Monday, 2 March 2015

Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut

Mengecilkan Perut, perut datar, perut rata

Perut datar itu enak dipandang. Pakaian apa saja pantas. Ringan berjalan, ringan bergerak, dan terkesan lincah. Tak heran banyak orang yang menginginkannya. Tapi mengapa banyak orang yang berperut gendut? Karena mereka hanya mempunyai keinginan tetapi tidak mempunyai kemauan.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan perut. Pilihlah jenis olahraga yang sekiranya bisa Anda lakukan setiap hari. Lakukan secara rutin antara 15 - 30 menit setiap hari. Lakukan dengan senang hati.




Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang menyenangkan, tidak membebani tulang sendi, dan salah satu jenis olahraga yang paling aman. Berjalan kaki akan menurunkan berat badan 1/4 - 1/2 kg per minggu. Perut pun akan mengecil dengan sendirinya.

Tips: Jangan langsung pulang sehabis berjamaah sholat subuh. Berjalan-jalanlah dulu sekitar 15 menit.

Jogging

Jogging atau lari-lari kecil merupakan cara tercepat membakar kalori di dalam tubuh sehingga cepat pula mengecilkan perut. Jogging juga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Tips: Jika jogging 15 menit maka 5 menit pertama jogging pelan-pelan, 5 menit kedua agak cepat, dan 5 menit ketika kembali pelan-pelan.

Bersepeda

Olahraga mengecilkan perut yang paling menyenangkan adalah bersepeda. Saat mengayuh sepeda, lutut akan atau hampir sejajar dengan perut sehingga otot perut akan tertarik. Inilah yang menyebabkan perut mengecil.




Berenang

Jenis olahraga ini akan membakar kalori tubuh yang banyak karena pada saat berenang seluruh bagian tubuh melakukan gerakan. Rutin berenang dapat membentuk tubuh yang ideal dan perut datar.
Tips: Jika tidak mempunyai kolam renang sendiri, olahraga renang boleh dijadikan selingan saja. Seminggu sekali, sebulan sekali, atau dua bulan sekali.

Sit Up

Sit up adalah jenis olahraga yang paling efektif untuk mengecilkan perut. Cara melakukannya harus benar dan tidak boleh tergesa-gesa. Pertama baringkan tubuh di lantai yang bermatras atau di lapangan yang berumput agar tidak cidera. Kemudian tekuk kaki hingga membentuk sudut 45 derajat dengan posisi telapak kaki rata di lantai. Setelah itu letakkan tangan di belakang kepala atau disilang di depan dada.
sit up
Dalam posisi berbaring, angkat tubuh secara perlahan sambil tarik napas dan tahan di perut. Bagi yang belum terbiasa, mengangkat tubuh dalam posisi seperti sangat sulit. Anda bisa dibantu orang lain untuk menahan kaki agar tidak ikut terangkat. Setelah ada yang menahan, mengangkat tubuh kini lebih ringan. Sekarang angkat tubuh hingga 90 derajat berada di atas sambil hembuskan napas perlahan. Kemudian turunkan kembali tubuh secara perlahan lalu tarik napas dalam-dalam, dan tahan.

Tips: Sit up adalah jenis olahraga yang berat, untuk pemula lakukanlah semampunya saja, maksimal 10 kali.

Back Up

Gerakan back up merupakan kebalikan dari gerakan sit up. Olahraga back up sangat efektif membakar lemak di perut sehingga sangat ampuh untuk mengecilkan perut. Selain itu back juga berguna untuk menguatkan otot perut, otot punggung, dan otot panggul.

Gerakan back up dimulai dari posisi tubuh tidur tengkurap. Tubuh dalam posisi lurus dan kaki merapat lurus. Masing-masing tangan berada di samping dan menyentuh masing-masing telinga. Setelah siap, gerakkan tubuh bagian atas naik semaksimal mungkin kemudian turun. Gerakan ini memang agak sulit dan perlu sering latihan tapi hasilnya akan maksimal.

Bicycle Exercise

Olahraga untuk mengecilkan perut berikutnya adalah bicycle exercise. Olahraga ini juga efektif membakar lemak perut. Gerakannya seperti orang mengayuh sepeda dan cukup mudah untuk dilakukan.

Baringkan tubuh dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala Anda. Kemudian angkat lutut ke dada sambil mengangkat kepala. Upayakan pundak masih dalam keadaan menempel di lantai. Sekarang temukan lutut kanan dengan sikut kiri dan begitupun sebaliknya secara bergantian layaknya Anda sedang mengayuh sepeda.

Vertical Leg Crunch

Satu lagi olahraga untuk mengecilkan perut yaitu vertical leg crunch. Gerakannya mirip seperti sit up yang juga berfungsi mengencangkan otot perut. Gerakannya dimulai dengan berbaring di lantai. Kemudian angkat kaki 90 derajat lurus ke atas dan silangkan kaki. Letakkan tangan lurus searah pinggang. Angkat bahu perlahan, dan letakkan kembali. Ulangi hingga beberapa repetisi.

Itulah beberapa olahraga untuk mengecilkan perut.
Sekali lagi, lakukan salah satu saja sesuai kemampuan, yang penting rutin.

Simak juga Perut Rata Hanya dengan Garam Inggris.

Demikian berbagi informasi tentang jenis-jenis olahraga ringan yang dapat mengecilkan perut. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.