Saturday, 30 May 2015

Cara Ampuh Mengatasi Batuk Akut secara Alami

Batuk akut, kronis, flu

Batuk, ringan atau berat, tetap saja mengganggu. Apalagi batuk menyerang ketika kita sedang di kelas atau di kantor, ketika kita sedang ujian di sekolah atau sedang rapat di kantor. Bahkan ketika sedang santai pun terasa tidak nyaman jika batuk tiba-tiba menyerang.

Batuk juga membuat kita panik jika menyerang anak kita. Tak tega rasanya menyaksikan anak kita batuk tak henti-hentinya. Matanya sayu dan mukanya memerah akibat menahan dan mengeluarkan batuk.

Penyebab Batuk




Batuk adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda-benda asing yang berada pada saluran pernapasan, hidung, dan mungkin telinga. Benda-benda asing tersebut bisa berupa lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Dalam hal ini, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh. Batuk seperti ini disebabkan oleh alergi, tersedak waktu makan atau minum, dan menghirup asap di sekitarnya.

Batuk juga mengindikasikan gejala suatu penyakit. Mungkin seseorang yang batuk karena sedang flu, infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), asma, atau tuberculosis (TBC). Jadi, jangan pernah meremehkan batuk. Batuk bisa berarti kejadian yang wajar dan bisa pula kejadian yang serius. Kenali dulu penyebab dan latar belakangnya.

Jenis Batuk

Ada batuk kering dan ada batuk berdahak. Batuk kering terjadi karena saluran pernapasan bagian atas mengalami peradangan. Ciri batuk jenis ini adalah adanya rasa gatal pada tenggorokan. Sedangkan batuk berdahak disebabkan karena adanya lendir pada saluran pernapasan. Batuk berdahak akan terasa lebih ringan jika lendir berhasil keluar bersama batuk.

Berdasarkan durasinya, batuk dibedakan menjadi batuk akut dan batuk kronis. Batuk akut adalah batuk yang menyerang secara terus-menerus selama kurang lebih dua minggu. Setelah itu batuk mereda dan sembuh. Tetapi, jika batuk tersebut hanya mereda sesaat kemudian kambuh lagi, mereda lagi, kambuh lagi dalam tiga bulan, maka batuk tersebut masuk dalam kategori batuk kronis.

Batuk akut biasanya disebabkan oleh flu dan pilek. Sedangkan batuk kronis umumnya disebabkan oleh asma, TBC, dan pertusis atau batuk rejan (batuk 100 hari). Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) dan naiknya asam lambung (GERD) juga menyebabkan batuk kronis.

Cara Ampuh Mengatasi Batuk Akut




Sebenarnya, batuk akut akan mereda dengan sendirinya sekitar dua minggu tanpa penyembuhan. Obat batuk, modern maupun alami, hanya meringankan dan mengurangi intensitas batuk. Tanpa obat batuk pun, batuk akan tetap mereda sekitar dua minggu. Tetapi, bagaimanapun juga, obat batuk tetap menolong. Berikut ini beberapa tips yang efektif mengatasi batuk akut.

Hangatkan Tubuh

Kuman merasa tidak nyaman bila tubuh kita selalu hangat dan segar. Karena itu, pakailah jaket agar tubuh Anda tetap hangat. Mandilah dengan air hangat, makan dan minum yang hangat. Anda juga bisa mengolesi bagian dada, leher, hidung dengan minyak kayu putih agar tetap hangat.

Jangan Tidur dengan Menyalakan Kipas Angin

Batuk lebih intens menyerang ketika malam hari. Bisa-bisa semalaman kita tidak bisa tidur. Apalagi kalau kita tidur menyalakan kipas angin. Angin yang bertiup ke arah kita dalam kamar yang tertutup akan lebih memicu serangan batuk. Karena itu, matikan kipas angin ketika tidur. Lebih baik tidur berkeringat daripada terus-terusan terserang batuk.

Kurangi Makanan yang Berminyak dan Manis

Makanan yang berminyak dan manis juga memperparah serangan batuk. Makanan yang berminyak merangsang pengeluaran lendir pada tenggorokan. Lendir pada tenggorokan merupakan media berkembangnya kuman sehingga serangan batuk menjadi lebih intens.

Sedangkan makanan manis sangat disukai oleh kuman. Kuman akan lebih cepat berkembang biak pada media yang mengandung gula. Bukan manisnya yang menyebabkan batuk, tetapi pada makanan yang manis terdapat kuman. Jadi, jika kita sedang terserang batuk dan mengonsumsi makanan yang manis maka serang batuk tersebut akan semakin membabi buta.

Mengonsumsi Madu, Jeruk Nipis, dan Jahe

Madu juga manis tetapi manisnya madu tidak disukai oleh kuman. Kuman tidak dapat berkembang biak dalam madu karena kandungan airnya relatif kecil. Madu justru efektif meredakan batuk. Dekstrometorfan (DM) yang terkandung dalam madu sangat mujarab meredakan batuk.

Untuk meredakan batuk, madu bisa langsung diminum. Baik juga dibuat ramuan dengan jeruk nipis dan jahe. Kandungan jeruk nipis bersifat ekspektoran yang efektif mengeluarkan dahak. Sementara itu, jahe mengandung shogaols yang ampuh memerangi virus penyebab flu dan batuk. Jahe juga bisa dibuat minuman yang biasa dikenal dengan istilah wedang jahe. Wedang jahe sangat efektif mengatasi batuk karena memberikan efek menghangatkan.

Jika dengan cara-cara di atas batuk belum mereda lebih dari dua minggu, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter. Kemungkinan Anda menderita batuk kronis yang merupakan bawaan dari penyakit tertentu.

Simak juga, Hanya Cara Ini yang Ampuh Menyembuhkan Asma.

Demikian berbagi informasi tentang cara alami mengatasi batuk akut. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.