Wednesday, 20 May 2015

Keajaiban Buah Anggur, Mirip Alveoli Paru-paru dan Berkhasiat untuk Paru-paru

anggur mirip alveolus, anggur dan alveoli paru-paru

Buah anggur dengan ciri khasnya yang bulat-bulat dan bergerombol mirip sekali dengan alveoli pada paru-paru. Bahkan bentuk batang dan sulur-sulurnya juga mirip dengan pembuluh-pembuluh yang terdapat pada alveoli paru-paru.

Ternyata bukan hanya bentuknya yang mirip alveoli paru-paru, buah anggur juga mempunyai manfaat yang luar biasa terhadap paru-paru. Di dalam buah anggur terkandung zat yang dapat mencegah penyakit asma, gangguan paru-paru kronis, bahkan kandungan buah anggur juga dapat mencegah kanker paru-paru.




Antara Buah Anggur dan Alveoli Paru-paru 

Tanaman anggur merupakan tanaman perdu yang merambat dengan menggunakan sulur-sulur sebagai pengaitnya. Buahnya kecil-kecil bulat seukuran telur puyuh dan selalu bergerombol. Buah anggur bisa langsung dimakan, dibuat jus anggur, minuman anggur, kismis, dan minyak biji anggur.

Kulit buah anggur sangat tipis dan bisa dimakan. Kulit buahnya mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama untuk paru-paru. Biji buah anggur relatif kecil dibanding buahnya. Biji buah anggur juga mempunyai manfaat yang tak kalah pentingnya terhadap paru-paru. Karena itu, jangan campakkan bijinya ketika makan buahnya. 

Sementara itu, alveoli adalah gelembung-gelembung udara yang berada pada permukaan paru-paru. Setiap gelembung merupakan unit terkecil dari alveoli yang disebut alveolus. Alveolus berbentuk bulat dengan diameter 200 - 300 mikron. Alveolus selalu bergerombol dan tersebar di seluruh permukaan paru-paru.

Ada sekitar 300 - 400 juta alveolus pada paru-paru orang dewasa. Adanya alveoli ini membuat permukaan paru-paru semakin luas. Luas permukaan paru-paru dengan adanya alveoli ini sekitar 160 meter persegi. Dengan demikian, luas permukaan paru-paru sekitar 100 kali lebih luas daripada permukaan tubuh.

Alveoli mempunyai peran penting pada paru-paru. Alveoli merupakan proses akhir dari sistem pernapasan. Di sinilah terjadi pertukaran gas, antara oksigen dan karbondioksida.

Khasiat Buah Anggur untuk Paru-paru




Buah anggur mempunyai khasiat yang luar biasa, terutama pada paru-paru. Seorang peneliti asal Perancis, Dr. Masquelier, menemukan bahwa biji anggur mengandung proanthocyanidin yang ampuh mencegah kanker paru-paru. Efektivitas proanthocyanidin dalam menangkal radikal bebas berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Dengan demikian ekstrak biji anggur ini menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak.

Sebagaimana yang telah dipublikasikan pada Time of India, ekstrak biji anggur sangat efektif menghalau sel kanker dan mencegah berkembang biaknya sel kanker tersebut. Seorang peneliti asal India mengatakan biji anggur dapat membunuh sel kanker dengan sangat pintar karena tidak membunuh sel lain yang bermanfaat bagi tubuh. 

Kulit buah anggur juga tak kalah besar manfaatnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Lung Cellular and Molecular Physiology, di dalam kulit buah anggur terdapat senyawa yang disebut resveratrol. Resveratrol ini mampu mencegah penyakit asma dan gangguan paru-paru kronis. Penderita asma akan bisa bernapas lebih longgar setelah mengonsumsi buah anggur.

Resveratrol adalah salah satu senyawa polifenol yang terdapat pada tumbuhan. Sumber resveratrol tertinggi terdapat pada anggur merah. Resveratrol pada anggur tergolong senyawa fitoaleksin, yaitu senyawa yang dihasilkan karena tanaman ini berusaha mempertahankan diri dari stres lingkungan, seperti cuaca, pemangkasan, dan serangan hama.

Resveratrol telah diteliti mampu menghambat penyebaran sel-sel kanker. Yang paling menakjubkan, resveratrol pada buah anggur dapat berperan sebagai pemicu proses bunuh diri sel kanker. Inilah yang kemudian digembar-gemborkan bahwa resveratrol adalah anti-kanker.

Saking dahsyatnya manfaat resveratrol buah anggur, sejumlah produsen suplemen kesehatan kini ramai-ramai menjual produk suplemen yang mengandung resveratrol. Kebanyakan suplemen resveratrol yang dijual di Amerika Serikat ekstrak anggur merah yang diimpor dari Jepang dan Cina.

Simak juga, Keajaiban Buah Kenari, Mirip Otak dan Berkhasiat untuk Otak.

Demikian berbagi informasi tentang keajaiban buah anggur yang berkhasiat untuk paru-paru. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.