Manfaat Luar Biasa dari Biji Nangka

Manfaat Luar Biasa dari Biji Nangka

Buah nangka adalah salah satu buah yang berukuran besar. Buah ini dianggap sebagai buah tropis yang populer di Asia.

Buah nangka terkenal dengan getahnya yang menyebalkan. Namun daging buahnya sangat manis dan nikmat. Sedangkan bijinya bisa dimakan dengan cara direbus. Tanpa diberi bumbu apapun, biji nangka rebus sudah memberikan sensasi rasa yang khas. Selain direbus, biji nangka bisa dipanggang atau dijadikan tepung terlebih dahulu [1].

Biji nangka atau beton banyak dikonsumsi sebagai makanan penutup. Dapat pula digunakan sebagai bahan campuran berbagai olahan kuliner lokal, seperti campuran kolak, kue nogasari, dan sebagainya. Tepung biji nangka digunakan sebagai bahan pengental dalam industri makanan.
Biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin. Kedua nutrisi tersebut membantu mengubah makanan menjadi energi [2]. Nutrisi ini juga membantu menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut.

Manfaat Biji Nangka


1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jacalin adalah protein yang ditemukan dalam biji nangka. Protein tersebut telah terbukti bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pasien yang terinfeksi virus human immunodeficiency (HIV) [3].

2. Mencegah penyakit yang disebabkan oleh makanan dan mengobati penyakit menular

Efek antibakteri dari biji nangka telah dipelajari terhadap mikroba E. coli dan B. megaterium. Studi ini mengungkapkan efektivitas biji nangka dalam mengobati penyakit menular dan mencegah kontaminasi makanan [4].

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Biji nangka membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena keberadaan magnesium yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Magnesium bekerja bersama dengan kalsium dalam memperkuat tulang dan mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis [5].

4. Mencegah Kanker

Biji nangka mengandung lignan, saponin, isoflavon, dan fitonutrien yang membantu mencegah kanker. Semua komponen ini melindungi tubuh dari radikal bebas. Komponen ini menjaga kerusakan DNA dan menghambat peningkatan proliferasi sel kanker [5].

Senyawa antioksidan pada biji nangka juga punya manfaat mencegah pembentukan pembuluh darah di sekitar sel kanker. Tanpa pembuluh darah yang memadai, sel kanker tidak akan mendapatkan pasokan darah dan nutrisi untuk tumbuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Biji nangka memberikan bantuan instan dari gangguan pencernaan. Nutrisi yang terkandung dalam biji nangka dapat membantu pencernaan makanan dengan benar.

Biji nangka juga mengandung serat makanan dalam jumlah yang cukup. Serat makanan tersebut membantu proses pencernaan dan mencegah radang lambung [5]. Ekstrak biji nangka juga dikenal bisa menyembuhkan diare, disentri, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

Tidak hanya itu, biji nangka juga mengandung banyak prebiotik (bukan probiotik). Prebiotik adalah senyawa yang meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik pada saluran cerna.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Biji nangka mengandung vitamin A. Vitamin A bertanggung jawab untuk penglihatan yang lebih baik dan membantu berfungsinya organ-organ. Biji tersebut menurunkan defisiensi vitamin A dan dapat membantu menangkal banyak penyakit terkait mata seperti katarak, degenerasi makula, dan buta malam [6].

7. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Biji nangka dianggap sebagai afrodisiak karena mengandung banyak zat besi. Zat besi meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan gairah seks pria atau wanita. Semakin banyak zat besi dalam tubuh, semakin baik gairah, keinginan, pelumasan, dan kemampuan untuk mengalami orgasme [6].

8. Mengurangi Keriput

Lignan, saponin, isoflavon, dan fitonutrien memiliki sifat anti-penuaan. Komponen tersebut membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit, sehingga menyebabkan keriput [6]. Cukup campur bubuk biji nangka dengan susu dingin dan oleskan sebagai masker wajah.

