Sunday, 12 April 2015

Dampak Makan Durian dan Cara Mengatasinya

Buah durian, duren, bau durian, mabuk durian
Buah durian atau duren dikenal mempunyai rasa yang lezat, manis, dan lembut. Aroma buahnya khas dan sangat kuat. Aroma yang khas ini bisa mengundang orang untuk segera menikmatinya, namun tidak sedikit pula yang merasa neg dengan aroma ini.

Durian mempunyai khasiat yang luar biasa. Mulai dari menjaga kesehatan, mengatasi penyakit, sampai meningkatkan kemampuan otak. Di sisi lain, mengonsumsi durian juga menimbulkan dampak negatif, di antaranya menimbulkan hawa panas dan mabuk durian.

Manfaat Buah Durian




Mengonsumsi buah durian dalam porsi yang wajar tidak akan menimbulkan reaksi yang negatif di dalam tubuh. Malah memberi manfaat yang baik bagi tubuh karena kandungan nutrisinya cukup lengkap. Berikut ini beberapa khasiat buah durian.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah durian berfungsi sebagai antioksidan dan anti-penuaan. Vitamin C merupakan bahan baku pembuatan kolagen yang berperan dalam peremajaan kulit, pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Buah durian juga mengandung senyawa tembaga. Senyawa tembaga ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

Mengatasi Anemia

Kandungan lain dari buah durian adalah asam folat atau vitamin B9. Asam folat ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Meredakan Stres dan Depresi

Buah durian juga mengandung vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin ini membantu memproduksi hormon serotonin. Adanya hormon serotonin yang cukup dalam tubuh kita akan menimbulkan suasana hati yang senang dan bahagia sehingga akan mengurangi stres dan depresi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Persendian

Nutrisi lain yang terkandung dalam buah durian adalah kalsium. Kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Mengatasi Sembelit

Semua buah mengandung serat, termasuk buah durian. Kandungan serat ini berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan.

Mengatasi Migran

Biasanya setelah mengonsumsi buah durian kepala terasa pusing. Itu karena terlalu berlebihan mengonsumsinya. Mengonsumsi durian dalam takaran yang wajar, 100 - 200 gram, justru dapat mengatasi migran. Hal ini karena dalam buah durian terkandung vitamin B2 atau riboflavin.

Simak juga, Cara Menyembuhkan Sakit Kepala.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Buah yang berduri tajam ini juga mengandung fosfor. Sebagaimana kita ketahui fosfor berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Manfaat Makan Buah Durian, di antaranya untuk menjaga kestabilan gula darah, nafsu makan

Menjaga Kestabilan Kadar Gula

Kadar glukosa dalam buah durian tergolong cukup tinggi. Tetapi dengan adanya mangan (Mg) kadar gula akan menjadi stabil, asal tidak mengonsumsi dalam jumlah banyak.

Menjaga Nafsu Makan

Nafsu makan akan terkontrol jika kita mengonsumsi buah durian secara terukur karena di dalamnya terkandung vitamin B1 atau thiamin.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80% siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

Mengatasi Sulit Tidur

Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

Dampak Negatif Makan Buah Durian




Mengonsumsi buah durian akan menimbulkan dampak negatif apabila dimakan secara berlebihan, dimakan dalam kondisi tubuh yang tidak fit, sedang hamil, atau sedang mengidap penyakit hipertensi, stroke, jantung koroner, gangguan ginjal, dan sejenisnya. Berikut ini dampak negatif yang ditimbulkan akibat mengonsumsi buah durian secara berlebihan.

Hawa Panas dalam Tubuh

Sebuah durian ukuran sedang mengandung energi sekitar 750 kkal. Jika mengonsumsi 4 buah durian sekaligus maka akan menghasilkan energi sebesar 3.000 kkal. Energi sebesar ini melebihi energi harian yang diperlukan oleh tubuh yang hanya berkisar 1500 - 2500 kkal. Akibatnya akan menimbulkan hawa panas dalam tubuh dan keluar keringat yang berlebihan.

Mabuk Durian

Kandungan glukosa dalam durian tergolong sangat tinggi. Pada kondisi buah yang sangat matang, glukosa akan berubah menjadi alkohol. Kandungannya memang tidak begitu banyak, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan kepala pening dan terasa berat.

Selain kepala terasa berat, juga menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Bagi penderita hipertensi, penyempitan pembuluh darah ini akan mengakibatkan tekanan darah semakin tinggi, yang bisa berakibat stroke dan serangan jantung.

