ribu rupiah.

      Delete
  13. Cara pemakaian baking soda pada tangan & kaki gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terapkan saja sebagaimana cara mencerahkan wajah. Pemakaian baking soda pada tangan dan kaki lebih aman karena tidak begitu sensitif dibandingkan kulit wajah.

      Delete
  14. Katanya baking soda bagus juga kalo diminum.. btw merek yg bagus apaan yah? Dipasaran yg beredan cuman yg koepoe koepoe bingung deh baking sodax masih asli ato udah ditamba zat2 yg lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Iya, betul. Biasanya orang minum larutan baking soda untuk mengatasi sakit pencernaan. Baking soda kan bersifat basa sehingga dapat menurunkan keasaman lambung.

      2. Selama baking soda tersebut masih bermerek, bisa dikategorikan kualitas baik. Banyak kok baking soda curah yang dijual di pasaran.

      Delete
  15. Kalo untuk menghilangkan jerawat sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat cara pemakaiannya gmn? Apakah ikut dibiarkan semalaman? Atau sama seperti cara mencerahkan wajah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dilakukan sekaligus. Menghilangkan jerawat lakukan secara tersendiri, menghilangkan bekas jerawat lakukan secara tersendiri sebagaimana mencerahkan wajah.

      Timbul jerawat berarti kulit kita sedang diserang penyakit, kita lawan dengan baking soda semalaman. Sedangkan bekas jerawat adalah sel mati yang belum terangkat dari kulit kita.

      Delete
  16. Ada jg yg meracik/mncampur dgn bodylotion u memutuhkan kulit dan diapplikasikan setiap harinya,apa ini berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak berbahaya mencampur baking soda dengan bodylotion, yang berbahaya itu menggunakan campuran tersebut setiap hari.

      Cara di atas memang efektif. Kulit akan menjadi putih dalam waktu singkat. Tapi tahukah Anda kenapa menjadi putih? Itu karena kulit arinya terkelupas. Sehingga bila terkena paparan sinar matahari akan memerah.

      Delete
  17. mlm pak..mau tnya apakah bisa baking soda dipakai untuk menghilangkan bekas jerawat dipunggung..krn bekas nya itu meninggalkan flek hitam..jika bisa bgaimana caranya pak..trmksh sblomnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Oleskan pasta baking soda pada area bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

      Delete
  18. Banking soda bisa di buat scrub tidak dan bisa di pakai berapa hari dalam seminggu dan itu ampuh tidak untuk memutihkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda bisa dibuat scrub wajah maupun bagian tubuh yang lain. Caranya seperti mencerahkan wajah pada artikel di atas.

      Pemakaian untuk wajah 2 - 4 minggu sekali sedangkan pemakaian untuk bagian tubuh yang lain (kaki, tangan) bisa 1 minggu sekali. Tetapi tidak boleh lebih dari 3 kali pemakaian.

      Mengenai ampuh dan tidaknya, tergantung kondisi kulit Anda.

      Delete
  19. Klau untuk mutihin badan bisa gak pak ? Klau bisa apa perlu campuran bhn lain seperti menambahkan madu atau lemon ? atau cmn pke baking soda aja ?
    trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda bisa mencerahkan seluruh permukaan kulit tubuh, termasuk badan. Penerapannya bisa dicampur madu atau lemon karena keduanya juga bersifat mencerahkan kulit, atau cukup dicampur air saja seperti pada artikel di atas.

      Delete
  20. selamat sore pak
    saya mau coba,bisa menghilangkan bekas jerawatkah?? tetapi saya lagi memakai cream HN yg dijual online itu, berbahaya nggak??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore Riska,

      Sebaiknya jangan diterapkan dalam waktu yang sama. Terapkan salah satu saja. Khawatirnya ada senyawa yang melemahkan atau memperkuat kerja baking soda.

      Kalau ada senyawa melemahkan tidak masalah, paling-paling baking soda tidak bekerja secara efektif. Tetapi kalau ada senyawa yang memperkuat, akan menimbulkan dampak buruk bagi kulit.

      Delete
  21. Selamat siang pak akhmad jazuli apakah baking soda ini dapat menghilangkan bekas luka lama dikaki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, Kuswatun.

      Bekas luka yang sampai mengubah struktur kulit (misal kulit menjadi halus tak berpori) tidak bisa diatasi dengan baking soda, apalagi bekas luka tersebut sudah lama. Mungkin hanya bisa menyamarkan.

      Tetapi kalau bekas luka tersebut merupakan tumpukan sel-sel mati (bercak hitam/coklat), secara perlahan-lahan bisa diatasi dengan baking soda. Dalam hal ini baking soda berperan mengganti sel mati tersebut dan sel yang baru.

      Delete
  22. Selamat tengahari..boleh sya btnya kalo untuk bekas jerawat lubang2 pada muka dn jerawat batu boleh gunakan baking soda untuk merawat kulit muka sya..mcm2 produk digunakan malah tiada perubahan..sekarang ini sy hanya gunakan bedak sejuk tiap2 malam adakah ia berkesan..mohon bantuan encik terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tengah hari, Encik Bin Ibrahim.

      Dalam mengatasi jerawat, baking soda hanya berperan mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Sel-sel mati tersebut akan terkelupas dan digantikan oleh sel yang baru sehingga kulit menjadi cerah.

      Jadi, untuk bekas jerawat yang berbentuk lubang tidak bisa diatasi dengan baking soda. Sedangkan jerawat batu masih bisa diatasi dengan baking soda.

      Delete
  23. Slam, sya liat blognya aktip dan benar" respon yg baik dri yg membuat, salut mas buat masnya, kebetulan saya menemukan blog ini saat gugeling tntg beking soda utk jerawat krn melihat iklan jualan ad yg menjual beking soda dgn berita "utk menyembuhkan jerawat dan memutihkan kulit". Buat saya penasaran smpai sya cri tau digugel dan menemukan blog ini.. saya ingin bertanya beking soda yg saya temukan di lapak itu bertuliskan "nature Soda" apakah ini beda atau sama saja dgn beking soda utk kue ?

    Dan kulit saya berminyak serta berjerawat, sya heran tdk pernah smbuh selama 10 lebih, sya fikir dlu hnya krn pubertsi ternyata smpai umur 27 th sya msih dan malah terus tumbuh 1 perstu, namun selalu rutin,, bahkan di punggung dan dada saya juga mengalaminya, saya mau menanyakan bagai mana penggunaan utk menghilangkan bekas (flak hitam diwajah dan dipunggung dan dada saya dri bekas jerawat ini ? Semntara dgn saat bersamaan ad juga jerawat yg tumbuh namun dibeberapa tmpat berbeda, saya bingung bagai mana menggunakannya krn utk cra menyembuhkan dan menghilangkan flak bekas jerawat berbeda, lalu bagai mana cara yg harus saya lakukan utk menyembuhkan jerawat diwajah dan di badan saya serta menghilangkan bekasnya? Apa diolehkan pasta keseluruh bekas jerawat dan jerawatnya agar smua merata atau mengoleskannya pda seluruh bekas jerwat pada hari pertama dan memberikannya lagi hnya utk jerawat" yg tumbih di hari kemudian.. mohon masukannya dan terimakasig banyak atas blog dan pengetahuan yg sudah di bagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga buat Mas Doddy, terima kasih atas apresiasinya.

