Pro dan Kontra Minum Kopi

Pro dan Kontra Minum Kopi

Perdebatan tentang keuntungan dan kerugian minum kopi tidak akan pernah berakhir. Penting bagi kita untuk mengetahui alasan mereka yang pro dan kontra terhadap kebiasaan minum kopi setiap hari.


Pertama, beberapa fakta mendasar tentang kopi. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), rata-rata delapan ons cangkir kopi buatan sendiri dari biji kopi mengandung sekitar 95 mg kafein. Di sisi lain, ukuran cangkir yang sama dari Starbucks mengandung 155 mg kafein.

Sedangkan untuk nutrisi, delapan ons cangkir kopi buatan sendiri mengandung sekitar 2,4 kalori. Jika dirinci, total kalori tersebut terdiri dari:
  • 0,3 gram protein
  • 0,2 mg riboflavin (11 persen DV)
  • 0,6 mg asam pantotenat (6 persen DV)
  • 116 mg potassium (3 persen DV)
  • 0,1 mg mangan (3 persen DV)
  • 7,1 mg magnesium (2 persen DV)
  • 0,5 mg niacin (2 persen DV)
DV : daily value (nilai harian)

Beberapa manfaat kesehatan yang diklaim pihak yang pro minum kopi sangat menakjubkan. Dua studi komprehensif yang diterbitkan dalam Annals of Medicine pada Juli 2017, menemukan bahwa minum kopi sepertinya menambah usia hidup yang lebih lama. Tampaknya, minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah di antara 700.000 orang dari latar belakang ras yang berbeda, latar belakang budaya, dan etnis yang terlibat dalam penelitian ini.

Studi pertama mengamati populasi non-kulit putih. Ditemukan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setara dengan risiko kematian 18 persen lebih rendah selama masa studi dibandingkan dengan peminum non-kopi. Lebih mengejutkan lagi, minum kopi tampaknya menurunkan kemungkinan kematian akibat penyakit jantung, stroke, kanker, penyakit ginjal, diabetes, dan penyakit pernapasan kronis yang lebih rendah.

Studi kedua mengamati orang-orang dari 10 negara Eropa. Ditemukan bahwa peminum kopi, 25% lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dunia selama studi 16 tahun dibandingkan dengan peminum non-kopi.

Sementara itu, pihak yang kontra menyatakan bahwa minum kopi bisa membuat ketagihan. Minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan overdosis kafein. Overdosis kafein akan merangsang tubuh dan membakar kelenjar adrenalin.

Seseorang yang kecanduan kopi tidak dapat mengonsumsi kopi dalam jumlah yang biasa. Jika kopi yang dikonsumsinya kurang, ia akan menderita sakit kepala, kecemasan, lekas marah, kelelahan, masalah pencernaan, dan lain-lain.

Pendapat yang Pro Minum Kopi

Manfaat utama lainnya dari pihak yang pro minum kopi adalah sebagai berikut:

1. Kopi kaya antioksidan

Sejumlah penelitian menunjukkan salah satu manfaat kesehatan utama dari biji kopi adalah sifat antioksidannya yang kuat. Khasiat yang satu ini bahkan mungkin lebih kuat daripada yang ada di kakao atau beberapa bentuk daun teh.

Penelitian menunjukkan secangkir kopi rata-rata mungkin mengandung antioksidan polifenol lebih banyak daripada kakao, teh hijau, teh hitam, dan teh herbal. Kopi mungkin merupakan sumber antioksidan yang baik jika kita tidak mendapatkannya dari sumber lain.

Menurut penelitian terbaru, kopi merupakan sumber antioksidan utama pada konsumsi harian orang Amerika. Antioksidan dipercaya dapat mencegah penyakit kanker dan jantung serta mengurangi penuaan dini pada wanita.

2. Kopi efektif menangkal radikal bebas

Biji kopi mengandung lebih dari 1.000 antioksidan yang berkhasiat memerangi radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Rajin minum kopi mampu menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit.

Dua antioksidan kunci yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kopi adalah asam klorogenat dan asam caffeic. Dua senyawa tersebut dapat membantu melindungi kerusakan sel dan stres oksidatif.

3. Kopi melindungi kesehatan hati

Minum kopi dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang hati. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kopi dikaitkan dengan tingkat pengembangan penyakit hati yang lebih rendah pada orang dengan hepatitis C. Yang menarik, ada penurunan 20 persen pada sindrom hati alkoholik untuk setiap cangkir kopi sehari yang diminum.

