Thursday, 1 September 2016

Hasil Test Pack Negatif Tetapi Terasa Tanda Kehamilan

Hasil Test Pack Negatif Tetapi Terasa Tanda Kehamilan, samar-samar, pregnancy test result

Seorang ibu merasakan tanda-tanda kehamilan seperti mual-mual, punggung terasa sakit, dan terlambat haid. Untuk memastikan, ibu tersebut melakukan tes kehamilan dengan test pack (tespek). Ternyata hasilnya negatif.

Ibu yang lain mengaku lalai menjalankan program KB. Ia mengikuti program KB Suntik 3 bulan. Karena kesibukannya, ia baru menyadari bahwa ia telah terlambat dua minggu tidak suntik. Ia juga merasakan tanda-tanda kehamilan. Kemudian ia melakukan test pack. Tetapi hasilnya negatif.




Apa benar kedua ibu tersebut hamil? Mungkinkah test pack-nya tidak akurat atau kurang sensitif? Ulasan berikut ini mungkin dapat membantu kedua ibu tersebut.

Tanda-tanda Awal Wanita Hamil

Ciri-ciri awal seorang wanita hamil, umumnya dapat dikenali dengan tanda-tanda berikut ini:
  • Terlambat haid atau terlambat datang bulan yang disebabkan karena sel telur sedang dibuahi oleh sperma. Jika sperma berhasil membuahi sel telur maka seorang wanita tidak mengalami haid atau menstruasi.
  • Mual-mual (morning sickness) yang disebabkan oleh reaksi tubuh akibat peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Hormon ini jumlahnya meningkat tajam saat seorang wanita hamil.
  • Timbul bercak darah atau flek coklat yang disebabkan oleh implantasi, yaitu menempelnya embrio pada dinding rahim.  
  • Kram perut yang disebabkan oleh otot rahim yang meregang karena hadirnya janin dalam rahim. Kram perut juga disebabkan oleh terhentinya hormon progesteron karena terbentuknya plasenta janin. 

Tanda-tanda kehamilan lain yang juga sering dirasakan oleh di awal masa kehamilannya adalah:
  • Perubahan payudara: ukuran membesar, lebih lembut, lebih sensitif, terasa nyeri, dan gatal-gatal.
  • Merasa sangat lelah dan mengantuk tanpa sebab.
  • Sensitif terhadap bau tertentu baik bau yang beraroma positif (wangi parfum) maupun yang beraroma negatif (bau menyengat, bau asap).
  • Perubahan nafsu makan: ada yang nafsu makannya bertambah ada pula kehilangan selera makan.
  • Ngidam atau menginginkan makanan tertentu.
  • Perubahan suasana hati tanpa sebab: tiba-tiba senang dan tiba-tiba marah.
  • Sering buang air kecil.
  • Sering meludah.
  • Terasa pusing atau sakit kepala
  • Sembelit atau susah BAB
  • Sakit punggung.

Merasakan Tanda-tanda Kehamilan tetapi Tidak Hamil




Tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, timbul bercak darah, kram perut, ngidam, sensitif terhadap bau, dan lain-lain sebenarnya adalah tanda-tanda kehamilan yang bersifat subjektif. Artinya, tanda-tanda tersebut merupakan klaim pribadi, tidak berlaku setiap orang, dan tidak mutlak sebagai indikasi kehamilan.

Ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan anak yang mengklaim bahwa tanda-tanda tersebut sebagai bukti kehamilan, masih bisa dibenarkan. Tetapi bagi ibu-ibu muda yang belum pernah melahirkan, tanda-tanda tersebut masih meragukan sebagai bukti kehamilan.

Banyak faktor yang memengaruhi munculnya tanda-tanda tersebut, di antaranya adalah:
  • kelelahan fisik
  • kelelahan psikis, depresi, dan stres
  • perubahan berat badan secara drastis (meningkat atau menurun)
  • efek samping penggunaan alat kontrasepsi KB
  • gangguan kelenjar tiroid yang mengakibatkan jadwal menstruasi terganggu
  • gangguan hormonal, misal terlalu banyak hormon prolaktin yang menyebabkan siklus haid terhenti
  • sindrom polikistik ovarium, yaitu sel telur yang enggan keluar dari ovarium sehingga menyebabkan siklus haid tidak teratur
  • PMS (Pre Menstrual Syndrome), yaitu fenomena menjelang datang bulan.

Cara Kerja Test Pack

Secara sederhana, test pack bekerja dengan cara mendeteksi adanya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang terkandung dalam urine. Jika urine seorang wanita mengandung hormon HCG maka test pack akan memberikan reaksi positif dengan cara membentuk 2 strip merah yang berarti wanita tersebut hamil. Sedangkan bila urine wanita tersebut tidak mengandung hormon HCG maka test pack akan memberikan reaksi negatif dengan cara menampilkan 1 garis merah.

Hasil test pack positif 2 garis dan negatif 1 garis, tes kehamilan

Hormon HCG adalah hormon yang diproduksi saat kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh plasenta yang terbentuk sekitar seminggu setelah pembuahan. Jika produksi hormon HCG cukup maka hormon tersebut ikut beredar dan larut dalam darah. Hormon HCG juga ikut diekskresi (dikeluarkan) melalui urine. Adanya hormon HCG dalam urine ini dapat dideteksi dengan test pack.

