Monday, 2 February 2015

Olahraga Ringan untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga ringan, senam, jogging, stretching untuk kesehatan

Kata atau frase yang selalu dihubungkan dengan kesehatan adalah olahraga. Tetapi, ketika kita mendengar kata olahraga, yang ada di pikiran kita adalah capek, berat, tidak ada waktu, malas, dan lain-lain. Itu karena yang ada di bayangan kita tentang olahraga adalah sepakbola, basket, bulutangkis, volley, tenis, dan sejenisnya.

Kalau kita tidak mempunyai kemampuan dan kegemaran tentang jenis-jenis olahraga tersebut tentunya kita akan berat melakukannya. Jangankan melakukannya, nonton saja malas, apalagi mengikuti berita-berita tentang jenis-jenis olahraga tersebut.

Antara Olahraga untuk Kesehatan dan Olahraga untuk Kejuaraan




Olahraga untuk kesehatan tidak sama dengan olahraga untuk kejuaraan. Olahraga untuk kejuaraan butuh keahlian dan kemampuan khusus. Kalau seseorang tidak mempunyai  kemampuan dan keahlian sepakbola, sulit sekali mengajak orang tersebut untuk sepakbola.

Di samping itu, olahraga untuk kejuaraan jenis tertentu, biasanya untuk kalangan tertentu, misal golf. Sedangkan olahraga untuk kesehatan bisa dilakukan oleh semua orang dan semua kalangan.

Olahraga untuk kesehatan mempunyai gerakan yang seimbang antara bagian tubuh sebelah kiri dan kanan, misal senam. Sedangkan olahraga untuk kejuaraan kadang-kadang hanya beberapa bagian tubuh saja yang dominan bergerak, contohnya bulutangkis.

Jenis Olahraga untuk Kesehatan

stretching, peregangan, senam

Jogging

Jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan rendah, biasanya di bawah kecepatan 10 km/jam. Umumnya jogging dikenal dengan istilah lari-lari kecil atau jalan cepat. Jogging akan menggetarkan seluruh bagian tubuh terutama bagian-bagian tubuh yang berlemak, seperti perut dan pipi. Jogging bermanfaat untuk memperlancar peredaran dan meningkatkan performa jantung.

Senam

Senam adalah aktivitas fisik dengan kombinasi gerakan yang serasi, seimbang, dan terpadu. Senam akan menggerakkan, melenturkan, dan mengkoordinasi semua otot dan persendian. Sehingga senam sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko cidera ketika kita beraktivitas fisik sepanjang hari.




Stretching

Stretching adalah aktivitas meregangkan otot dan persendian sampai maksimal kemudian dipertahankan beberapa saat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kelenturan otot dan jangkauan persendian. Stretching sangat baik dilakukan sebelum atau setelah berolahraga agar tidak mengalami nyeri, linu, atau njarem.

Olahraga untuk Kesehatan itu Tidak Capek

Karena olahraga untuk kesehatan itu mempunyai gerakan yang seimbang antara bagian tubuh sebelah kiri dan kanan maka olahraga ini tidak capek, tidak terasa nyeri atau njarem setelah melakukannya.

Cara melakukan olahraga untuk kesehatan harus benar. Temponya harus diatur. Dimulai dari pelan-pelan dulu, kemudian agak cepat, dan kembali ke pelan-pelan lagi.

Olahraga untuk Kesehatan itu Tidak Butuh Waktu Lama

Jangan kelamaan berolahraga, lakukan antara 15 - 30 menit saja, yang penting rutin setiap hari. Terlalu lama berolahraga hanya menguapkan air dalam tubuh dalam bentuk keringat. Napas terengah-engah dan kehausan. Pakailah alarm atau timer supaya kegiatan olahraga Anda tidak kebablasan.
olahraga 15 - 30 menit, tidak lama, tidak capek
Inti dari olahraga untuk kesehatan adalah rutinitas. Jika kita terbiasa berolahraga, tubuh kita akan segera beradaptasi. Organ-organ tubuh kita juga akan berfungsi secara normal. Bahkan pola makan pun akan beradaptasi dengan sendirinya jika organ-organ tubuh kita sudah berfungsi normal.

Olahraga untuk Kesehatan itu Membuat Kita Ketagihan

Jika olahraga tersebut Anda lakukan di pagi hari maka sepanjang hari badan akan terasa segar. Di malam hari Anda akan merindukan datangnya pagi untuk berolahraga lagi.

Orang yang tidak pernah berolahraga kemudian melakukan olahraga untuk kesehatan, akan sangat terasa perbedaannya. Badan lebih ringan, lebih gesit, lebih bugar yang akan terasa sepanjang hari. Sedangkan bagi orang yang sudah rutin berolahraga, tidak terasa perbedaan sama sekali karena setiap harinya memang begitu. Tetapi akan sangat terasa ketika ia berhenti berolahraga. Badan akan terasa letih, lesu, dan kurang bersemangat.

Olahraga untuk Kesehatan itu Bisa Menurunkan Berat Badan

Jika olahraga tersebut Anda lakukan dengan benar, percayalah tidak terlalu lama berat badan Anda akan ideal. Yang gemuk akan menjadi ideal, yang kurus akan menjadi ideal.

Jika Anda gemuk maka berat badan Anda akan perlahan turun sampai mencapai berat badan ideal. Setelah mencapai berat badan ideal, berat badan tidak akan turun lagi meskipun tetap berolahraga. Demikian juga bagi Anda yang kurus, secara perlahan-lahan berat badan akan naik sampai mencapai berat badan ideal.

Simak juga, Kiat Menurunkan Berat Badan tanpa Diet.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan

Secara umum manfaat olahraga untuk kesehatan adalah melancarkan sirkulasi darah dan menormalkan fungsi organ-organ tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah dan normalnya fungsi organ tubuh maka kita seakan mempunyai perisai untuk menangkal berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh kita.

Simak juga, Berbagai Penyakit Sembuh setelah Rutin Berolahraga.

Demikian sekedar sharing informasi tentang olahraga ringan untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.