Khasiat Biji Semangka

Khasiat Biji Semangka

Saat makan buah semangka, umumnya orang akan menyisihkan bijinya kemudian dibuang begitu saja. Bahkan jika boleh memilih, mereka akan memilih semangka tanpa biji.

Lain kali saat makan buah semangka, jangan buang bijinya. Ingin tahu mengapa? Biji semangka mengandung berbagai vitamin dan mineral. Mengonsumsi biji semangka sangat aman dan benar-benar baik bagi [1].

Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi. Biji semangka bisa langsung dimakan bersamaan dengan buahnya. Bisa juga dipanggang atau dikeringkan untuk dimakan sebagai camilan sehat.

Biji semangka mengandung lemak sehat yang terdiri dari asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Biji ini sangat baik untuk kesehatan. Minyak yang diekstrak dari biji semangka juga bermanfaat bagi kulit dan rambut [2].

Nilai Gizi Biji Semangka

100 gram biji semangka kering mengandung 5,05 gram air, 557 kkal (energi), dan juga mengandung:
  • 28,33 g protein
  • 47,37 g total lemak
  • 15,31 g karbohidrat
  • 54 mg kalsium
  • 7.28 mg besi
  • 515 mg magnesium
  • 755 mg fosfor
  • 648 mg kalium
  • 99 mg natrium
  • 10,24 mg seng
  • 0,190 mg tiamin
  • 0,145 mg riboflavin
  • 3,550 mg niasin
  • 0,089 mg vitamin B6
  • 58 mcg folat

Khasiat Biji Semangka


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji semangka mengandung magnesium, mineral penting yang berkontribusi bagi kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Biji semangka juga mengandung zat yang disebut citrulline, yang membantu mengurangi tekanan darah aorta. Mengonsumsi biji akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik [3].

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Biji semangka mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya yang menyebabkan kerusakan sel, kanker, dan penyakit lainnya. Menurut sebuah penelitian, magnesium dalam biji semangka berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh [4].

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Biji semangka mengandung seng (Zn), mineral penting yang bermanfaat bagi sistem reproduksi pria. Sebuah penelitian dilakukan pada efek minyak biji semangka pada beberapa hormon seks seperti progesteron, prolaktin, testosteron, estradiol, hormon luteinizing (LH), dan follicle stimulating hormone (FSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan 5 persen dan 10 persen dalam prolaktin, hormon luteinizing, estradiol, dan testosteron [5].

4. Mengobati Diabetes

Efek antidiabetik dari ekstrak biji semangka dipelajari pada tikus. Hasil penelitian menemukan bahwa ekstrak metanol biji semangka meningkatkan homeostasis glukosa. Selain itu, ekstrak biji semangka juga mempertahankan berat badan dengan meningkatkan kadar glukosa puasa, toleransi glukosa oral, asupan makanan dan cairan [6].

Hasil studi tahun 2014 yang dimuat dalam Journal of Applied Sciences and Environmental Management mendapati kalau ekstrak biji semangka dapat dipakai untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, didihkan biji semangka sehingga menjadi teh. Cukup masukkan segenggam biji semangka ke dalam 4 cangkir air, didihkan selama 45 menit (tutup pancinya). Biarkan hingga dingin, lalu minum seperti teh.

5. Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Ilmu Kesehatan Rajiv Gandhi di Bengaluru, Karnataka, ekstrak biji semangka memiliki efek antiobesitas. Biji semangka dalam dosis sedang dan tinggi diberikan pada tikus gemuk dan hasilnya adalah penurunan berat badan, asupan makanan, glukosa serum, kolesterol, dan kadar trigliserida [7].

6. Mencegah Artritis

Biji semangka memiliki efek positif dalam mencegah artritis karena mengandung magnesium, mangan, dan kalsium. Ekstrak biji semangka dalam dosis sedang dan tinggi menunjukkan aktivitas antiartritik yang signifikan sehingga mengurangi radang sendi pada tikus [7].