      1. Maksud dari "Nature Soda" adalah baking soda murni (NaHCO3) yang biasa disebut dengan soda kue. Kalau sudah ada campurannya (biasanya dicampur senyawa asam) disebut baking powder.

      2. Baking soda memang dapat mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat jangan dilakukan secara bersamaan.

      Untuk mengatasi jerawat, lakukan pada malam hari menjelang tidur. Oleskan pasta baking soda pada area yang berjerawat saja. Biarkan semalaman, pagi harinya dibasuh.

      Setiap kali tumbuh jerawat, olesi baking soda sampai sembuh.

      Sedangkan untuk mengatasi bekas jerawat, bisa Anda lakukan kapan saja. Oleskan pasta baking soda pada area bekas jerawat. Boleh juga dioleskan ke seluruh kulit wajah/badan sekalian untuk mengatasi kulit berminyak dan mencerahkan kulit. Diamkan hanya 15 menit saja kemudian dibasuh dengan air bersih.

      Delete
    2. Oh jadi itu maksut dari natural soda ya, benar benar murni mas ya..

      Jadi untu menyembuhkan jerawat, cukup pada daerah yang berjerawat saja mas ya ? Dan berarti jika saat semalam kita telah memberikan beking soda pada jerawat dan kemudian ke esokan hari nya atau sehari kemudia ad jerawat mulai timbul lagi dan tidak apa apa ya kita berikan lagi beking soda ?

      Dan untuk menghilangkan bekas jerawat flak hitam dilakukan hanya 1 kali ya dan di olehkan sperti menggunakan lotion ? Jika saya simak antara 2-4 mggu sekli, nah jika saya menggunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dipunggung jika saya gunakan ini setiap 3 minggu sekali saat bekas jerawat masih ad apa tidak masalah ?

      Delete
    3. 1. Ya, natural soda itu baking soda murni.

      2. Betul, cukup di daerah jerawat saja. Setiap kali muncul jerawat baru bisa diolesi pasta baking soda sampai sembuh.

      3. Untuk bekas jerawat, pemakaiannya 2 - 4 minggu sekali. Misal tiap 3 minggu sekali. Anda bisa menggunakan sampai 3 kali pemakaian.

      Jika 3 kali pemakaian bekas jerawat belum hilang, sebaiknya Anda menunggu 6 bulan lagi untuk mengulang, demi kesehatan kulit Anda.

      Delete
    4. Maksudnya misal tiap 3 minggu sekali saya bisa menggunakan 3x pemakain ?

      Apakah artinya dalam 3 minggu atau 1 bulan saya boleh menggunakannya sebanyak 3 kali dalam 1 bulan ? Atau yang di maksf 3x pemakaian batas penggunaan max seperti contohnya sperti dalam 1 bulan 1x dan bulan berukutnya lakukan lagi hingga di bulan ke tiga dan jika selama 3 bulan dalam 3 kali penggunaan bekas atau flak hitam tidak hilang juga, sebaiknya menunggu 6 bulan berikutnya baru saya bisa gunakan beking soda lgi mas ? Dan selama sblum jarak wktu 6 bulan itu tercapai jgn sampai saya menggunakan beking soda krna akan membuat kulit bermasalah ? Apa begitu mas ?

      Maaf sebelumnya jika terlalu banyak tanya mas, saya jadi tidak enk, saya hanya untuk dapat bisa menggunakan beking soda dengan cara yg benar dan tdk salah agar tdk mendapatkan masalah jika tidak sesuai anjuran yg diketahui oleh masnya ☺️ Terima kasih mas atas responnya

      Delete
    5. Pemahaman kedua yang betul. Jadi gini,

      3 kali pemakaian:
      Gunakan baking soda pada bulan ke-1, ke-2, dan ke-3

      Diulang 6 bulan kemudian:
      bulan ke-9, ke-10, dan ke-11

      Delete
  24. Selamat pagi pak
    Mau tanya,penggunaan baking soda untuk bruntusan jerawat aturan pakainnya brapa minggu sekali ya,apa boleh digabungkan dengan krim pengelupasan dari nmw pemakaiannya? Berbahaya ga sih? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, Putri.

      1. Untuk mengatasi jerawat, bisa Anda olesi baking soda seminggu sekali sampai sembuh. Bila kondisinya parah, Anda boleh melakukan seminggu 2 kali.

      2. Sebaiknya baking soda jangan digabungkan dengan krim pengelupasan yang lain. Bila tidak cocok, akan terjadi reaksi penolakan antara baking soda dengan krim lain tersebut.

      Delete
  25. Baking soda apakah aman untuk kulit wajah anak berumur 15 tahun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman, mbak Ratna. Tapi pemakaiannya tipis-tipis saja.

      Delete
  26. Kalo untuk flek hitam diwajah apakah jg bisa menggunakan baking soda ? Kalo bisa aturan pakainya bagaimana dan takaran campurannya brp ? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Gunakan tiap 2 minggu sekali.

      Baking tidak perlu dicampur bahan lain. Cukup tambahkan air kemudian aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada area flek hitam dan diamkan hingga 15 menit.

      Delete
  27. Selamat malam pak, sy mau tanya baking soda bisa utk komedo hitam/putih yg nempel dihidung nd pak? Kalo memg bisa , cara pakenya gmna ya? Terimakasih sebelumnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, Kartika.

      Baking soda bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo.

      Cara:
      1. Buat pasta baking soda seperti pada artikel di atas.
      2. Usapkan pasta tersebut pada area komedo. Usap dengan gerakan memutar sekitar 1 menit.
      3. Diamkan 15 menit.
      4. Bilas dengan air bersih.

      Jangan lupa, sebelum menggunakannya, bersihkan dulu area komedo dengan air hangat supaya pori-porinya terbuka.

      Delete
  28. Met malam pak,,maaf pak saya mau tanya kalo baking power berarti tidak bisa di pakai ya utk menghilangkan jerawat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met malam,

      Baking powder itu baking soda yang ada campurannya. Jadi masih bisa digunakan untuk menghikangkan jerawat.

      Delete
  29. Selamat malam pak akhmad jajuli, saya mau tanya nih, baking soda cap kupu" bisa untuk memutihkan badan dari mulai wajah sampai ujung kaki, jika bisa berapa hari/minggu sekali cara penggunaannya, kulit saya berminyak terima kasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga, Pak Iwan.

      Bisa, Pak. Gunakan 2 - 4 minggu sekali. Setelah 3 kali pemakaian, hentikan selama 6 bulan.

      Misal Pak Iwan menggunakan baking soda tiap 4 minggu (1 bulan), gunakan pada bulan ke-1, ke-2, dan ke-3. Jika belum teratasi gunakan lagi pada bulan ke-9, ke-10, dan ke-11.

      Delete
  30. Selamat malam...
    baking soda sama tak dengan soda bikatbonat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam,

      Sama. Baking soda itu nama kimianya natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat sehingga ada yang menyebut soda bikarbonat.

