Tuesday, 31 March 2015

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Bau badan, bau ketiak, BB

Siapa pun akan kehilangan rasa percaya diri ketika sedang berkeringat dan keluar bau badan (BB) dari tubuhnya. Ia akan minder saat berdekatan dengan orang lain. Ia selalu berusaha menjaga jarak. Tidak berani mengangkat tangan dengan bebas.

Memang banyak cara modern dan instan untuk menghilangkan bau badan, di antaranya dengan deodorant. Selama deodorant itu masih bekerja, bau badan akan teratasi. Tetapi jika masa efektif deodorant tersebut sudah habis maka bau badan yang tidak sedap akan tercium lagi. Alangkah baiknya jika kita juga melakukan perawatan bau badan dari dalam, secara alami.




Munculnya Bau Badan

Sebenarnya bukan keringat yang menyebabkan bau badan. Coba ketika kita habis mandi dan berkeringat, bau badan tidak tercium dari tubuh kita. Bau badan akan muncul jika keringat bercampur dengan bakteri. Bakteri yang menimbulkan bau badan ini banyak terdapat pada ketiak, hidung, kepala, dan sekitar kemaluan. Keringat yang keluar dari tubuh kita berasal dari kelenjar accrine dan kelenjar apocrine.

Kelenjar Accrine (Kelenjar Keringat Luar)

Kelenjar accrine menghasilkan kelenjar bening, asin, dan tidak berbau. Kelenjar ini merupakan sisa-sisa metabolisme tubuh. Jadi, kelenjar ini diproduksi sejak kita bayi, biasanya keluar di telapak tangan, telapak kaki, kening, dan punggung.

Kelenjar Apocrine (Kelenjar Keringat Dalam)

Kelenjar apocrine biasanya keluar pada tempat tumbuhnya rambut seperti ketiak, hidung, kepala, dan kemaluan. Kelenjar tersebut pertama diproduksi ketika seseorang mengalami pubertas. Kelenjar ini berisi lemak, protein, dan karbohidrat. Keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine bila dibiarkan terlalu lama akan mengundang bakteri penyebab bau badan.
ketiak tempat tumbuh bakteri penyebab bau badan
Bau badan akan muncul ketika bakteri mencapai permukaan kulit yang basah dan lembab oleh keringat. Bakteri tersebut akan berkembang biak dengan cepat dan menguraikan keringat dari kelenjar apocrine menjadi asam yang mudah menguap. Sehingga terciumlah bau yang tidak sedap dari tubuh kita. Di antara bakteri yang menimbulkan bau badan yang terkenal adalah Propionobacteria dan Staphylococcus epidermidis.

Propionobacteria

Propionobacteria adalah jenis bakteri yang dapat dijumpai di seluruh bagian tubuh manusia ini. Bakteri ini akan menguraikan keringat yang mengandung protein. Dengan adanya bakteri ini, keringat akan terurai menjadi asam propionat atau asam cuka. Akibatnya bau badan yang ditimbulkan beraroma kecut seperti cuka.

Staphylococcus epidermidis

Staphylococcus epidermidis adalah bakteri yang secara alami hidup pada kulit manusia. Jika kulit kita basa atau lembab oleh keringat maka bakteri tersebut akan menguraikan keringat menjadi asam isovalerik. Asam ini berbau tidak sedap seperti keju busuk.

Simak juga Penyebab Mudah Berkeringat.

