Wednesday, 18 February 2015

Mengatasi Sakit Leher dengan Senam

Sakit Leher, nyeri leher, cengeng, leher kaku

Terlalu lama duduk di depan komputer dan kondisi badan sedang tidak fit, akan mudah sekali terjadi nyeri leher. Nyeri leher tersebut akan semakin terasa bila digunakan untuk menoleh, mengangguk, atau menengadah. Nyeri leher seperti ini terjadi karena otot leher terlalu lama dalam kondisi diam sehingga mengalami kekakuan otot.




Sakit leher juga terjadi ketika kita bangun tidur. Penyebabnya adalah salah posisi saat tidur. Cara menanganinya, menurut mitos yang berkembang di masyarakat, bermacam-macam. Ada yang bilang bantalnya harus dijemur. Ada yang bilang lehernya harus diolesi air liur. Anehnya, air liur yang digunakan untuk mengolesi leher harus ludah habis bangun tidur sebelum berkumur atau minum. Ya, ludah yang masih bau itu. Orang Jawa bilang idu basin.

Penyebab Sakit Leher

Sakit leher yang dimaksud dalam artikel ini adalah sakit leher ringan yang disebabkan oleh ketegangan atau kekakuan otot. Ketegangan otot ini menimbulkan rasa nyeri pada leher sehingga terasa sakit ketika menoleh. Ketegangan otot tersebut disebabkan oleh karena terlalu lama duduk di depan komputer, mesin jahit, salah posisi tidur, cemas, dan stres.

Selain kekakuan otot, sakit leher juga disebabkan oleh adanya pengapuran otot dan tulang di sekitar leher. Penyebab ini biasanya terjadi pada orang yang menginjak usia tua. Penyebab lainnya adalah penyempitan saraf. Penyempitan saraf terjadi karena kesalahan posisi, misal posisi tidur.

Cara Mengatasi Sakit Leher




Banyak cara untuk mengatasi sakit leher. Di antaranya adalah mengompres air dingin kemudian dilanjutkan air hangat, melakukan pijat, minum ramuan penghilang rasa nyeri, dan melakukan senam leher. Di antara beberapa cara tersebut yang paling ampuh adalah melakukan senam leher.

Senam Leher

Senam leher bertujuan untuk menggerakkan semua otot dan persendian di sekitar leher. Selain itu, senam leher akan memperlancar sirkulasi darah di sekitar leher. Dengan melakukan senam ini, otot dan persendian tidak mengalami kekakuan lagi. Peredaran darah pun berjalan lancar.
senam leher, peregangan leher, neck stretching
Senam leher adalah cara yang ampuh, paling murah, dan bisa dilakukan kapan saja. Begitu Anda merasa sakit leher Anda langsung bisa menerapkan senam leher berikut ini.
  • Pertama berdiri tegak terlebih dahulu, boleh sambil berkacak pinggang. Pandangan mata lurus ke depan. Kemudian gerakkan kepala menoleh ke kiri 2 kali dan ke kanan 2 kali sampai hitungan ke-8. Jika agak sakit lakukan pelan-pelan saja. Ulangi lagi sampai 3 kali.
  • Gerakan berikutnya adalah mengangguk dan menengadah. Gerakkan kepala mengangguk 2 kali dan menengadah 2 kali sampai hitungan ke-8. Ulangi gerakan ini sampai 3 kali. Lebih efektif dilakukan sambil berdiri dan berkacak pinggang.
  • Dengan dua gerakan di atas sakit leher mulai mereda. Lakukan gerakan berikutnya agar lebih terasa hasilnya, yaitu memiringkan kepala. Gerakkan kepala miring ke kiri 2 kali dan ke kanan 2 kali sampai hitungan ke-8. Ulangi sampai 3 kali.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan memutar kepala. Putar kepala ke kiri 2 kali dan ke kanan 2 kali sampai hitungan ke-8. Ulangi sampai 3 kali.

Wah, jangankan senam leher, menoleh sedikit saja sudah terasa sakit. Jika dipakai senam leher terasa sakit, lakukan stretching (peregangan) terlebih dahulu.

Peregangan Leher

Stretching atau peregangan leher bertujuan untuk meregangkan dan melemaskan semua otot dan persendian di sekitar leher. Dengan melakukan stretching, kekakuan otot leher akan segera teratasi. Gerakan stretching leher pada dasarnya sama dengan gerakan senam leher, bedanya pada stretching ada gerakan yang dipertahankan sampai beberapa detik.
  • Gerakkan kepala menoleh ke kiri pelan-pelan. Pertahankan beberapa saat sampai hitungan ke-8. Kemudian lakukan hal yang sama untuk gerakan ke kanan. Ulangi sampai 3 kali.
  • Gerakkan kepala mengangguk pelan-pelan. Pertahankan beberapa saat sampai hitungan ke-8. Kemudian lakukan hal yang sama untuk gerakan menengadah. Ulangi sampai 3 kali.
  • Gerakkan kepala miring ke kiri pelan-pelan. Pertahankan beberapa saat sampai hitungan ke-8. Kemudian lakukan hal yang sama untuk gerakan ke kanan. Ulangi sampai 3 kali.

Nah, setelah melakukan peregangan, lakukan senam leher. Sekarang coba rasakan. Sakit lehernya sudah sembuh kan? Jika dengan cara tersebut sakit leher Anda belum sembuh, berarti penyebabnya bukan ketegangan otot. Segera konsultasikan dengan dokter ahli.

Simak juga, Cara Menyembuhkan Sakit Kepala.

Demikian informasi tentang cara mengatasi nyeri leher dengan senam. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.