      Delete
  31. Selamat malam.. Sy sdh mencoba pakai baking soda utk menghilangkan bekas jerawat. Dan alhamdulillah setelah sekali pakai langsung terlihat hasilnya. Dan seminggu kemudian sy pakai lagi. Apakah berbahaya jika sy dlm jangka waktu seminggu sdh pakai lg ? Sejauh ini sy baru 2x pakai (seminggu sekali). Terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya aman dan tidaknya itu tergantung jenis kulitnya. Rata-rata pemakaian aman itu 2 - 4 minggu sekali.

      Kalau boleh saya sarankan, pemakaian yang ketiga nanti beri jarak 2 minggu. Setelah itu, jangan tergoda untuk menggunakan baking soda lagi (karena sudah 3 kali pemakaian) meskipun hasil belum maksimal. Beri jarak 6 bulan untuk pemakaian yang ke-4.

      Delete
  32. assalam.klau lepas pggunaannya muka gatal2?apa mksudnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satu efek dari penggunaan baking soda yang berlebihan.

      Dalam mencerahkan kulit, baking soda berperan mengangkat sel-sel yang mati sehingga sel mati tersebut akan terkelupas.

      Pada penggunaan yang berlebihan, lapisan epidermis (kulit ari) yang merupakan lapisan pelindung) juga akan terkelupas.

      Akibatnya, kulit mudah mengalami iritasi, gatal-gatal, serta memerah ketiga terpapar sinar matahari.

      Delete
  33. Maaf mau tanya, jika ingin melakukan pengetesan kulit utk baking soda bkn di tengkuk tapi di lipatan lengan tangan bisa apa tidak ya ?
    Atau harus di tengkuk ?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit wajah itu sensitif. Jadi, sebelum mengaplikasikan baking soda pada kulit wajah, harus diuji coba dulu pada kulit lain yang lebih sensitif atau minimal sama sensitifnya dengan kulit wajah, di antaranya kulit tengkuk leher.

      Tetapi jika Mbak Fitri menggunakan baking soda pada bagian tubuh yang lain, misal kaki dan tangan, bisa dilakukan uji coba pada lipatan lengan.

      Delete
  34. Apa baking powder bisa jg buat memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat? Apa fungsinya buat wajah sama ama baking soda? Soalnya penjelasan di atas beda bakinv soda and powder lbh ke fungsi buat kue..tapi kalau buat wajah sama ga fungsinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini, yang mempunyai sifat exfoliation agent (agen pengelupasan) adalah senyawa NaHCO3. Sedangkan baking soda adalah NaHCO3 murni dan baking powder adalah NaHCO3 yang sudah dicampur asam tertentu.

      Artinya, baking powder juga bersifat exfoliation agent karena juga mengandung NaHCO3. Tetapi tingkat keefektifannya masih di bawah baking soda.

      Delete
  35. berarti bisa juga ya pakai baking powder utk bekas jerawat?

    ReplyDelete
  36. Selamat siang mas, mas kalau baking soda di campur dg lulur atau lotion utk badan apa bisa? Dan yg Bagus digunakan berapa minggu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, mbak Chintia

      Sebaiknya baking soda jangan dicampur apapun karena kita tidak tahu bahan apa saja yang terkandung dalam campuran tersebut.

      Jika terjadi reaksi penolakan antara baking soda dengan bahan campuran tersebut maka penggunaan baking soda akan sia-sia.

      Sebaliknya jika terjadi reaksi penguatan maka campuran tersebut akan bekerja sangat keras dan membahayakan kulit.

      Delete
  37. Selamat sore, pak saya mau tanay, seperti yang bapak katakan diatas jika pemakaian hanya boleh 3 kali saja. Yang jadi pertanyaan apakah bahaya jika pemakaian dilakukan terus menerus walau sebulan sekali ? Dan jika sudah cerah/putih setelah 3 kali pemakaian lalu berhenti apa kulit akan tetap putih atau kembali seperti semula? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, mbak Shifa.

      1. Pemakaian baking soda terus-menerus tanpa batas, walau sebulan sekali, mengakibatkan lapisan epidermis (kulit ari) ikut terkelupas. Terkelupasnya kulit ari ini memang membuat kulit semakin putih dan cerah, tetapi perlindungan kulit menjadi lemah.

      Kulit mudah memerah ketika terkena sinar matahari, mudah mengalami iritasi dan gatal-gatal, serta gampang alergi terhadap jenis make up tertentu.

      2. Kalau kulit yang sudah cerah/putih setelah pemakaian baking soda sebaiknya dirawat dengan cara alami, misal lulur. Jika tidak, tentu saja akan kembali seperti semula.

      Delete
  38. Selamat siang pak... maaf mau tanya. Bukankah baking sodanya yg PURE BAKING SODA ya pak?? Ada yg bilang beda dari yg sering ibu2 pake buat bikin kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada baking soda, ada baking powder. Dua-duanya biasa digunakan oleh ibu-ibu sebagai pengembang kue/roti, tergantung jenis kuenya karena masing-masing mempunyai keunggulan.

      Sedangkan baking soda yang dimaksud dalam artikel di atas adalah 'pure baking soda' atau baking soda dengan kandungan 100% natrium bikarbonat atau soda bikarbonat.

      Delete
  39. Pak jadi kesimpulannya,

    Kall untuk mencerahkan kulit wajah dipakainya 15 menit , 2-4 minggu sekali, max 3 kali pemakaian

    Untuk menghilangkan jerawat, dipakainya semalaman, 2-4 minggu sekali, max 3 kali pemakaian

    Begitu kah pak?
    Dan kalau untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekas jerawat yg sudah mengering, pakai cara yg mana ya pak?

    Dan apakah baking soda juga bisa digunakan untuk bibir yg kehitaman?

    Terimakasih pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Betul.

      2. Lakukan secara terpisah: jerawat yang masih aktif diolesi baking soda semalaman. Sedang jerawat yang sudah mati/mengering atau bekas jerawat diolesi baking soda 15 menit.

      3. Baking soda bisa digunakan pada bibir yang kehitaman. Cuma harus ekstra hati-hati karena kulit bibir termasuk kulit yang sensitif. Gunakan tipis-tipis saja. Jika terasa panas, segera bilas dengan air dan tinggalkan baking soda.

      Delete
  40. Waktu saya aplikasikan di area wajah saya terasa gatal-gatal dan setelah itu jerawat yang semula tidak terlihat menjadi terlihat sangat jelas warnanya kemerah-merahan . Apakah hal tersebut efek dari penggunaan baking soda atau memang saya tidak cocok Pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini kulit Anda berpotensi jerawatan. Ketika diolesi baking soda, jerawat akan muncul untuk melakukan perlawanan. Jika diolesi lagi, jerawat tersebut akan mati, tetapi akan muncul jerawat baru di tempat lain.

      Jadi, sebaiknya tinggalkan baking soda. Konsentrasikan untuk menjaga kebersihan kulit wajah, jangan sampai berminyak, serta hindari makanan berlemak.

      Delete
  41. Baking soda ada kadaluarsany..bagaimana mbedakn masih fresh atau tdk kalo bli yg curahan?lalu bgaimana cara penyimpanan yg benar?apakah perlu disimpan dalam wadah tertutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Semua bahan yang di dunia ini ada masa kedaluwarsanya.