Makanan yang Harus Dihindari atau Dikurangi agar Tidak Timbul Bau Badan

Selain bakteri pembawa bau badan, jenis makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab bau badan. Jenis makanan berikut ini diduga menjadi penyebabnya. Jika jenis makanan tersebut kesukaan Anda sebaiknya dikurangi.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih mengeluarkan aroma yang menyengat. Penggunaan bawang merah dan bawang putih secara berlebihan membuat kandungan belerang di dalamnya akan dikeluarkan berupa keringat yang berbau tidak sedap. Sebaiknya jangan dihindari, cukup dikurangi saja. Karena masakan tanpa bawang merah dan bawang putih rasanya kurang sedap.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak, daging merah, cepat saji, sebagai penyebab bau badan
Orang yang suka mengonsumsi jenis makanan yang berlemak tinggi atau jenis makanan yang berminyak mempunyai risiko mengeluarkan bau badan tidak sedap. Misal, terlalu banyak mengonsumsi lemak daging kambing akan mengeluarkan bau badan yang tidak sedap atau lebus.

Makanan Cepat Saji

Makan cepat saji (junk food = makanan sampah) adalah makanan yang rendah serat. Makanan cepat saji lebih cepat membusuk di dalam tubuh. Sehingga napas dan keringat yang dikeluarkan tubuh lebih berbau.

Daging Merah

Proses pencernaan daging relatif lebih lama. Sehingga sebagian ada yang tidak sempat dicerna secara sempurna. Akibatnya akan mengeluarkan gas yang berbau busuk. Sisa metabolisme ini sebagian akan dikeluarkan dalam bentuk keringat.

Makanan yang Disarankan agar Tidak Timbul Bau Badan




Buah dan Sayuran Segar

Secara umum, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur segar adalah cara yang paling jitu untuk mengatasi bau badan. Buah dan sayuran segar mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu mengurangi bau badan. Seperti sayur lobak, buah pir, apel, jeruk, pisang, melon, dan lain-lain.

Daun Kemangi

mengonsumsi daun kemangi dapat mengurangi bau badan
Mengonsumsi daun kemangi secara rutin di pagi dan sore hari akan terhindar dari bau badan. Kemangi biasanya digunakan sebagai
lalapan, campuran sayur pecel, dan urap-urap.

Daun Beluntas

Beluntas merupakan tumbuhan semak yang biasanya ditanam sebagai tanaman pagar pekarangan. Namun ternyata selain dapat digunakan sebagai tanaman pagar, beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan. Caranya hanya dengan mengonsumsinya sebagai lalapan atau dimasak terlebih dahulu.

Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang dikenal ampuh menghilang bau badan yang tidak sedap. Cara memanfaatkannya hanya dengan mengonsumsi bunga tersebut secara rutin. Di Jawa Barat, kuntum bunga kecombrang biasanya dimasak dan dijadikan lalapan. Sedangkan di Jawa Tengah. khususnya di Banyumas, bunga kecombrang dikukus dan dijadikan sayuran pada nasi pecel.

Simak juga Tips Mengatasi Bau Mulut.

Perilaku Sehat agar Tidak Keluar Bau Badan

bau badan, badan segar, bau ketiak

Rajin Mandi

Mandi berarti menghapus keringat yang masam dan mengendalikan pertumbuhan bakteri. Mandi 2 kali sehari di pagi dan sore hari akan membuat bakteri penyebab bau badan tak sempat bersarang di tubuh kita. Jangan lupa keramas, terutama setelah melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Karena salah satu penyebab bau badan adalah rambut.

Gunakan Pakaian Yang Tepat

Jenis bahan pakaian juga menjadi penyebab timbulnya bau badan. Oleh karena itu, gunakan pakaian dari bahan yang dapat menyerap keringat, misalnya katun. Hindari juga pakaian berbahan serat sintetis atau polyester, bahan ini justru meningkatkan produksi keringat. Selain itu, gunakan pakaian yang agak longgar agar ada aliran udara di antara pakaian dan badan. Gantilah pakaian yang sudah basah oleh keringat karena bakteri akan tetap hidup pada pakaian yang basah oleh keringat.

Rajin Mencukur Rambut Ketiak

Di antara faktor pemicu bau badan adalah rambut ketiak. Rambut pada ketiak merupakan tempat timbunan sekret dan bakteri. Oleh karena itu, cukurlah rambut ketiak secara berkala.

