Tuesday, 13 September 2016

Memutihkan Wajah dengan Air Cucian Beras

Memutihkan Wajah dengan Air Cucian Beras

Sungguh sayang jika selama ini kita langsung membuang air cucian beras. Ternyata air yang berwarna putih bersih ini ampuh memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Bahkan air leri ini juga efektif mengatasi jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat, mengatasi komedo, mengencangkan kulit, serta mengurangi keriput wajah.

Tak heran jika banyak produk kecantikan yang memanfaatkan permukaan biji beras tersebut sebagai bahan pemutih dan pencerah kulit. Bahkan air beras adalah senjata para supermodel. Di Jepang, lapisan kulit ari (bekatul) ini secara tradisional digunakan sebagai masker untuk menghaluskan, mencerahkan, dan memutihkan kulit. Bukan karena warna beras tersebut yang putih, namun karena khasiat yang terkandung di dalamnya.




Kandungan Gizi Air Cucian Beras

Kandungan gizi beras yang tertinggi terdapat pada kulit arinya, yaitu kulit terluar dari biji padi yang telah dikupas. Sayangnya, lapisan kulit terluar ini mudah larut dalam air. Sehingga hanya sekali cuci saja, warna air langsung berubah menjadi putih.

Di dalam air cucian beras tersebut ternyata terkandung sebagian besar nutrisi beras. Di antara adalah:
  • 80% vitamin B1,
  • 70% vitamin B3,
  • 90% vitamin B6,
  • 50% Mn (mangan),
  • 60% Fe (zat besi),
  • 100% serat, serta
  • asam lemak esensial.
Sayang sekali jika nutrisi-nutrisi tersebut harus terbuang percuma, terutama vitamin B3 dan B6 yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Vitamin B3 berfungsi menambah kelembaban dan mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin yang juga dikenal dengan sebutan niaciamide ini banyak digunakan dalam produk-produk kecantikan dalam bentuk lotion, krim, dan serum.

Sedangkan vitamin B6 berperan dalam memaksimalkan proses regenerasi sel kulit sehingga bermanfaat dalam peremajaan kulit.

Yang tak kalah pentingnya, dalam air cucian beras juga terkandung γ-oryzanol (gamma oryzanol). Gamma oryzanol merupakan kelompok vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, di antaranya untuk:
  • melindungi kerusakan DNA sel kulit,
  • meningkatkan regenerasi sel kulit,
  • mencegah kerusakan serat kolagen dan elastin sehingga dapat mengurangi keriput pada kulit, serta
  • antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas seperti radiasi sinar ultraviolet.

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kulit Wajah




Berdasarkan kandungan yang luar biasa di atas, air cucian beras mempunyai manfaat yang luar biasa pula. Berikut ini beberapa khasiat air cucian beras untuk kesehatan kecantikan kulit wajah.

Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin B6 dan γ-oryzanol dalam air cucian beras sangat efektif memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Regenerasi sel kulit akan berjalan sempurna sehingga sel-sel yang mati akan segera tergantikan oleh sel-sel yang baru. Sehingga kulit wajah tampak putih berseri.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Vitamin B3 yang terkandung dalam air cucian beras akan melembabkan dan melembutkan kulit wajah kita. Hal ini karena pori-pori kulit kita semakin mengecil karena khasiat air cucian beras. Sehingga kulit tampak segar dan lembut.

Memudarkan Warna Gelap karena Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet yang dibawa oleh sinar matahari di antaranya dapat menimbulkan efek pigmentasi. Warna kulit akan menjadi kemerahan bahkan cenderung gelap. Kondisi ini dapat diminimalisir jika kita rutin memanfaatkan air cucian beras. Vitamin B3 dan γ-oryzanol yang terkandung dalam air cucian beras akan menangkal radiasi sinar ultraviolet tersebut.

Menyembuhkan Jerawat dan Komedo

Adanya jerawat dan komedo berarti sel kulit kita sedang mengalami gangguan dan kerusakan. Yang berarti pula bahwa pertahanan kulit wajah kita lemah. Keadaan ini disebabkan karena kulit wajah kita tidak mendapat dukungan dari vitamin B3 dan vitamin E (di antaranya γ-oryzanol). 

Memudarkan Noda Jerawat

Noda jerawat adalah sel mati yang tetap bersarang pada kulit wajah. Hal ini terjadi karena kulit kita tidak mampu meregenerasi sel kulit tersebut. Dengan memanfaatkan air cucian beras, berangsur-angsur noda tersebut akan memudar bahkan hilang sama sekali.

Mengencangkan dan Mengurangi Keriput pada Kulit Wajah

Kulit kendur dan keriput disebabkan karena serat kolagen dan elastin pada kulit wajah kita mengalami kerusakan. Hal ini dapat dicegah dengan memanfaatkan senyawa γ-oryzanol yang terkandung dalam air cucian beras.

Simak juga, Cara Ampuh Mengatasi Kaki Pecah-pecah dengan Scrub Tepung Beras.

