Wednesday, 16 September 2015

Ingin Rambut Cepat Panjang? Ini Rahasianya

rambu panjang, subur, dan lebat

Rambut yang cepat panjang menandakan rambut yang subur, rambut yang terjaga kesehatannya. Tidak masalah harus potong rambut sebulan sekali. Justru kesan awet muda akan melekat pada diri kita bila sering pergi ke salon untuk potong rambut.

Ibarat tanaman, jika tanaman dan media tanamnya selalu dijaga maka tanaman akan tumbuh subur dan cepat bersemi menggantikan daun-daun yang sudah tua. Sebaliknya, jika tanaman tidak pernah dirawat dan media tanamnya tandus, tanaman akan tumbuh lambat dan enggan bersemi. Daun-daun yang sudah tua akan menguning dan berguguran tanpa ada yang menggantikan. Lantas bagaimana cara merawat rambut agar tumbuh subur dan cepat panjang? Inilah rahasianya.




Rutin Potong Rambut

Ujung rambut rentan mengalami kerusakan. Karena itu, potonglah rambut Anda sebulan sekali (sebagian ahli merekomendasikan 1,5 - 2 bulan sekali). Potong ujungnya saja sekedar merapikan. Selain berfungsi untuk menghilangkan kerusakan pada ujung rambut, kerapian rambut Anda akan tetap terjaga sepanjang masa. Di samping itu, kesan baru potong rambut tidak akan terlihat.

Memotong rambut secara rutin akan membuat kutikula atau lapisan rambut lebih kuat dan sehat. Memotong rambut juga dapat mencegah ujung rambut bercabang. Rambut yang tidak pernah dipotong akan mengalami pertumbuhan 2 - 6 tahun saja, tergantung jenis rambutnya. Setelah itu, rambut tidak akan tumbuh lagi dan akhirnya mati. Dengan rajin memotong rambut sebulan sekali, pertumbuhan rambut akan tetap terjaga.

Sering Menyisir Rambut

Menyisir rambut berarti membantu sirkulasi minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala ke seluruh bagian. Minyak alami atau sering disebut sebum akan membuat rambut tetap sehat dan bercahaya. Oleh karena itu, sisirlah rambut Anda dengan lembut sampai menyentuh kulit kepala kemudian turun hingga ke ujung rambut. Jangan lupa, sisir juga rambut Anda menjelang tidur.




Menyisir rambut juga membantu membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada rambut dan kulit kepala. Rambut akan tampak bersih dan rapi, jauh dari kesan kusut dan kusam. Selain itu, menyisir rambut juga akan membantu peredaran darah di sekitar kulit kepala. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat folikel atau kantong rambut berfungsi maksimal. Folikel-folikel yang aktif inilah yang akan merangsang pertumbuhan rambut hingga kelihatan panjang dan lebat.

Rutin Keramas

Selain untuk mengatasi gatal dan ketombe pada kulit kepala, keramas juga berfungsi untuk membebaskan rambut dan kulit kepala dari kelebihan sebum. Kelebihan minyak alami rambut tersebut jika dibiarkan akan meninggalkan bau yang tidak sedap. Ini tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Frekuensi keramas yang disarankan para ahli adalah 2 - 3 kali dalam seminggu. Namun jika produksi minyak alami rambut Anda termasuk tinggi, ada baiknya Anda keramas setiap hari tetapi penggunaan shamponya harus dikurangi.

Disarankan keramas dengan menggunakan air dingin. Air dingin dapat menutup pori-pori kulit kepala dan kutikula rambut. Menutupnya pori-pori tersebut dapat mencegah kotoran dan debu masuk ke dalamnya. 

Mengonsumsi Makanan Kaya Protein

Fungsi utama protein adalah untuk pertumbuhan. Protein akan membangun jaringan-jaringan baru dan menggantikan jaringan tubuh yang rusak, termasuk jaringan pada rambut. Rambut yang kurang asupan protein cenderung kusam dan lambat tumbuh.

Sumber protein yang cocok untuk rambut di antaranya adalah seafood, terutama ikan salmon. Sementara itu, semua jenis sayuran sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Orang yang setiap hari mengonsumsi sayur, rambutnya cenderung lebat dan cepat tumbuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, telur, dan ubi-ubian.

Simak juga Cara Mengonsumsi Sayur Setiap Hari.

Menghindari Pengering Rambut

Penyebab utama pertumbuhan rambut lambat adalah hair dryer dan catok. Tidak hanya mengeringkan rambut, hair dryer juga akan mengeringkan minyak alami rambut. Hawa panas yang dihasilkan menyebabkan pori-pori kulit kepala terbuka dan kutikula rambut cepat rusak.

Simak juga Cara Alami Mengatasi Rambu Beruban di Usia Dini.

Demikian informasi tentang rahasia agar rambut cepat panjang. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.