      2. Hindari baking soda curah kalau tidak segera dipakai. Baking soda yang masih fresh, butiran-butiran serbuknya tidak ada yang menggumpal.

      3. Baking soda curah sebaiknya jangan disimpan terlalu lama karena kita tidak tahu berapa lama baking soda curah tersebut tersimpan di gudang dan di toko sebelum kita beli. Jika hanya disimpan sementara (kurang dari 3 bulan), simpanlah dalam keadaan tertutup dan tidak terkena sinar matahari.

      Delete
  42. Maaf pak saya mau tanya,itu untuk mengecilkan pori pori bisa kan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda juga bisa mengecilkan pori-pori kulit.

      Ketika Anda menerapkan baking soda pada kulit wajah maka sel kulit yang mati terangkat, minyak kulit berkurang, dan pori-pori kulit mengecil. Sehingga wajah tampak cerah.

      Delete
  43. Assalamualaikum, selamat malam, Pak Akhmad...
    Saya cuma mau apresiasikan rasa salut saya atas blognya yg aktif, jelas, dan bermanfaat. Terima kasih atas kesabarannya menjawab satu per satu pertanyaan, keraguan saya jg ikut terjawab dgn membaca tanya jawab di atas. Semoga selalu berjaya blognya, ya...wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, selamat malam juga Ibu Mammalias.

      Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Semoga berkah dan bermanfaat.

      Delete
  44. Mksh ya pak jawaban nya memuaskan,tapi saya mau tanya lg ni pak,boleh gag soda itu di maskerkan lbh dari 15 menit,atau semalaman?
    Dan jika di jadikan foam pencuci muka berapa kali seminggu boleh nya di pakai pak?dan kalau saya gabungkan dengan sabun pencuci muka saya untuk jd foam boleh gag pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Pemakaian baking soda untuk masker wajah yang aman adalah maksimal 15 menit untuk sekali pakai. Hal ini untuk membatasi agar lapisan epidermis tidak ikut terkelupas.

      2. Pemakaian baking soda sebagai foam atau masker harus berjarak minimal 2 minggu dan hanya boleh 3 kali pemakaian saja.

      3. Baking soda sebaiknya tidak digabungkan dengan bahan pencuci muka atau pemutih yang lain.

      Delete
  45. Tapi hasil nya emng berangsur gitu ya pak?
    Gag langsung kecil pori2 nya setelah cuci muka setelah pakai masker nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya 3 kali pemakaian sudah mengecil. Tetapi tergantung jenis kulitnya juga. Untuk kulit yang berminyak lebih lama pori-porinya mengecil.

      Delete
  46. Asslmwrwb...pak sya mau taxkan,dr artikel sblmx, bapak mengatakn kalo beking soda bs dicmpurkan pada bodylotion, sdgkan penggunaan body lotion itu setiap hari dipaki, pdhl untuk amanx..beking soda tdk bs dipakai tiap hari..itu bgmn pak..tolong jelaskan ulang...
    Pertxan ke2...bisakah beking soda memutihkan area selangkangan yg itam..?bgmna resepx apabila bisa..? Trima kasih..mhon pnjelsanx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr. wb.

      1. Sebenarnya tidak semua bodylotion cocok dengan baking soda. Anggap saja bodylotion Anda cocok dengan baking soda, maka Anda hanya boleh mencampur pada 3 kali pemakaian saja, masing-masing pemakaian diberi jarik 2 - 4 minggu. Di luar itu, gunakan bodylotion tanpa baking soda seperti biasanya.

      2. Area selangkangan itu sangat sensitif. Sebaiknya hindari penggunaan baking soda pada area tersebut. Penerapan bahan pemutih lainnya juga tidak diperkenankan kecuali sabun. Lebih baik gunakan sabun khusus area tersebut.

      Delete
  47. Kalau jeragat dekat muka dapat pakai baking powder..




    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.
      Olesi saja jerawat tersebut dengan pasta baking soda sebelum tidur (hanya pada area jerawat saja). Kemudian biarkan baking soda tersebut menemani jerawat Anda semalaman.

      Delete
  48. Siang pak,saya ingin menanyakan efek dari penggunaan baking soda ini utk jerawat itu apa saja ya pak? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang Vicarina,

      Pada penggunaan yang tepat dan diterapkan pada kulit yang tidak sensitif, baking soda justru memberikan efek positif, yakni menyembuhkan. Tetapi jika penggunaannya berlebihan, baik takaran maupun frekuensi penggunaan, baking soda akan menimbulkan efek negatif, seperti:
      a. merusak lapisan epidermis (kulit ari),
      b. menyebabkan iritasi, kemerahan, dan bengkak
      c. kulit menjadi kering sehingga terkesan lebih tua
      d. meninggalkan bercak hitam yang permanen

      Delete
  49. Misalnya saya pake baking soda di minggu pertama, lalu di minggu kedua saya pake masket lemon dan putih telur, lalu di minggu ketiga baru saya pake baking soda lagi, apakahh boleh seperti ituu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, asalkan penggunaan baking sodanya hanya 3 kali pemakaian, yaitu minggu pertama, ketiga, dan kelima. Insya Allah wajah Anda sudah cerah. Jika belum puas, Anda bisa mengulang 6 bulan kemudian.

      Delete
    2. jika sya mau msnghilangkan bekas jerawat dan mnghilangkan biang keringat d wajah mnggunakan baking soda.. apakah itu tdak ada dfek sampingx dan cara pemakainx gmn.. trimah kasih

      Delete
    3. Bekas jerawat bisa diatasi dengan mengoleskan baking soda pada area jerawat selama 15 menit. Gunakan maksimal 3 kali pemakaian saja.

      Tetapi baking soda tidak cocok untuk kulit yang sensitif. Efeknya kulit akan terasa panas, gatal-gatal, dan kemerahan.

      Jika kulit mengandung benih-benih jerawat, maka jerawat-jerawat baru justru bermunculan.

      Delete
  50. Mas saya menggunakan beking soda baru sekli untuk keseluruhan, dan hasil memang bersih komedo terangkat dan bersih dri komedo" .. tapi jerawat tetap timbul, namun saya gunakan semggu 3 untuk jerawat di tmpat tumbuhnya jerawat" itu,, tapi kenapa masih jerawat" di wajah saya masih saja bermunculan ya ? Dan saya masih mggunakannya skrg, utk jerawat memang saya lihat saat jerawat" yg bru muncul dan diberikan beking soda jerawat" itu semkin membesar saya lihat seperti mempercepat masaknya jerawat, dan knapa tidak kunjung berhenti mas ya jerawatnya vermunculan? Apa apa kah normal atau ad yg tidak beres ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masih banyak benih-benih jerawat pada kulit wajah Anda. Ketika baking soda diterapkan pada seluruh kulit wajah maka benih-benih jerawat tersebut akan bermunculan satu per satu.

      Baking soda memang efektif mengatasi jerawat, tetapi jika kulit Anda sedang berpotensi jerawatan maka jerawat-jerawat baru akan bermunculan.