Olahraga Rutin dan Teratur

Berolahraga berarti mengeluarkan keringat pada saat yang tepat. Sehingga pada saat kita melakukan aktivitas fisik produksi keringat tidak terlalu berlebihan. Orang yang jarang berolahraga dan orang yang berat badannya berlebih, cenderung sugih keringet.

Simak juga, Mengapa Kita Digigit Nyamuk sedangkan Orang Lain Tidak.

Perawatan Alami Menghilangkan Bau Badan

Bau badan tidak akan keluar dari tubuh kita kalau kita rajin mandi 3 kali sehari. Apalagi dalam sehari tidak ada aktivitas fisik yang berarti. Tapi apakah itu mungkin? Setiap orang mempunyai kesibukan yang berbeda-beda. Kadang-kadang hanya sempat mandi 2 kali sehari, bahkan mungkin hanya sekali. Jenis kegiatan pun tidak sama setiap orang. Kadang-kadang kita melakukan kegiatan fisik yang tinggi sehingga banyak keluar keringat. Bahkan yang kerja di belakang meja seharian juga banyak keluar keringat.

Berikut ini beberapa tips ampuh menghilangkan bau badan yang mungkin busa Anda lakukan. Lakukan salah satu saja yang paling cocok dan paling mudah dilakukan.

Daun Sirih

Selain berkhasiat untuk mengatasi keputihan, daun sirih juga sangat efektif untuk menghilangkan bau badan. Caranya memanfaatkannya cukup mudah. Sediakan kurang lebih 30 lembar daun sirih. Rebus daun sirih tersebut dengan air hingga mendidih. Kemudian masukkan air rebusan daun sirih tersebut ke dalam timba. Tambahkan air hingga terasa hangat. Setelah itu, mandilah seperti biasa.
Gunakan air rebusan tersebut sebagai bilasan terakhir. Lakukan cara ini secara rutin
Air rebusan daun sirih dapat menghilangkan bau badan
Selain cara di atas Anda juga bisa mengoleskan ekstrak daun sirih pada kulit. Caranya juga mudah. Tumbuk beberapa lembar daun sirih sampai halus. Oleskan pada ketiak sebelum mandi. Kemudian diamkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air sampai bersih.

Air rebusan daun sirih juga bisa kita minum untuk mengatasi bau badan. Mula-mula rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih sampai air tersisa 1 gelas. Kemudian saringlah air rebusan daun sirih tersebut. Minumlah 2 kali, pagi dan sore.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa membantu mengurangi produksi keringat yang berlebihan dan mencerahkan ketiak. Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan cukup sederhana. Siapkan jeruk nipis yang tidak terlalu matang. Potonglah jeruk nipis tersebut menjadi dua bagian. Kemudian gosok-gosokkan masing-masing potongan pada kedua ketiak. Pastikan tidak ada luka pada ketiak supaya tidak terjadi iritasi.
perasan jeruk nipis ampuh mengatasi bau badan
Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan perasan jeruk nipis. Mula-mula peras jeruk sebuah jeruk nipis. Kemudian campur air perasan jeruk nipis dengan kapur sirih. Setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang berbau. Biarkan sampai kering. Jangan lupa bilas dengan air sampai bersih.

Temulawak

Temulawak mempunyai kandungan zat saponin, flavoninoida, dan minyak atsiri sehingga sangat baik untuk mengatasi bau badan. Untuk mendapatkan khasiat temulawak sebagai penawar bau badan di antaranya dengan meminum air rebusannya. Caranya tidaklah sulit. Bersihkan beberapa rimpang temulawak. Potong tipis-tipis. Kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Selanjutnya dinginkan dan minum rebusan temulawak (bisa ditambah sedikit gula).
Parutan temulawak efektif mengatasi bau badan
Cara lainnya adalah membuat parutan temulawak. Parutlah beberapa rimpang temulawak. Gosok-gosokkan parutan temulawak tersebut pada bagian tubuh yang biasanya berbau. Biarkan sampai kering. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Cengkeh

Cengkeh juga mempunyai khasiat menghilangkan bau badan. Caranya mudah sekali. Ambillah beberapa buah cengkeh. Rendam dengan air hingga buah cengkeh tersebut mengembang. Minum sebagian air rendaman tersebut. Selanjutnya oleskan sebagian air rendaman tersebut pada bagian tubuh yang berbau.