7. Memiliki Efek Antiulserogenik

Senyawa triterpenoid dan fenolik dalam ekstrak metanol biji semangka telah diketahui memiliki sifat antiulserogenik. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi biji semangka menunjukkan penurunan yang signifikan pada tukak lambung dan juga menurunkan keasaman [8].

8. Meningkatkan Kesehatan Wanita

Biji semangka mengandung 58 mcg folat, yang dikenal sebagai asam folat atau vitamin B9. Folat adalah vitamin penting yang bertanggung jawab untuk fungsi otak dan mengontrol kadar homosistein (asam amino alami). Wanita usia subur membutuhkan lebih banyak asam folat karena kekurangan vitamin ini terkait dengan cacat lahir tabung saraf [9], [10].

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji semangka merupakan sumber asam lemak tak jenuh dan antioksidan yang menjaga kesehatan kulit dan memperlambat penuaan kulit. Oleh karena itu, biji semangka dapat mengobati masalah kulit seperti ruam, edema, dan lain-lain.

Biji semangka juga bisa menjaga kulit tetap glowing dan menawan dari tahun ke tahun. Adalah nutrisi vitamin C yang berperan dalam hal ini. Tak hanya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin C juga merangsang produksi kolagen.

Lebih dari itu, biji ini memuat asam oleat dan linoleat yang membantu melembabkan kulit. Anda bisa memperoleh manfaat satu ini dengan cara mengonsumsinya, atau memijatkan minyaknya ke kulit setiap hari sebelum mandi.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain itu, minyak biji semangka dapat menghilangkan ketombe. Protein yang ada di dalam biji semangka dapat memperkuat rambut.

Karena bagian utama rambut adalah protein, maka semua bahan yang kaya nutrisi ini tentu baik untuk rambut. Tak hanya itu saja, kandungan zat besi dalam biji semangka bisa menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Lebih dari itu, biji semangka panggang mengandung tembaga yang dapat membantu produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan minyak biji semangka untuk menyehatkan rambut.

11. Mengatasi Kelelahan

Anda yang mudah lelah bisa mendongkrak kadar energinya dengan mengonsumsi segenggam biji semangka. Semua ini berkat kandungan zat besi di dalam biji semangka. Di samping itu, biji semangka juga mengandung asam amino L-citrulline, yang dapat meredakan sensasi lelah.

12. Meningkatkan Fungsi Otak

Nutrisi asam folat atau vitamin B9 yang terkandung dalam biji semangka paling berjasa dalam meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kandungan asam lemak sehatnya dapat mendongkrak fungsi neurotransmiter dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif dan memori.

Mineral potasium dalam biji semangka dapat meningkatkan kemampuan serta kapasitas berpikir, sedangkan antioksidan dalam biji mungil ini bisa melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

13. Mencegah Gangguan Mata

Manfaat biji semangka lain yang tak terduga adalah meningkatkan daya lihat dan memperlambat degenerasi makula. Semua ini berkat kandungan vitamin A dan C, antioksidan yang mampu melindungi mata dari berbagai gangguan seperti mata kering, glaukoma, dan lain-lain.

Cara Mengonsumsi Biji Semangka

Tidak masalah jika menelan biji semangka ketika kita memakan buahnya. Biji semangka hanya melewati saluran pencernaan dan tidak dapat dicerna dalam sistem. Hal tersebut tidak berbahaya.
Namun, ketika sampai pada penyerapan nutrisi, lapisan hitam pada biji semangka dapat menjadi penghalang. Nutrisi yang terkandung dalam biji semangka tidak sampai terserap oleh tubuh.

Oleh karena itu, agar mendapat khasiat biji semangka, sebaiknya biji semangka dipanggang dulu atau dibiarkan berkecambah.

1. Kecambah Biji Semangka

Untuk mendapatkan sebagian besar nutrisi dari biji semangka, biarkan biji semangka berkecambah. Rendam dalam air selama 2 – 3 hari agar tumbuh dan berkecambah. Kemudian keringkan di bawah sinar matahari dan nikmati sebagai camilan bergizi.