      Delete
  51. Dan bagai mana cara saya membagi waktunya ? Utk penggunaan menghilangkan bekas jerawat flak" hitam digunakan 2-4 mggu sekali, namun utk jerawat 1 mggu 3 dan utk membersihkan komedo berpa wktu yg dibutuhkan ? Bagai mana cra saya menggunakan beking soda yg aman utk 3 masalah ini ? Krna saat saya gunakan keseluruhan wajah menjadi bersih, namun krna mnunggu wktu 2-4 mggu dalam jeda wktu itu komedo kmbali berdtangan, dan saat komedo mulai tumbuh disaat itu juga smkin mudah jerawat tumbuh,bagai mana sya mggunakannya utk masalah" dgn benar tnpa efeksamping yg membahayakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini, sebaiknya konsentrasikan untuk mengatasi jerawat yang terlanjur bermunculan. Tunda dulu mengolesi baking soda pada keseluruhan wajah.

      Fokuskan juga untuk menjaga kebersihan kulit wajah, jangan sampai kelebihan minyak, dan hindari makanan berlemak.

      Delete
    2. Oh jdi utk saat ini baiknya oleskan pada jerawat" saja pak ya. Dan penggunaan saya dalam seminggu 3x apa kah tdak masalah ? Dan apa kah saya trus gunakan ini pak ? Lalu bagai mana saya mengetahui ini bekerjai baik atau tdak, mksdnya saya bsa teruskan krn memang bgtu kerjanya atau saya tdk cocok menggunakan ini dan berhenti ? Bagai mana mengenali dan mengambil sikapnya pak ? Trims

      Delete
    3. Penggunaan baking soda pada area jerawat saja boleh seminggu 3 kali. Biasanya 3 kali pemakaian sudah sembuh, bahkan ada yang hanya sekali pemakaian sudah sembuh.

      Jika setelah 3 kali pemakaian suatu jerawat sembuh maka Anda boleh meneruskan untuk mengolesi jerawat yang lain. Jika tidak, berarti kulit wajah Anda tidak cocok dengan baking soda. Lupakan baking soda.

      Delete
  52. Iya pak, yg di maksd sembuh disini apakah pada jerawat masing" itu sendiri atau sembuh secara keseluruhan ? Yg tdak tumbuh" lagi jerawat lainnya ?

    Kalo utk masing" jerawat alhmdulillah cpt smbuh 2-4 hari jerwat smbuh mengempes dan ad juga beberpa jerawat yg 2 hari lsung mngempes pak, namun itu tadi setelah satu sembuh ad lagi yg muncul didaerah lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti jerawat Anda cocok diatasi dengan baking soda. Sembuhkan dulu masing-masing jerawat.

      Kalau seluruh jerawat sudah sembuh dan yakin tidak ada jerawat yang muncul lagi, Anda boleh menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

      Delete
  53. kak, mau tny sya slh beli, sya beli baking powder, apakah msh bsa mengatasi jerawat saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking powder juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cuma kandungan NaHCO3-nya sedikit lebih rendah daripada baking soda. Sehingga keefektifannya masih di bawah baking soda. Tapi cukup ampuh kok.

      Delete
  54. Slmt mlm,pa klo untuk memutihkn kulit d bagian tubuh semacam lengan n sebagainya d butuhkn berapa lama n caranya samakah dgn memutihkn kulit muka?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Megawati,

      Memutihkan bagian kulit yang lain caranya sama dengan memutihkan kulit wajah. 3 kali pemakaian saja kulit sudah cerah kok. Tetapi antar-pemakaian diberi jarak 2 minggu.

      Delete
  55. Mas saya mau tanya untuk di campur ke body lation itu takarnnya gmna? Apa semua bodi lation bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya baking soda jangan dicampur dengan body lotion karena tidak semua body lotion cocok dengan baking soda. Cukup dicampur dengan air saja.

      Delete
  56. mas ahmad, saya mau tanya. baking soda apakah bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat?
    kalo bisa Bagaimana cara pengunaanya dan berapa lama baru bisa taho lalatnya hilang. terima kasih. di tunggu balasan jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya:

      1. Oleskan pasta baking soda pada area tahi lalat sebelum tidur. Biarkan semalaman. Lakukan seminggu sekali sampai tahi lalat lepas.

      2. Campur baking soda dengan castrol oil (minyak jarak) dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian oleskan pada area tahi lalat semalaman. Lakukan setiap hari sampai tahi lalat hilang.

      Insya Allah kedua cara di atas akan membuahkan hasil sekitar 1 bulan.

      Delete
  57. Hallo pak

    Tengkuk itu apa ya??

    Kl misalnya pasta soda utk bagian tertentu sprt jerawat ato flek hitam.. itu seminggu bole sekali ato brp sering?

    Kalo hilangkan tahi lalat orang tua yg biasa tumbuh dikulit tangan dan kaki orang tua tuh.. bisa ga ya? Eheheh

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, Via

      1. Tengkuk itu leher bagian belakang, disebut juga kuduk.

      2. Untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam dengan baking soda, seminggu boleh sekali, asal yang diolesi hanya bagian jerawat dan flek hitamnya saja. Penggunaan maksimal 3 kali, biasanya 1 atau 2 kali sudah sembuh.

      3. Baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya sama dengan menghilangkan jerawat.

      Delete
  58. Selamat sore pak, saya sudah coba masker baking powdernya. Saat pemakaian yg saya rasakan pada kulit dan jerawat saya terasa panas, selang beberapa menit berubah menjadi gatal. Apakah ini aman untuk saya? Kulit saya termasuk kulit yang sensitif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, Fitrah Anissa

      Baking soda tidak cocok untuk memutihkan/mencerahkan kulit yang sensitif. Efeknya seperti yang sedang Anda alami saat ini, yakni timbul rasa panas dan gatal-gatal. Jika diteruskan, lapisan epidermis (kulit ari) akan semakin menipis.

      Kemungkinan setelah pemakaian baking soda jerawat bermunculan. Jika itu terjadi, olesi saja jerawat tersebut dengan baking soda (hanya bagian jerawatnya saja). Setelah sembuh, jangan lagi gunakan baking soda.

      Delete
  59. Selamat malam pak saya ingin bertanya, saya ingin menghilangkan bekas jerawat, tetapi masih ada jarawat kecil kecil (jerawat kosong) sekitar dua biji, bagaimana cara saya mengaplikasikannya pak, apa boleh saya olesi seluruh wajah saya dengan pasta baking soda tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, Citra

      Jika masih ada jerawat, sembuhkan jerawat tersebut sampai benar-benar sembuh total. Setelah Anda yakin semua jerawat sudah teratasi, Anda boleh menghilangkan bekas jerawat dengan mengolesi seluruh wajah dengan baking soda.

      Jika saat mengolesi seluruh wajah terasa panas dan gatal-gatal, berarti benih-benih jerawat masih ada.

      Delete
  60. Selamat malam pak
    Saya sdh mencoba masker baking soda, tp sepertinya kulit saya sensitif, jd kulit terasa panas, gatal2, dan malah muncul beberapa jerawat baru. Namun jerawat lama yg tadinya besar jd kempes, mengering, dan lama2 menghitam dgn cepat.
    Apakah msh aman menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat?
    Dan noda hitam bekas jerawat itu apa nantinya bisa hilang?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mbak Nur Aryani

      Terasa panas dan gatal-gatal setelah menggunakan baking soda disebabkan karena:
      1. kulit sensitif
      2. kulit yang berpotensi jerawatan (mengandung benih jerawat).

