Wednesday, 11 February 2015

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Sakit Kepala, pusing, ngelu, ngilu, migran

Biasanya kalau kita sedang sakit kepala, yang kita lakukan pertama kali adalah memijat-mijat bagian yang sakit. Kadang-kadang hanya dengan memijat saja rasa nyeri di kepala sudah hilang. Rasa pusing ini kadang-kadang juga hilang hanya dengan menyiram kepala kita dengan air.




Ada kalanya ketika terasa ngilu kita langsung minum obat sakit kepala. Langkah-langkah tersebut sebenarnya hanya meredakan sakit kepala saja, bukan menyembuhkan. Tapi itu tidak salah, setidak-tidaknya kita masih bisa beraktivitas lagi.

Terjadinya Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi pada siapa saja. Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Gejala sakit kepala yang sering kita rasakan adalah rasa nyeri di sekitar belakang kepala, bagian atas kepala, sekitar kening, sekitar pelipis, atau kadang-kadang di sekitar leher.

Sakit kepala yang istilah medisnya chephalagia terjadi karena adanya kekakuan otot di sekeliling batok kepala, leher, dan bahu. Kekakuan otot ini mengakibatkan peredaran darah tidak lancar sehingga timbul rasa nyeri dan ngilu. Penyebabnya bisa karena faktor makanan, terlambat makan, kurang tidur atau istirahat, cuaca, hormon, tekanan darah, dan stres.

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Banyak yang dilakukan orang untuk menyembuhkan sakit kepala. Mulai dari minum obat, baik medis maupun herbal, pijat, mengompres dengan air dingin, dan lain-lain.

Minum Obat Sakit Kepala

Sejatinya tidak ada obat (tradisional maupun modern) yang dapat menyembuhkan sakit kepala. Pada setiap kemasan selalu tertulis 'meringankan atau meredakan sakit kepala'. Artinya obat itu hanya menidurkan penyakitnya saja, suatu saat penyakit itu akan bangun lagi. Namun, bagaimanapun juga, obat sakit kepala itu sangat ampuh, hanya beberapa menit sudah terasa khasiatnya (jika sesuai dengan kondisi tubuh kita).




Tetapi terlalu sering minum obat, efeknya kurang baik bagi kesehatan. Sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter untuk mengenali lebih lanjut jenis sakit kepala yang sedang Anda derita.

Pijat

Pijat berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Karena itu, kita sering melihat orang yang sedang sakit kepala memijat-mijat bagian yang terasa nyeri atau ngilu. Jika dilakukan dengan benar maka sakit kepalanya akan sembuh. Sembuh sementara, nanti kalau sakit kepala lagi, pijat lagi.

Pijat yang dilakukan secara teratur dan terjadwal akan dapat menyembuhkan sakit kepala secara total. Tapi ini jarang dilakukan orang, boleh dikatakan tidak ada. Orang pijat biasanya hanya pada saat mengalami keluhan-keluhan tertentu.

Olahraga Teratur

Olahraga ringan, stretching, peregangan
Ini yang bisa menyembuhkan sakit kepala. Olahraga hampir mempunyai fungsi yang sama dengan pijat dalam mengatasi sakit kepala, yaitu memperlancar peredaran darah. Tentunya olahraga tersebut tidak dilakukan pada saat sakit kepala. Sakitnya diredakan dulu, setelah itu rajin berolahraga.

Tetapi olahraganya harus dilakukan dengan benar dan terukur. Dengan olahraga yang benar, sirkulasi darah akan selalu lancar, semua otot dan persendian akan mengalami pelemasan. Dengan demikian, kekakuan otot yang menjadi penyebab sakit kepala akan segera teratasi secara permanen.

Olahraga yang benar itu tidak capek dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Silakan simak, Olahraga Ringan untuk Kesehatan.

Di samping berolahraga secara teratur, agar sakit kepala tidak menyapa lagi, perbanyak minum air putih, makan kentang, pisang, tidur teratur, dan menghindari stress.

Simak juga, Hanya Cara Ini yang Ampuh Menyembuhkan Asma.

Demikian informasi tentang tips menyembuhkan sakit kepala dengan berolahraga secara tartur dan terukur. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.