2. Panggang biji Anda

Panggang biji dalam oven pada suhu 325 derajat Fahrenheit atau 162,78 ℃. Ini akan memakan waktu sekitar 15 menit untuk dipanggang. Setelah itu dapat dinikmati dengan menaburkan garam, bubuk kayu manis, bubuk cabai, dan percikkan sedikit minyak zaitun dan jus lemon. Biji semangka akan terasa renyah, mudah hancur, dan dapat diserap oleh tubuh.

Resep Nasi Biji Semangka [11]


1. Bahan:

  • 1 cangkir beras basmati
  • ½ cangkir biji semangka
  • 6 cabai merah kering
  • 1 sdt biji mustard (sawi)
  • 1 sdt urad dal putih
  • Sedikit daun kari (daun salam)
  • 1 sdm kacang tanah mentah
  • ¼ sdt asafoetida
  • 1 sdm minyak goreng
  • Garam secukupnya

2. Metode:

  • Panggang biji semangka dan cabe merah sampai mulai berderak.
  • Biarkan menjadi dingin.
  • Giling dalam penggiling dengan sedikit garam.
  • Tuang minyak goreng ke dalam wajan, tambahkan biji mustard, urad dal, daun kari, dan asafoetida.
  • Tambahkan kacang dan goreng selama beberapa menit.
  • Tambahkan nasi dan aduk rata.
  • Tambahkan bubuk biji semangka dan masak selama beberapa menit sampai nasi matang.
  • Sajikan hangat.

Baca juga:
8 Manfaat Biji Mangga yang Mengejutkan
Biji Pepaya: Manfaat dan Efek Samping
Manfaat Luar Biasa dari Biji Nangka

Demikian informasi tentang manfaat, cara mengonsumsi, dan resep nasi biji semangka. Semoga bermanfaat.



[1]Reetapa Biswas, Tiyasa Dey and Santa Datta (De). 2016. “A comprehensive review on watermelon seed - the spitted one”, International Journal of Current Research, 8, (08), 35828-35832.
[2]Biswas, R., Ghosal, S., Chattopadhyay, A., & De, S. D. A comprehensive review on watermelon seed oil–an underutilized product.
[3]Poduri, A., Rateri, D. L., Saha, S. K., Saha, S., & Daugherty, A. (2012). Citrullus lanatus 'sentinel' (watermelon) extract reduces atherosclerosis in LDL receptor-deficient mice.The Journal of nutritional biochemistry,24(5), 882-6.
[4] Tam, M., Gomez, S., Gonzalez-Gross, M., & Marcos, A. (2003). Possible roles of magnesium on the immune system.European journal of clinical nutrition,57(10), 1193.
[5]Agiang, M. A., Matthew, O. J., Atangwho, I. J., & Ebong, P. E. (2015). Effect of some traditional edible oils on sex hormones of albino Wistar rats.African Journal of Biochemistry Research,9(3), 40-46.
[6]Willy J. Malaisse. 2009. Antihyperglycemic effect of Citrullus colocynthis seed aqueous extracts in streptozotocin-induced diabetic rats, Metabolic and Functional Research on Diabetes 2: 71-76
[7]Manoj. J. 2011. Anti-obesity and anti-arthritic activities of Citrullus vulgaris(Cucurbitaceae) seed extracts in rats. Rajiv Gandhi University of Health Sciences, Bengaluru, Karnataka
[8]Alok Bhardwaj, Rajeev Kumar, Vivek Dabas and Niyaz Alam. 2012. Evaluation of anti-ulcer activity of Citrullus lanatus seed extract in wistar albino rats, International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences 4: 135-139
[9]Mills, J. L., Lee, Y. J., Conley, M. R., Kirke, P. N., McPartlin, J. M., Weir, D. G., & Scott, J. M. (1995). Homocysteine metabolism in pregnancies complicated by neural-tube defects.The Lancet,345(8943), 149-151.
[10]Kang, S. S., Wong, P. W., & Norusis, M. (1987). Homocysteinemia due to folate deficiency.Metabolism,36(5), 458-462.
[11]https://www.archanaskitchen.com/watermelon-seeds-rice-recipe

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.