Test pack mengandung anti-HCG. Jika test pack dicelupkan dalam urine yang mengandung HCG maka anti-HCG akan bereaksi dengan HCG. Reaksi ini membentuk suatu molekul yang ditunjukkan dengan munculnya strip merah pada test pack.

Sisa anti-HCG yang tidak bereaksi dengan HCG akan bereaksi dengan anti-HCG lain. Reaksi ini juga menyebabkan munculnya strip merah. Sehingga wanita yang positif hamil akan muncul dua garis merah pada alat test pack.

Tetapi jika test pack dicelupkan pada urine yang tidak mengandung hormon HCG maka hanya akan terjadi reaksi antar-anti-HCG sehingga muncul satu garis merah saja.

Hasil Test Pack Negatif Tetapi Hamil

Tingkat akurasi test pack bisa mencapai 99%. Tapi ingat, tingkat akurasi tersebut untuk hasil positif. Artinya, jika hasil test pack positif (terbentuk dua garis merah) maka dapat dipastikan 99% wanita tersebut hamil.

Bagaimana jika hasil test pack negatif? Hasil test pack negatif tidak selalu mengindikasikan tidak hamil. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan hasil test pack negatif tetapi hamil.

Produksi Hormon HCG Belum Cukup Banyak

Hormon HCG diproduksi kira-kira satu minggu setelah pembuahan sel telur oleh sperma. Sementara itu, kita tidak pernah tahu kapan terjadi pembuahan.

Produksi hormon HCG pada awal pembuahan masih sedikit. Seiring berjalannya waktu, produksi hormon tersebut semakin banyak. Jika saat melakukan test pack kondisi hormon HCG masih sedikit maka reaksi antara HCG dan anti-HCG kemungkinan belum terdeteksi sehingga hanya menghasilkan satu strip merah.

Berikut ini beberapa tips melakukan test pack jika merasakan tanda-tanda kehamilan:
  • Lakukan test pack pada kencing pertama setelah bangun tidur (pagi hari). Konsentrasi hormon HCG pada kondisi ini lebih pekat daripada saat kencing kedua, ketiga, dan seterusnya.
  • Jangan terlalu banyak minum ketika akan melakukan tes agar kondisi urine tidak encer.
  • Hasil test pack negatif jangan keburu dibuang. Simpanlah setidaknya sampai sore hari. Perhatikan hasil test pack tersebut pada siang dan sore hari.
  • Jika hasilnya masih negatif sedangkan Anda merasa ragu, lakukan test pack seminggu sekali. Jika setelah satu bulan hasilnya masih negatif, berarti Anda memang tidak hamil.

Test Pack Kurang Sensitif

Pendeteksian test pack terhadap reaksi antara HCG dan anti-HCG juga didukung oleh tingkat produksi hormon HCG dan kandungan senyawa lain yang ada pada diri setiap orang. Test pack merk tertentu mungkin bisa mendeteksi reaksi tersebut sedangkan test pack yang lain tidak dapat mendeteksi.

Untuk itu, jika Anda merasa hamil tetapi hasil test pack-nya negatif, belilah test pack merk yang lain. Tidak harus yang lebih mahal. Mungkin dengan membeli yang lebih murah malah cocok dengan kondisi tubuh Anda. Setidaknya belilah tiga merk test pack.

Hasil Test Pack Samar-samar

Hasil test pack yang samar-samar (satu garis terang, satu garis lagi blaur/samar-samar/merah mudah) menunjukkan bahwa test pack berhasil mendeteksi reaksi antara HCG dan anti-HCG. Berarti hasil test pack samar-samar termasuk kategori positif.

Kondisi samar-samar ini kemungkinan disebabkan oleh produksi hormon HCG yang belum cukup atau urine terlalu encer. Mungkin juga karena tingkat sensitivitas test pack rendah.

Kesimpulan

Kedua ibu pada kasus di atas sama-sama merasakan tanda-tanda kehamilan tetapi setelah melakukan test pack ternyata hasilnya negatif. Berdasarkan keterangan di atas, kemungkinan kedua ibu tersebut:
  • Tidak hamil: berarti hasil test pack-nya benar sedangkan tanda-tanda kehamilan yang dirasakan oleh kedua ibu tersebut bukan disebabkan oleh faktor kehamilan.
  • Hamil: berarti tanda-tanda kehamilan yang dirasakan oleh kedua ibu tersebut benar-benar disebabkan oleh faktor kehamilan. Sementara itu, test pack tidak berhasil mendeteksi adanya hormon HCG yang dihasilkan oleh ibu hamil (tingkat sensitivitas test pack rendah).

Untuk memastikan kedua ibu tersebut benar-benar hamil atau tidak, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi).

Simak juga: Jenis Makanan yang Dapat Mempercepat Kehamilan.

Demikian, informasi tentang hasil test pack negatif dan tanda-tanda awal kehamilan. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.