9. Melawan Anemia

Biji nangka kaya akan zat besi, yang merupakan komponen penting dari hemoglobin. Kadar zat besi yang cukup dapat mengobati anemia dan mencegah beberapa kelainan darah.

10. Menurunkan kolesterol

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka berpotensi menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. LDL (low-density lipoprotein) adalah kolesterol ‘jahat’ yang menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Sementara itu, HDL (high-density lipoprotein) merupakan kolesterol ‘baik’ yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol. Mengonsumsi biji nangka akan memberikan manfaat besar bagi keseimbangan kadar kolesterol.

11. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Biji nangka kaya akan protein, zat besi, serta vitamin A yang penting bagi pertumbuhan rambut. Protein pada biji nangka diperlukan untuk menciptakan helai rambut yang kuat. Vitamin A melindungi rambut agar tidak mudah rapuh.

Sementara itu, zat besi berguna untuk meningkatkan aliran darah menuju kulit kepala. Darah akan membawa berbagai nutrisi yang dibutuhkan agar rambut tetap kuat, sehat, dan tumbuh lebat.

Efek Samping Biji Nangka

Meski memiliki kelebihan, ada efek samping yang akan didapatkan kalau mengonsumsi biji nangka secara berlebihan.
  • Biji nangka memiliki zat yang mencegah kerja dari tanin dan tripsin. Zat ini dikenal sebagai anti nutrisi. Kalau Anda mengonsumsi biji nangka terlalu banyak, kemungkinan besar, ada nutrisi yang tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik sehingga kemungkinan terjadi defisiensi akan besar. Zat ini biasanya muncul pada biji nangka mentah. Jadi, pastikan mengolahnya sampai matang.
  • Bisa memicu terjadinya perdarahan pada tubuh kalau dikonsumsi dengan obat tertentu seperti aspirin, obat anticoagulant, dan ibuprofen. Jadi hindari mengonsumsi biji nangka saat sedang sakit dan harus minum obat.
  • Menyebabkan nyeri di perut pada beberapa orang. Kalau saat mencoba memakan biji nangka perut bermasalah, lebih baik dihentikan.

Cara Mengonsumsi Biji Nangka

  • Biji nangka bisa digunakan dalam berbagai olahan masakan seperti selai, jeli, dan saus.
  • Tepung biji nangka kering dapat digunakan sebagai alternatif tepung putih untuk kue, muffin, dan lain-lain.
  • Biji nangka juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang. 

Catatan:
Biji nangka tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan seperti aspirin, antikoagulan, pengencer darah, obat antiplatelet, dan obat antiinflamasi non-steroid.

Baca juga:
8 Manfaat Biji Mangga yang Mengejutkan
Biji Pepaya: Manfaat dan Efek Samping
Khasiat Biji Semangka

Demikian berbagi informasi tentang manfaat biji nangka. Semoga bermanfaat.



[1] Airani, S. (2007).Nutritional quality and value addition to jack fruit seed flour(Doctoral dissertation, UAS, Dharwad).
[2]Manore, M. M. (2000). Effect of physical activity on thiamine, riboflavin, and vitamin B-6 requirements.The American journal of clinical nutrition,72(2), 598S-606S.
[3]Suresh, K. G., Appukttan, P. S., & Basu, D. K. (1982). D-Galactose–specific lectin from jackfruit seed.J Biosci,4, 257-61.
[4]Theivasanthi, T., & Alagar, M. (2011). An insight analysis of nano sized powder of jackfruit seed.arXiv preprint arXiv:1110.0346.
[5]Maurya, P. (2016). Assessment of consumption practices of jackfruit (Artocarpus heterophyllus lam.) Seeds in Villages of Jalalpur Block District Ambedarnagar (UP) India.Seeds,29, 78-37.
[6]Swami, S. B., Thakor, N. J., Haldankar, P. M., & Kalse, S. B. (2012). Jackfruit and its many functional components as related to human health: a review.Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety,11(6), 565-576.

No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.