Monday, 8 June 2015

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

bau mulut

Sudah jamak pada saat berpuasa bau mulut terasa tidak sedap. Meskipun demikian, alangkah baiknya jika masalah bau mulut saat berpuasa ini diatasi. Sehingga kita dapat beribadah puasa dan bersosialisasi tanpa rasa minder.

Jika kita berpuasa di bulan Ramadhan mungkin banyak orang yang tidak mempermasalahkan bau mulut karena sama-sama berpuasa. Tetapi jika kita berpuasa sunnah di luar bulan Ramadhan, puasa Senin-Kamis misalnya, bau mulut kita akan tercium tidak sedap di hadapan orang yang tidak berpuasa.




Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut saat berpuasa sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Tapi karena kita adalah makhluk yang diberi akal, sebaiknya kita ketahui faktor penyebabnya. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, kita akan dapat menentukan cara mengatasinya.

Detoksifikasi Tubuh Saat Puasa Meningkat

Selain mengistirahatkan organ-organ tubuh, pada saat puasa juga terjadi proses pembersihan dan pelepasan racun dari dalam tubuh kita yang dikenal dengan istilah detoksifikasi. Detoksifikasi sebenarnya juga terjadi pada saat kita sedang tidak berpuasa. Tetapi saat berpuasa, detoksifikasi ini lebih meningkat dan lebih menyeluruh.

Proses pembersihan dan pelepasan racun ini terjadi di usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru, kulit, dan di semua organ tubuh. Kotoran dan racun hasil detoksifikasi ini di antaranya dikeluarkan lewat mulut.  Akibatnya, napas yang keluar dari orang yang sedang berpuasa kurang sedap.

Produksi Air Liur Berkurang

Di dalam mulut terdapat bakteri-bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas belerang yang menimbulkan bau tak sedap. Bakteri-bakteri tersebut selalu dihalau dan dibersihkan oleh air liur atau saliva. Ketika kita sedang berpuasa, produksi saliva berkurang. Dengan demikian bakteri-bakteri penyebab bau busuk tersebut akan berkembang dengan pesat.

Air liur juga berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup sel-sel di dalam mulut. Jika produksi air liur berkurang maka mulut mengalami kekeringan sehingga sel-sel tersebut banyak yang mati. Sel-sel yang mati ini juga memicu timbulnya bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa




Meskipun banyak di antara kita yang menyadari bahwa bau mulut saat berpuasa memang tidak sedap, bagaimanapun juga tetap mengganggu. Alangkah eloknya, di saat berpuasa tubuh tetap bugar dan tidak mengeluarkan bau, terutama bau mulut. Berikut ini beberapa kiat untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa.

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih dapat mengatasi bau mulut saat puasa, air mineral
Minum air putih 8 - 10 gelas sejak berbuka puasa sampai sahur dapat mengatasi bau mulut di siang hari. Selain membersihkan area rongga mulut, air putih juga membantu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut dan gigi kita terjaga kebersihannya.

Minum Teh Hijau

Minum teh hijau saat berbuka puasa dan sahur juga membantu mengatasi bau mulut di siang hari. Teh hijau mengandung polifenol yang ampuh membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernapasan. Selain itu, teh hijau juga mengandung catechin yang efektif membunuh bakteri pada mulut.

Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat banyak terdapat pada buah dan sayur. Mengonsumsi sayur dan buah membuat kita lebih lama mengunyah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Makanan jenis ini kandungan airnya juga tinggi sehingga dapat membantu produksi alir liur, seperti semangka dan bengkoang. Selain itu, jenis buah-buahan tertentu juga ampuh mengatasi bau mulut saat berpuasa, di antaranya apel dan strawberry.

Menggosok Gigi

Rajin menggosok gigi dapat mengurangi bau mulut saat puasa, menyikat gigi
Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan sahur. Menggosok gigi berguna untuk membersihkan sisa-sisa makan yang tersangkut pada celah-celah gigi dan gusi. Sisa-sisa makanan ini adalah media berkembang biaknya bakteri pada mulut.

Jangan Tidur Terlalu Lama

Tidur terlalu lama saat puasa juga memicu bau mulut yang tidak sedap. Tidur yang kelamaan juga mengakibat keluar air liur yang tidak sedap.

Olahraga Ringan

Berolahraga di sore hari menjelang berbuka puasa juga membantu mengatasi bau mulut. Dalam hal ini olahraga bermanfaat dalam melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau mulut.

Simak juga Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Puasa.

Bila dengan cara-cara di atas bau mulut belum teratasi, segera konsultasikan ke dokter. Kemungkinan bau mulut tersebut adalah faktor bawaan dari penyakit tertentu. Bau mulut juga bisa terjadi karena gigi berlubang, karang gigi, infeksi gusi, gangguan lambung, gangguan pernapasan, diabetes, atau penyakit dalam lainnya.

Simak juga Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan secara Alami.

Demikian berbagi informasi tentang cara mengatasi bau mulut terutama saat puasa. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.