Thursday, 1 October 2015

6 Sayur Ini Bisa Bikin Kulit Mulus Putih Merona

kulit putih, cantik, indah, halus, dan lembut

Bersyukurlah bila Anda dianugerahi kulit putih sejak lahir. Sebagai perwujudan rasa syukur, lakukan perawatan terhadap kulit Anda sebaik mungkin. Jika tidak, kulit putih Anda akan kusam, kasar, dan kurang bercahaya.

Sebaliknya, kulit yang semula sawo matang bila mendapat perawatan yang baik, akan tampak halus dan mulus. Memancarkan rona lembut dan bercahaya. Apalagi jika mendapat perawatan alami. Kesan natural akan terpancar secara alami.




Untuk mendapatkan kulit putih mulus merona secara alami tidaklah sulit. Anda dapat mengonsumsi sayuran secara rutin dengan cara dimasak atau dijadikan lalapan. Bisa juga diminum dalam bentuk jus. Dengan cara ini, kulit putih, indah, dan bercahaya akan terpancar dari dalam. Selain itu, sayuran juga bisa dijadikan masker atau lulur untuk perawatan kulit dari luar.

Sayuran tertentu banyak mengandung betakaroten. Betakaroten berfungsi sebagai antioksidan yang akan mencegah kerusakan kulit. Betakaroten juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berfungsi memerangi jerawat, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda.

Simak juga:
Psoriasis, Penyakit Kulit yang Menyerang Aktris Kondang Kim Kardashian.
Hati-hati Menggunakan Baking Soda untuk Memutihkan Kulit Wajah.

Berikut ini beberapa sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan kulit yang halus dan bercahaya.

1. Bayam

Bayam ternyata sangat ampuh memutihkan dan mencerahkan kulit dari dalam dan luar. Di dalamnya terkandung antioksidan, zat besi, serta vitamin A, C, E, dan K yang penting dalam menyehatkan dan meremajakan kulit. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin B yang berkhasiat melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
sayur bayam bisa bikin kulit putih
Mengonsumsi sayur bayam secara teratur akan membuat kulit akan tampak indah bersinar dan putih berseri. Bayam bisa dikonsumsi sebagai sayuran. Bisa juga diminum dalam bentuk jus. Bila Anda tidak terbiasa minum jus bayam, sebaiknya dicampur dengan buah-buahan.

Bayam juga bisa digunakan sebagai masker atau lulur untuk mendapatkan kulit yang halus dan putih. Caranya cukup mudah.
  • Siapkan segenggam daun bayam segar dan cuci sampai bersih.
  • Lembutkan daun bayam tersebut dengan diblender atau ditumbuk sampai agak halus.
  • Tambahkan satu sendok madu (jika kebetulan tidak tersedia madu, bisa diganti putih telur, susu, atau minyak zaitun)
  • Lembutkan lagi sampai benar-benar halus.
  • Gunakan sebagai masker atau lulur dan diamkan antara 20 – 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
Lakukan resep leluhur ini secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit yang lembut dan cerah alami.

2. Selada

Kandungan vitamin A dalam daun selada terbilang sangat tinggi, bahkan melebihi kebutuhan tubuh kita. Vitamin A ini berfungsi untuk meremajakan kulit, yaitu mengganti sel-sel kulit mati dengan sel-sel yang baru. Keremajaan kulit ini akan selalu dijaga oleh kombinasi vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya. Vitamin E juga akan melindungi dari bahaya sinar ultraviolet. Dengan demikian, daun selada membuat kulit selalu tampak putih, lembut, dan awet muda.
Daun selada, selada air
Selain itu, daun selada juga mengandung kalium atau potasium yang dapat meningkatkan penyerapan oksigen sehingga aliran darah sekitar kulit semakin baik. Semua nutrisi tersebut sangat menjanjikan untuk mendapatkan kulit mulus putih merona dari daun selada.

Untuk mendapatkan khasiat daun selada, kita dapat mengonsumsinya langsung dalam keadaan mentah sebagai lalapan, gado-gado, atau jenis masakan sayur lainnya. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan rebusan daun selada untuk mencerahkan kulit kusam dan melembutkan kulit kasar. Caranya tidaklah sulit.
  • Siapkan dua lembar daun selada yang telah dibersihkan.
  • Rebus daun selada tersebut dalam satu liter air sampai mendidih.
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres kulit.
Lakukan cara ini secara rutin. Cara ini juga ampuh mencegah jerawat dan penyakit kulit.




