Saturday, 8 August 2015

Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pernapasan

diet pernapasan, teknik pernapasan

Selain mengatur pola makan dan olahraga teratur, menurunkan berat badan akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan diet pernapasan. Tekniknya relatif mudah dilaksanakan, tanpa biaya sepeser pun, dan hanya butuh waktu beberapa menit saja. Diet pernapasan ini akan berjalan efektif bila dilakukan secara rutin setiap hari.

Tidak hanya menurunkan berat badan, diet pernapasan ini juga ampuh membentuk perut. Perut akan menjadi kecil, rata, dan langsing. Di samping itu, diet pernapasan juga dapat memperkuat jantung dan mencegah penyakit asma.

Simak juga Hanya Cara ini yang Dapat Menyembuhkan Asma.




Diet Pernapasan ala Miki Ryosuke

Seorang aktor Jepang yang bernama Miki Ryosuke memberikan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan. Aktor laga ini mengaku telah sukses menurunkan berat badannya sebanyak 12 kg dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 50 hari.

Yang dilakukan oleh Ryosuke adalah diet pernapasan selama 2 menit setiap hari. Teknik pernapasannya cukup sederhana. Ryosuke hanya melakukan perubahan tempo saat menarik dan menghembuskan napas. Menarik napas dilakukan sambil mengangkat tangan perlahan-lahan dalam waktu 3 detik. Kemudian menghembuskan napas dengan kuat sambil menurunkan tangan yang dilakukan dalam waktu lebih lama, yaitu 7 detik. Teknik sederhana ini dilakukan berulang-ulang sampai 2 menit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari diet pernapasan ini, Ryosuke mulai melakukan pengembangan metode diet pernapasannya agar dapat dilakukan dengan muda oleh orang lain. Ryosuke kemudian memberi nama metode dietnya ini dengan sebutan Long Breath Diet. Metode diet pernapasan ini terdiri dari 2 cara, tetapi intinya sama, yaitu menarik napas pelan-pelan dan menghembuskannya dengan kuat.

Simak juga Kiat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet.

Teknik Pernapasan 1

  • Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang untuk mengencangkan otot-otot pantat.
  • Kaki kanan lebih menekan ke lantai sehingga berat badan dibebankan pada kaki kanan.
  • Tarik napas perlahan-lahan selama 3 detik sambil mengangkat tangan ke atas kepala.
  • Hembuskan napas dengan kuat sambil mengencangkan seluruh bagian otot tubuh selama 7 detik.

Lakukan gerakan di atas sampai 3 kali. Kemudian ganti posisi kaki, kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang kemudian lakukan 3 kali gerakan seperti di atas. Setiap gerakan membutuhkan waktu 10 detik. Anda sudah melakukan 6 kali gerakan. Jadi waktu yang dibutuhkan untuk teknik pertama ini hanya 60 detik atau cuma 1 menit.

Teknik Pernapasan 2

  • Berdiri tegap dengan mengencangkan bagian otot pantat. 
  • Tangan kanan diletakkan di bagian perut, sedangkan tangan kiri memegangi pantat dari belakang. 
  • Tarik napas perlahan-lahan selama 3 detik. 
  • Hembuskan napas dengan kuat dengan terus memegangi perut selam 7 detik. 
Ulangi gerakan di atas sampai 3 kali. Kemudian ganti posisi tangan, tangan kiri di perut dan tangan kanan memegangi pantat.

Teknik yang kedua ini juga membutuhkan waktu 1 menit. Jadi dengan melakukan dua teknik pernapasan ala Miki Ryosuke tersebut waktu yang dibutuhkan hanya 2 menit. Mudah dan ringan kan? Untuk lebih jelasnya, silakan tonton videonya di youtube.com/watch?v=hYQ5E1HDaZ4.

Diet Pernapasan ala Jill Johnson




Selain Ryosuke, pakar lain yang mengembangkan diet pernapasan adalah Jill Johnson dari Inggris dengan program dietnya yang diberi nama Oxycise. Menurutnya, diet pernapasan memang sangat manjur dalam menurunkan berat badan.

Menurut Jill Johnson, oksigen dapat memecah molekul lemak karena lemak tersusun dari hidrogen, karbon, dan oksigen. Pada saat kita menarik napas, oksigen masuk ke tubuh kita. Oksigen ini akan menguraikan lemak menjadi karbondioksida dan air. Kemudian karbondioksida dikeluarkan oleh tubuh melalui hembusan napas. Semakin banyak oksigen yang digunakan oleh tubuh kita, semakin banyak pula lemak yang kita bakar.

Teknik pernapasan Oxycise juga terbilang mudah dilakukan. Ada tiga teknik pernapasan yang diperkenalkan dalam Oxycise. Ketiga-tiganya bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak perlu alat dan biaya, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Teknik Bernapas Dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam bertujuan untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya. Asupan oksigen ini berguna untuk membakar kalori, mengontrol hormon stress, dan mengendalikan nafsu makan. Tekniknya sangat sederhana.
  • Posisikan tubuh dalam keadaan duduk bersila.
  • Letakkan tangan di atas pangkuan sambil memejamkan mata.
  • Bermeditasi selama 2 menit dengan pernapasan normal.
  • Tarik napas dalam-dalam sampai 4 hitungan.
  • Hembuskan napas sedikit lebih kuat sampai 6 hitungan.
  • Ulangi selama 10 menit.

Teknik Pernapasan Stimulan

Teknik ini berguna untuk meningkatkan energi dalam tubuh kita. Dengan melakukan teknik ini tubuh akan tetap aktif sepanjang hari sehingga pembakaran kalor lebih efektif. Tekniknya sangat mudah dilakukan.
  • Duduk bersila di kursi dengan posisi badan tegak.
  • Bersantailah sejenak sambil menutup mata.
  • Tarik napas degan cepat kemudian hembuskan dengan cepat pula.
  • Lakukan teknik ini sampai 10 menit.

Teknik Pernapasan Perut

Inti teknik pernapasan ini adalah dengan menekan otot perut. Teknik ini agak mirip dengan teknik pernapasan yoga atau pranayama. Tekniknya adalah sebagai berikut
  • Berlutut dengan badan tegak serta lutut dan jari-jari kaki menempel pada lantai.
  • Bersantailah sambil memejamkan mata sampai 10 hitungan.
  • Tarik napas dalam-dalam sampai 2 hitungan.
  • Hembuskan napas sedikit lebih kuat sampai 5 hitungan.
  • Lakukan teknik ini sampai 10 kali.  

Diet pernapasan ini akan lebih efektif bila dilakukan setelah berolahraga rutin. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, senam, dan stretching. Kemudian akhiri dengan dua teknik pernapasan di atas.

Simak juga Olahraga Ringan untuk Kesehatan.

Demikian informasi tentang cara menurunkan berat badan dengan diet pernapasan. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.