      Sepertinya kulit Anda sedang berpotensi jerawatan. Sebaiknya sembuhkan dulu jerawat yang sedang bermunculan dengan baking soda (olesi hanya area jerawat saja).

      Setelah semua jerawat sudah teratasi dan tidak ada jerawat baru, Anda boleh menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat atau mencerahkan kulit.

      Delete
  61. Assalamu'alaiku Pak,
    Mau tanya nih Pak. Saya sebelumnya memakai masker baking soda tapi dgn campuran madu gak pake campuran lainnya termasuk air. Dan pemakaiannya itu dalam 3 hari saya sudah menggunakan 2 kali (Alhamdulillah gak kenapa2 dgn kulit muka saya). Lalu jika saya ingin melakukan seperti apa yg ditulis di dalam blog ini, saya harus memakai masker nya kapan? Melihat saya sudah menggunakan masker baking soda ini (walau campurannya madu) 2 kali dalam 3 hari.

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, mbak Devan

      Kalau sudah menggunakan baking soda 2 kali, Anda masih boleh menggunakan sekali lagi. Beri jarak waktu 2 minggu dari penggunaan yang kedua.

      Sambil menunggu waktu 2 minggu tersebut, Anda bisa menyelingi dengan menggunakan masker madu tanpa baking soda.

      Delete
    2. Nah, kalo misalnya madunya saya campur dgn air perasan jeruk nipis boleh gak ya?
      Kalau boleh, ada batas waktu pemakaiannya?
      Saya menggunakan 2sendok makan madu + 1sendok makan air perasan jeruk nipis

      Delete
    3. Madu dan jeruk nipis itu kan bahan alami, jadi boleh-boleh saja. Apalagi keduanya mempunyai efek mencerahkan kulit.

      Selama tidak ada campuran bahan kimia, seperti baking soda, campuran tersebut boleh Anda gunakan tanpa ada batas waktu pemakaian.

      Delete
    4. Wah... Syukur deh kalo begitu, gak bakal ragu2 lagi deh makenya.
      Terimakasih untuk jawabannya ya Pak.

      Sukses untuk blognya

      Delete
    5. Sama-sama. Terima kasih juga atas support-nya terhadap blog ini.

      Delete
  62. Mksih, blognya sangat membantu dan responsif. (y)(y)

    Tp saya msih takut mencobanya,krna kulit saya sensitif. Kulit saya berjerawat dan berminyak awalnya, tp sesudah bnyak mmakai kream dokter malah sekarang kulit nya jadi kering namun jerawatnya tidak berkurang.
    Apa nnti kukit saya semakin kering klo makai baking soda?
    Dan boleh gak d miks sama madu biar kulit gak kasar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda tidak cocok untuk kulit sensitif apalagi sedang berjerawat (jika dioleskan ke seluruh wajah). Dampaknya adalah:
      a. jerawat baru akan bermunculan
      b. kulit ari semakin menipis sehingga kulit semakin sensitif
      c. produksi minyak kulit (sebum) semakin berkurang sehingga kulit menjadi kering

      Solusi:
      Gunakan baking soda hanya untuk mengatasi jerawat saja (hanya dioleskan pada area jerawat, jangan sampai mengenai bagian kulit yang tidak berjerawat).

      Terima kasih mbak Hotnasari, atas apresiasinya terhadap blog ini. Semoga lekas teratasi.

      Delete
  63. Pak saya mau tanya pak
    Saya terkena dampak kerna keseringan memakai baking soda pak,akhirnya kilut saya mnjadi kering dan seperti keriput pak,
    Bagaimana cara menyembuhkan nya kembali pak?
    Apakah ada obat nya pak?
    Supaya wajah jadi lembab kembali pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik pakai cara alami saja, misalnya masker buah alpukat. Buah alpukat ini cocok untuk kulit kering dan keriput.

      Anda bisa membacanya di blog ini yang berjudul "6 Buah ini Membuat Kulit Mulus Putih Merona".

      Delete

  64. Slmt siang Pak mau tanya nih
    kalau baking soda di campur sama
    body lotion blh trus pakainya tiap hari
    blh gak Pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, PrincessJ05

      Tidak semua body lotion cocok dengan baking soda. Sebaiknya hindari mencampur baking soda dengan body lotion.

      Baking soda dicampur apapun tidak boleh dipakai setiap hari. Pemakaian yang aman 2 - 4 minggu sekali. Tetapi tidak boleh lebih dari 3 kali pemakaian.

      Delete
  65. Assalamualaikum pak jazuli.
    Saya mau nanya kulit wajah saya trserang jerawat trus trusan timbul. sudah membeli berbagai macam obat gak ada efek nya malah brtambah.
    Trus saya googling katanya pake baking soda bisa.
    Klo misalkan baking soda di oleskan ke area jerawat saja 1 hari sekali apa gak apa apa.
    Mohon jawabanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Cah Comunity

      Kalau untuk jerawat, Anda boleh mengoleskan baking soda 1 minggu sekali pada area jerawat saja, jangan sampai mengenai bagian kulit yang tak berjerawat. Insya Allah dalam 1-3 kali pemakaian sudah sembuh.

      Jika jerawat baru masih bermunculan, berarti di balik kulit wajah Anda masih banyak benih-benih jerawat. Anda juga harus mengatasinya dari dalam dengan cara mengurangi makanan berlemak.

      Delete
  66. pagi pak, saya mau bertanya .. apakah baking soda juga dapat menghilangkan mata panda ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, Rini.

      Memang banyak tutorial tentang cara mengatasi mata panda dengan baking soda. Cuma saya meragukan.

      Baking soda bekerja dengan cara mengangkat kotoran yang menempel pada kulit, baik kotoran dari luar (debu, partikel) maupun kotoran dari dalam (sel kulit mati) sehingga kulit menjadi cerah.

      Sedangkan warna hitam pada mata panda bukan disebabkan oleh kotoran, melainkan pembesaran pembuluh darah yang menciptakan efek gelap.

      Jadi, menurut saya kurang match jika mata panda dihilangkan dengan baking soda.

      Delete
  67. Malam pak, apakah benar baking soda bisa digunakan untuk detok, dengan cara mencampurkan dengan air dan meminumnya, apa hasilnya dan apa pula efek sampingnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar baking soda dapat diminum untuk penyembuhan penyakit, terutama untuk sakit perut. Sifat basa baking soda akan menetralkan kelebihan asam pada lambung.

      Namun, karena baking soda adalah senyawa kimia, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan takaran yang tepat. Hal ini untuk menghindari efek samping jika takarannya berlebihan.

      Delete
  68. Ada gak cara untuk larutkan baking soda dengan cepat. Kalau ada jerawat itu gak boleh stress, tapi mau tunggu baking sodanya larut buat aq stress sekali. Udah cuba pakai air panas..tapi airnya cepat sekali sejuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda itu garam yang bersifat basa sehingga mudah sekali larut dalam air, baik air panas maupun air dingin. Airnya sedikit saja, kemudian aduk hingga menyerupai pasta gigi.

      Agar tidak stress saat membuat pasta baking soda, nikmati proses tersebut dengan hati yang riang. Bayangkan jerawat Anda akan segera teratasi dengan cara tersebut.

