Thursday, 14 January 2016

Jenis Makanan yang Dapat Mempercepat Kehamilan

Jenis Makanan yang Dapat Mempercepat Kehamilan, meningkatkan kesuburan,

Ketika pasangan suami istri tidak segera memiliki momongan, umumnya orang akan melirik jumlah saudara dari pasangan tersebut. Hal ini sah-sah saja karena di antara penyebab ketidaksuburan adalah faktor genetika. Faktor lain yang juga harus diperhitungkan adalah kelebihan berat badan, stres, jam kerja yang panjang dan melelahkan, serta kecukupan nutrisi.

Kandungan gizi tertentu dalam makanan mampu meningkatkan kualitas sel telur dan sperma. Keseimbangan hormon estrogen dan progesteron juga dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dengan mengonsumsi jenis makanan berikut ini diharapkan dapat meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan.




Vitamin E

Saat pertama kali ditemukan, vitamin E disebut juga dengan istilah vitamin anti-kemandulan. Vitamin ini ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. H. M. Evans saat penelitian mempertahankan kehamilan tikus. Dalam penelitiannya terungkap bahwa tanpa vitamin E janin yang dikandung tikus betina akan mati dalam sepuluh hari masa kandungan. Sedangkan tikus jantan yang kekurangan vitamin ini akan mengalami kelainan pada testisnya.

Fungsi Vitamin E untuk Kehamilan

Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pada wanita karena dapat memperbaiki kualitas lendir serviks atau lendir kesuburan. Lendir yang teksturnya seperti putih telur ini berfungsi membantu sperma mencapai sel telur, memberikan nutrisi bagi sperma, serta melindungi sperma dari keasaman daerah organ intim wanita.

Selain itu, vitamin E juga berfungsi mencegah kelainan menstruasi, peradangan vagina, gejala menopause, keguguran, dan kemandulan. Bagi seorang pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma dalam oviduk (saluran reproduksi wanita tempat terjadi pembuahan).

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E banyak terdapat pada makanan yang berminyak seperti minyak bunga matahari, minyak zaitun, minyak gandum, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak kacang-kacangan. Pada sayuran, vitamin E terdapat pada bayam, brokoli, selada, buncis, kecambah, dan sayuran hijau lainnya.

Vitamin E juga terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, dan telur. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

Vitamin C




Vitamin C atau dikenal dengan istilah asam askorbat terbukti efektif meningkatkan kesuburan pada wanita serta meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Peran Vitamin C untuk Mempercepat Kehamilan

Vitamin C berperan dalam menyeimbangkan hormon wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron. Kekurangan hormon estrogen menyebabkan ketidakmampuan hamil sedangkan kekurangan hormon progesteron menyebabkan sulit mempertahankan kehamilan atau mudah mengalami keguguran. Dengan asupan vitamin C yang cukup kedua hormon tersebut dapat mencapai keseimbangan sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

Pada pria, vitamin C berperan dalam penting dalam meningkatkan kualitas sperma serta melindungi sperma dari kerusakan DNA dan kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Dengan kualitas yang bagus, sperma dapat menempuh perjalanan mencapai sel telur dan membuahinya. Dengan sperma yang tidak mengalami kerusakan, dapat mengurangi risiko keguguran dan cacat kromosom.

Sumber Vitamin C


Sumber vitamin C, paprika, tomat, jambu biji, jeruk lemon

Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, lemon, cranberry, jambu biji, kesemek, pepaya, strawberry, dan buah kiwi. Vitamin juga banyak terdapat pada sayuran seperti bayam, brokoli, kembang kol, kubis merah, kentang, tomat, dan paprika.


Vitamin B6

Fungsi vitamin B6 dalam mempercepat kehamilan sama dengan vitamin C, yaitu menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron. Vitamin kesuburan ini akan mengoreksi kadar hormon progesteron yang rendah untuk ditingkatkan sampai seimbang. Selain itu, vitamin B6 juga membantu siklus ovulasi dan menurunkan prolaktin, yaitu zat yang mengganggu ovulasi (proses pelepasan sel telur).

Makanan yang mengandung vitamin B6 terdapat buah dan sayuran seperti pisang, paprika, asparagus, lobak, bayam, sawi, brokoli, seledri, bawang putih, dan kacang kedelai. Vitamin B6 juga terdapat pada beras merah, sereal, ikan, dan hati.

Vitamin D

Vitamin D juga berfungsi meningkatkan kadar hormon estrogen dan progesteron. Vitamin ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria dan mengatur menstruasi pada wanita. Pelepasan sel telur atau ovulasi juga aka berjalan normal sehingga sel telur mudah tertanam dan lebih berpeluang terjadi pembuahan.

Positif hamil, terjadi pembuahan sel telur oleh sperma

Vitamin D banyak terdapat dalam sapi, keju, kuning telur, jamur, ikan tuna, ikan salmon.

Simak juga, Hasil Test Pack Negatif Tetapi Terasa Tanda Kehamilan.

Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam meningkatkan ovulasi dan menguatkan dinding rahim. Dinding rahim yang kuat dapat menciptakan suasana yang baik bagi implantasi embrio (menempelnya embrio pada dinding rahim).

Makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain daging, ikan, unggas, telur, dan produk susu.

Asam Folat

Asam folat efektif meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh wanita untuk hamil. Pasangan yang sedang menjalani program hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat minimal empat bulan sebelum kehamilan.

Makanan yang mengandung asam folat antara lain terdapat pada sayuran seperti brokoli, asparagus, kangkung, bayam, daun bawang, kentang, dan kacang-kacangan. Asam folat juga terdapat pada buah-buahan seperti pisang, jeruk, tomat, dan buah bit.

Yang perlu diperhatikan, bahwa asam folat adalah vitamin yang sensitif terhadap cahaya, oksigen, dan suhu tinggi. Oleh karena itu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dalam kondisi mentah atau dimasak tidak terlalu lama agar kandungannya tidak berkurang.

Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6

Asam lemak omega 3 dan omega 6 berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dengan cara mengatur keseimbangan hormon wanita, meningkatkan lendir serviks, dan ovulasi sehingga memudahkan terjadinya pembuahan. Di samping itu, asam lemak ini juga membantu kehamilan, meningkatkan kualitas embrio, serta  mencegah kemungkinan keguguran dan kelahiran prematur.

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 di antaranya minyak zaitun, minyak ikan, minyak bunga matahari, kacang-kacangan, dan alpukat.

Simak juga Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak.

Demikian informasi tentang jenis makanan yang dapat mempercepat kehamilan. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.