Monday, 25 May 2015

Hanya Cara ini yang Ampuh Menyembuhkan Asma

asma, peradangan saluran pernapasan, sesak napas

Sejatinya asma adalah jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Ramuan sakit asma hanya mampu meredakan atau meringankan. Ramuan tersebut hanya menidurkan penyakit asma untuk sementara waktu. Dalam kondisi yang memungkinkan, penyakit asma akan kambuh lagi.


Asma atau asthma mempunyai arti 'terengah'. Asma adalah peradangan pada saluran pernapasan. Peradangan ini mengakibatkan dinding saluran pernapasan mengalami penebalan bahkan pembengkakan. Akibatnya saluran pernapasan mengalami penyempitan. Seseorang yang menderita asma akan mengalami sesak napas, mengi, bengek, dada terasa berat, dan kadang-kadang disertai batuk.




Selain itu, peradangan saluran pernapasan juga menghasilkan lendir yang berlebihan. Keberadaan  lendir ini akan menghalangi jalannya pernapasan. Sehingga kemampuan bernapas akan semakin terbatas dan terasa sesak di dada.

Gejala dan Tanda Penyakit Asma

Gejala dan tanda sakit asma yang paling umum adalah sesak napas. Napas terasa pendek dan mengeluarkan bunyi seperti siulan (mengi). Sesak napas ini juga berdampak pengetatan otot dada sehingga dada terasa sakit ketika bernapas. Kondisi ini membuat penderita asma sulit tidur. Jika terserang flu maka batuk dan suara mengi akan semakin memburuk.

bronchodilator, alat bantu pernapasan, melonggarkan napas, melonggarkan sesak napas
Tanda atau gejala tersebut tidak sama pada setiap orang. Ada yang mengalami gejala tersebut hanya pada malam hari, ada juga hanya pada saat melakukan aktivitas fisik yang berat atau olahraga berat. Di waktu-waktu yang lain terasa normal seakan-akan tidak mempunyai masalah pernapasan. Namun ada juga yang mengalami kondisi tersebut secara rutin bahkan sepanjang waktu.

Bila tanda dan gejala tersebut semakin parah dan frekuensinya semakin sering maka penyakit asma tersebut sudah memasuki tingkat kronis. Bila aliran napas diukur dengan peak flow meter maka aliran pernapasan penderita asma kronis cenderung mengalami penurunan. Selain itu ketergantungan pada bronchodilator juga semakin tinggi. Bronchodilator adalah alat bantu pernapasan yang berfungsi untuk melonggarkan saluran pernapasan.

Penyebab Asma Kambuh

Penyakit asma memang selalu kambuh. Yang penting jangan panik ketika asma tiba-tiba menyerang. Kepanikan hanya akan membuat sirkulasi darah kacau dan pernapasan menjadi semakin cepat. Bernapas dalam keadaan normal saja terasa sesak apalagi ketika dalam kepanikan. Berusahalah tenang, ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan dari mulut.

Asma bersifat alergis, artinya peka atau sensitif terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu, bulu-bulu halus, asap, dan lain sebagainya. Sehingga asma dapat kambuh jika di lingkungan sekitar terdapat benda-benda alergen tersebut. Asma juga akan kambuh pada saat lingkungan kita berubah menjadi dingin. Selain itu, stres juga memicu kambuhnya asma.

Meskipun asma adalah penyakit turunan, tetapi penyakit asma tidak akan muncul kalau lingkungan sekitarnya tidak mendukung. Seorang anak yang ibunya penderita asma belum tentu anak tersebut menderita asma juga. Jika anak tersebut dititipkan sejak kecil pada keluarga lain yang lingkungan dan pola hidupnya berbeda, kemungkinan penyakit asma bawaan dari ibunya tidak pernah menyerangnya. Mungkin anak tersebut hanya mengidap asma tetapi tidak mampu menyerangnya.

Jenis makanan yang dapat menyebabkan asma kambuh adalah makanan yang kadar MSG (monosodium glutamat atau penyedap rasa) dan bahan pengawetnya tinggi, seperti makanan cepat saji. Kacang dan coklat juga menyebabkan asma kambuh. Selain itu, minuman yang dingin juga memicu asma kambuh.

Cara Mengatasi dan Mencegah Asma Kambuh




Asma adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Namun dengan mengetahui gejala dan penyebabnya kita dapat mengatasi atau mencegah serangan asma.

Mengatasi Asma dengan Resep Dokter

Sedapat mungkin minumlah pereda asma yang direkomendasikan oleh dokter. Meskipun tidak menyembuhkan, namun setidaknya dapat meredakan sehingga kita dapat beraktivitas seperti biasanya. Ada dua jenis 0bat asma yang mungkin diresepkan oleh dokter. Pertama adalah reliever atau pereda. Reliever biasanya dipakai ketika kita sedang terserang asma. Reliever ini akan membantu merelaksasikan saluran pernapasan agar saluran tersebut lebih terbuka. Dengan meminumnya, napas akan menjadi longgar dan lega. Sesaat asma akan teratasi dengan cara ini.