      Delete
  69. Selamat malam pak.. saya mau tanya, apakah kalau menggunakan baking soda bisa di barengi dgn pemakaian pelembab wajah atau masker kefir? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, Agnesyarossa

      Baking soda jangan dipadukan dengan bahan kimia lain (pelembab, pemutih, atau body lotion). Hal ini karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya belum tentu cocok dengan baking soda.

      Delete
    2. Berarti kalo mau menggunakan baking soda harus di stop pemakaian krim lainnya ya? Jangka waktu yg tepat dr peralihan krim ke banking soda berapa lama pa??

      Delete
    3. Ya, betul.

      Penggunaan baking soda yang aman minimal 2 minggu sekali. Sambil menunggu penggunaan yang kedua, Anda bisa menyelingi dengan krim yang lain. Tepi diberi jarak minimal 24 jam.

      Delete
  70. Ok..terima kasih atas infonya pak...

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja. Baking soda sering dipakai ibu-ibu sebagai pengembang kue/roti. Makanya banyak yang nyebut soda kue.

      Delete
  72. untuk mencerahkan kulit yang menghitam karena paparan sinar matahari itu giamna pak? apa bisa menggunakan baking soda juga? terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perubahan warna kulit yang disebabkan oleh faktor luar bisa diatasi dengan baking soda, termasuk karena paparan sinar matahari. Dalam hal ini, baking soda bertindak sebagai exfoliation agent atau agen pengelupasan lapisan kulit.

      Delete
  73. Selamat siang. Pak. Sy mau tanya klo untuk mencerahkan punggung tlapak tangan. Apakah frekuensi penggunaannya sama dengan mencerahkan wajah?mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, mbak Ratih.

      Frekuensi penggunaan baking soda untuk kulit wajah atau kulit bagian tubuh yang lain sama saja, yaitu 3 kali pemakaian. Hal ini dimaksudkan agar lapisan epidermis kulit tidak terlalu banyak yang terkelupas akibat efek baking soda.

      Delete
  74. Salut buat pak Akhmad Jazuli...salam super deh..! Blogny oke banget dan si bapak baik bangett..sangat mengerti dgn kita2 yang punya problem kulut nii.. Thanks ya pak..sudah mau berbagi ilmunya.. sukses slalu..Salam salutt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam super juga buat mbak Nita Delau

      Terima kasih atas apresiasinya terhadap blog ini. Semoga membawa berkah.

      Delete
  75. Selamat malam, Pak. Saya mau tanya, saya kan nerapin yg untuk ngilangin jerawat dulu ya, nah klo jerawatnya udh ilang bisa langsung nerapin yg ke fase mencerahkan atau ada jeda dulu? Kalo iya, berapa lama? Makasi pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, Syifa.

      Asalkan yakin kalau jerawat sudah benar-benar tidak muncul lagi, Anda bisa langsung menerapkan baking soda pada seluruh permukaan wajah.

      Caranya, uji cobakan dulu baking soda pada sebagian kecil kulit wajah. Jika selama 1-2 menit tidak ada reaksi apa-apa (tidak panas dan tidak gatal-gatal), maka kondisi kulit wajah Anda dalam keadaan aman menggunakan baking soda.

      Delete
  76. Selamat malam pak..
    Saya mau tanya tentang baking soda yang bisa memutihkan gigi karena ada beberapa artikel yang saya baca bahwa baking soda bisa memutihkan gigi, kalau memang bisa bagaimana cara pengguna,aanya dan amankah jika di gunakan?? Terimakasih pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mbak Aida

      Baking soda memang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, tetapi Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa tidak semua gigi cocok dengan baking soda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca 2 artikel dalam blok ini yang berjudul:

      1. Penggunaan Baking Soda untuk Memutihkan Gigi Berbahaya bagi Kesehatan
      2. Cara yang Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

      Link kedua artikel tersebut sudah saya tautkan pada artikel di atas atau Anda bisa mencarinya pada daftar isi.

      Delete
  77. pasta baking soda ini bisa untuk sikut, lutut, dan mata kaki nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mas Bariq. Anda bisa mengoleskan pasta baking soda pada area tersebut kemudian diamkan selama 15 menit.

      Delete
  78. Assalam pak...kalau muka yang ada jeragat(bukan jerawat)boleh kan guna bikarbonat untuk putih kan kulit wajah..dan bagai maner cara nyer.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, Zaharah

      Untuk mengatasi jeragat (open comedo) maupun jerawat (close comedo) caranya sama. Oleskan pasta baking soda pada area jeragat selama 15 menit.

      Jangan keburu menggunakan soda bikarbonat pada seluruh wajah sebelum jeragat teratasi.

      Delete
  79. Selamat malam pak.
    Saya telah mmembacaartikel dan tanya jawab diatas dan bapaksangat responsif.
    Oya pak, saya sudah beli baking soda/ soda kue cap Kupu2, saya liat ingredientsnya mengandung "pengembang Natrium bikarbonat, dan anti kempal(caking) silikon dioksida".
    Nah berarti baking soda saya gak pure Natrium Bikarbonat dong? Kalau dipakai untuk memutihkan gigi & menghilangkanbekas jerawat apakah tidak apa2 karena ada bahan tambahan (silikon dioksida)?

    TTeruskan klo efek samping dari NTrium bikarbinat sudah tercantum, klo efek dari silikon dioksida itu apa ya??

    terima kasih sebelumnya, pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mbak Fita Fatimah

      Baking soda merek tersebut memang dikhususkan sebagai pengembang kue. Memang tidak murni natrium bikarbonat, namun masih tetap efektif digunakan sebagai pemutih gigi, wajah, dan mengatasi jerawat.

      Adapun keberadaan silikon dioksida (SiO2) di dalamnya tidak begitu membahayakan karena jumlahnya sangat kecil sebagaimana keberadaan SiO2 dalam sayur dan buah-buahan.

      Silikon dioksida akan berdampak pada iritasi kulit dan efek pernapasan pada jumlah yang besar dan terus-menerus. Misal pada penambang pasir kuarsa (bijih silikon).

      Delete
  80. Halo mas, saya sudah menggunakan saran yg pernah diberikan waktu itu utk focus pada penyembuhan jerawat, menggunakan BS 1 kali dalam 2 haru sekli jerwat jpt masak/pecah atau dipecahkn.. dan mengempes.. namun selalu saja mulai muncul didaerah lainnya atau daerah dekat jerwat terdahulu,, saya melihat komedo saya sungguh sangat banyak, saya pikir yang menyebabkan jerawat selalu tumbuh saat yg satu telah membaik namun muncul lagi daerah lain krna komedo" yg berlebih dan buntu shingga mnjdi jerwat..