4. Kopi mengurangi risiko diabetes

Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi 6 cangkir per hari dapat terhindar dari diabetes sampai 50% bagi laki-laki dan 30% bagi perempuan. Baik itu kopi berkafein atau tanpa kafein, efeknya sama.

Para peneliti menduga dampak positif ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam kopi. Antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh terhadap resistensi insulin.

5. Kopi meningkatkan daya tahan tubuh

Kafein yang ada pada kopi dapat berperan aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa cadangan karbohidrat dalam otot bisa diisi ulang dengan cepat jika seorang atlet mengonsumsi karbohidrat dan kafein setelah mereka berolahraga. Kombinasi ini menghasilkan peningkatan glikogen otot sebesar 66% empat jam setelah melakukan olahraga yang berat.

6. Kopi mengurangi depresi

Hanya dengan menghirup aromanya, kita sudah merasa lebih tenang. Ketika meminumnya, membuat kita jauh dari stress dan depresi emosional dan fisik.

7. Kopi meningkatkan kemampuan kognitif

Peneliti melaporkan peminum kopi di pagi hari punya performa yang lebih baik dalam menyerap informasi dan pelajaran daripada mereka yang tidak. Minum kopi setiap hari juga disebutkan mampu menjaga kemampuan kognitif seiring bertambahnya usia.

Pendapat yang Kontra Minum Kopi

Adapun pendapat dari pihak yang kontra minum kopi adalah sebagai berikut:

1. Kopi menyebabkan masalah pencernaan

Di antara kerugian minum kopi adalah mual, muntah, dan diare. Kopi menyebabkan efek pencahar yang dipicu oleh pelepasan gastrin, sejenis hormon yang merangsang gerakan di saluran pencernaan. Kafein juga dapat memperburuk gejala penyakit refluks gastroesofageal (GERD), yang ditandai dengan mulas, mual, dan bersendawa.

2. Kopi bisa meningkatkan kecemasan

Kafein dapat memengaruhi otot, hormon, fungsi neurotransmiter, dan pensinyalan saraf. Masalah-masalah ini akan bermanifestasi pada orang dengan kondisi kesehatan yang ada seperti masalah jantung atau diabetes.

Menurut salah satu peneliti, kafein dapat meningkatkan katekolamin. Katekolamin adalah hormon yang dikenal sebagai hormon amarah. Tidak mengherankan kafein dapat membuat peminumnya cemas, tegang, dan gelisah.

3. Kopi bikin perut gendut

Mencampur kopi dengan krim dan gula dapat menyebabkan kalori ekstra menumpuk, sehingga menghambat penurunan berat badan. Pilihan kopi yang baik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menikmati kopi hitam atau menggunakan pemanis rendah kalori alami.

Selain itu, kafein secara tidak langsung memengaruhi kadar gula darah. Sehingga ketidakseimbangan gula darah memicu keinginan untuk ngemil. Itulah kenapa kopi kerap dipasangkan dengan camilan manis seperti kue atau donat. Jika dibiasakan, dalam waktu sebentar perut akan cepat gendut.

4. Kopi berakibat buruk bagi jantung

Beberapa studi menyatakan zat kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu aliran darah di arteri koroner. Terutama saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Kopi juga menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur sehingga meningkatkan tekanan darah.

5. Kopi berakibat osteoporosis

Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak yaitu lebih dari 3 cangkir setiap hari selama bertahun-tahun akan meningkatkan hilangnya kepadatan mineral tulang. Kafein dapat mempercepat siklus buang air kecil dan mencuri kalsium melalui urine. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat menyebabkan terkena osteoporosis.

Jika ingin mengimbangi asupan kalsium dengan konsumsi kopi, tambahkan satu sendok makan susu atau yogurt pada secangkir kopi.

6. Kopi berakibat kulit keriput

Meskipun memiliki antioksidan, kopi juga bisa bikin keriput jika terlalu banyak mengonsumsinya. Kopi menyebabkan dehidrasi sehingga kulit akan mudah keriput. Jadi jangan malas minum air putih sebanyak-banyaknya jika Anda adalah pecinta kopi.

Baca juga:
Cara Sederhana Menyeduh Kopi yang Paling Nikmat.
Kopi Protein Warisan Leluhur

Demikian berbagi informasi tentang pro dan kontra minum kopi. Silakan dipertimbangkan keuntungan dan kerugian minum kopi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.