Yang kedua adalah preventer atau pencegah asma. Preventer harus diminum secara berkala dan teratur untuk mencegah kambuhnya penyakit asma. Preventer bekerja mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Selain itu preventer juga membuat paru-paru kita kurang sensitif terhadap benda-benda alergen. Dengan mengonsumsi preventer ini secara teratur, penyakit asam menjadi jarang-jarang kambuh.

Mengatasi Asma secara Alami

Bunga Kenanga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pereda asma. Caranya cukup mudah. Rebus 15-30 gram bunga kenanga dalam 200 cc air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal setengahnya. Kemudian tambahkan 2 sendok teh gula pasir dan aduk sampai larut. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan bunga kenang tersebut sehari sekali.

Bunga Matahari juga bermanfaat sebagai pereda asma. Caranya tidaklah sulit. Ambil sekuntum bunga matahari yang masih segar. Ambil bagian tengah bunga tersebut dan rebus dalam air 500 cc. Tambahkan gula secukupnya. Biarkan air mendidih hingga menjadi separuhnya. Kemudian saring dan minum air rebusan bunga matahari tersebut sehari sekali.

Meminum jus daun kemangi juga dapat membantu meredakan serangan asma. Cara membuatnya cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun kemangi. Campur dengan madu secukupnya. Tambah sedikit air dan aduk dengan mesin blender sehingga terbentuk jus. Minum jus kemangi ini secara teratur.

Masih banyak lagi resep-resep tradisional untuk mengatasi penyakit asma. Ada juga yang menggunakan jahe, kencur, lengkuas, kunyit, daun pacu kuda, dan lain-lain. Ada juga yang hanya memperbanyak mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti bayam dan pisang. Setidaknya cara ini lebih aman dan tanpa efek samping.

Cara Menyembuhkan Asma

Memang penyakit asma tidak bisa disembuhkan. Tetapi bukan berarti penderita asma harus menderita asma selama hidupnya. Kita biarkan penyakit asma pada tubuh kita, tetapi kita buat penyakit tersebut tidur untuk selama-lamanya. Jika kita tidak mampu membuat penyakit ini tidur, kita buat organ tubuh kita lebih kuat. Sehingga ketika penyakit asma menyerang, kita tetap bisa bertahan.

Olahraga Ringan

Jika olahraga berat sebagai pemicu kambuhnya asma maka olahraga ringan justru dapat menyembuhkan penyakit asma. Olahraga yang dilakukan dengan benar dan waktu yang tepat, teratur, dan terukur merupakan cara mujarab bagi kesembuhan penyakit asma. Tentu saja olahraga ini tidak dilakukan pada saat terserang asma. Redakan dulu asmanya dengan resep dokter atau ramuan tradisional. Setelah reda dan dapat bernapas lega, lakukan olahraga ringan secara teratur.

jogging, lari kecil, jalan cepat, olahraga menyembuhkan asma
Rutin berolahraga mampu meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Seiring berjalannya waktu, keadaan ini mampu mengurangi  gejala asma. Menurut Kristin V. Carson, dengan berolahraga penderita asma dapat meningkatkan kualitas hidupnya, berkontribusi terhadap manfaat kesehatan, dan meningkatkan kesehatan psikologis. Tanpa olahraga, pasien asma akan mengalami kekurusan, kehilangan massa otot., dan kehilangan kebugaran kardiovaskular.

Olahraga ringan yang efektif menyembuhkan asma adalah jalan kaki dan jogging. Jalan kaki atau jogging harus dilakukan secara santai, tidak boleh terburu-buru. Lama pelaksanaannya maksimal 20 menit, jangan lebih dari itu. Jika dilakukan setiap hari maka akan memberikan hasil yang maksimal. Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu bisa mengontrol terjadinya asma dan tidak menimbulkan serangan asma saat maupun sedang berolahraga.

Simak juga Berbagai Penyakit Sembuh setelah Rutin Berolahraga.

Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan berguna untuk memperkuat otot-otot pernapasan, seperti otot perifer, otot diafragma, otot paru-paru, dan otot jantung. Dengan otot-otot pernapasan yang kuat, kita masih tetap bisa bernapas secara efektif ketika terjadi serangan asma. Selain itu, melakukan teknik pernapasan dengan benar, mampu menurunkan ketergantungan pada ramuan pereda asma. Anda bisa melakukan teknik pernapasan Yoga atau teknik pernapasan ala Miki Ryosuke.

Silakan baca Teknik Pernapasan ala Miki Ryosuke dan Jill Jhonson.

Olahraga memang tidak secara langsung menyembuhkan asma. Olahraga hanya menguatkan otot pernapasan sehingga mengurangi risiko dan meredakan serangan asma. Namun, jika olahraga tersebut dilakukan secara rutin sepanjang hidup kita otomatis penyakit asma tersebut tidak sempat menyerang kita. Hal ini akan berbeda jika kita mengonsumsi ramuan pencegah asma sepanjang hidup kita. Efek sampingnya akan muncul di kemudian hari.

Simak juga Cara Menangani Kejang Demam pada Anak.

Demikian informasi tentang cara ampuh menyembuhkan asma. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.