Saturday, 7 February 2015

Cara Mengonsumsi Sayur Setiap Hari

Mengonsumsi Sayur, makanan bersayur, menambah sayur

Di Indonesia terutama di Jawa, kalau ingin mengonsumsi sayur harus membuat masakan tertentu, misal sayur sop, sayur lodeh, sayur asem, dan lain-lain. Apa tidak bosan? Apa tidak ingin gulai kambing, kare ayam, rawon, soto ayam?

Masakan Indonesia memang banyak yang tidak bersayur atau sayurnya terlalu sedikit, seperti gulai, kare, rendang, rawon, dan soto. Jenis makanan tersebut sebenarnya kurang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang sehat dalam satu porsi minimal ada 3 kandungan. Pertama, nasi sebagai karbohidrat, kedua lauk pauk sebagai protein dan lemak, dan ketiga sayur sebagai vitamin dan mineral. Tinggal menambah buah dan susu untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Untuk menambah vitamin dan mineral pada masakan yang tidak bersayur, kita seharusnya bisa menambah sayur sendiri sehingga kita dapat mengonsumsi sayur setiap hari pada setiap jenis masakan.

Menambah Sayur pada Gulai, Rendang, dan Kare




Kita sudah terlanjur terbiasa makan masakan gulai, rendang, dan kare tanpa sayur. Rasanya seperti camplang ketika jenis masakan tersebut ditambah sayur. Tapi bagi orang yang sudah terbiasa setiap harinya mengonsumsi sayur, justru terasa camplang makan tanpa sayur. Jenis masakan apapun selalu ditambah sayur.

Untuk menambah sayur pada masakan gulai, rendang, dan kare caranya cukup sederhana. Rebus daun singkong, kacang panjang, sawi, atau sayur lainnya. Hasil rebusan sayur tersebut letakkan pada tempat tersendiri, jangan dicampur dengan kuah gulai, rendang, atau kare. Ketika mau makan, ambil nasi, taruh rebusan sayur di atas nasi, kemudian tuangkan kuah gulai, rendang, atau kare.

Mau tahu rasanya? Siip! Mirip masakan padang. Bagi yang belum pernah, mungkin membayangkan saja sudah terasa aneh. Agar tidak terasa aneh, silakan dicoba dulu.

Menambah Sayur pada Soto dan Rawon

masakan bersayur, menambah masakan dengan sayur
Rawon dan soto sebenarnya sudah ada sayurnya, tetapi terlalu sedikit. Kita tinggal menambah variasi sayur saja. Bisa ditambah kubis, kecambah, ketimun, selada, atau yang lainnya. Kok aneh. Sebenarnya tidak aneh, di daerah-daerah tertentu hal itu sangat lumrah.

Caranya menambah sayur pada rawon dan soto juga sangat sederhana. Siapkan kubis/kol. Iris tipis-tipis, tidak perlu direbus (seperti irisan kubis pada bakso). Ketika mau makan, ambil nasi dan taruh irisan kubis di atas nasi. Boleh ditambah rebusan kecambah/tauge, irisan ketimun, tomat, atau daun selada. Tuangkan kuah soto atau rawon. Mantab! Silakan dicoba.

Jenis masakan apapun upayakan selalu ada sayurnya. Untuk makanan yang tidak ada kuahnya, buatlah lalapan sayur dengan sambal, saos, bumbu kacang, bumbu rujak, mayonnaise, dan lain-lain. Dengan demikian, makanan kita tetap mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup.

Simak juga Sayur Kangkung Ternyata Dapat Menyebabkan Diare.

Demikian informasi tentang tips mengonsumsi atau menambah sayur pada setiap makanan kita. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.