    Karna dalam jangka 2-4 hari komedo di wajah saya sperti di daerah bawah mata dahi hidung dagu dandaerah bibir cukup banyak.. dan sering didaerah" itu jerawat bermunculan, saat saya gunakan BS scra kseluruhan dlm wktu 15 wajah bersih dan komedo bersih namun 2-4 hari kmudian komedo mulai bermunculan lagi, namun saya tdak bsa membersihkannya dgn BS lagi krna jaraknya terlalu dekat bsa di katakan semggu sekali sebenarnya saya harus menghilangkan komedo,

    Saya pikir bagai mana jika saya merubah untuk focus menjaga komedo agar tetap bersih dan tdak teesumbat hingga menjdi jerawat lagi, bagai mana jika saya gunakan BS focus pada utk membersihkan komedo saja ? Cara sperti apa yg bisa saya terapkan mas ? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, mas Doddy

      Kesimpulan Anda betul. Anda memang harus fokus mengatasi komedo karena jerawat pada dasarnya adalah close comedo.

      Tetapi untuk menggunakan baking soda harus tetap sesuai aturan agar tidak ada masalah lain di kemudian hari.

      Karena komedo dan calon komedo di kulit wajah Anda terlalu banyak, Anda harus melakukan penyembuhan luar dan dalam, seperti banyak minum air putih untuk mengencerkan minyak kulit, menghindari makanan berlemak, dan menjaga wajah agar tetap bersih.

      Jika perlu, Anda boleh mengonsumsi obat/jamu untuk mematikan benih jerawat dari dalam.

      Delete
    2. Oh baik pak, lalu untuk focus dalam pembersihan komedo bagai mana jarak penggunaan yg baik agar kulit wajah tdak rusak mas ? Apakah tetap menggunakan nya dalam 4 minggu sekali atau 2 minggu sekali ? Karna seminggu saja jika tidak di bersihkan dengan Backingsoda komedo semakin banyak.. langkah apa yg saya ambil,, dan sperti disebut masnya jamu atau obat bagai mana saya bisa menemukannya dan brand sperti apa yang mungkin bsa saya konsumsi ?

      Kalo untuk makanan, saya emang bermasalah mas, krena saya tdak mengkonsumsi ikan, karena saya tidak bsa makan ikan, buah dan sayur saya sangat sangat jarang mengkonsumsinya, utk saran bagai mana saya bisa mengganti makan" sehat ini dengan hal lain ?

      Delete
    3. 1. Jika baking soda hanya dioleskan pada area komedo saja, Anda bisa menggunakan seminggu 2 kali. Jika dioleskan ke seluruh wajah, harus 2 - 4 minggu sekali.

      2. Coba Anda cari informasi tentang jamu Darsi. Sepertinya cocok untuk mengatasi jerawat dari dalam.

      3. Kalau ingin cepat teratasi memang harus mengatur pola makan juga. Yang penting hindari/kurangi makanan berlemak seperti gorengan, kerupuk/keripik, makanan bersantan, kacang-kacangan, dan lain-lain. Perbanyak minum air putih, teh hijau, serta rutin berolahraga ringan (senam, jogging, stretching).

      Delete
    4. Iya mas, apa kah aman mas di gunakan di area komedo saja ? Dan apa memang jelas berbeda ya jika di oleskan ke seluruh wajah ? Bukan kan di olehkan di area komedo yg banyak saja sama sperti mengoleskan keseluruh wajah ?

      Sperti daerah dahi diatas hidung hingga diatas alis, dan bagian bawah mata hingga pinggiran hidung aga ke tengah pipi sedikit, daerah kumis bawah hidung dan dagu di bawah bibir dan kiri kanan bibir.. daerah ini yg sring bermunculan komedo mas, jika saya oleskan semggu 2x apa kah aman saja tdk merusak kulit wajah saya ? Dan apa bedanya jika di oleskan keseluruhwajah ? Krna spertinya sama" dioleskan di wajah namun tdak kesluruhan dan memiliki wktu yg berbeda.. apa tdk masalah mas ya

      Delete
    5. Jika baking soda dioleskan ke bagian yang berkomedo saja maka baking soda akan sibuk bekerja melawan komedo. Namun jika dioleskan ke seluruh wajah maka di bagian yang tidak berkomedo, baking soda akan menipiskan lapisan kulit ari. Di daerah ini kulit akan menjadi sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi.

      Kulit wajah Anda sepertinya hampir 70% berkomedo. Anda bisa mempertimbangkan cara berikut ini:

      1. Oleskan baking soda ke seluruh wajah 2 - 4 minggu sekali dengan frekuensi maksimal 3 kali penggunaan.

      2. Oleskan baking soda hanya di area komedo saja seminggu sekali dengan waktu yang tidak bersamaan untuk masing-masing area.

      Delete
  81. Slmt malam pa , soda kue bisa digunakan untuk bibir menghitam krn sulam bibir yg gagal ?

    Tks sebelumnya . Tuhan memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mbak Feyla Basani

      Sebenarnya baking soda bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang menghitam. Tetapi sangat berbahaya karena kulit bibir termasuk area kulit yang sangat sensitif.

      Jika tidak cocok, kulit bibir semakin menghitam karena terbakar oleh panasnya baking soda.

      Jika cocok dan hitam pada bibir teratasi, bibir menjadi sangat sensitif dan mudah mengalami iritasi.

      Delete
    2. Pagi jg Pa

      Trimakasih banyak atas jwb an yg bapa berikan :)

      Gbu

      Delete
  82. Selamat siang pak, saya ingin bertanya apakah baking soda bisa digunakan untuk segala jenis jerawat?
    Dan jika hanya untuk menyembuhkan jerawat saja bagaimana aturan pemakaianya?
    Terima kasih. Selamat siang pak, saya ingin bertanya apakah baking soda bisa digunakan untuk segala jenis jerawat?
    Dan jika hanya untuk menyembuhkan jerawat saja bagaimana aturan pemakaianya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, mas Candra Yuniarto.

      Baking soda bisa digunakan untuk mengatasi segala jenis jerawat. Caranya, oleskan pasta baking soda hanya pada area jerawat saja. Kemudian diamkan selama 15 menit. Lakukan seminggu sekali, maksimal 3 kali pemakaian untuk setiap jerawat. Biasanya 1 kali pemakaian sudah sembuh.

      Delete
    2. Maaf, untuk mengatasi jerawat, oleskan baking soda menjelang tidur dan biarkan semalaman.

      Delete
  83. Sore pak, saya ingin bertanya
    Saya sudah coba pakai soda kue, malah besoknya ada bercak hitam didaerah pipi, bagaimana cara mengatasinya pak?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, mbak Nailiyatul

      Itu artinya kulit wajah Anda sensitif. Cirinya akan terasa panas atau meninggalkan efek terbakar (bercak hitam) setelah menggunakan baking soda. Sebaiknya Anda menggunakan lulur alami saja. Hasilnya lebih natural.

      Mengenai bercak hitam, jangan diapa-apakan. Biarkan saja, nanti sekitar 1 minggu berangsur-angsur hilang sendiri.

      Delete
  84. Selamat sore pak, saya mau nanya kalau penggunaan baking soda untuk menghilangkan bruntusan di wajah bisa tidak? Dan frekuensi pemakaiannya yang baik gimana? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, mbak Izza

      Baking soda digunakan untuk mengatasi bruntusan pada wajah. Caranya sama dengan mengatasi jerawat. Oleskan sebelum tidur seminggu sekali, maksimal 3 kali penggunaan.

      Delete
  85. Kalau buat ngilangin jerawat tapi pemakaian nya pada pagi hari dan tidak digunakan saat ingin tidur. apakah tidakapapa?

    ReplyDelete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.