Sementara itu buah durian yang masih mentah juga tidak baik untuk dikonsumsi. Durian yang masih muda mengandung asam siklopropena yang bisa menjadi racun bagi tubuh. Karena itu berhati-hatilah memilih buah durian, jangan terlalu mentah dan jangan terlalu masak.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Makan Durian

Tips dan trik ini hanya berlaku bagi Anda yang mengonsumsi buah durian secara berlebihan tetapi tidak mempunyai penyakit hipertensi, stroke, dan jantung koroner. Bagi penderita penyakit-penyakit tersebut sebaiknya berhati-hati kalau perlu menghindari makan durian.

Memanfaatkan Kulit Durian

Manfaat Kulit Durian, mengatasi hawa panas dan bau setelah makan durian
Di dalam buah durian ternyata ada racun sekaligus penawarnya. Kalau daging buah durian menimbulkan hawa panas dan kepala pening maka kulit durian adalah penawarnya. Cara memanfaatkan khasiat kulit durian sebagai penawar adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan cekungan kulit durian (kulit bagian dalam yang berwarna putih) dari sisa-sisa daging buah.
  • Tuangkan air minum ke dalam cekungan tersebut. 
  • Minumlah air dari cekungan kulit durian tersebut. 
  • Jika kesulitan meminumnya bisa menggunakan sedotan air mineral.

Cekungan kulit durian mengandung antidot yang berupa lapisan lilin. Lapisan lilin ini mudah larut dalam air. Dengan meminum air yang dituangkan dalam cekungan kulit durian, antidot akan bekerja menetralisir kandungan alkohol dalam buah durian.

Memanfaatkan Buah Manggis

Musim durian selalu bersamaan dengan musim manggis. Kalau durian tergolong buah yang besar maka manggis tergolong buah yang kecil. Kalau durian berkulit duri maka manggis berkulit halus. Kalau durian berefek panas maka manggis berefek dingin. Jadi bila Anda membeli buah durian belilah juga buah manggis karena buah manggis akan mendinginkan hawa dalam tubuh Anda. Buah manggis akan menetralkan dampak negatif yang ditimbulkan oleh buah durian.

Simak juga, Dampak Makan Kupang dan Cara Mengatasinya.

Cara Mengatasi Bau Durian

Buah durian mempunyai aroma yang sangat kuat. Aromanya bisa bertahan sampai berjam-jam jika tidak segera diatasi. Orang yang sedang menyimpan durian atau habis makan durian akan sangat mudah dikenali. Bagaimana cara mengatasi bau durian? Simak tips dan trik berikut ini.

Mengatasi Bau Durian pada Tangan dan Mulut

Sehabis makan durian, tangan dan mulut kita akan mengeluarkan aroma durian.  Secara pribadi sebenarnya tidak ada masalah dengan aroma tersebut, tetapi akan mengganggu dan kurang etis dalam pergaulan. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Bersihkan cekungan kulit durian (kulit bagian dalam yang berwarna putih) dari sisa-sisa daging buah.
  • Tuangkan air minum ke dalam cekungan tersebut. 
  • Untuk mengatasi bau durian pada mulut, gunakan air dalam cekungan kulit durian tersebut untuk berkumur. 
  • Untuk mengatasi bau durian pada tangan, gunakan air dalam cekungan tersebut untuk cuci tangan sambil menggosok-gosokkan jari-jari tangan pada permukaan cekungan.

Mengatasi Bau Durian dalam Ruangan Tertutup

Jika kita menyimpan atau makan durian di dalam ruang tertutup (di dalam rumah/kamar atau di dalam mobil) maka aroma durian akan memenuhi seluruh ruangan tersebut. Hal ini akan menjadi masalah jika ada orang yang tidak suka aroma durian memasuki ruangan tersebut. Cara mengatasi adalah sebagai berikut.

bubuk kopi untuk mengatasi bau durian dalam rumah, kamar, mobil
  • Taburkan serbuk kopi ke dalam piring kecil (lepek). 
  • Ratakan bubuk kopi ke seluruh permukaan piring kecil tersebut. 
  • Letakkan piring tersebut ke tempat yang terdekat dengan sumber bau durian. 
  • Biarkan beberapa saat, aroma bubuk kopi tersebut akan segera menetralkan aroma durian.

Nah, mudah sekali kan caranya. Tidak perlu panik ketika Anda mabuuk durian selama Anda tidak mengidap penyakit yang berbahaya.

Simak juga, Makanan ini Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh.

Demikian informasi tentang cara mengatasi dampak buruk makan durian. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.