Wednesday, 4 March 2015

Rahasia Awet Muda

Awet muda, awet nom, tampak lebih muda

Wajah dan penampilan seseorang kadang-kadang mengecoh kita. Ada yang wajahnya kelihatan lebih muda, ada pula yang kelihatan lebih tua dari usianya. Karena itulah muncul istilah usia kronologis dan usia biologis.

Wajah yang terkesan lebih muda atau tua bisa juga merupakan faktor bawaan. Seseorang yang berwajah baby face terkesan lebih muda dari teman-teman seusianya. Namun kita yang tidak berwajah baby face pun bisa kelihatan lebih muda jika tahu caranya.




Usia Kronologis dan Usia Biologis

Usia kronologis atau ada yang menyebut usia kalender adalah usia seseorang yang dihitung mulai saat kelahirannya berdasarkan perhitungan kalender. Sedangkan usia biologis terkait dengan kematangan sel-sel biologis tubuh.

Usia kronologis tidak selalu sama dengan usia biologis. Seseorang mungkin terlihat lebih muda dari usia kronologisnya bila menjalani gaya hidup sehat. Sebaliknya akan terlihat lebih tua secara biologis bila kondisi tubuhnya tidak terawat dengan baik.

Tak seorangpun dapat menghambat laju usia kronologis, namun usia biologis dalam batas tertentu dapat diperlambat, antara lain dengan gizi. Dengan asupan gizi yang memadai, jaringan-jaringan tubuh dapat dipertahankan fungsinya.

Rahasia Awet Muda




Siapa yang tidak ingin kelihatan awet muda? Hampir setiap orang menginginkannya. Berikut adalah beberapa rahasia awet muda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ pokok yang memegang kendali peredaran darah di dalam tubuh. Seseorang yang terkena penyakit jantung akan kelihatan lebih tua dari usianya. Untuk menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang cukup serta olahraga teratur dan terukur. Dengan menjaga kesehatan jantung, usia biologis akan lebih muda 5 tahun dari usia kronologis.

Menggosok Gigi

Sudah bukan rahasia lagi, gigi ompong pertanda sudah tua. Karena itu, jika ingin kelihatan tetap awet muda, selalu bersihkan gigi setiap hari. Dengan menggosok dan membersihkan gigi setiap hari usia biologis akan lebih muda 6,4 tahun.

Simak juga Tips Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang secara Alami.

Melatih Otak

Daya ingat otak memang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, untuk menjaga agar tetap awet muda, latihlah otak dengan mengisi teka-teki silang atau membaca. Cara ini akan membuat usia biologis lebih muda 2,5 tahun.

Jalan Kaki

jalan kaki, walking
Di antara manfaat jalan kaki adalah memperkuat jantung, menjaga berat badan tetap ideal, dan menurunkan risiko terkena penyakit. Seseorang yang rutin jalan kaki akan jarang sakit sehingga kelihatan lebih awet muda. Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membuat umur biologis lebih muda 9 tahun.

Mengonsumsi Serat Alami

Fungsi serat alami adalah mencegah dan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Serat alami terdapat pada sayur dan buah segar. Mengonsumsi serat alami, juga minum air putih dan multivitamin secara teratur, akan kelihatan lebih awet muda 6 tahun.

Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga kesehatan rambut erat hubungannya dengan usia biologis seseorang. Rambut yang sudah beruban akan terkesan lebih tua dari usia kronologisnya. Demikian juga rambut rontok dan rambut kusam.

Silakan simak Cara Alami Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda.

Hubungan Suami Istri yang Sehat

Berhubungan suami istri yang sehat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hubungan suami istri yang sehat bukan diukur dari kuantitasnya tetapi keteraturannya, misal rutin seminggu 2 -3 kali atau hanya seminggu sekali tetapi teratur. Aktivitas yang sehat dan teratur tersebut akan membuat awet muda, usia biologis lebih muda 1,6 - 8 tahun.

Berjemur Matahari

berjemur matahari, sunbathe
Sinar matahari diperlukan agar tubuh kita bisa memproduksi vitamin D. Vitamin D berguna untuk kesehatan kulit. Kulit yang tidak keriput akan terkesan awet muda. Dengan berjemur 10 - 20 menit setiap pagi hari, usia kulit akan lebih muda 1,7 tahun.

Mengonsumsi Tomat

Tomat kaya akan antioksidan likopen, asam folat, dan mineral selenium. Mengonsumsi tomat setiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memudakan usia tubuh hingga 6 tahun.

Mengonsumsi Kacang Rebus

Kacang rebus kaya lemak tak jenuh tunggal. Mengonsumsi segenggam kacang rebus setiap hari akan meremajakan sistem peredaran darah 4,4 tahun.

Mengonsumsi Minyak

Minyak zaitun, minyak kacang, minyak wijen, dan alpukat kaya asam lemak tak jenuh tunggal. Mengonsumsi minyak tersebut berkhasiat membuat sistem peredaran darah lebih muda 3,4 tahun (asal tidak ada kelebihan asupan kalori dan minyak jenuh rantai panjang lainnya).

Simak juga Gaya Hidup Sehat ala Jepang.

Demikian berbagi informasi tentang rahasia agar tetap awet muda. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.