Ketimun/Mentimun

Selain membersihkan wajah, ketimun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan. Cara memanfaatkannya sangat sederhana. Potong sebuah mentimun menjadi beberapa bagian. Gosok-gosokkan dengan lembut tiap potongan mentimun pada kulit ketiak sehabis mandi. Bisa juga dijadikan krim kental yang dicampurkan dengan madu, tetapi ini lebih difungsikan untuk  memutihkan kulit ketiak.

Lobak

Lobak adalah jenis sayuran yang juga mempunyai khasiat menghilang bau badan, terutama pada ketiak. Cara mendapatkan khasiat lobak untuk mengatasi bau badan adalah sebagai berikut.

Tumbuk lobak sampai menjadi pasta. Oleskan pada ketiak sambil dipijat-pijat selama 5 menit. Bersihkan ketiak dengan air. Jika dilakukan secara rutin setiap pagi maka sepanjang hari bau badan pada ketiak tidak akan tercium. Bahkan keluarnya keringat dari ketiak relatif berkurang dibandingkan sebelum diberi khasiat lobak.

Jahe

Minum wedang jahe secara teratur efektif mengurangi bau badan. Di samping bau badan juga bisa dihilangkan dengan menggosok-gosokan parutan jahe pada bagian tubuh yang berbau.

Bunga Kecombrang

Menggosok-gosokkan bunga kecombrang dapat mengusir bau badan
Bunga kecombrang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan bunga kecombrang di daerah yang menjadi sumber bau badan (ketiak). Kemudian biarkan selama 10 menit. Jangan lupa bilas dengan air sampai bersih.

Cuka Putih

Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan. Caranya hanya dengan mengoleskan cuka pada ketiak dengan kapas. Bisa juga dengan meneteskan sedikit cuka pada bagian kerah baju dan lipatan baju pada ketiak.

Batu Tawas

Batu tawas sangat ampuh untuk mengatasi bau badan. Caranya cukup dengan mengoleskan batu tawas pada ketiak. Mungkin untuk pertama kali agak kesulitan ketika mengoleskan batu tawas karena permukaannya memang tidak rata, tetapi kalau sering digunakan permukaan tersebut akan halus. Meskipun batu tawas termasuk bahan kimia sintetik tetapi relatif lebih aman daripada deodorant.

Jika tips dan cara di atas sudah Anda lakukan tetapi bau badan tidak mau pergi, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter. Mungkin ada kelainan pada kelenjar keringat atau mungkin sedang mengidap penyakit tertentu yang dapat memicu timbulnya bau badan.

Simak juga Seputar Kentut, Bau, dan Manfaatnya.

Demikian informasi tentang cara ampuh menghilangkan bau badan secara alami. Semoga bermanfaat.



4 comments:

  1. daging merah itu daging ayam, kambing dan sapi bukan? sama aja ngga makan enak dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging merah itu daging kambing dan sapi. Ayam bukan termasuk daging merah. Pada artikel di atas tertulis 'makanan yang harus dihindari/dikurangi", artinya kalau tidak bisa menghindari ya dikurangi saja, yang penting tidak berlebihan..

      Delete
  2. Bau badan dikarenakan keringat yang berlebihan, maka dari itu untuk menjaga badan tidak bau, apa lagi ketiak, hindari badan berkeringat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan badan berkeringat yang harus dihindari, tetapi munculnya bakteri pembawa bau badan.

      Delete

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.