Khasiat daun selada dalam mencerahkan kulit akan bekerja lebih efektif bila dikombinasikan dengan kelopak bunga mawar dan air perasan jeruk nipis. Kombinasi tersebut diramu dalam bentuk pasta untuk dijadikan lulur atau masker.
  • Siapkan beberapa lembar dan selada dan kelopak bunga mawar.
  • Haluskan dengan blender atau dengan cara ditumbuk.
  • Tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk hingga membentuk pasta.
  • Lulurkan pasta tersebut ke kulit Anda.
  • Diamkan kira-kira 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
Lakukan perawatan ini secara rutin. Kulit putih, lembut, kencang, dan memancar kesegaran akan terpancar secara alami.

3. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, B kompleks, dan vitamin C. Vitamin A berperan melindungi dan menjaga sel kulit dari kerusakan. Vitamin B membantu mengatasi kulit kering dan permasalahan kulit lainnya. Sedangkan vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang akan menjaga kesehatan kulit.
brokoli, broccoli, bunga brokoli
Selain itu, masih ada vitamin E dan vitamin K. Brokoli juga mengandung antioksidan dan zat besi yang tinggi. Zat-zat tersebut berperan penting dalam menjaga kulit agar tetap bersih dan bercahaya.

Cara mendapatkan khasiatnya dengan mengonsumsi secara rutin. Brokoli bisa dimakan dalam keadaan mentah, dikukus, atau direbus terlebih dahulu. Brokoli juga lazim dikonsumsi sebagai pelengkap sayuran pada masakan tertentu.

Simaka juga, Memutihkan Wajah dengan Air Cucian Beras.

4. Paprika

Paprika mempunyai khasiat yang luar biasa dalam memutihkan kulit. Kulit akan tampak putih bersinar karena paprika banyak mengandung vitamin C dan betakaroten yang menyehatkan kulit. Zat-zat ini juga membantu pembentukan kolagen yang secara alami dapat mengencangkan kulit.
Cara mendapatkan khasiatnya yaitu dengan menjadikannya sebagai masker atau krim wajah.
  • Haluskan paprika hijau dan merah dengan blender.
  • Tambahkan sedikit air dan aduk hingga membentuk pasta.
  • Gunakan pasta tersebut sebagai krim wajah atau masker.
Lakukan perawatan ini secara rutin dan berkala untuk mendapatkan kulit yang putih dan cerah alami.

5. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan betakaroten. Senyawa ini sangat ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Mengonsumsinya secara rutin, membuat kulit jadi halus, lembab, lembut, dan tampak awet muda. Kulit gelap lambat laun semakin cerah dan bercahaya dengan rajin mengonsumsinya.
wortel, carrots
Wortel dapat dikonsumsi sebagai sayuran, salad sayur, atau jus wortel. Mengonsumsi jus wortel akan membuat kulit lembut dan lembab karena terhidrasi dengan baik. Kulit yang lembut dan lembab juga bisa didapatkan melalui perawatan dari luar, yaitu dengan membuat lulur wortel.
  • Haluskan dua buah wortel dengan blender.
  • Tambahkan satu sendok madu (bisa diganti putih telur, susu, atau minyak zaitun).
  • Aduk sampai merata hingga seperti pasta.
  • Lulurkan ke permukaan kulit yang Anda inginkan.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
Gunakan masker alami ini 2 – 3 kali seminggu agar kulit lebih halus, cerah, dan lembab.

6. Kentang

Kentang mempunyai khasiat yang hebat untuk membuat kulit indah dan halus. Sayuran ini kaya akan karbohidrat dan vitamin E yang akan menutrisi kulit secara optimal.
kentang, potato
Cara memanfaatkan kentang agar kulit halus dan putih yaitu dengan menjadikannya sebagai masker.
  • Parut beberapa kentang sampai halus.
  • Campur dengan sedikit madu.
  • Aduk hingga merata sampai membentuk pasta.
  • Gunakan pasta tersebut sebagai masker wajah.
  • Diamkan kira-kira 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali. Anda akan mendapatkan kulit harus, putih, cerah, dan bersinar alami.

Simak juga Ingin Bibir Merah Cerah Alami? Ini Rahasianya.

Demikian informasi tentang sayuran yang dapat memutihkan dan menghaluskan kulit. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.