Friday, 13 November 2015

Diet Mayo, Program Diet 13 Hari dalam Setahun

Diet Mayo, Program Diet 13 Hari dalam Setahun, diet rendah lemak, rendah karbohidrat, menghindari garam, banyak minum air, sayur dan buah

Diet Mayo adalah salah satu program diet yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Diet ini digagas oleh Mayo Clinic dari Amerika Serikat lebih dari 15 tahun yang lalu. Diet yang hanya diprogramkan selama 13 hari ini menjanjikan penurunan berat badan antara 7 - 8 kg. Uniknya, program ini hanya boleh dijalankan setahun sekali.

Menjalankan program diet ini mirip dengan menjalankan ritual keagamaan. Terikat waktu dan aturan. Melanggar sedikit saja, dianggap batal, tidak sah, dan harus diulang dari awal. Program 13 hari adalah satu paket. Harus dilaksanakan sepenuhnya, tidak boleh dilanggar.




Misalkan kita sudah melaksanakan program diet tersebut dengan benar selama 10 hari. Di hari kesebelas kita melanggar salah satu aturan dalam diet tersebut. Program diet tersebut dianggap gugur dan tidak boleh diteruskan. Jika ingin tetap menjalankannya harus diulang dari awal.

Berikut ini adalah aturan-aturan yang diterapkan dalam menjalankan program diet Mayo.

Strategi Diet Mayo

Strategi penting yang harus diterapkan dalam menjalankan diet Mayo ada empat, yaitu:
  1. menghindari makanan yang mengandung garam,
  2. minum 8 gelas air putih setiap hari,
  3. menghindari es atau air es, dan
  4. menerapkan menu makanan yang telah ditetapkan selama 13 hari. 
Selama menjalankan program diet Mayo, kita sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang bergaram atau makanan yang bercita rasa asin, meskipun sedikit. Sisa-sisa garam yang terlanjur bersarang dalam tubuh sebelum menjalankan diet ini akan dikeluarkan oleh air putih yang kita minum. Dengan minum air 8 gelas sehari, sisa garam-garam dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat, urine, dan feses.
Minum air putih 8 gelas sehari, strategi diet Mayo
Garam sebenarnya bersifat menyerap air dan memicu penambahan volume air di dalam tubuh. Jika kita memperbanyak minum air tetapi asupan garam tidak dihentikan maka air tersebut akan tertimbun dalam tubuh. Kondisi ini justru memicu penambahan berat badan. Tetapi jika konsumsi garam dihentikan untuk sementara waktu, selama 13 hari, maka air tidak akan tertimbun, bahkan dapat memperlancar metabolisme tubuh.

Menu Diet Mayo




Semua menu makanan tidak boleh dimasak dengan garam atau bahan lain yang bercita rasa asin. Disarankan juga agar tidak disajikan dalam keadaan dingin. Selain itu, daging hanya boleh digoreng dengan minyak jagung atau mentega tawar, sayuran tidak boleh direbus terlalu lama, serta makan malam terakhir pukul 18.00.

Berikut ini daftar menu makanan diet Mayo selama 13 hari.

HariPagiSiangSore
1 dan 81 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula pasir2 telur rebus + 1 ikat bayam + tomat1,5 ons bistik goreng/rebus + selada yang ditaburi jeruk sitrun
2 dan 91 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula pasir1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah pear segar2,5 ons ayam kukus + 1 buah pisang
3 dan 101 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula pasir2 telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + pear2,5 ons ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk sitrun
4 dan 111 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula pasir + 1 iris roti bakar1 telur rebus + wortel direbus sebentar + keju trim 20 gram1 mangkok penuh pepaya + sitrun + 1 gelas susu bebas lemak
5 dan 121 wortel besar mentah diparut kasar dan ditabur jeruk sitrun2,5 ons ayam kukus dengan sedikit saos mentega yang tidak asin2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + bayam
6 dan 131 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula pasir + 1 iris roti bakar2,5 ons ayam kukus + selada ditaburi jeruk sitrun2 telur rebus + wortel besar mentah diparut dan ditaburi sitrun
71 cangkir kopi/teh tanpa gula2,5 ons bistik goreng + 1 buah pear segar2 telur rebus + 2 buah pisang

Jika diperhatikan tabel menu di atas, diet Mayo adalah diet rendah lemak dan rendah karbohidrat. Diet ini lebih menitikberatkan pada konsumsi protein, buah, dan sayuran. Pola makan seperti ini memang tidak lazim bagi sebagian masyarakat Indonesia. Untungnya, diet ini hanya berlangsung selama 13 hari.

Kiat sukses dalam menjalani diet ini adalah memilih waktu yang tepat. Jangan sampai dalam rentang waktu menjalani diet ini ada acara hajatan, selamatan, atau pesta di rumah sendiri maupun di rumah teman atau kerabat. Kita akan gampang tergoda dengan makanan yang lezat-lezat di depan mata.

Selain menahan diri dari godaan, kita juga harus mempunyai motivasi dan niatan yang kuat untuk menurunkan berat badan. Lumayan, hanya dengan menahan diri selama 13 hari berat badan bisa turun 7 - 8 kg. Jika masih kurang, silakan menjalankan program diet ini di tahun berikutnya.

Simak juga, Diet DASH: Program Diet yang Paling Sehat dan Aman menurut Ahli.

Demikian informasi tentang strategi dan menu makanan diet Mayo. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.