Cara Memperoleh Air Cucian Beras yang Benar

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat air cucian beras di atas, tidak berarti kita bisa langsung memanfaatkannya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperoleh air cucian beras agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuang Air Cucian Beras yang Pertama

Siapkan beras untuk dimasak sesuai kebutuhan kemudian masukkan pada panci. Isi dengan air secukupnya dan aduk dengan tangan tiga kali putaran saja kemudian air cuciannya langsung dibuang. Hal ini karena air cucian yang pertama masih mengandung debu dan kotoran yang menempel pada butiran-butiran beras. Air cucian yang pertama ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.

Menampung Air Cucian Beras yang Kedua

Setelah itu, isi kembali panci yang berisi beras tersebut dengan air bersih. Aduk-aduk beras dengan tangan. Cukup dengan gerakan memutar. Tidak perlu meremas-remas dan menekan-nekan butiran-butiran beras.

Setelah beberapa saat (jangan terlalu lama, maksimal 1 menit saja), tampung air cucian beras pada wadah yang lain. Air cucian beras inilah yang akan kita gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Menampung Air Cucian Beras yang Kedua, air leri

Sementara itu, beras yang telah dicuci tinggal kita tambahkan air untuk dimasak. Sehingga beras tersebut tidak kehilangan kandungan gizi dan air cucian beras bisa kita manfaatkan untuk merawat kulit wajah.

Simak juga, Nasi Lebih Putih dan Tidak Cepat Basi Berat Jeruk Nipis.

Cara Menggunakan Air Cucian Beras untuk Kulit Wajah

Setelah kita mendapatkan air cucian beras, langkah selanjutnya adalah menggunakan air leri tersebut untuk kesehatan kulit wajah kita. Ada beberapa cara yang lazim dilakukan oleh masyarakat kita.

Langsung Digunakan untuk Membasuh Muka

Cara ini sangat cocok bila Anda tergolong orang yang selalu memasak nasi setiap hari. Begitu selesai mencuci beras, gunakan air cucian beras tersebut untuk membasuh muka. Gunakan seperti orang sedang berwudlu. Jika perlu, basuh juga tangan dan kaki. Lakukan aktivitas ini secara teratur dan setiap hari. Anda akan mendapatkan kulit wajah yang putih, bening, dan bercahaya.

Membasuh muka dengan air cucian beras, cuci muka dengan air beras

Jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih besar, tampung lagi air cucian beras tersebut dan gunakan untuk menyiram tanaman. Tanaman akan menjadi subur dan berbuah lebat.

Toner Kulit Wajah

Siapkan kapas yang biasanya digunakan sebagai toner atau pembersih wajah. Kemudian rendam kapas tersebut dalam air cucian beras selama 10 menit. Selanjutnya gunakan kapas rendaman tersebut untuk me-lap kulit wajah.

Cara ini cocok bagi Anda yang mempunyai masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, serta noda atau bercak-bercak gelap pada kulit wajah. Anda bisa mengonsentrasikan pada bagian-bagian tertentu yang perlu dilap lebih intensif.

Penggunaan secara rutin dan teratur akan mendapatkan wajah yang bersih, lembut, dan berseri.

Masker Wajah

Sediakan paper napkins atau tissue pembersih tangan dan mulut (bukan toilet tissue, lho). Kemudian potong paper napkins mirip dengan masker wajah. Setelah itu, rendam paper napkins dalam air cucian beras selama 10 menit.

Selanjutnya, peras paper napkins dan tempelkan pada wajah. Diamkan sekitar 15 menit sambil merasakan kesegarannya. Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lembut, putih, dan mulus.

Lulur Wajah

Simpan air cucian beras dalam kulkas. Biarkan selama beberapa jam hingga terjadi endapan. Setelah itu, pisahkan air dan endapan dalam wadah yang berbeda.

Gunakan air tersebut untuk membasuh muka kemudian lap dengan handuk bersih. Selanjutnya gunakan endapan air beras untuk lulur wajah. Diamkan sekitar 15 menit kemudian basuh dengan air bersih.

Lakukan perawatan ini setidaknya 2 - 3 kali seminggu. Secara berangsur-angsur Anda akan mendapatkan kulit yang putih merona.

Saran

Ketika sedang mencuci beras untuk dimasak, jangan memaksakan diri untuk mendapat kandungan cucian air beras. Janganlah terlalu lama dan terlalu menekan ketika sedang mencucinya. Anda memang akan mendapatkan kandungan maksimal dari air cucian beras, tetapi beras yang akan Anda masak akan kehilangan banyak nutrisi.

Jangan pula menumbuk beras untuk mendapatkan air beras yang lebih pekat. Karena sejatinya kandungan beras untuk memutihkan dan mencerahkan kulit terdapat pada permukaannya.

Yang perlu saya ditekankan, kita hanya memanfaatkan air cucian beras. Bukan sengaja membuat air beras. Dengan demikian, kita mendapat manfaat dari dua sisi. Pertama, air cucian beras tidak terbuang percuma. Kedua, beras yang akan kita masak tidak sampai kehilangan banyak nutrisi.

Simak juga, 6 Sayur Ini Bisa Bikin Kulit Mulus Putih Merona.

Demikian, informasi tentang kandungan dan manfaat air cucian beras serta cara menggunakannya untuk memutihkan dan mencerahkan wajah. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.